Posisi Parabola Yang Benar

Cara Mengatur Posisi Parabola Yang Benar

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengatur Posisi Parabola Yang Benar. Posisi parabola yang benar merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat memasang antena parabola. Parabola yang terpasang dengan benar akan memungkinkan Anda menikmati siaran televisi dengan jernih dan tanpa gangguan.

Namun, memasang parabola tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus memperhatikan banyak hal, seperti jenis parabola yang digunakan, arah dan sudut kemiringan parabola, serta kondisi cuaca.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari panduan praktis untuk memasang parabola dengan benar. Kami akan membahas jenis-jenis parabola yang umum digunakan, cara menentukan posisi parabola yang benar, dan tips untuk mengatasi masalah saat memasang parabola.

Posisi Parabola Yang Benar

Ada tiga posisi sudut arah parabola yang perlu diperhatikan saat memasang parabola, agar mudah mengarahkan parabola ke sudut kemiringan yang tepat. Ketiga posisi sudut parabola tersebut adalah :

  • sudut azimuth
  • sudut inklinasi
  • sudut elevasi.

Artikel ini akan menjelaskan teknik pemasangan Posisi Parabola Yang Benar agar dapat mengarahkan parabola dengan tepat.

Posisi Sudut Dish Parabola Yang Benar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam memasang parabola perlu mengatur sudut dish parabola dengan tepat untuk dapat menangkap sinyal dari satelit. Mounting dish parabola sudah dilengkapi dengan mekanisme pengaturan sudut ini.

Sudut Azimuth

Dalam memasang parabola, penting untuk mengatur sudut azimuth dengan tepat agar dish parabola dapat menangkap sinyal satelit. Sudut azimuth merupakan posisi dish parabola terhadap arah barat, yang patokannya adalah arah barat yang tepat. Oleh karena itu, saat memasang parabola pada mounting dish, perlu diperhatikan agar dish parabola menghadap tepat ke arah barat.

Hal ini menjadi lebih penting lagi jika Kalian memasang parabola jaring yang menggunakan sistem penggerak motor, di mana dish parabola diharapkan dapat menangkap sinyal satelit dari arah barat hingga timur. Dengan menghadapkan dish parabola tepat ke arah barat, pergerakan dish parabola dari barat ke timur untuk menangkap sinyal satelit akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Baca juga:  Penyebab Kualitas Sinyal Parabola 0 & Cara Mengatasinya Lengkap

Kalian dapat menggunakan kompas untuk menentukan sudut arah barat yang tepat, atau memanfaatkan aplikasi yang tersedia untuk mengetahui arah yang tepat sehingga dish parabola dapat diarahkan dengan benar.

Sudut Inklinasi

Sudut inklinasi adalah sudut kemiringan dish parabola terhadap garis khatulistiwa. Sebagaimana kita ketahui, umumnya posisi satelit ditempatkan sejajar di atas khatulistiwa. Oleh karena itu, untuk daerah yang berada di luar garis khatulistiwa, dish parabola perlu diarahkan sedikit miring ke arah khatulistiwa.

Misalnya, jika Kalian berada di selatan khatulistiwa, maka dish parabola perlu dimiringkan sedikit ke arah utara. Sebaliknya, jika posisi Kalian berada di sebelah utara khatulistiwa, dish parabola harus dimiringkan sedikit ke arah selatan. Karena itu, sudut ini sering disebut sebagai kemiringan dish utara-selatan.

Posisi Parabola Yang Benar

Sudut Elevasi

Sudut elevasi, atau yang biasa disebut sebagai sudut kemiringan dish parabola, bergantung pada posisi satelit yang ingin dituju. Untuk menentukan sudut elevasi yang tepat, saya akan mengarahkan dish parabola ke atas atau tengadah sebagai patokan awal. Selanjutnya, saya akan memutar atau menggerakkan dish parabola ke arah barat atau timur sesuai dengan posisi satelit yang ingin dituju.

Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk posisi kita di Indonesia, semakin kecil garis bujur satelit yang ingin dituju, maka sudut kemiringan dish parabola akan semakin condong ke arah barat. Sebaliknya, semakin besar garis bujur satelit yang ingin dituju, sudut kemiringan dish parabola akan semakin ke arah timur.

Dasar Mencari Sinyal Parabola

Parabola mini menjadi alternatif ideal yang dapat menggantikan fungsi antena UHF. Dengan daya pancar sinyal satelit yang cukup kuat, parabola mini dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Meskipun bukan teknisi, pemasangan parabola mini cukup mudah dilakukan. Lokasi pemasangan tidak perlu terlalu tinggi, asalkan tidak ada halangan yang mengganggu dish.

Berikut adalah teknik pemasangan parabola mini:

  • Pastikan dish ditempatkan pada lokasi yang terbuka, tanpa terhalang oleh tembok, pohon, atau benda lain.
  • Usahakan cuaca cerah saat pemasangan untuk memudahkan penangkapan sinyal.
  • Pastikan tiang penyangga parabola tegak lurus dan tidak goyang.
  • Ketahui arah koordinat satelit dengan benar melalui bantuan aplikasi.
  • Input nomor transponder terkuat saat mencari sinyal.
Baca juga:  Kode Siaran Bola di Parabola : Terlengkap

Itulah beberapa faktor utama yang dapat membantu Anda dalam memasang parabola mini. Meskipun terkesan sepele, kesalahan sedikit dapat berdampak pada kegagalan total.

Untuk mempermudah pekerjaan, Anda perlu mempersiapkan alat pendukung yang mudah ditemukan dan tidak membebani bagi pemula yang bukan teknisi terampil.

Berikut ini adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk memasang parabola dan mencari sinyal:

  • Smartphone Android dengan koneksi internet yang memadai.
  • Aplikasi WhatsApp untuk melakukan panggilan video dengan rekan.
  • Aplikasi SatFinder untuk menentukan arah satelit dengan mudah.
  • Kunci pas nomor 10 dan obeng plus serta solatip warna hitam

Cara Mencari Sinyal Parabola Mini

Untuk mencari sinyal parabola mini, diperlukan peralatan yang sederhana dan wawasan dasar tentang dunia siaran satelit.

Pertama, rakitlah parabola mini menggunakan kunci pas dan obeng. Pastikan antena dipasang pada lokasi yang ideal dan tidak terhalang oleh benda apapun.

Berikut adalah cara paling mudah untuk mencari sinyal parabola mini:

1. Tentukan Satelit

Tahap awalnya adalah pastikan Anda menentukan satelit yang ingin dituju sesuai dengan jenis receiver yang digunakan. Misalnya, K Vision beroperasi pada Measat 3a dengan nomor transponder Ku Band.

DataDeskripsi
SatelitMeasat 3a
SpektrumKu Band
BeamIndonesia
Koordinat91.4 E
Transporder 112436 H 31000
Trasnporder 212396 H 31000

Nomor transponder tersebut perlu dimasukkan pada receiver yang direkomendasikan oleh K Vision.

2. Konfigurasi Receiver

Posisi Parabola Yang Benar

Secara umum, setiap receiver yang ada di pasaran memiliki pengaturan yang sama. Namun, tampilan menu pada setiap receiver bisa berbeda-beda tergantung dari pihak produsen.

Untuk mencari sinyal parabola K Vision, langkah awalnya adalah memasukkan data satelit dan nomor transponder menggunakan remote control pada receiver.

Selain itu, perlu diperhatikan pengaturan default untuk LNB Ku Band sebagai berikut:

DataDeskripsi
Frekuensi LNBUniversal 9750-10600
Daya LNBAuto
PolaritasAuto

3. Atur Arah Satelit

Posisi Parabola Yang Benar

Menentukan arah satelit merupakan bagian penting dalam proses tracking satelit. Hal ini bertujuan untuk meraih intensitas sinyal minimal 60 persen agar siaran parabola dapat berjalan lancar.

Baca juga:  Daftar Channel Nex Parabola C & Ku Band : UPDATE Terbaru

Berikut langkah-langkah untuk menentukan arah satelit:

  • Hidupkan smartphone Android dengan menekan tombol power.
  • Unduh dan pasang aplikasi bernama SatFinder.
  • Aktifkan fitur GPS untuk menentukan lokasi secara akurat.
  • Buka aplikasi SatFinder dan masukkan satelit yang ingin dituju, misalnya Measat 3a.
  • Tekan gambar Map pada bagian pojok kanan atas.
  • Detail Map akan terbuka sesuai dengan lokasi Anda berada.
  • Letakkan smartphone di atas lantai dan putar secara perlahan.
  • Perhatikan sensor dan berhenti saat warnanya berubah menjadi hijau.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat menentukan arah dan posisi dish parabola dengan tepat. SatFinder merupakan aplikasi wajib yang harus dimiliki, karena tanpa itu akan sulit untuk mendeteksi posisi dan sinyal satelit.

4. Putar Dish

Pastikan Anda sudah mendapatkan arah satelit yang tepat melalui aplikasi SatFinder. Selanjutnya, video call dengan rekan untuk memudahkan proses tracking sinyal.

Pastikan rekan Anda telah memasukkan parameter satelit dan frekuensi pada receiver. Putar dish perlahan sampai Anda mendapatkan sinyal yang mencukupi.

Indikator siaran lancar adalah ketika sinyal satelit masuk minimal sekitar 60 persen. Jika sinyal di bawah 60 persen, maka channel akan terasa macet dan mudah hilang saat cuaca mendung atau hujan.

Penutup

Dalam pemasangan parabola, menentukan posisi yang tepat sangatlah penting agar sinyal yang diterima optimal. Terdapat tiga posisi utama yang perlu diperhatikan, yaitu sudut azimuth, sudut inklinasi, dan sudut elevasi.

Selain itu, penggunaan alat pendukung seperti smartphone dan aplikasi SatFinder juga sangat membantu dalam menentukan arah dan posisi yang benar untuk parabola.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Kalian dapat memastikan bahwa parabola terpasang dengan posisi yang benar dan siaran televisi dapat diterima dengan lancar. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Posisi Parabola yang Benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *