Kode Error Mesin Cuci Aqua

Kode Error Mesin Cuci Aqua : Penyebab & Cara Memperbaiki

Posted on

Bengkeltv.idKode Error Mesin Cuci Aqua : Penyebab & Cara Memperbaiki. Mesin cuci menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting bagi kebanyakan keluarga di Indonesia. Dengan menggunakan mesin cuci, mencuci pakaian akan menjadi lebih mudah dan efisien. Namun, seperti halnya peralatan elektronik lainnya, mesin cuci juga bisa mengalami masalah teknis, salah satunya adalah kode error.

Kode error pada mesin cuci Aqua mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna. Kode error adalah indikasi bahwa mesin cuci mengalami masalah pada bagian tertentu, sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal. Masalah ini tentu saja dapat menghambat aktivitas mencuci pakaian sehari-hari.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa kode error yang mungkin muncul pada mesin cuci Aqua, serta cara mengatasinya. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa kode error umum pada mesin cuci Aqua beserta solusinya.

Kecanggihan Fitur Self Diagnosis Untuk Membaca Error Pada Mesin Cuci Aqua Japan

Keawetan produk mesin cuci sangat tergantung pada cara pengguna mengoperasikan dan merawat mesin cuci secara teratur. Namun, jika terjadi error, pengguna tidak perlu khawatir karena mesin cuci Aqua kini dilengkapi dengan fitur self diagnosis.

Fitur self diagnosis pada mesin cuci Aqua dapat secara otomatis mendeteksi kendala yang terjadi pada unit dan menampilkan kode tertentu di papan kontrol mesin cuci. Setiap kode error memiliki arti sendiri, tergantung pada letak kegagalan fungsi atau kerusakan yang terjadi.

Baca juga:  Kenali Cara Menggunakan Mesin Cuci Aqua Hijab Series dengan Mudah

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengetahui masalah yang terjadi pada mesin cuci dan mengatasi masalah tersebut sendiri, sehingga mengurangi ketergantungan pada layanan service center. Selain itu, fitur pembaca error ini juga dapat membedakan antara masalah biasa atau kerusakan yang lebih serius.

Self diagnosis merupakan bukti bahwa mesin cuci Aqua Japan telah menggunakan teknologi terkini sebagai solusi memperbaiki error. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya tersedia pada mesin cuci 1 tabung dan belum tersedia pada mesin cuci 2 tabung.

Kode Error Mesin Cuci Aqua Japan

Meskipun mesin cuci Aqua telah dilengkapi dengan fitur self diagnosis, masih banyak pengguna yang tidak mengetahui arti dari setiap kode error pada mesin cuci Aqua. Namun, jangan khawatir, kami akan memberikan informasi mengenai arti, penyebab, dan cara mengatasi setiap kode error pada mesin cuci Aqua.

Berikut adalah daftar lengkap kode error mesin cuci Aqua beserta penyebab dan cara memperbaikinya yang dapat membantu pengguna dalam mengatasinya.

1. Kode E1

Kode error E1 muncul ketika ada kerusakan pada saluran masuk air ke dalam tabung mesin cuci. Jika kode E1 terlihat di papan kontrol, hal tersebut dapat memiliki arti berikut:

  • Keran air belum dibuka, sehingga tidak ada air yang masuk ke tabung.
  • Jaringan filter katup untuk memasukkan air tersumbat.
  • Air telah masuk ke dalam tabung lebih dari 30 menit, tapi volume air masih kurang.

Untuk mengatasi masalah E1 pada mesin cuci, buka terlebih dahulu keran air dan pastikan selang tidak tersumbat atau tertekuk. Selanjutnya, bersihkan filter katup masukan air. Setelah itu, seharusnya kode E1 akan hilang dari layar kontrol mesin cuci.

Baca juga:  Skema Dinamo Mesin Cuci Front Loading : Cara Kerja dan Solusi Masalah

2. Kode E2

Kode error E2 pada mesin cuci menunjukkan adanya masalah pada saluran pembuangan, biasanya disebabkan oleh air yang tersumbat atau tidak mengalir dengan lancar.

Untuk memperbaikinya, periksa selang pembuangan apakah terlipat atau tersumbat oleh sisa residu yang menumpuk. Pastikan juga instalasi saluran sesuai dengan prosedur yang dianjurkan, yaitu menurun agar memudahkan air keluar melalui selang pembuangan. Setelah itu, kode error E2 seharusnya akan hilang dari layar kontrol mesin cuci.

3. Kode E3

Mesin cuci Aqua Japan menunjukkan kode E3 menunjukkan adanya masalah pada bagian pengeringan mesin cuci Aqua, yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sama sekali tidak berjalan. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada CPU, sehingga diperlukan penggantian CPU baru untuk memperbaiki masalah ini.

4. Kode E4

Kode error E4 akan muncul jika kalian lupa menutup pintu mesin cuci Aqua atau pintu tidak tertutup rapat. Namun, kode error ini juga bisa disebabkan oleh kabel switch yang terputus, sehingga memerlukan penggantian sambungan lid switch pada mesin cuci Aqua kalian .

5. Kode E5

Kode error E5 pada mesin cuci juga berkaitan dengan pintu mesin cuci, namun dalam kondisi yang berbeda. Kode ini muncul ketika pintu mesin cuci tidak tertutup karena fitur child lock aktif atau terjadi kerusakan pada saklar.

Untuk mengatasinya, matikan fitur child lock dan cabut steker mesin cuci, lalu pasang kembali seperti semula. Jika kode error masih muncul, kemungkinan besar terdapat kerusakan pada saklar pengaman dan kalian perlu memperbaiki saklar tersebut.

6. Kode EA

Mesin cuci Aqua dilengkapi dengan fitur untuk mengatur dan mendeteksi ketinggian air. Jika fitur tersebut mengalami masalah, maka kode EA akan muncul di layar kontrol mesin cuci. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan penggantian fitur yang rusak.

Baca juga:  Memahami Arti Blanket Pada Mesin Cuci Secara Lengkap

7. Kode EC

Mesin cuci Aqua Japan menunjukkan kode EC yang menkalian kan terdapat kerusakan pada sensor penimbangan cucian. Sensor ini berfungsi untuk menimbang beban pakaian atau kapasitas cucian dan menyesuaikan kebutuhan air yang sesuai.

Untuk memperbaiki error ini, diperlukan bantuan dari layanan service center.

8. Kode FA

Mesin cuci Aqua Japan menunjukkan kode FA terkait dengan sensor kontrol level air. Jika kode ini muncul, periksa terlebih dahulu water level, soket, dan kabel power mesin cuci.

Jika setelah diperiksa tidak ditemukan masalah, coba periksa modul kontrol tegangan output power supply 12V dan 5V. Pengecekan selanjutnya dapat dilakukan pada jalur sensor yang terhubung dengan display.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai kode error mesin cuci Aqua Japan beserta arti, penyebab, dan cara memperbaikinya yang disajikan oleh hargaalat.id. Semoga artikel ini dapat memberikan bantuan bagi pembaca yang mengalami masalah pada mesin cuci Aqua Japan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *