Kode Remot TV Sharp

Kode Remot TV Sharp : Cara Mudah Mengatur TV Sharp Kalian

Posted on

Bengkeltv.idKode Remot TV Sharp : Cara Mudah Mengatur TV Sharp Kalian.  Kode TV tabung Sharp berguna untuk menghubungkan TV dengan remote universal. Remote ini bukan berasal dari merek TV Sharp, tetapi remote dari merek lain yang memiliki fungsi yang sama. Umumnya, beberapa pengguna mencari kode ini ketika mereka kehilangan remote asli TV Sharp mereka. Oleh karena itu, mereka perlu membeli remote universal sebagai pengganti. Merek remote universal yang sering digunakan adalah Joker.

Jika kamu sudah membeli remote universal, kamu dapat mulai menggunakannya dengan menghubungkan dan memasukkan kode remote untuk TV tabung Sharp 14 & 21 Inch dan ukuran lainnya seperti di bawah ini.

Apa Itu Kode Remot TV Sharp?

Kode Remot TV Sharp adalah serangkaian kode numerik yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada TV Sharp menggunakan remote control. Setiap kode tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti mengubah saluran televisi, menyesuaikan volume suara, dan mengatur kontras gambar.

Kode Remot TV Sharp biasanya terdapat pada manual penggunaan atau dapat dicari secara online. Dengan mengetahui kode yang sesuai, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan TV Sharp menggunakan remote control.

Kode Remote TV Pada Sharp Tabung

Kode Remot TV Sharp

Biasanya saat membeli TV baru, Anda akan mendapatkan remote non-universal yang merupakan perangkat bawaan dari merek TV tersebut, bukan? Tetapi bagaimana jika tiba-tiba remote tersebut rusak? Tidak perlu khawatir, karena pengguna dapat menggunakan remote universal, asalkan mengetahui kode remote yang sesuai untuk TV Sharp tersebut.

Baca juga:  Cara Menyambungkan HP ke TV Sharp Paling Mudah & Tepat

Harap diingat bahwa setiap tipe TV Sharp memiliki variasi kode remote yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu kode yang tepat terlebih dahulu. Salah satunya adalah kode untuk TV tipe tabung, yang ternyata memiliki beberapa kode sekaligus.

Kode untuk remote tersebut biasanya terdiri dari 3 digit angka. Anda juga dapat menerapkannya pada kode remote TV tabung Sharp 14 inci, selain 21 inci. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kode yang bisa digunakan untuk remote tersebut.

  • 003
  • 016
  • 1018
  • 025
  • 137
  • 136
  • 135

Kode-kode di atas dapat dicoba satu per satu untuk menemukan mana yang paling cocok untuk TV Anda di rumah. Namun, perlu ditegaskan bahwa kode-kode tersebut hanya dapat digunakan untuk TV tabung Sharp keluaran lama saja.

Cara Setting Remote TV Sharp Tabung 14 & 21 Inch

Setelah Kalian mengetahui daftar kode yang dapat digunakan untuk remote universal pada TV Sharp, Kalianjuga perlu memahami cara mengatur remot TV Sharp tersebut. Untuk melakukan pengaturan sendiri, ternyata prosesnya tidak sulit, baik dengan cara manual maupun otomatis.

Manual

Jika Anda ingin menggunakan cara manual, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah menggunakan remote multifungsi atau universal. Setelah itu, ikuti panduan di bawah ini:

  • Tekan dan tahan tombol set pada remote selama beberapa detik hingga lampu indikator menyala.
  • Ketika lampu indikator sudah menyala, masukkan 3 digit angka seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Jika kode benar, lampu indikator akan padam.
  • Jika lampu indikator tidak padam secara otomatis, cobalah tekan tombol set terlebih dahulu.
  • Ulangi langkah di atas hingga menemukan kode yang paling cocok.

Cara Otomatis:

Selain menggunakan cara manual, Anda juga bisa menggunakan cara otomatis yang tidak sulit dan lebih singkat. Berikut langkah-langkah pengaturannya:

Baca juga:  3 Cara Menghidupkan TV LG : Dengan Remot & Tanpa Remote

  • Tekan dan tahan tombol Set pada remote hingga lampu indikator menyala.
  • Setelah lampu indikator menyala, tekan tombol volume + dan – pada remote.
  • Jika berhasil, TV akan memberikan respons berupa penyesuaian volume secara otomatis.
  • Tekan tombol power untuk mematikan lampu indikator.

Cara Setting Kode Remot Universal TV Sharp Tabung

Sebagaimana telah banyak disebutkan sebelumnya, beberapa pengaturan di bawah ini harus dilakukan agar remote universal dapat digunakan untuk mengontrol TV Sharp:

1. Menyambungkan TV Sharp dengan Remote tanpa Kode

Langkah pertama ini dapat diikuti apabila ingin menghubungkan remote baru dengan TV Sharp secara otomatis. Ikuti tutorial berikut ini dan ikuti langkah-langkahnya:

  • Tekan dan tahan tombol “SET” pada remote universal yangKalian miliki sampai lampu indikator menyala merah.
  • Kemudian, ketika lampu menyala, arahkan remote ke TV dan klik tombol volume atas atau bawah sampai TV SharpKalian merespons dengan meningkatkan atau mengurangi volume.
  • Terakhir, tekan tombol “Power” untuk mematikan lampu indikator. Kini, remote tersebut sudah dapat digunakan dengan baik untuk mengontrol TV SharpKalian.

2. Menyambungkan TV Sharp dengan Remote dengan Kode

Ada cara lain untuk menghubungkan TV Sharp Kalian dengan remote universal, yaitu dengan memasukkan kode yang telah dijelaskan di atas:

  • Perlu diingat bahwa hanya jenis remote multi yang bisa digunakan. Setelah Kalian memastikan hal ini, tekan dan tahan tombol “Set” di remote hingga lampu indikator menyala.
  • Kemudian, masukkan kode TV Sharp yang telah diberikan di atas. Jika lampu indikator mati, itu berarti kode tersebut benar dan remote sudah dapat digunakan untuk mengontrol TV Sharp Kalian.
  • Namun, jika lampu indikator tidak mati, Kalian dapat mengulangi dari langkah pertama dan memasukkan kode yang berbeda hingga Kalian menemukan kode yang sesuai.

Penyebab Kode Remot Tidak Berfungsi Dengan Baik

Meskipun cara melakukan pengaturan di atas cukup mudah, sebagian besar mungkin mengalami masalah di mana kode remote tidak berfungsi dengan baik. Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang perlu dipahami oleh pengguna, antara lain:

Baca juga:  Cara Menggunakan Smart TV Sharp dengan Mudah

1. Kesalahan Dalam Kode Remote

Penyebab mengapa kode yang telah dijelaskan di atas tidak berfungsi adalah karena kesalahan dalam kode tersebut. Setiap jenis TV biasanya memiliki kode yang berbeda, sehingga penggunaannya tidak dapat disamaratakan.

2. Baterai Habis

Baterai yang habis pada remote bisa menjadi penyebab mengapa perangkat tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika masalahnya adalah ini, maka cobalah menggunakan baterai lain atau menggantinya dengan baterai yang baru.

3. Masalah Sensor IR Remote

Sensor IR atau Infrared adalah bagian yang sangat penting dalam remote multifungsi. Fungsinya adalah mengirimkan frekuensi sinyal dari remote ke sensor di televisi. Jika bagian ini mengalami masalah, maka pengaturannya tidak akan berfungsi.

FAQs:

Q: Apakah Kode Remot TV Sharp Sama untuk Semua TV Sharp?

A: Tidak. Kode Remot TV Sharp berbeda untuk setiap model TV Sharp. Jadi pastikan Anda menggunakan kode yang tepat untuk TV Sharp Anda.

Q: Di Mana Saya Dapat Menemukan Kode Remot TV Sharp untuk TV Sharp Saya?

A: Anda dapat menemukan kode remot TV Sharp untuk TV Sharp Anda di buku petunjuk pengguna atau di situs web resmi TV Sharp

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kode Remot TV Sharp. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam mengoperasikan TV Sharp kalian dengan lebih mudah dan efisien.

Jangan lupa untuk selalu membaca manual penggunaan yang disertakan saat membeli produk TV Sharp dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar agar dapat memperpanjang masa pakai TV tersebut. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *