Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable

Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable yang Wajib Diketahui

Posted on

Bengkeltv.idKelebihan Dan Kekurangan AC Portable yang Wajib Diketahui. Jika Kalian sedang mencari AC untuk apartemen kecil atau ruangan tambahan, AC portable bisa menjadi pilihan yang menarik.

Berbeda dengan AC jendela atau split, AC portable tidak memerlukan instalasi permanen sehingga Kalian dapat dengan mudah memindahkannya dari satu ruangan ke ruangan lain.

Namun, sebelum Kalian memutuskan untuk membeli AC portable, ada baiknya untuk mempertimbangkan Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable.

Mengenal AC portable

“Portable” merupakan istilah yang mengacu pada segala sesuatu yang fleksibel dan mudah digunakan di berbagai tempat atau media, tidak terbatas hanya pada peralatan elektronik.

Salah satu jenis mesin pendingin udara adalah AC Portable, yang dapat dipindahkan ke berbagai tempat sesuai kebutuhan pengguna. Bagi mereka yang memiliki ruangan terbatas, AC Portable sangat cocok karena lebih praktis dan efisien.

Permintaan pasar yang tinggi juga mendorong produsen AC untuk merilis seri Portable, sehingga lebih terjangkau oleh masyarakat kelas entri level. Misalnya, pekerja perkotaan yang tinggal di kamar sewaan membutuhkan mesin pendingin udara yang praktis.

Kondisi ini sangat tepat untuk memilih AC Portable daripada kipas angin, karena kamu dapat merasakan suhu dingin meskipun cuaca sedang panas di luar. Berbagai merk populer seperti LG, Samsung, Daikin, Sharp, Sanken, Polytron, Panasonic, dan Toshiba menawarkan variasi model dan fitur yang dapat dipilih.

Kelebihan dan Kekurangan AC Portable

Dalam bab ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan AC Portable yang perlu diketahui. Banyak orang mungkin masih belum memahami perbedaannya sehingga merasa ragu dalam memilih produk jenis portable.

Baca juga:  Cara Mematikan Timer AC LG Dengan Mudah

Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan AC Portable, Teknologi AC Portable merupakan opsi terbaik bagi mereka yang enggan menggunakan AC konvensional karena beberapa alasan. Beberapa kelebihan produk ini antara lain:

1. Pendingin yang Lebih Hemat Energi

Salah satu kelebihan AC portabel adalah hemat energi dibandingkan dengan AC konvensional. Hal ini karena kemampuan alat ini dapat dipindahkan ke berbagai tempat dengan mudah, sehingga tidak perlu membeli banyak AC untuk setiap ruangan di rumah.

Dengan begitu, tagihan listrik akan lebih terkendali dan rumah menjadi lebih hemat energi.

2. Kontrol Suhu Lebih Baik

Keunggulan lain dari AC portabel adalah kemampuan kontrol suhu yang lebih baik dan efisien. Dengan satu mesin saja, Kalian dapat membuat ruangan di rumah menjadi dingin seperti kulkas.
Caranya adalah dengan mengatur suhu ke tingkat yang lebih rendah sehingga mesin dapat membuat ruangan menjadi dingin dengan cepat. Efisiensi mesin ini dalam mendinginkan ruangan bahkan lebih baik daripada beberapa merek AC biasa.

3. Lebih Cepat Membuat Ruangan Dingin

Kelebihan AC portabel selanjutnya adalah kemampuannya untuk membuat ruangan menjadi lebih dingin dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan Kalian untuk menempatkan AC di tempat yang diinginkan sehingga rasa dingin bisa langsung terasa.

Berbeda dengan AC yang menempel di dinding dan tidak dapat dipindahkan. Dengan bekerja lebih efisien, Kalian dapat menghindari pemborosan uang untuk servis AC.

4. Ukuran yang Lebih Hemat

Berbeda dengan AC konvensional, terdapat beberapa jenis dan ukuran AC portabel yang tersedia di pasaran. Mulai dari yang sangat kecil hingga sangat besar.

Dengan berbagai ukuran yang tersedia, pastikan Kalian memilih AC yang paling sesuai dengan ukuran rumah Kalian dan kebutuhan daya.

5. Bagus Digunakan di Rumah Tua

Keuntungan terakhir dari AC portabel adalah mesin ini sangat cocok digunakan di rumah-rumah tua. Banyak rumah di Indonesia, baik yang tua maupun yang baru, tidak memiliki saluran khusus untuk AC.

Hal ini memaksa Kalian untuk merenovasi rumah terlebih dahulu agar dapat memasang mesin dalam dan luar AC. Namun, hal ini tidak perlu Kalian lakukan jika Kalian membeli AC portabel karena mesin dapat disimpan di mana saja dengan mudah.

Baca juga:  Arti Simbol Remote AC Sharp : Paling Lengkap Terbaru

Kekurangan AC Portable

Kelebihan dan Kekurangan AC Portable, meskipun AC Portable memiliki banyak kelebihan, tetap ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah beberapa kekurangan AC Portable:

1. Suara yang Lebih Berisik

Meskipun memiliki banyak kelebihan, AC portabel juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan AC portabel adalah suaranya yang lebih bising dibandingkan dengan AC biasa.

Saat digunakan, mesin ini akan mengeluarkan suara yang cukup keras karena kompresornya tergabung dengan AC. Hal ini jarang terjadi pada AC konvensional karena mesinnya dibuat terpisah.

2. Membutuhkan Area Pembuang Udara Panas

Sama seperti AC biasa, AC portabel juga memerlukan area untuk pembuangan udara panas yang terdapat di bagian belakang mesin.

Karena mesin dan kompresornya tergabung, Kalian harus memperhatikan posisi AC agar udara dingin dan panas yang dikeluarkan mesin tidak bercampur.

3. Rawan Rusak

Kekurangan AC portabel lainnya adalah mesinnya lebih mudah dan rawan rusak dibandingkan dengan AC konvensional.

Hal ini disebabkan karena mesin AC sering dipindahkan-pindahkan, sehingga meningkatkan risiko mesin tergeser atau rusak.

4. Daya Listrik yang Lebih Besar

Meskipun dapat menghemat tagihan listrik, AC portabel membutuhkan daya listrik yang besar. Daya yang dibutuhkan bahkan lebih besar daripada AC konvensional, sehingga disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakannya.

Cara Kerja AC Portable

Pada dasarnya, cara kerja AC Portable sama seperti jenis mesin pendingin udara tipe lainnya, yaitu perangkat akan melakukan proses pendinginan udara dengan bantuan freon. Namun, ada juga AC Portable yang menggunakan es batu sebagai alternatif pengganti zat refrigerant.

Perbedaan paling mencolok terletak pada desain dan ukuran produk, dimana AC Portable cenderung berbentuk persegi panjang tegak ke atas dengan ukuran relatif kecil. Pada bagian bawah biasanya terdapat roda untuk memudahkan pengguna dalam memindahkan perangkat ke ruangan lain.

AC Portable memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan tipe lain dan tidak memerlukan selang sehingga pengguna tidak perlu melubangi dinding tembok rumah. Selain itu, terdapat tempat khusus untuk menampung air kondensasi, yang harus sering dicek.

Baca juga:  Cara Setting Timer AC Panasonic : Perhatikan dengan Baik

Prinsip kerja AC Portable yang sama dengan mesin pendingin udara umum tetapi desainnya yang lebih ringkas membuat minat konsumen semakin tinggi. Oleh karena itu, calon pembeli sebaiknya cermat dalam memilih merk terbaik dengan daya tahan yang awet.

Karena cara kerjanya sama dengan mesin pendingin udara versi konvensional, maka kelebihan dan kekurangan AC Portable terletak pada aspek desain, ukuran, dan cara penggunaan produk. Meski terkesan sepele, pengetahuan ini sangat penting untuk membantu kamu mengenal lebih jauh tentang AC Portable.

Cara Menggunakan AC Portable

Mengoperasikan AC Portable tergolong sangat mudah, hampir semua orang bisa mengaktifkannya tanpa kesulitan. Namun, tetap perlu mengikuti prosedur yang benar agar menghindari kegagalan fungsi atau kerusakan komponen lainnya.

Berikut adalah cara penggunaan AC Portable yang benar:

  • Tempatkan AC Portable dekat ventilasi untuk membantu pembuangan hawa panas.
  • Sambungkan kabel power ke stop kontak listrik di rumah.
  • Tekan tombol power untuk menyalakan perangkat dan tunggu beberapa saat.
  • Lakukan pengaturan sesuai dengan fitur yang tersedia pada produk.

Pemasangan dan penggunaan yang mudah serta pengetahuan tentang kelebihan dan kekurangan AC Portable membuat permintaan pasar semakin tinggi. Variasi harga dari berbagai merk memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa AC Portable berbeda dengan Air Cooler atau Air Purifier, karena AC Portable menggunakan freon sebagai media pendingin udara. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama agar tidak salah memilih produk.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kelebihan dan Kekurangan AC Portable, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Dalam memilih AC Portable, perlu diperhatikan kelebihan dan kekurangan serta cara penggunaannya agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Tetaplah selalu waspada dan cermat dalam memilih produk yang tepat. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *