Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung

Pengertian Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung Secara Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idPengertian Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung Secara Lengkap. Dalam era digital yang canggih ini, kebutuhan akan perangkat audio visual yang berkualitas semakin meningkat. Salah satu teknologi yang mendukung hal tersebut adalah penggunaan kabel Optical Digital Audio Out pada TV Samsung. Menggunakan kabel ini dapat meningkatkan pengalaman menonton Kalian menjadi lebih memuaskan dan memukau.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang fungsi, keuntungan, dan cara penggunaan kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung yang mampu membawa Kalian ke dalam dunia hiburan yang lebih nyata. Mari kita mulai penjelajahan kita dalam mengenal lebih jauh tentang kabel ajaib ini.

Apa itu Port Optical Audio?

Port Optical Audio adalah jenis port yang berperan sebagai penerima sinyal audio, berbeda dengan port HDMI yang memiliki kapasitas untuk mengirimkan sinyal audio dan video secara bersamaan.

Perbedaan mendasarnya, port Optical Audio khusus menangani sinyal suara, sementara port HDMI berfungsi sebagai pengirim sinyal audio dan video.

Kabel Optical Audio dibuat dari serat optik dan memanfaatkan cahaya laser sebagai medium transmisi sinyal audio.

Pada gambar yang akan kita lihat nanti, ditunjukkan contoh dari kabel Optical Audio yang memiliki ujung mirip kepala pistol, yang digunakan untuk memancarkan sinar laser.

Baca juga:  Cara Paralel TV Kabel Indihome Layaknya Hotel Yang Mudah Dilakukan

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh Toshiba pada tahun 1983 dan awalnya diperuntukkan untuk penggunaan pada Compact-Disk mereka.

Banyak orang yang akrab dengan port ini dengan sebutan Toshiba-link atau kabel TOSLINK. Walaupun saat ini penggunaannya cukup jarang karena hadirnya port HDMI yang mampu mengirimkan sinyal audio dan video sekaligus serta mendukung format audio beresolusi tinggi seperti Dolby TrueHD, port Optical Audio tetap memiliki sejumlah kegunaan yang dapat diaplikasikan pada situasi tertentu.

Kegunaan Port Optical Audio

Mungkin ada sebagian dari kita yang berpikir bahwa keberadaan HDMI membuat port Optical Audio menjadi tidak relevan dan lebih rumit untuk digunakan.

Namun, sejatinya port Optical Audio masih dapat beroperasi secara optimal di era modern ini. Berikut adalah tiga manfaat dari port Optical Audio yang dapat kita simpulkan:

1. Bisa digunakan untuk pemutar musik klasik

Bila Kalian memiliki pemutar musik klasik berkualitas tinggi yang tidak dilengkapi dengan port HDMI, Kalian tetap dapat memanfaatkan port Optical Audio untuk merasakan kualitas suara yang setara dengan penggunaan port HDMI.

2. Dapat digunakan tanpa layar

Berbeda dengan kabel HDMI yang memerlukan layar untuk memancarkan suara, port Optical tidak memiliki kebutuhan tersebut.

Sebagai ilustrasi, bila Kalian ingin menggunakan Blu-ray player sebagai CD player namun tidak berkeinginan untuk menghidupkan TV atau layar hanya untuk mendengarkan CD, maka port Optical Audio bisa menjadi solusi untuk mendengarkan musik langsung melalui speaker atau receiver tanpa harus mengaktifkan TV atau layar.

3. Tidak ada bunyi “menggumam” pada speaker

Tentu kita pernah merasakan gangguan berupa suara “humming” atau menggumam dari speaker yang disebabkan oleh kabel-kabel yang berantakan dan kurang rapi.

Tumpukan kabel yang tidak teratur bisa menghambat aliran listrik di dalamnya dan berpotensi merusak speaker jika dibiarkan berlarut-larut.

Baca juga:  Penyebab Utama Kerusakan TV LED Changhong : Penjelasan yang Sangat Detail

Meski tampak sepele, suara “humming” ini dapat menjadi masalah yang cukup serius. Satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan merapikan kabel-kabel yang berantakan, namun ini bisa memakan waktu dan belum tentu efektif.

Salah satu solusi praktis yang bisa Kalian coba adalah menggunakan kabel TOSLINK. Kabel ini terbuat dari serat optik murni yang terbuat dari plastik dan kaca, sehingga gangguan listrik yang dapat menyebabkan suara “humming” pada speaker bisa dihindari.

Cara Menyambungkan Audio Eksternal Dengan Kabel Optical

Ada beberapa metode yang dapat dipilih untuk menghubungkan audio eksternal ke TV Kalian. Akan tetapi, salah satu opsi yang populer adalah melalui penggunaan kabel optik yang mampu menghasilkan audio dengan kualitas tinggi.

Jika Kalian berminat untuk mempraktikkan metode ini dalam pengaturan sistem audio Kalian, terdapat panduan tentang cara menghubungkan kabel optik di bawah ini.

Salah satu kelebihan kabel optik adalah tingkat kehilangan transmisi yang lebih rendah dibandingkan dengan kabel berbasis logam.

Oleh karena itu, kabel optik sangat ideal untuk transmisi jarak jauh dan bisa menjadi solusi semi-permanen yang hKalianl.

Namun, penting untuk dicatat bahwa metode yang diberikan dalam artikel ini adalah yang paling lazim digunakan. Untuk informasi yang lebih rinci tentang konektivitas dan pengaturan sistem lain yang mungkin berbeda-beda untuk model tertentu, Kalian disarankan untuk memeriksa buku petunjuk penggunaan yang disertakan dengan produk Kalian.

Sambungkan dengan kabel optik

1. Masukan kabel audio optik ke port DIGITAL AUDIO OUT pada TV.

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung

2. Masukan ujung yang lainnya dari kabel optik digital ke port DIGITAL AUDIO IN pada speaker eksternal.

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung

3. Tekan tombol Home (BerKalian) pada remote control dan pilih Pengaturan.

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung

4. Buka dan pilih Output Suara di menu Suara.

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung

5. Pilih Audio Out/Optik.

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung

Perbedaan dengan HDMI

Kabel optik dan HDMI adalah dua metode koneksi yang memberikan kualitas suara yang memuaskan untuk Kalian. Meski begitu, Kalian mungkin penasaran tentang apa yang membedakan keduanya.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Menyambungkan WiFi ke TV Samsung

Yang pertama dan paling esensial, kualitas suara tidak ada perbedaannya. Tipe koneksi mana pun yang Kalian pilih akan memberikan kualitas suara yang serupa.

Kedua metode tersebut mampu mengirimkan audio multi-saluran yang lebih unggul dibandingkan dengan analog.

Perbedaan mendasar antara kabel optik dan HDMI terletak pada jumlah format audio yang didukung. Kabel optik mendukung format 5.1 Dolby Digital dan DTS audio.

Sedangkan HDMI, tidak hanya mendukung format 5.1 Dolby Digital dan DTS audio, namun juga mencakup Dolby Digital Plus, Dolby True HD, DTS-HD Master Audio, Dolby Atmos, dan DTS:X.

Penutup

Dengan pengetahuan yang telah kita bahas dalam artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung memiliki berbagai keunggulan dan fungsionalitas yang tidak bisa diabaikan. Meski port HDMI memiliki kelebihan tersendiri, penggunaan kabel optik terbukti memiliki relevansinya dalam berbagai situasi.

Kualitas suara yang ditawarkan oleh kabel ini, serta kemampuannya untuk mengirimkan audio multi-saluran dengan minim gangguan, menjadikannya pilihan yang berharga untuk peningkatan kualitas audio di rumah Kalian. Jadi, jangan ragu untuk mempertimbangkan penggunaan Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung sebagai solusi audio berkualitas tinggi Kalian.

Dengan demikian, kita telah mencapai akhir artikel ini. Semoga informasi dari bengkeltv.id yang disajikan bermanfaat dan membantu Kalian dalam menentukan pilihan terbaik untuk sistem audio di rumah. Jangan ragu untuk mencoba dan menikmati kualitas suara yang superior dengan Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung. Selamat menikmati pengalaman audio yang luar biasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *