Kode Remot TV Changhong

Kode Remot TV Changhong : Terlengkap

Posted on

Bengkeltv.idKode Remot TV Changhong : Terlengkap. Ketika menggunakan remote kontrol untuk televisi, Kalian dapat dengan mudah mengoperasikan televisi dari jarak yang jauh. Oleh karena itu, remote sangat penting bagi pemilik atau pengguna televisi.

Namun, ketika remote telah digunakan cukup lama, mungkin akan muncul beberapa masalah pada remote. Salah satu masalahnya adalah ketika remote TV tidak merespons ketika tombol perintah ditekan, sehingga perlu diperbaiki atau bahkan diganti dengan remote baru.

Jika diperbaiki dan masih tidak berhasil, maka solusinya adalah mengganti remote dengan yang baru. Kalian dapat menggunakan remote original atau remote universal, namun untuk remote universal, perlu dimasukkan kode remote terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

Setiap merek televisi memiliki kode remote yang berbeda. Pada kesempatan ini, hargaalat.id akan memberikan informasi tentang kode remote televisi merek Changhong, yang tentunya sudah sangat familiar di telinga Kalian.

Fungsi Kode Remote

Kode remote TV pada umumnya adalah kombinasi tiga digit angka yang diberikan oleh pabrik pembuat remote universal. Kode tersebut berfungsi untuk menggantikan remote TV bawaan yang rusak atau hilang dengan menggunakan remote universal.

Dengan memasukkan tiga kode remot tersebut, remote dapat digunakan sepenuhnya. Seperti yang kita ketahui atau mungkin berdasarkan pengalaman, remote baru tidak dapat digunakan sepenuhnya sampai kode remot dimasukkan terlebih dahulu.

Cara Setting Remot Joker di TV Changhong

Untuk mengoperasikan remot joker dengan TV Changhong, perlu dilakukan pengaturan (setting) agar pola frekuensi infra merah dapat disinkronkan dengan TV dan dapat berfungsi dengan baik. Setelah disinkronkan, remot joker dapat berfungsi seperti perangkat original.

Berikut adalah tabel kode remot TV Changhong seri satu:

Baca juga:  Bagaimana Cara Setting Kode Remot TV JVC?

PerangkatRemot Joker
TipeUniversal
DukunganTV Changhong
JenisTabung, LCD, LED, Smart TV
Kode008, 009, 092, 102, 104, 181, 224, 073, 093, 002, 014, 191, 182, 128, 089, 010
011, 016, 026, 028, 053, 051, 052, 057, 058, 067, 071, 086, 087, 100, 159, 162, 089, 091

Berikut adalah panduan pengaturan kode remote TV Changhong pada perangkat merk joker:

  • Siapkan remot multi-merk joker dan pastikan kondisi baterai masih baik.
  • Hidupkan TV Changhong di rumah Kalian.
  • Arahkan remot ke layar televisi dan tekan tombol Set+Power sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan kedua tombol tersebut sambil memastikan lampu indikator masih menyala.
  • Masukkan tiga angka unik berupa kode remot TV Changhong yang telah disediakan di atas.
  • Jika kode yang dimasukkan benar, lampu pada remot akan padam dan remot siap digunakan.

Jika pengaturan remot masih belum berhasil karena kode yang salah, ulangi langkah-langkah tersebut sampai menemukan nomor yang tepat.

Panduan pengaturan remot joker pada TV Changhong tanpa kode adalah sebagai berikut:

  • Hidupkan TV Changhong dan siapkan remot joker.
  • Pastikan baterai pada remot masih dalam keadaan baik dan arahkan ke layar televisi.
  • Tekan tombol Set pada remot sekitar 5 detik sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan tombol Set dan lampu akan berkedip secara terus-menerus, menunjukkan bahwa proses scanning atau pencarian otomatis sedang berjalan.
  • Ketika TV Changhong menunjukkan respon, segera tekan kembali tombol Set untuk mengunci dan menghentikan proses scanning.
  • Setelah itu, remot siap digunakan layaknya versi asli.

Jika terlewat untuk menghentikan proses scanning otomatis, tidak perlu khawatir. Cukup tekan tombol Volume- (sekali) untuk mengembalikan ke mode scan mundur satu kali. Ulangi langkah ini sampai TV merespons.

Cara Setting Remot Multisonic di TV Changhong

Untuk mengoperasikan remot multisonic dengan TV Changhong, perlu dilakukan pengaturan (setting) dengan memasukkan kode tertentu. Dengan demikian, akan terjadi kecocokan antara kedua perangkat tersebut. Namun, perlu diingat bahwa metode setting TV dan AC Changhong berbeda, jadi jangan sampai tertukar.

Baca juga:  Biaya Ganti Backlight TV LED LG : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah tabel kode remot TV Changhong seri dua:

PerangkatRemot Multisonic
TipeUniversal
DukunganTV Changhong
JenisTabung, LCD, LED, Smart TV
Kode468, 469, 467, 472, 473, 089, 474, 346, 347, 343, 344, 345, 008, 009, 092, 093, 102, 104, 181

Panduan pengaturan kode remot TV Changhong pada perangkat merk multisonic adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Kalian memiliki remot multisonic dengan baterai yang baru.
  • Nyalakan TV Changhong di rumah Kalian.
  • Arahkan remot ke layar dan tekan tombol Set+Power hingga lampu indikator menyala.
  • Masukkan salah satu kode remot TV Changhong yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah itu, remot multisonic siap digunakan sehari-hari.

Cobalah kode remot satu persatu sampai menemukan kombinasi yang cocok dengan TV Changhong di rumah.

Panduan pengaturan remot multisonic pada TV Changhong tanpa kode adalah sebagai berikut:

  • Siapkan remot multisonic dengan baterai yang baru.
  • Nyalakan TV Changhong dengan tipe tabung, LCD, atau LED.
  • Pegang dan arahkan remot ke layar televisi.
  • Cari tombol di remot multisonic yang bertuliskan China 1 atau China 2 (pilih salah satu). Kemudian, tekan dan tahan maksimal 5 menit.
  • Lepaskan tombol saat televisi menunjukkan respon.
  • Setelah itu, remot multisonic siap digunakan seperti versi aslinya.

Setelah pengaturan pada remot universal selesai, pastikan untuk menguji fungsinya secara langsung. Coba ubah channel, atur volume, atau menu lain yang tersedia di televisi.

Penyebab Remot Gagal Berfungsi

Penyebab utama remot gantian atau universal tidak berfungsi setelah memasukkan kode remot bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah karena kode yang tidak cocok atau kesalahan saat setting seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan remot tidak berfungsi setelah memasukkan kode remot:

1. Salah memasukkan kode

Penyebab pertama adalah kesalahan dalam memasukkan tiga digit kode remot atau kode yang tidak sesuai dengan tipe TV Changhong Kalian.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara

2. Baterai remot habis atau lemah

Penyebab kedua adalah baterai pada remot yang habis atau lemah. Pastikan menggunakan baterai yang baru saat mengganti remot.

3. Masalah pada unit remot

Penyebab ketiga adalah adanya masalah pada unit remot, seperti besi penghubung baterai yang berkarat atau terdapat kotoran sehingga arus listrik tidak mengalir sempurna.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sesuaikan dengan penyebabnya. Jika kesalahan terjadi saat memasukkan kode, ulangi proses memasukkan kode. Jika baterai habis, ganti dengan baterai yang baru. Jika terdapat karat pada besi penghubung baterai, bersihkan karat tersebut.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam menggunakan remot TV Changhong, pengaturan kode remot sangat penting untuk dilakukan agar dapat berfungsi dengan baik. Dengan mengetahui kode remot TV Changhong yang tepat, maka pengoperasian remote dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

Namun, jika terdapat kesalahan saat memasukkan kode atau masalah pada unit remot, maka remote mungkin tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kode remot yang benar dan menggunakan baterai yang baik pada remot.

Dalam mencari kode remot TV Changhong, Anda dapat memeriksa tabel kode remot yang disediakan oleh pabrik pembuat remot universal atau mencari informasi yang tersedia di internet. Dengan demikian, penggunaan remote TV Changhong dapat dilakukan dengan lancar dan mudah.

Kode Remot TV Changhong merupakan salah satu keyword yang penting bagi para pemilik TV Changhong yang menggunakan remot universal atau mengganti remote yang lama. Dengan mengetahui dan memahami penggunaan kode remot, maka pengoperasian TV Changhong dengan remote dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kode Remot TV Changhong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *