Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri

Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri dan Solusinya

Posted on

Bengkeltv.id Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri dan Solusinya.  Televisi merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak sedikit dari kita yang pernah mengalami masalah pada televisi, seperti mati sendiri atau tidak bisa menyala.

Salah satu merk televisi yang sering mengalami masalah ini adalah Tv Polytron. Banyak orang yang mengeluhkan bahwa tv Polytron mereka tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa menyala kembali.

Jika Kalian juga mengalami masalah serupa, jangan khawatir. Pada artikel ini, kami akan membahas penyebab Tv Polytron mati sendiri dan memberikan solusi mudah untuk mengatasi masalah ini.

Kenapa TV Polytron Tiba-Tiba Mati Sendiri?

Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri

TV Polytron adalah produk lokal yang memiliki kualitas hampir sebanding dengan produk luar negeri. Dengan harganya yang lebih terjangkau dan kualitas yang cukup bagus, banyak orang memilih menggunakan produk TV Polytron.

Namun sayangnya, TV Polytron yang telah digunakan dalam waktu yang lama (lebih dari 3 tahun) seringkali mengalami beberapa masalah, seperti tidak bisa dinyalakan atau mengalami proteksi, tidak menyala meskipun indikator menyala, tiba-tiba mati sendiri, atau bahkan mati total.

Dari pengamatan kami, ada beberapa Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri, antara lain:

1. Kerusakan IC Vertikal

Kerusakan IC vertikal adalah kondisi yang paling umum menyebabkan TV tiba-tiba mati sendiri. Hal ini disebabkan oleh turunnya kualitas elco pendukung dalam rangkaian blok vertikal.

Baca juga:  Penyebab & Cara Memperbaiki TV Sharp LED Tidak Bisa Menangkap Siaran

2. Malfungsi pada Komponen Penting

Jika bagian penting mengalami kerusakan seperti retak, patah, rusak, aus, atau berkarat, maka TV dapat mati mendadak. Beberapa jenis komponen penting yang perlu diperhatikan adalah:

  • Regulator
  • Tuner
  • Flyback
  • IC Horizontal
  • IC Vertikal
  • Suara

3. TV Protek / Mati Standby

Protek TV adalah ketika TV mati namun lampu indikator masih menyala karena sistem protek masih aktif. Ini menunjukkan bahwa masalahnya sebenarnya bukan pada komponen protek itu sendiri, melainkan pada mesin TV.

4. Solderan Kaki Modul Retak

Kerusakan TV Polytron yang menyebabkan mati mendadak juga dapat disebabkan oleh solderan kaki modul atau komponen yang patah, pecah, atau retak. Kondisi ini dapat terjadi jika TV telah diperlakukan seperti berikut:

  • Sering ditabok saat tiba-tiba mati.
  • Terkena goncangan yang keras.
  • Terkena tegangan super tinggi / korsleting.
  • Penggunaan timah mentah untuk solderan.
  • Terjatuh dari ketinggian.
  • Terkena air atau cairan kimia.

5. Transistor Horizontal Bermasalah

Transistor final horizontal yang rusak atau short dapat menyebabkan penurunan tegangan listrik sehingga aliran listrik tidak bisa mengalir dengan baik. Hal ini menyebabkan TV mati mendadak dan terkadang dapat hidup kembali secara otomatis.

Cara Mengatasi TV Polytron Tiba-Tiba Mati Sendiri

Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri

Setelah mengetahui Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri, langkah selanjutnya untuk para pemilik TV adalah mempelajari cara mengatasinya. Dengan mengatasi masalah tersebut, TV dapat kembali normal dan dapat digunakan seperti biasa.

Hal yang perlu dilakukan dalam mengatasi TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi adalah dengan fokus pada penyebabnya. Setelah mengetahuinya, langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan. Inilah solusi untuk mengatasi Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri.

1. Cek Elco yang Rusak

Jika TV Polytron tiba-tiba mati sendiri saat baru dinyalakan karena kerusakan pada elco bagian IC vertikal, khususnya elco dengan ukuran 1uF/50v yang rusak atau kering, maka cara mengatasinya adalah dengan memeriksa elco tersebut menggunakan multitester.

Baca juga:  Cara Reset TV Toshiba : Mudah & Simpel

Selain itu, perlu juga memeriksa elco-elco lain yang berada di sekitar IC vertikal dan memastikan tidak ada titik solder yang retak atau terlepas di bagian belakang mesin, terutama pada kaki-kaki elco yang dekat dengan IC vertikal.

2. Lepas Elco

Jika elco mengalami kerusakan atau kaki elco retak dan terlepas, maka langkah yang tepat adalah menggantinya dengan elco baru. Sebelum memasang elco baru, pastikan untuk melepas elco lama yang rusak terlebih dahulu.

Untuk melepas elco, panaskan timah pada kaki-kaki elco di PCB dan kemudian sedot timah dengan alat bantu. Pastikan semua timah terangkat dengan bersih agar pemasangan elco baru dapat menempel dengan sempurna.

3. Pasang Elco Baru

Setelah berhasil membersihkan dan melepas elco lama yang rusak, langkah selanjutnya adalah memasang elco baru dengan ukuran yang sama. Untuk memastikan kualitas solderan yang baik, gunakan timah solder berkualitas sehingga elco merekat dengan sempurna.

Setelah selesai memasang elco baru, cobalah untuk menyalakan TV Polytron dan periksa apakah masih mengalami proteksi atau tidak. Jika tidak, maka proses mengatasi masalah TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi telah berhasil, dan Anda dapat mencoba menyalakannya kembali.

Apakah Ada Cara Memperbaiki Lain?

Biasanya, ketika mengalami masalah seperti TV Polytron tiba-tiba mati sendiri, para teknisi akan mengatasi dengan cara melumpuhkan protek TV Polytron. Namun, bagaimana cara melumpuhkan protek TV Polytron tersebut?

Cara melumpuhkan protek TV Polytron telah dibahas dalam artikel sebelumnya. Kalian dapat membaca secara lengkap mengenai langkah-langkah untuk melumpuhkan protek TV Polytron yang aktif.

Untuk melumpuhkan protek ini, Kalian hanya perlu mencari pin protek. Namun, letak pin protek berbeda-beda untuk setiap tipe TV Polytron, jadi pastikan untuk mengetahui letak pin protek yang tepat. Secara umum, pin protek biasanya ditKaliani dengan tulisan “protek”.

Baca juga:  Penyebab Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara

Biaya Service TV Polytron Tiba-Tiba Mati Sendiri

Jika Kalian dapat mengatasi sendiri masalah pada TV Polytron yang tiba-tiba mati sendiri, maka biayanya tidak akan terlalu besar. Kalian hanya perlu membeli komponen seperti elco baru untuk mengganti yang rusak. Komponen tersebut dapat dibeli di toko elektronik terdekat.

Namun, jika Kalian tidak yakin dapat mengatasi masalah tersebut sendiri dan takut memperburuk kondisi TV, maka sebaiknya memanggil tukang service. Namun, Kalian harus siap membayar biaya perbaikan.

Biaya perbaikan TV Polytron yang tiba-tiba mati sendiri tergantung pada tipe unit TV dan tingkat kesulitan perbaikan. Biaya tersebut juga dapat bervariasi di setiap daerah dan tukang service TV yang berbeda.

Secara umum, biaya perbaikan dapat mencapai sekitar Rp 200-300 ribu atau lebih. Sebelum memanggil tukang service, tanyakan dulu biaya yang akan dikenakan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan TV Polytron mati dengan sendirinya, seperti kerusakan pada komponen seperti elko, transistor final horizontal, atau solderan kaki modul yang rusak atau retak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kalian perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, kemudian melakukan tindakan perbaikan yang sesuai, seperti mengganti komponen yang rusak atau memperbaiki solderan yang buruk. Jika Kalian tidak yakin dapat menanganinya sendiri, sebaiknya panggil teknisi, namun pastikan untuk menanyakan biaya perbaikan terlebih dahulu.

Dengan memahami penyebab TV Polytron mati sendiri, Kalian dapat lebih mudah mengatasi masalah dan menjaga keandalan TV Kalian. Itulah ulasan dari bengkeltv.id mengenai penyebab TV Polytron mati dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *