Kode Remote TV Samsung

Daftar Kode Remote TV Samsung : Tabung, LCD, LED Universal Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idDaftar Kode Remote TV Samsung : Tabung, LCD, LED Universal Lengkap. Apakah Kalian memiliki TV Samsung dan ingin mengatur remote control Kalian? Apakah Kalian pernah bingung tentang bagaimana cara mengatur Kode Remote TV Samsung untuk TV Kalian? Jangan khawatir, kami di sini untuk membantu Kalian.

Remote control adalah salah satu bagian yang penting dari TV. Tanpa remote control, Kalian akan kesulitan untuk mengubah saluran, menyesuaikan volume, atau mengatur kontras dan kecerahan TV Kalian. Namun, ketika remote control tidak berfungsi atau hilang, hal itu bisa sangat merepotkan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas Kode Remote TV Samsung dan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatur remote control Samsung Kalian. Kami akan memberikan tips dan trik berguna yang akan membantu Kalian mengatasi masalah dan menggunakan remote control Samsung Kalian dengan lebih mudah.

Apa Itu Kode Remot TV ?

Kode remot TV adalah kombinasi angka yang diberikan oleh produsen remot universal untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan televisi. Kode ini sangat berguna jika remot asli rusak atau hilang, namun tidak ada remot pengganti yang diproduksi oleh pabrik televisi tersebut.

Walaupun saat ini menonton film melalui situs streaming semakin populer, masih banyak orang yang memilih menikmati tayangan televisi dan rela menatap layar televisi dalam waktu yang lama demi mengikuti acara favorit mereka.

Namun, kerusakan pada beberapa komponen TV seperti remot bisa terjadi akibat penggunaan yang sering atau tidak hati-hati seperti jatuh atau terbentur benda keras.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini dan telah membeli remot TV universal, Anda bisa memasukkan kode remot TV untuk merek LG, Sharp, Polytron, Samsung, Toshiba, dan merek lainnya agar dapat langsung menggunakan remot tersebut.

Baca juga:  Cara Mencari Channel TV LG Dengan Cepat dan Mudah

Kode-kode ini sudah tersedia dari produsen remot dan terdapat di panduan penggunaan yang disertakan pada setiap pembelian remot TV. Dengan menggunakan kode remot TV, pengguna bisa mengoperasikan televisi dengan mudah dan praktis tanpa harus membeli remot asli yang lebih mahal.

Selain itu, pemilihan kode remot TV yang tepat juga bisa memastikan kompatibilitas dengan merek dan model televisi yang dimiliki.

Fungsi Kode Remot

Fungsi kode remot adalah untuk menghubungkan remot TV baru dengan televisi. Biasanya, ini dilakukan ketika pengguna TV mengganti remot TV multi atau universal baru karena remot TV bawaan rusak atau hilang.

Kode remot ini terdiri dari tiga digit angka acak yang berbeda untuk setiap merek TV. Sebagai contoh, kode remot TV Samsung tidak sama dengan kode remot TV Polytron atau merek TV lainnya.

Kode Remote TV Samsung

Kode remote TV Samsung dibagi menjadi dua jenis, yaitu untuk TV tabung (televisi kuno) dan TV LCD modern (dengan bentuk yang lebih tipis). Berikut ini adalah beberapa kode remote Samsung untuk kedua jenis televisi tersebut:

1. Jenis TV Tabung

Meskipun tergolong kuno, televisi tabung masih banyak digunakan oleh kalangan menengah ke bawah karena harganya yang terjangkau. Berikut beberapa kode remote Samsung yang dapat digunakan untuk televisi tabung merek Samsung:

  • 008, 011, 016
  • 021, 024, 025
  • 033, 037, 039
  • 040, 043, 050
  • 051, 091, 113
  • 123, 375, 376

2. Jenis TV LCD / LED

Sementara itu, televisi LCD merupakan jenis televisi modern yang populer saat ini karena bentuknya yang tipis dan beberapa keunggulan yang dimilikinya. Untuk pengguna televisi Samsung jenis ini, berikut adalah kode remote yang dapat digunakan untuk menyalakan televisi:

  • 005, dan 024

3. Kode Remote 4 Digit

Jika telah mencoba beberapa kode remote sebelumnya namun televisi masih tidak dapat menyala, maka Kalian dapat mencoba kode remote empat digit berikut:

  • 0226, 0812, 0817, 0821, 0830
  • 0556, 0009, 0702, 0774, 0093
  • 0217, 0448, 0774, 0482, 0370
  • 0264, 0329, 0090, 0032, 1060
  • 0216, 0290, 0154, 0150, 0092
  • 0072, 0179, 0208, 0519, 0156
  • 0163, 0652, 0019, 0618, 0644
  • 0056, 0060, 0587, 0037, 0178

Cobalah memasukkan kode satu per satu hingga menemukan kode yang tepat untuk televisi Samsung Kalian. Dengan mencoba kode remote yang berbeda, Kalian dapat menemukan kode yang tepat dan membuat remote Kalian dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Cara Menyambungkan HP ke TV Sharp Paling Mudah & Tepat

4. Kode Remote 5 Digit

Selain kode remote empat digit, Kalian juga dapat mencoba menggunakan kode remote lima digit berikut untuk televisi Samsung Kalian:

  • 10056, 11575, 10217, 10482
  • 10032, 10814, 12051, 10766
  • 10812, 13993, 10060, 11632
  • 10587, 11060, 10178, 10030
  • 10329, 10650, 10427, 11959
  • 10408, 100702

Cobalah memasukkan kode satu per satu hingga menemukan kode yang tepat untuk televisi Samsung Kalian. Kode remote yang berbeda dapat membantu Kalian menemukan kode yang tepat dan membuat remote Kalian dapat berfungsi dengan baik pada televisi Samsung Kalian.

Cara Setting Remote Universal

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyetel kode remote universal TV Samsung, termasuk kode remote TV Samsung tabung, kode remote TV Samsung LED, kode remote TV Samsung cembung, dan kode remote TV Samsung LCD yang dapat Kalian terapkan di remote TV Kalian:

1. Cara Setting Kode Remote TV Samsung dengan Kode

Untuk menyetel remote menggunakan kode remot TV Samsung LED 32, kode remot TV Samsung tabung 21 inch, atau TV lainnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hidupkan TV terlebih dahulu, pastikan tidak menggunakan TV/AV
  • Tekan tombol set + power secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik
  • Tunggu hingga lampu indikator menyala, lalu lepaskan kedua tombol tersebut
  • Tekan kode remote TV Samsung di atas, urutkan dari 3 kode terlebih dahulu
  • Jika berhasil, lampu indikator pada remote TV akan mati
  • Periksa apakah remote sudah terhubung dengan TV

2. Cara Setting Kode Remote TV Samsung secara Otomatis

Penyetelan otomatis adalah cara yang paling mudah untuk menyambungkan antara remote dan TV Samsung. Meskipun begitu, metode ini tidak selalu berhasil pada beberapa jenis TV sehingga kami menjadikannya sebagai opsi kedua.

  • Hidupkan TV terlebih dahulu, pastikan tidak menggunakan TV/AV
  • Pastikan remote TV juga aktif
  • Tekan tombol set + power secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik
  • Tunggu hingga lampu indikator menyala, lalu tekan tombol Volume +
  • Jika tidak ada respons, coba tekan tombol Channel –
  • Jika berhasil, TV akan berganti channel begitu tombol dipencet.

Penyebab Kode Remot TV Samsung Tidak Dapat Berfungsi

Saat memasukkan kode remot TV, terkadang pengguna TV mengalami kendala yang membuat remote tetap tidak berfungsi. Beberapa faktor penyebabnya antara lain:

1. Salah Kode

Faktor utama yang sering menyebabkan kegagalan adalah kesalahan saat memasukkan kode remot. Oleh karena itu, pastikan untuk memasukkan kode dengan teliti dan benar.

Baca juga:  Cara Reset TV Xiaomi : Panduan Pemula Lengkap

2. Baterai Habis

Kegagalan juga bisa disebabkan oleh baterai yang habis. Sebelum memasukkan kode, pastikan bahwa baterai remote sudah diganti dengan baterai baru.

3. Kendala Teknis

Kegagalan bisa juga disebabkan oleh kendala teknis, seperti jarak antara remote TV dan unit TV Samsung yang terlalu jauh. Pastikan untuk memperhatikan faktor teknis ini agar remote dapat berfungsi dengan baik.

Cara memperbaiki remote TV yang tidak berfungsi

Berikut adalah beberapa cara memperbaiki remote TV yang tidak berfungsi:

1. Ganti Baterai

Pertama, periksa baterai pada remote TV dan ganti dengan yang baru jika sudah habis. Baterai yang lemah dapat menyebabkan remote tidak berfungsi.

2. Bersihkan Remote

Kedua, bersihkan remote TV dari debu atau kotoran yang menempel. Kadang-kadang, kotoran dapat menghalangi sinyal dari remote ke TV.

3. Periksa Konektivitas

Ketiga, periksa konektivitas pada remote TV dan pastikan tidak ada kabel yang lepas atau rusak. Kabel yang rusak dapat menyebabkan remote tidak berfungsi.

4. Reset Remote

Keempat, reset remote TV dengan menekan tombol reset pada remote atau lepaskan baterai selama beberapa saat sebelum memasangnya kembali. Hal ini dapat membantu memperbaiki masalah pada remote.

5. Periksa Remote dengan Smartphone

Terakhir, coba periksa remote dengan smartphone yang memiliki kamera. Dengan cara ini, kita dapat memastikan apakah remote TV masih mengirimkan sinyal atau tidak.

Jika masalah tetap berlanjut setelah mencoba semua cara di atas, mungkin perlu membawa remote TV ke teknisi untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga :

Penutup

Kode Remote TV Samsung dapat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan televisi dengan remote universal. Terdapat beberapa jenis kode remote untuk TV Samsung seperti untuk jenis tabung, LCD/LED, 4 digit, dan 5 digit. Namun, jika saat memasukkan kode remote TV masih mengalami kendala, pastikan untuk mengecek kesalahan pada kode, baterai, konektivitas, serta melakukan reset pada remote.

Dengan mengetahui cara memperbaiki remote TV yang tidak berfungsi, pengguna dapat memanfaatkan kode remote TV Samsung dengan lebih optimal. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai kode remote TV Samsung ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *