Kode Error AC Toshiba

Kode Error AC Toshiba : Solusi Masalah dan Penyelesaian

Posted on

Bengkeltv.idKode Error AC Toshiba : Solusi Masalah dan Penyelesaian. Tidak ada yang lebih menyebalkan ketika cuaca sedang panas-panasnya dan tiba-tiba AC Kalian berhenti berfungsi. Lebih spesifik lagi, jika Kalian menggunakan AC Toshiba, mungkin Kalian telah menemui berbagai kode error yang cukup membingungkan.

Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas apa yang dimaksud dengan “Kode Error AC Toshiba,” bagaimana cara mengidentifikasi, dan yang lebih penting, bagaimana cara memperbaikinya. Kalian tidak perlu menjadi teknisi ahli untuk memahami dan merespon terhadap kode error ini, cukup dengan pemahaman dasar dan pengetahuan yang tepat, Kalian akan dapat menyelesaikan masalah dengan lebih efisien dan efektif. Mari kita pelajari lebih lanjut.

Mengenal AC Toshiba

Toshiba, sebuah nama besar dalam industri elektronik, telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sejak lama. Bermarkas di Minato, Tokyo, Toshiba Corporation adalah konglomerat multinasional yang menawarkan berbagai produk dan layanan. Mulai dari sistem energi, solusi untuk industri dan infrastruktur sosial, hingga elevator dan eskalator.

Selain itu, Toshiba juga terkenal sebagai produsen komponen elektronik, seperti semikonduktor dan hard disk drive. Produk mereka juga mencakup perangkat cetak, baterai, penerangan, serta solusi teknologi informasi canggih seperti kriptografi kuantum.

Toshiba, di masa lalu, merupakan salah satu pemain utama dalam produksi komputer pribadi, elektronik konsumen, furnitur rumah, dan peralatan medis. Sebagai pencipta memori flash dan produsen semikonduktor, Toshiba juga meraih posisi di antara sepuluh produsen chip terbesar di dunia.

Dalam hal AC Toshiba, perusahaan ini diperkuat oleh tim layanan mereka sendiri yang disebut PT. Berca Carrier Indonesia Service Department. Tim ini menangani segala aspek layanan purna jual, mulai dari instalasi, pemeliharaan, hingga perbaikan AC Toshiba Kalian.

Tim Berca Carrier Indonesia Service Department terdiri dari teknisi profesional, terlatih, dan berpengalaman, yang menjamin AC Toshiba Kalian selalu berada dalam kondisi terbaik.

Toshiba menawarkan empat kategori utama dalam lini produk AC mereka, yakni AC Residential, AC Light Commercial, VRF (Variable Refrigerant Flow), dan Air-Cooled Chillers.

Fitur Kode Error AC Toshiba

Sebelum kita membahas Kode Error AC Toshiba, perlu diketahui bahwa semua model AC Toshiba dilengkapi dengan fitur self diagnosis. Fitur ini sangat bermanfaat dalam mendeteksi gangguan pada perangkat dengan mudah dan cepat. Fitur self diagnosis ini adalah fitur stKalianr pada unit AC modern yang telah didukung oleh teknologi ini.

Ketika terdapat masalah pada AC Toshiba, fitur self diagnosis ini akan secara otomatis menghentikan operasi perangkat dan menampilkan kode error di panel layar unit indoor atau pada remote control.

Baca juga:  AC Bunyi Berisik : Inilah Cara Mengatasi Masalah AC yang Berisik

Kode error ini berisikan kombinasi angka dan huruf yang merujuk pada masalah tertentu yang terjadi. Hal ini memungkinkan teknisi untuk menganalisis dan memperbaiki kerusakan pada AC Toshiba dengan lebih cepat dan efisien.

Dengan adanya fitur self diagnosis ini, komponen lain pada AC Toshiba dapat terlindung dari kerusakan lebih lanjut, sehingga memungkinkan penghematan biaya pemeliharaan dan perbaikan.

Namun, sayangnya tidak semua produsen menyediakan informasi lengkap tentang kode error pada produk mereka. Informasi ini sangat penting bagi pengguna dalam mengatasi masalah pada AC mereka.

Daftar Kode Error AC Toshiba

Dengan banyaknya variasi kode error AC Toshiba, memahami dan mengingat semua kode tersebut bisa menjadi tantangan tersendiri. Itulah sebabnya, kami telah merangkum tabel yang berisi daftar lengkap kode error AC Toshiba. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna dalam membaca dan memahami berbagai kode error tersebut.

Berikut adalah rujukan daftar kode error AC Toshiba paling komprehensif yang dapat membantu pengguna ketika terjadi masalah pada AC Toshiba mereka. Dengan tabel ini, pengguna dapat mengidentifikasi dan menangani permasalahan AC Toshiba dengan lebih cepat dan efisien tanpa perlu menghafal semua kode error yang rumit.

Berikut adalah Daftar Kode Error AC Toshiba:

KODE ERRORARTI KODE
C5Terjadi kesalahan pengiriman kontrol pusat TCC link
C6Kontrol pusat menerima sinyal kesalahan perangkat TCC link
C12Batch alarm untuk peralatan tujuan umum
E1Terjadi kegagalan komunikasi antara remot kontrol dan unit indoor
E2Kegagalan pengiriman transmisi dari pengontrol lokal
E3Master unit indoor tidak menerima data ke A-B, kegagalan komunikasi unit indoor dan adaptor
E4Terdeteksi kegagalan komunikasi antara unit indoor dan outdoor
E8Terdeteksi duplikat adress pada unit indoor
E9Dua pengontrol lokal terhubung pada grup yang semuanya terkonfigurasi sebagai master
E10Terjadi permasalahan pada PCB unit indoor
E11Terjadi kesalahan komunikasi antara aplikasi dan unit indoor
E18Adanya kegagalan komunikasi antara master dan slave pada unit indoor
F1Muncul kesalahan sensor TCJ (liquid) pada unit indoor karena sirkuit terbuka atau konslet
F2Muncul kesalahan sensor TC2 (vapor) akibat dari sirkuit yang terbuka atau terkunci
F4Terjadi kesalahan pada sensor TD (discharge) unit outdoor akibat sirkuit terbuka atau tertutup
F6Error pada sensor coil TE unit outdoor karena sirkuit terbuka atau tertutup
F7Sirkuit sendor penukar panas (TL) terputus atau konslet
F8Sensor TO (ambient) unit outdoor error akibat sensor terbuka atau tertutup
F10Kesalahan pada sensor TA (return air) unit indoor karena sirkuit yang terbuka atau tertutup
F12Sensor TS meneteksi sambungan yang terputus
F13Sambungan sensor suhu pendinginan terputus atau konslet
F15Temperatur sensor suhu outdoor terlalu tinggi
F29Unit PCB mengalami kegagalan atau kerusakan
F31Terjadi permasalahan pada EEPROM unit outdoor
H1Kompresor inverter pada unit outdoor mengalami kelebihan arus
H2Sesaat setelah start up, master unit outdoor mengalami kelebihan beban
H3Status master di unit outdoor terdeteksi sedang idle
H4Temperatur pada komrpesor terlalu panas
H6Tekana pada unit outdoor terlalu rendah
L3Dalam sebuah grup terdeteksi duplikasi master di unit indoor
L7Unit indoor terdeteksi sebagai unit tunggal periksa status addressing
L8Address unit indoor belum atau tidak diatur
L9Kapasitas unit indoor tidak diatur
L10Status unset pada jenis model service P.C. Board
L29Terjadi kesalahan IPDU pada unit outdoor
L30Input pada sirkuit CN80 dalam PCM unit indoor selama 1 menit
L31Terajadi kesalahan pada PCB unit indoor
P1Motor fan pada unit indoor mengalami masalah
P3Suhu discharge pada unit outdoor terlalu tinggi melebihi 115 derajat celcius
P4Saklar tekanan tinggi pada unit outdoor diaktifkan
P5Terjadi permasalahan voltase pada power supply
P7Heat sink PCB pada unit outdoor mengalami panas berlebihan diatas 90 derajat celcius
P10Status float unit switch yang diaktifkan
P12Kesalahan motor fan pada unit indoor
P15Terdeteksi adanya kebocoran gas
P19Terjadi permasalahan pada sistem 4 way valve
P20Perlindungan terhadap tekanan tinggi aktif
P22Terjadi kesalahan sistem fan pada unit outdoor
P26Terdeteksi kesalahan pada elemen penggerak kompresor atau konslet
P29Terdeteksi sebuah permasalahan pada sirkuit position
P30Terdeteksi kesalahan kontrol grup dalam ruangan
P31Unit berhenti sendiri ketika peringatan dikeluarkan ke unit indoor
Baca juga:  Harga AC Termahal : Terbaru

Harap diingat, tabel kode kesalahan AC di atas sebaiknya digunakan sebagai pengetahuan dasar saja. Jika terjadi kerusakan pada AC Toshiba Kalian, sebaiknya hubungi teknisi profesional untuk menangani masalah tersebut.

Jangan ragu untuk menghubungi pusat layanan Toshiba terdekat jika diperlukan.

Harap diingat bahwa untuk beberapa model AC Toshiba tertentu, mungkin terdapat kode error dengan penafsiran yang berbeda karena setiap seri memiliki sistem dan fitur yang unik.

Meskipun demikian, secara umum, merujuk pada manual untuk pemecahan masalah yang diterbitkan secara resmi oleh produsen dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada AC Toshiba Kalian.

Alasan Konsumen Lebih Memilih AC Toshiba

Setelah memahami Kode Error AC Toshiba, kita bisa beralih ke perusahaan pembuatnya. Toshiba, sebagai produsen elektronik terkemuka, menawarkan berbagai jenis produk AC seperti single split, multi split, ceiling suspended, casette, dan sebagainya.

Jika Kalian sedang berencana untuk membeli AC baru, mempertimbangkan AC Toshiba bisa menjadi pilihan yang bijaksana. Beberapa alasan yang dapat menguatkan keputusan Kalian untuk memilih AC Toshiba antara lain:

1. Udara menjadi lebih bersih

AC berfungsi untuk mengendalikan suhu dan kelembapan udara dalam ruangan, dan juga membersihkan udara. Filter pada AC Toshiba dirancang untuk menyaring udara kotor menjadi lebih bersih dan segar. Beberapa model AC Toshiba dilengkapi dengan tujuh filter aktif yang menjamin kualitas udara tinggi yang disalurkan ke ruangan Kalian.

Dengan AC Toshiba, Kalian dapat menikmati udara segar dan sehat di dalam ruangan, mempertahankan kesehatan dan kenyamanan Kalian. Berkat filter aktifnya, AC Toshiba dapat menjaga udara tetap bersih dari partikel dan mikroorganisme yang tidak diinginkan, sehingga Kalian merasa nyaman di ruangan sepanjang waktu.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan AC Akari, Yuk Simak Sebelum Membeli

2. Membunuh kuman

Filter AC Toshiba tidak hanya bekerja untuk menyaring udara, tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan Kalian. Filter ini efektif dalam membunuh kuman dan bakteri, sehingga udara yang dihasilkan bukan hanya bersih, tapi juga sehat dan segar.

Selain itu, filter AC Toshiba juga dapat menangkal radikal bebas yang ada di udara, menjaga keseimbangan udara dalam ruangan. Jadi, Kalian bisa menikmati udara yang bersih dan sehat di dalam ruangan, membuat Kalian merasa nyaman dan terlindungi dari polusi udara.

3. Hemat listrik

Dalam memilih AC, pertimbangkanlah kebutuhan daya listrik berdasarkan kapasitasnya, biasanya ditunjukkan dalam satuan PK (Paard Kracht). Dengan memahami kapasitas daya listrik yang dibutuhkan AC, kita dapat memilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan dan mengoptimalkan penggunaan listrik.

4. Tidak bising

AC Toshiba dirancang dengan kemampuan untuk meredam suara bising yang dihasilkan oleh kipasnya. Hal ini membuat AC Toshiba ideal untuk digunakan baik di tempat kerja maupun di kamar tidur.

Dengan AC Toshiba, Kalian dapat bekerja atau tidur dengan tenang tanpa terganggu oleh suara bising yang dapat mengganggu kenyamanan dan kualitas tidur Kalian.

5. Fitur Eco-logic

Meski dimatikan melalui remote control, AC Toshiba tetap menjalankan kipas unit indoor-nya untuk mengeringkan evaporator dan mencegah pertumbuhan jamur serta karat. Fitur ini dirancang untuk efisiensi listrik dengan meminimalisir penggunaan daya.

Dengan fitur ini, Kalian tidak perlu khawatir tentang pertumbuhan jamur atau karat pada AC Toshiba. AC ini tetap dapat beroperasi secara optimal dan efisien dalam penggunaan listrik, berkat fitur kipas unit indoor-nya yang tetap berjalan setelah dimatikan.

Penutup

Demikianlah ulasan lengkap dari bengkeltv.id mengenai kode error AC Toshiba yang telah kami sajikan. Kami berharap informasi ini dapat membantu Kalian dalam menyelesaikan masalah yang mungkin timbul pada AC Toshiba Kalian. Dengan memahami kode error ini, Kalian dapat mengetahui sumber permasalahan dan melakukan tindakan yang tepat untuk memperbaikinya.

Namun, penting untuk diingat bahwa meski mengetahui kode error ini dapat membantu, tidak disarankan untuk melakukan perbaikan sendiri jika Kalian tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang sistem kerja AC. Sebaiknya, hubungi teknisi profesional untuk memastikan perbaikan yang tepat dan aman.

Produk AC Toshiba dikenal dengan kualitas dan durabilitasnya. Namun, seperti produk elektronik lainnya, AC Toshiba juga bisa mengalami masalah. Dengan adanya kode error ini, Toshiba berupaya mempermudah pengguna dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang mungkin terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *