Kode Error AC Changhong

Kode Error AC Changhong : Terlengkap

Posted on

Bengkeltv.idKode Error AC Changhong : Terlengkap. Semua alat elektronik pasti akan mengalami masalah setelah digunakan dalam waktu yang lama, termasuk Air Conditioner. Masalah apa pun yang dialami pengguna biasanya berkaitan dengan masa pakai komponen elektronik.

Namun, seringkali kesalahan pada AC terjadi karena pengguna yang tidak bijak, terutama bagi pemula. Kurangnya pengetahuan dan keengganan untuk membaca panduan resmi membuat mereka hanya bisa menyalakan dan mematikan mesin pendingin udara.

Mereka bahkan tidak tahu bagaimana mengatur suhu atau menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada AC. Padahal, cara penggunaan telah dijelaskan pada panduan dari produsen untuk memudahkan konsumen yang masih pemula.

Selain itu, Kode Error AC Changhong akan muncul sebagai informasi penting bagi pengguna ketika terjadi masalah. Ini merupakan fitur unggulan dari teknologi self-diagnosis yang tersedia pada hampir semua merek AC.

Cara Setting Remote AC Changhong

Untuk mendapatkan kinerja maksimal dari AC Changhong dan mencegah kerusakan produk, penting untuk menjalankan penggunaan dengan benar. Jika belum paham, silakan baca buku petunjuk yang biasanya disertakan saat membeli unit baru.

Berikut adalah panduan cara mengatur remote AC Changhong dengan benar:

  • Tutup terlebih dahulu semua ventilasi udara baik pintu maupun jendela yang sebelumnya terbuka, berguna untuk mempercepat proses pendinginan dan menghemat kunsumsi daya listrik.
  • Nyalakan AC Changhong dengan menekan tombol power pada remot kontrol yang tersedia.
  • Biarkan produk menyala dama suhu kamar sekitar 22 sampai 24 derajat celcius selama satu menit, berguna agar mesin dan sensor melakukan proses adaptasi.
  • Gunakan mode operasional sesuai kebutuhan misalnya cool, dry atau fan. Pilih “cool” apabila kamu ingin menurunkan suhu ruangan.
  • Kurangi besaran suhu secara bertahap setiap satu derajat agar kompresos bekerja maksimal, hindari mengatur temperatur langsung ke suhu dingin.
  • Hentikan pengaturan suhu ketika udara sudah terasa nyaman, sesuaikan pula kecepatan perputaran kipas dengan menekan tombol speed.
Baca juga:  Keunggulan dan Kelemahan AC Daikin : Ketahui Secara Lengkap

Banyak orang yang kebiasaannya mengatur suhu udara AC ke titik terendah sekaligus, namun hal ini dapat menyebabkan kompresor terpaksa bekerja keras secara tiba-tiba. Selain itu, pendinginan juga menjadi kurang efektif dan konsumsi daya listrik semakin boros.

Jika kebiasaan ini berlangsung terus-menerus dalam waktu yang lama, maka usia AC akan semakin pendek. Akibatnya, sering terjadi error atau kerusakan yang dapat dihindari jika diatasi sejak dini.

Namun, pada mode fan, kamu tidak dapat mengatur besaran suhu karena AC hanya akan bekerja seperti kipas angin biasa. Dengan panduan ini, kamu dapat mengatur remote AC Changhong dengan benar.

Pengertian Kode Error AC Changhong

Kode Error pada AC Changhong adalah fitur khusus yang diberikan oleh produsen untuk mendeteksi kegagalan fungsi yang mungkin terjadi. Kode tersebut terdiri dari 2 digit yang bisa berupa angka, huruf, atau kombinasi keduanya.

Jika AC Changhong mengalami masalah, maka kode error akan muncul di panel display unit indoor. Kemudian, operasional AC secara otomatis akan berhenti untuk melindungi komponen lain dari kerusakan.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan yang lebih besar dan mengurangi biaya perbaikan. Namun, pada tipe tertentu terutama seri terendah, fitur self-diagnosis mungkin tidak tersedia, jadi sebaiknya periksa spesifikasi atau tanyakan kepada penjual di toko.

Terkadang, kode error AC Changhong bukan menunjukkan kerusakan, tetapi hanya kesalahan setting dan penyetelan dari pengguna. Oleh karena itu, tidak perlu panik jika AC tiba-tiba mengalami kegagalan fungsi.

Meskipun AC Changhong tidak terkenal seperti merek ternama lainnya, tetapi jumlah pengguna cukup banyak. Salah satu alasannya adalah spesifikasi produk yang masih bersaing dan harga yang terjangkau.

Baca juga:  Cara Setting Remote AC TCL Secara Lengkap

Kode Error AC Changhong

Terkait dengan kode error pada AC Changhong, produk asal China ini memiliki cukup banyak masalah yang sering ditemukan sehingga kode error muncul. Untuk mengetahui kode error dan artinya, baca ulasan ini sampai akhir.

NOKODE ERRORARTI KODE ERROR
1.E1Modul daya terlalu panas dan arus masuk terlalu tinggi
2.E2Sensor arus pengindraan terlalu kecil
3.E4Sensor suhu terlalu panas
4.E5Arus melebihi kapasitas pelindung
5.E6Kerusakan sensor suhu pada unit outdor
6.E7Kerusakan sensor koil pada unit outdoor
7.EAKerusakan catu daya bermasalah
8.ECSensor suhu terlalu panas
9.EeKesalahan pembacaan data pada chip EEPROM
10.F1Kerusakan sensor suhu pada unit indoor
11.F2Kerusakan sensor koil pada unit indoor
12.F4Pengaman sensor koil unit indoor terlalu panas
13.F5Sensor suhu pada ruangan lebih rendah setelah perlindungan
14.F7Kerusakan komunikasi dalam ruangan dengan panel kontrol

Penyebab Muncul Kode error AC Changhong

Kode error AC Changhong adalah nomor empat digit yang muncul di layar ketika ada masalah dengan AC mereka. Meskipun sulit bagi pemilik rumah dan teknisi untuk memecahkan masalah jenis ini, tidak ada artinya kecuali Anda tahu artinya!

Meskipun insiden AC Changhong memberikan kode error jarang terjadi, itu masih terjadi. Jika Anda mengalami masalah dengan unit Anda dan melihat salah satu pesan ini di layar:

“Kegagalan Daya” atau hanya “Kesalahan”, jangan khawatir karena biasanya dapat diselesaikan dengan menekan tombol batal/keluar sampai pesan tersebut hilang dari tampilan lalu tekan OK sekali siap untuk melanjutkan menggunakan mesin lagi – atau jika tidak berhasil, cobalah metode reset lain di bawah Pemeliharaan.

Baca juga:  Cara Merubah Suhu Fahrenheit Ke Celcius di Remote AC Samsung dengan Mudah

Penutup

Dalam penggunaan AC Changhong dapat menimbulkan kode error secara tiba-tiba. Namun, jika arti dari kode error tersebut diketahui, masalah dapat diatasi dengan mudah dan cepat. Pastikan untuk membaca panduan pengguna dan melakukan perawatan secara rutin agar tidak terjadi kode error yang tidak diinginkan pada AC Changhong Kalian. Demikianlah informasi mengenai Kode Error AC Changhong dari bengkeltv.id, semoga bermanfaat bagi Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *