Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola

Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Bengkeltv.idKelebihan & Kekurangan Antena Parabola yang Perlu Kalian Ketahui. Dalam era digital ini, berbagai inovasi teknologi terus berkembang dengan pesat, salah satunya adalah teknologi penyiaran televisi. Antena parabola menjadi salah satu perangkat yang digunakan oleh masyarakat luas untuk mendapatkan siaran televisi dengan kualitas yang baik.

Sebagai teknologi penyiaran, antena parabola memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang. Namun, seperti halnya setiap teknologi, antena parabola juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail mengenai Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola.

Mengenai Antena Parabola

Antena parabola adalah tipe antena yang menggunakan reflektor dengan bentuk parabola untuk mengarahkan gelombang radio. Antena ini biasanya berbentuk seperti piring dan umumnya disebut antena parabola. Salah satu keunggulan utama antena ini adalah kemampuannya menghasilkan arah pancaran yang tinggi, mirip dengan bagaimana lampu reflektor atau senter bisa mengarahkan gelombang radio dalam satu arah yang sempit atau menerima gelombang radio hanya dari satu arah.

Dibandingkan jenis antena lainnya, antena parabola memiliki beberapa kelebihan superior, seperti kemampuan untuk menghasilkan lebar pita frekuensi paling sempit.

Namun, untuk meraih lebar pita pancaran yang sempit ini, reflektor parabola harus lebih besar dari panjang gelombang radio yang digunakan.

Sebagai akibatnya, antena parabola biasanya lebih sering digunakan pada rentang frekuensi tinggi dari spektrum radio, seperti pada frekuensi UHF dan gelombang mikro (SHF), di mana panjang gelombangnya cukup kecil sehingga reflektor dengan ukuran yang dapat diterima dapat digunakan.

Baca juga:  Harga Nex Parabola Satu Set : Cara Pasang & Kelebihan

Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola

Sebelum Kalian memilih untuk menggunakan atau menginstal antena parabola, pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan antena parabola harus diperhatikan terlebih dahulu. Selain itu, dalam proses pemilihan antena parabola yang akan digunakan, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap merk antena parabola yang ada.

Antena parabola biasanya digunakan dalam bidang telekomunikasi, teknologi, serta televisi yang memanfaatkan satelit. Namun, keputusan seseorang untuk memilih dan menginstal antena parabola harus dipikirkan secara matang, mempertimbangkan pro dan kontra dalam penggunaannya.

Instalasi antena parabola bisa menjadi alternatif yang baik, sebab tayangan televisi melalui antena parabola biasanya menawarkan gambar yang lebih jernih dan jumlah saluran yang lebih beragam dibandingkan dengan menggunakan antena biasa. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan antena parabola juga memiliki beberapa kelemahan dan risiko tertentu yang harus diwaspadai sebelum Kalian memutuskan untuk menginstalnya.

Seperti halnya dengan setiap produk, antena parabola juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah ulasan tentang Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola :

1. Kelebihan Antena Parabola

Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola, Berikut adalah beberapa kelebihan dari penggunaan antena parabola:

  • Antena parabola memungkinkan Kalian untuk menonton lebih banyak saluran televisi dengan jumlah channel yang bisa mencapai ratusan.
  • Kualitas gambar yang diberikan oleh antena parabola biasanya lebih jernih, baik untuk tayangan stKalianr maupun high definition.
  • Antena parabola memungkinkan Kalian untuk menonton saluran televisi internasional tanpa biaya.
  • Antena parabola menawarkan beragam pilihan channel yang bisa disaksikan, jadi Kalian tidak akan cepat bosan.
  • Dengan antena parabola, Kalian bisa menonton film dan pertandingan sepak bola tanpa biaya tambahan.
  • Kalian tidak perlu membayar biaya berlangganan bulanan, namun masih bisa menikmati layanan televisi berbayar seperti K Vision, Matrix Garuda, dan Topas TV.
  • Antena parabola tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis, seperti antena parabola mini, jaring, besar, dan solid.
  • Kualitas gambar pada antena parabola tidak dipengaruhi oleh kondisi cuaca, sehingga sinyal lebih stabil.
Baca juga:  Daftar Channel Receiver Nusantara HD Paling Lengkap

Sinyal televisi disebarkan melalui satelit, sehingga bisa menjangkau daerah atau wilayah apapun.

2. Kekurangan Antena Parabola

Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola, Berikut adalah beberapa kekurangan dari antena parabola yang perlu Kalian ketahui:

  • Instalasi antena parabola memerlukan biaya yang cukup besar untuk membeli seluruh perlengkapannya.
  • Untuk beberapa acara tertentu seperti pertandingan sepak bola, biasanya dilakukan pengacakan terkait hak siar.
  • Jika menonton saluran televisi internasional seperti film, biasanya tidak disediakan teks terjemahan dalam bahasa Indonesia.
  • Terkadang, bisa terjadi masalah pada suara atau audio seperti suara yang tidak sinkron, macet, atau bahkan tidak ada suara sama sekali.

Meski memerlukan biaya awal yang cukup besar untuk membeli peralatan, penggunaan antena parabola masih dianggap lebih menguntungkan karena hanya memerlukan biaya sekali bayar dan antena bisa digunakan selama bertahun-tahun.

Hal ini dianggap lebih baik dibandingkan harus membayar biaya berlangganan bulanan untuk layanan televisi berbayar dengan jumlah channel dan kualitas gambar yang terbatas. Apalagi saat ini, sudah tersedia siaran televisi free-to-view dan free-to-air dengan menggunakan antena parabola mini.

Cara Tracking Satelit Parabola

Setelah memahami Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola, sebagai informasi tambahan, emparpilar.com akan memberikan langkah-langkah dalam pelacakan satelit parabola sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah menentukan satelit yang akan ditargetkan atau di-lock (Kalian bisa memilih dari daftar satelit yang ada), pilihlah yang memiliki kuat sinyal frekuensi paling tinggi.
  • Kemudian, siapkan peralatan yang diperlukan untuk proses pelacakan satelit, seperti receiver, kunci pas, waterpas, kompas, televisi/monitor, dan lainnya.
  • Selanjutnya, hidupkan perangkat parabola dan masuk ke menu pengaturan > Pilih satelit > frekuensi terkuat. Setelah itu, atur dish parabola dengan mengarahkannya ke satelit yang akan ditargetkan.
  • Selanjutnya, arahkan dish parabola ke posisi satelit yang Kalian inginkan, misalnya satelit Thaicom 5. Arahkan dish parabola dari satelit Palapa D ke arah barat dengan gerakan perlahan, sambil mengamati intensitas sinyal di monitor. Terus lakukan hal ini hingga Kalian menemukan sinyal paling kuat.
  • Setelah Kalian menemukan sinyal dengan kekuatan maksimal, kencangkan baut penyangga agar posisi tidak berubah. Selanjutnya, lakukan pencarian channel secara otomatis atau blind scan.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses pencarian channel selesai, kemudian klik simpan untuk menyimpan channel yang telah ditemukan.
Baca juga:  Cara Menghubungkan Receiver Parabola ke TV LED Sharp Aquos dengan Mudah

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola yang telah kami sampaikan. Semoga dengan ulasan ini, Kalian dapat mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menggunakan atau memasang antena parabola di rumah Kalian. Ingatlah, bahwa setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebagai konsumen, tentunya kita harus pintar-pintar dalam memilih, jangan hanya melihat kelebihan saja, tapi perhatikan juga kekurangan yang ada. Untuk itu, pahami dulu apa saja Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola, kemudian barulah Kalian bisa memutuskan apakah antena parabola ini layak untuk Kalian gunakan atau tidak.

Jangan lupa juga untuk terus mencari informasi dan pengetahuan baru tentang teknologi, karena perkembangan teknologi sangat cepat dan kita harus bisa mengikuti perubahannya. Selalu pastikan Kalian mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya sebelum membuat keputusan. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *