Kode Remot TV Akira

Daftar Kode Remot TV Akira Tipe Tabung & LED

Posted on

Bengkeltv.idDaftar Kode Remot TV Akira Tipe Tabung & LED. Seperti yang sudah diketahui, ketika ingin mengganti remot TV bawaan dengan remot multi atau universal, biasanya akan memerlukan kode remot. Biasanya, saat pembelian remot tersebut sudah dilengkapi dengan selembar kertas kode.

Namun, banyak pengguna atau pemilik TV yang malas membaca atau kehilangan selembar kertas tersebut sehingga tidak tahu kode remot yang digunakan. Hal ini tentu membuat mereka bertanya-tanya mengenai kode remot TV yang digunakan.

Maka dari itu, pada kesempatan ini, hargaalat.id akan menyampaikan kode remot TV merk Akira. Mungkin merek TV satu ini terdengar asing karena tidak sepopuler merek lain seperti Polytron, Sharp, LG, dan sebagainya.

Namun, perusahaan elektronik (TV) asal Singapura ini ternyata memiliki cukup banyak konsumen di Indonesia. Hal ini mungkin disebabkan oleh harga TV Akira yang terjangkau.

Jika Kalian penasaran mengenai Kode Remot TV Akira, berikut ini akan disampaikan secara lengkap kode-kodenya. Bagi pemilik TV Akira yang ingin mengetahui kode remotenya, simak pembahasan ini sampai selesai.

Apa Itu Kode Remot TV Akira?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menggunakan kode remot TV Akira, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu kode remot TV Akira.

Kode remot TV Akira adalah serangkaian angka yang digunakan untuk mengoperasikan TV Akira Anda. Kode tersebut biasanya ditemukan di dalam manual pengguna TV Akira atau dapat dicari secara online. Ketika kode tersebut dimasukkan ke dalam remote TV Akira, maka remote tersebut akan dapat digunakan untuk mengontrol TV Akira dengan mudah.

Fungsi Kode Remot TV

Kode remot TV memiliki fungsi untuk menghubungkan antara remot dengan TV. Setiap merek dan tipe TV memiliki kode remot yang berbeda, sehingga ketika ingin menggunakan remot yang berbeda dengan remot bawaan TV, perlu mengetahui kode remot yang tepat.

Baca juga:  Cara Setting TV LG Agar Jernih : Panduan Mudah Pemula

Dengan mengetahui kode remot yang tepat, pengguna dapat mengontrol TV menggunakan remot yang baru. Kode remot juga berguna untuk mengatasi masalah jika remot bawaan TV hilang atau rusak, sehingga dapat menggunakan remot yang berbeda sebagai penggantinya.

Selain itu, beberapa kode remot juga memiliki fungsi khusus seperti mengatur volume, mengganti channel, dan mengakses menu pada TV. Dengan demikian, pengguna dapat lebih mudah mengontrol TV menggunakan remot yang sesuai dengan kode remot yang tepat.

Kode Remot TV Akira

Apakah kamu tahu bahwa setiap remot universal dari berbagai merek perlu diprogram terlebih dahulu agar dapat berfungsi dengan baik? Hal ini disebabkan oleh sifat multifungsi dari alat pengendali jarak jauh universal tersebut yang mendukung hampir semua merek televisi.

Namun, setiap perusahaan TV memiliki pola frekuensi inframerah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemrograman pada remot universal bertujuan untuk menyesuaikan pola frekuensi tersebut agar dapat bekerja dengan televisi seperti pada kondisi bawaan pabrik.

1. Setting Kode TV Akari di Remot Joker

Setelah mengetahui kode remot TV Akari, selanjutnya kita akan membahas cara mengatur atau setting remot universal merk Joker untuk TV Akari. Sebelumnya, pastikan untuk membeli perangkat ini di toko favorit kamu.

Berikut ini adalah kode remot TV Akari:

PerangkatRemot Joker
TipeUniversal
SupportTV Akari
JenisTabung, LCD, LED, Smart TV
Kode104, 181, 224, 073, 103, 013, 213, 140, 015, 102

Berikut adalah langkah-langkah memasukkan kode remot TV Akari pada perangkat merk Joker:

  • Pastikan kamu sudah memiliki remot universal merk Joker dan memasukkan baterai ke dalam remot. Kemudian, nyalakan TV Akari.
  • Pegang remot Joker, arahkan ke layar TV, dan tekan tombol Set+Power hingga lampu indikator menyala.
  • Lepaskan kedua tombol tersebut, dan pastikan bahwa lampu indikator pada remot masih tetap menyala.
  • Masukkan tiga nomor unik yang tertera pada tabel kode remot TV Akari di atas.
  • Jika kode yang kamu masukkan sudah benar, lampu pada remot akan padam.
  • Selesai, remot Joker sudah dikenali oleh TV Akari dan siap digunakan sehari-hari.

Jika kode remot yang kamu masukkan tidak berfungsi, silakan coba angka lainnya satu persatu hingga berhasil. Ada juga teknik lain untuk memprogram remot Joker secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkah singkronisasi remot Joker dengan TV Akari tanpa menggunakan kode:

Baca juga:  Panduan Mudah & Sederhana Cara Setting TV LG Semua Tipe

  • Hidupkan TV Akari dan siapkan remot Joker yang sudah dipasangi baterai. Pastikan kondisi baterai dalam keadaan baik.
  • Tekan tombol Set pada remot Joker selama sekitar 5 detik sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan tombol Set, maka lampu indikator pada remot akan berkedip secara terus-menerus. Hal ini menandakan bahwa proses pencarian otomatis sedang berjalan. Perhatikan saja layar TV.
  • Ketika TV Akari merespon, segera tekan kembali tombol Set untuk mengunci dan menghentikan scanning.
  • Selesai, remot Joker siap kamu gunakan.

Menghentikan proses scanning pada waktu yang tepat tidaklah mudah, pengguna seringkali melewatkan beberapa detik. Jika hal ini terjadi, kamu hanya perlu scan mundur satu kali dengan menekan tombol Volume – sekali pada remot. Ulangi langkah ini hingga TV merespon.

2. Setting Kode TV Akari di Remot Multisonic

Sama seperti alat pengendali jarak jauh universal lainnya, remot multisonic juga perlu diatur terlebih dahulu dengan memasukkan kode tertentu. Hal ini dilakukan untuk menyelaraskan pola frekuensi dari inframerah televisi Akari.

Berikut ini adalah kode remot TV Akari:

PerangkatRemot Multisonic
TipeUniversal
SupportTV Akari
JenisTabung, LCD, LED, Smart TV
Kode013, 213, 140, 448, 015, 102, 104, 181, 224, 073, 103

Berikut ini adalah langkah-langkah menginput kode remot TV Akari pada perangkat Multisonic:

  • Siapkan remot universal merk Multisonic dan masukkan baterai ke dalamnya.
  • Hidupkan televisi Akari dan arahkan remot ke layar.
  • Tekan dan tahan tombol Set+Power sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan kedua tombol tersebut, lalu masukkan salah satu kode remot TV Akari yang tertera pada tabel di atas.
  • Selesai, remot Multisonic siap digunakan sehari-hari.

Silakan coba semua kode remot TV sampai menemukan nomor yang cocok.

Cara scan otomatis pada remot Multisonic di TV Akari:

  • Nyalakan televisi Akari, ambil dan arahkan remot Multisonic ke layar.
  • Tekan dan tahan tombol Set pada remot (jangan dilepas).
  • Tunggu hingga maksimal 20 menit sampai layar TV menunjukkan respon, lalu segera lepaskan tombol Set.
  • Selesai, remot siap digunakan setiap hari..

Faktor Penyebab Remot Tidak Fungsi

Dalam memasukkan kode remot TV Akira pada perangkat lain, terkadang pengguna TV Akira tidak selalu berhasil. Beberapa penyebab kegagalan tersebut adalah:

Baca juga:  Cara Menghubungkan WiFi ke TV Polytron Paling Simpel

1. Salah Kode

Penyebab ini sangat umum terjadi, sehingga saat memasukkan atau mengatur kode remot, pengguna harus lebih teliti. Jika hal ini terjadi, pengguna dapat mencoba memasukkan ulang kodenya atau mencoba kode lain.

2. Baterai Lemah

Penyebab lain adalah baterai yang lemah, seperti yang telah disebutkan di awal dalam cara memasukkan kode remot. Oleh karena itu, pastikan baterai yang digunakan pada remot adalah baterai baru.

3. Kendala Lain

Kendala lain dapat terjadi saat pengguna terlalu jauh dari unit TV saat memasukkan kode remote TV. Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam koneksi dan pengiriman sinyal inframerah antara remot dan unit TV.

Harga Remot Multi/Gantian

Harga remot multi, universal atau pengganti ini beragam tergantung dari mereknya, seperti Joker dan Chunghop. Harganya berkisar antara Rp 15.000 sampai dengan Rp 110.000 saja. Kamu bisa membelinya di toko elektronik terdekat atau juga di toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya.

Namun, jika kamu tidak ingin membeli karena sedang tidak memiliki uang, kamu dapat memanfaatkan aplikasi remote TV di smartphone. Berikut adalah beberapa aplikasi remote TV yang dapat kamu gunakan:

  • Google Home
  • Mi Remote Controller
  • Remote Control for TV
  • Remote Control Universal TV
  • SURE
  • Universal TV Remote Control

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kode Remot TV Akira. Dengan mengetahui kode remot TV Akira, kamu dapat dengan mudah memprogram remot universal untuk TV Akira milikmu. Namun, jika terjadi kesulitan dalam mengatur remot, kamu bisa mencoba beberapa solusi yang telah disebutkan di atas.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan baterai dan jarak antara remot dan unit TV saat mengatur kode remot. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari kode remot TV Akira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *