Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau Saja

Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau Saja dan Solusinya Secara Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idKerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau Saja dan Solusinya Secara Lengkap. Dalam era modern yang serba digital ini, televisi telah berkembang pesat menjadi salah satu perangkat elektronik yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Khususnya, TV LED telah mendominasi pasar berkat kualitas gambar yang tajam dan fitur-fitur canggih yang ditawarkannya.

Namun, tak jarang kita dihadapkan pada permasalahan yang timbul dari penggunaan TV LED, terutama dari merk ternama seperti Sharp. Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para pemilik TV LED Sharp adalah ketika lampu indikator pada televisi menunjukkan warna hijau tetapi layar tidak menampilkan apapun.

Artikel ini akan mengupas tuntas mengenai “Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau Saja”, memberikan Kalian wawasan tentang penyebab kerusakan tersebut dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini. Mari kita selami lebih dala

TV LED Sharp

Televisi LED kini memegang tampuk kepemimpinan di pasar televisi global, menggoda konsumen dengan melimpahnya fitur dan kelebihan yang disuguhkan. Sharp, sebagai salah satu merek televisi LED yang ternama, tentu tidak mau ketinggalan.

Televisi LED Sharp menghadirkan aneka ragam desain yang dapat disinkronkan dengan estetika ruangan Kalian. Tidak hanya itu, televisi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang bisa Kalian pilih sesuai kebutuhan dan ketersediaan dana.

Sebagai salah satu pilar dalam industri televisi, Sharp telah membuktikan keunggulan di berbagai bidang. Salah satu yang paling mencolok adalah kualitas tampilan layar yang kristal jernih, yang pasti akan membuat Kalian betah berlama-lama di rumah, menikmati tayangan favorit Kalian.

Sebagai nilai tambah, televisi Sharp menyertakan tuner digital yang telah terintegrasi ke dalam unitnya. Dengan ini, Kalian tidak lagi perlu repot membeli set box tambahan untuk meningkatkan kualitas tampilan layar.

Tak hanya itu, Sharp konsisten dalam menawarkan produk televisi dengan kualitas yang tak perlu diragukan. Kalian bisa tenang karena keunggulan produk televisi Sharp sudah mendapat pengakuan secara global.

Hal yang tak kalah menarik adalah adanya jaminan purna jual yang cukup lama dan jangkauan yang luas. Biasanya, garansi yang diberikan mencapai sekitar 5 tahun sejak saat pembelian. Tentu saja ini adalah keuntungan yang sangat menggiurkan, bukan?

Kini, dengan beragam keunggulan yang ditawarkan oleh televisi LED Sharp, Kalian dapat memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kalian. Dapatkan pengalaman menonton yang tak tertandingi dengan kualitas yang hanya bisa disajikan oleh Sharp.

Baca juga:  Cara Service Mode TV China IC LA76810a Komplit

Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau Saja

Salah satu masalah yang cukup umum dijumpai pada televisi LED Sharp adalah saat televisi sudah terhubung dengan sumber listrik, indikator lampu menyala hijau, tetapi tidak ada tampilan gambar atau suara, televisi tidak dapat dimatikan, dan baik tombol pada televisi maupun remote control tampaknya tidak berfungsi.

Kemungkinan besar, permasalahan ini disebabkan oleh kesalahan pada IC flash data. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kalian coba untuk memperbaikinya:

  • Sediakan sebuah flashdisk yang kosong, kemudian colokkan ke porta USB pada televisi.
  • Tekan dan tahan tombol power pada televisi selama beberapa detik, baru kemudian hubungkan kabel listrik televisi ke sumber daya.
  • Sabarlah menunggu hingga proses pembaruan selesai. Ini biasanya ditKaliani dengan lampu indikator yang berkedip-kedip. Penting untuk tidak mematikan televisi selama proses pembaruan berlangsung.
  • Jika layar televisi menyala, ini menKaliankan bahwa proses pembaruan telah berhasil dilakukan.
  • Selanjutnya, matikan televisi dan cabut flashdisk dari porta USB.

Kumpulan Kerusakan TV LED Sharp Aquos dan Varian Lainnya

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, mengalami kerusakan pada TV LED Sharp Aquos berukuran 24 inci atau varian lainnya adalah sesuatu yang cukup umum. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, diperlukan keahlian dasar dalam perbaikan dan pemeliharaan televisi bagi pemiliknya. Dengan memiliki pengetahuan ini, pemilik dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah pada televisinya lebih dini, sehingga dapat menghemat biaya servis yang mungkin harus dikeluarkan.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa contoh permasalahan yang sering muncul pada televisi bermerk Sharp atau jenis TV LED lainnya. Untuk memahami lebih mendalam, mari kita simak penjelasan berikut dengan seksama dan teliti.

1. TV Panas Berlebih Saat Dinyalakan

Permasalahan pertama yang sering kali muncul pada televisi adalah kelebihan panas atau overheat saat televisi dioperasikan, khususnya pada TV Sharp tipe Picollo Slim 21. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada IC Croma. Jika komponen ini rusak, televisi akan terasa amat panas saat disentuh.

Untuk menangani masalah ini, solusi yang paling tepat adalah dengan mengganti IC Croma yang rusak. Namun, tantangannya adalah suku cadang ini cukup sulit didapatkan karena Sharp sebagai produsen televisi tidak lagi memproduksi komponen tersebut. Tetapi, Kalian masih bisa memanfaatkan IC yang setara sesuai dengan tipe televisi yang Kalian miliki.

Saat melakukan penggantian IC Croma, terdapat beberapa komponen yang harus Kalian lepas terlebih dahulu, seperti transistor Q100D dan Q755. Tujuannya adalah untuk mencegah Trafo Regulator berbunyi berisik saat televisi dinyalakan. Meski suku cadang yang digunakan merupakan versi setara, bukan asli dari Sharp, solusi ini masih dapat dijadikan alternatif.

2. TV LED Sharp Aquos tidak ada gambar dan suara

Masalah lain yang cukup sering dihadapi adalah kerusakan pada komponen Elco yang berukuran 33uF yang terletak di dekat IC vertikal. Secara visual, komponen ini mungkin tidak menunjukkan tKalian-tKalian kerusakan, walaupun kadang bisa terlihat pecah, retak, atau menggelembung. Bahkan terkadang, meskipun mengalami kerusakan, Elco tidak menunjukkan perubahan apa pun secara fisik.

Namun, sebelum langsung mengganti Elco, ada baiknya melakukan pemeriksaan lebih dulu. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan alat multitester, baik yang berjenis analog maupun digital. Sebaiknya jangan tergesa-gesa mengganti Elco tanpa pemeriksaan.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Warna TV LG : Menjadi Normal

Apabila setelah diperiksa ternyata memang terdapat kerusakan pada komponen tersebut, Kalian dapat menggantinya dengan komponen yang baru. Tetapi, jika Elco tampak normal dan masih berfungsi dengan baik, maka ada kemungkinan masalah yang menyebabkan TV mengalami kerusakan berasal dari komponen lain dalam televisi.

3. TV LED Mati (Stand by)

Masalah lain yang kerap muncul adalah TV Sharp hanya menunjukkan lampu merah atau berkedip dalam warna hijau. Biasanya, masalah ini diakibatkan oleh kerusakan pada D605. Akan tetapi, jika setelah melakukan pemeriksaan pada R605 atau B+125V dan tidak ditemukan adanya masalah, maka sangat mungkin Dioda 605-lah yang menjadi sumber permasalahan.

Apabila D605 ternyata mengalami kerusakan, tidak perlu panik. Yang perlu Kalian lakukan adalah mengganti komponen tersebut. Jika setelah diganti, TV dapat kembali menyala dengan normal, maka dapat dipastikan masalah telah terselesaikan dengan sukses. Namun, jika meskipun telah melakukan beberapa upaya perbaikan dan kondisi TV tetap tidak berubah, alangkah lebih bijaksana untuk membawa televisi ke pusat servis atau bengkel elektronik terdekat.

4. Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Aquos 24

Model Aquos berukuran 24 inci kerap kali menemui sejumlah masalah, yang berkisar dari kondisi mati total hingga lampu indikator yang berkedip-kedip dalam warna merah tanpa henti dan tidak dapat menyala.

Apabila perangkat mengalami mati total, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kerusakan pada PSU (Power Supply Unit) hingga masalah pada tegangan output. Jika televisi menghadapi masalah terkait tegangan output, khususnya akibat sambaran petir, Kalian bisa mempertimbangkan untuk mengganti motherboard televisi tersebut.

Sementara itu, jika lampu indikator berwarna merah terus menerus berkedip, ada kemungkinan bahwa IC Eprom mengalami kesalahan atau error. Jika ini yang terjadi, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperbaikinya:

  • Cabut kabel dari colokan listrik.
  • Tekan dan tahan tombol joystick dan tombol power.
  • Pasang steker listrik.
  • Setelah LED merah menyala satu kali, lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Arahkan tombol joystick ke kiri, kanan, bawah, dan atas.

5. Mengatasi TV LED Sharp Aquos 32 Protek

Protek atau kondisi di mana lampu berkedip-kedip seringkali menjadi masalah yang umum dialami oleh pemilik TV LED Sharp, khususnya pada model Aquos 32 inci. Protek ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada unit power supply, termasuk komponen seperti TR, dioda, dan IC.

Untuk mengatasi masalah ini, Kalian bisa mencoba mengakses mode servis pada televisi. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, pastikan terlebih dahulu bahwa bagian power supply bekerja dengan baik dan semua tegangan dapat dikeluarkan tanpa hambatan. Jika power supply berfungsi dengan normal, lampu backlight akan menyala. Setelah memastikan hal tersebut, Kalian bisa masuk ke menu servis dengan cara sebagai berikut:

  • Cabut kabel dari colokan listrik.
  • Tekan tombol panel input dan volume down lalu colokkan kabel ke listrik.
  • LED akan menyala hijau.
  • Jika muncul huruf “K”, tekan tombol chdown dan volume down.
  • Pilih halaman 9 atau 10 yang bertuliskan ERR Reset, lalu ubah menjadi mode on.
Baca juga:  Kenapa TV Digital Tidak Ada Suara ? : Penyebab & Cara Mengatasinya

Fitur Unggulan TV LED Sharp

Setelah membahas mengenai masalah Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau Saja, selanjutnya jika Kalian adalah seorang pecinta tayangan televisi, TV LED Sharp Aquos dapat menjadi pilihan yang patut untuk dipertimbangkan. Berikut ini kami sajikan 5 fitur unggulan dari TV LED Sharp Aquos yang wajib Kalian ketahui:

1. Desain futuristik

TV LED Sharp Aquos hadir dengan desain yang modern serta futuristik. Dengan pinggiran dan bingkai yang sangat tipis, layar TV LED Sharp Aquos memberikan kesan lebih luas tanpa batasan. Kedua kaki penyangganya yang berbentuk melengkung dan ditempatkan di sisi kanan serta kiri menambah kesan kokoh serta kestabilan.

2. Antenna Booster

Salah satu hal yang sering mengganggu saat menonton televisi adalah sinyal yang tiba-tiba melemah. Akibatnya, kualitas gambar menurun drastis dan tampilan menjadi kurang jelas disertai suara berisik. Namun, dengan TV LED Sharp Aquos, hal ini tidak perlu menjadi kekhawatiran Kalian lagi.

3. Ketersediaan port USB dan HDMI

TV LED Sharp Aquos bukan hanya sekedar untuk menikmati siaran televisi, tetapi juga dilengkapi dengan port USB dan HDMI. Dengan ini, Kalian dapat dengan mudah menonton film atau mendengarkan musik dengan hanya menyambungkan flash disk atau hard disk eksternal ke port yang tersedia di bagian belakang televisi ini.

4. Dukungan LED Backlight

TV LED Sharp Aquos menawarkan resolusi layar HD yang menjadikan gambar tampak sangat tajam dan detail. Selain itu, resolusi HD ini juga akan menambah pengalaman dramatis saat menikmati film kesayangan.

5. Fitur Eco Mode

Kalian tidak perlu khawatir mengenai lonjakan tagihan listrik akibat sering menonton televisi, terutama jika Kalian menggunakan TV LED Sharp Aquos. Televisi ini dilengkapi dengan fitur Eco Mode yang berperan dalam mengurangi konsumsi energi, sehingga dapat berkontribusi dalam penghematan biaya listrik Kalian.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, permasalahan Kerusakan TV LED Sharp dengan indikasi lampu hanya hijau bisa disebabkan oleh beragam faktor. Beberapa di antaranya meliputi isu pada sumber daya, papan sirkuit, ataupun perangkat lunak. Penting bagi kita sebagai konsumen untuk selalu waspada terhadap gejala-gejala awal kerusakan dan melakukan pemeliharaan secara berkala.

Jika masalah terdeteksi, langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan ahli servis yang berpengalaman, terutama jika TV tersebut masih dalam masa garansi. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan faktor keberlanjutan dan lingkungan saat memilih untuk memperbaiki atau mengganti TV yang rusak.

Ingatlah bahwa pemeliharaan yang tepat dan penanganan masalah secara efisien dapat memperpanjang umur TV LED Sharp Kalian dan menghindari kerusakan lebih lanjut. Selalu bijak dalam penggunaan teknologi, karena keawetan sebuah produk tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi juga berkontribusi pada keberlangsungan lingkungan. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau Saja ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *