Harga Modul Mesin Cuci Sharp ES FL860S

Harga Modul Mesin Cuci Sharp ES FL860S Beserta Skema Modulnya

Posted on

Bengkeltv.idHarga Modul Mesin Cuci Sharp ES FL860S Beserta Skema Modulnya. mempermudah kegiatan mencuci pakaian. Namun, mesin cuci juga rentan mengalami kerusakan yang bisa mempengaruhi kinerjanya dalam mencuci pakaian. Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin cuci adalah kerusakan pada modul atau PCB (Printed Circuit Board). Modul atau PCB merupakan bagian penting dari mesin cuci yang berfungsi sebagai pusat pengontrol mesin. Apabila modul atau PCB mengalami kerusakan, maka mesin cuci tidak dapat berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu solusinya adalah dengan mengganti modul mesin cuci Sharp yang rusak dengan yang baru. Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti modul mesin cuci Sharp yang rusak, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu harga modul mesin cuci Sharp agar dapat menentukan anggaran yang tepat untuk perbaikan mesin cuci kalian.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai harga modul mesin cuci Sharp ES FL860S dan bagaimana cara mengatasi masalah pada mesin cuci kalian.

Mengenai Modul Mesin Cuci

Modul mesin cuci adalah salah satu bagian penting dari mesin cuci yang berfungsi untuk mengendalikan operasi mesin cuci secara otomatis. Modul ini terdiri dari beberapa komponen elektronik, seperti sensor, mikrokontroler, dan penghubung ke sumber daya listrik.

Dalam operasinya, modul mesin cuci akan menerima sinyal dari sensor-sensor yang terpasang pada mesin cuci, seperti sensor suhu air, sensor putaran drum, dan sensor level air. Setelah menerima sinyal tersebut, modul akan mengolah data dan memberikan perintah kepada motor, pompa air, dan bagian-bagian mesin cuci lainnya.

Modul mesin cuci juga dilengkapi dengan program yang telah diprogram sebelumnya, yang dapat diatur dan dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Program-program tersebut biasanya terdiri dari beberapa siklus pencucian, seperti pencucian normal, pencucian cepat, dan pencucian sensitif.

Baca juga:  Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Dalam penggunaannya, modul mesin cuci dapat mengalami kerusakan atau gangguan karena beberapa faktor, seperti kerusakan komponen elektronik, konsleting, atau gangguan listrik. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan rutin pada mesin cuci, termasuk modul mesin cuci, agar mesin cuci dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Harga Modul Mesin Cuci Sharp ES FL860S

Harga Modul Mesin Cuci Sharp ES FL860S

Berikut adalah harga modul mesin cuci Sharp ES FL860S baik yang baru maupun bekas (ori):

Harga modul PCB Mesin Cuci Sharp ES-FL860S baru adalah Rp.1.113.000 di Shopee.

  • Nama Produk: Modul PCB, Modul Tombol, Modul Digital
  • Model: ES-FL860S
  • Tipe Mesin Cuci: Top Loading
  • Kondisi: Baru, Original SHARP

Harga modul mesin cuci Sharp ES-FL860S bekas adalah Rp.500.000 (Bukalapak)

  • Nama Produk: Modul mesin cuci SHARP ES-FL860S
  • Model: ES-FL860S
  • Berat: 800 gram
  • Keterangan: Ori, garansi

Harga Mesin Cuci Sharp ES FL860S

Harga Modul Mesin Cuci Sharp ES FL860S

Mesin cuci Sharp ES FL860S dijual dengan harga Rp.3.550.000 (Tokopedia)

Spesifikasi mesin cuci Sharp ES FL860S:

  • Tipe: Front Loading
  • Kapasitas Standar: 6 kg
  • Konsumsi Daya: 250 watt
  • Bahan Rangka: Tabung Stainless Steel
  • Dimensi: 597 x 850 x 540 mm
  • Sistem Eco-Logic
  • Volume Air: 32 – 61 Lt
  • Penggunaan Air Panas: 22000 watt
  • Sumber Daya: 220 v / 50Hz
  • Garansi Resmi dari Sharp: 1 tahun
  • Garansi Suku Cadang (motorik): 3 tahun

Fitur:

  • Kunci Anak: Mencegah perubahan pengaturan saat mesin sedang beroperasi.
  • Perlindungan Banjir: Mendeteksi jika pasokan air berlebihan.
  • Desain penyerap getaran dan kebisingan saat beroperasi.
  • Cuci Cepat: Mencuci dalam waktu 15 menit.

Skema modul mesin cuci sharp ES FLfl860S

Berikut ini merupakan skema dari modul mesin cuci Sharp ES FL860S:

Harga Modul Mesin Cuci Sharp ES FL860S

Sebagai catatan, skema modul mesin cuci Sharp ES FL860S ini dapat membantu Kalian dalam memahami komponen-komponen serta koneksi yang ada pada modul tersebut. Dengan begitu, Kalian dapat lebih mudah dalam melakukan perbaikan atau penggantian modul jika diperlukan.

Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi profesional atau pusat servis resmi Sharp jika Kalian mengalami kesulitan atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang elektronik. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada mesin cuci Kalian dan memastikan perbaikan yang tepat serta aman.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Cuci Sharp : Wajib Diketahui dengan Cermat

Jangan lupa untuk selalu merujuk pada buku panduan pengguna atau manual mesin cuci Sharp ES FL860S untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi, perawatan, dan penggunaan mesin cuci tersebut.

Mesin cuci Sharp ES-FL860S rusak?

Berikut ini adalah masalah yang mungkin terjadi pada mesin cuci Sharp ES-FL860S, terutama pada bagian modul, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan saat mesin cuci rusak:

1. Bersihkan penutup

Bersihkan penutup pelindung modul mesin cuci Sharp menggunakan obeng minus atau cutter.

2. Pemeriksaan awal

Lepaskan trafo modul mesin cuci dan ukur dengan multimeter. Trafo sering menjadi penyebab kerusakan. Periksa lilitan primer dan sekunder trafo; jika putus, kerusakan kemungkinan disebabkan oleh trafo. Selain trafo, kerusakan umum lainnya adalah sekering putus dan resistor pada lilitan primer sekitar 4,7 ohm hingga 47 ohm.

Komponen lain yang mungkin rusak adalah TRIAC pada motor servo. Periksa juga elco atau dioda zener. Jika terdapat alarm protect yang membingungkan, kemungkinan masalah terletak pada kapasitor SMD yang mengalami hubungan pendek.

3. Pemeriksaan lebih lanjut

Jika komponen-komponen di atas baik-baik saja, lanjutkan pemeriksaan pada bagian lain. Kerusakan modul mesin cuci mungkin disebabkan oleh salah satu komponen yang rusak meskipun secara fisik tampak baik.

4. Pemasangan kembali

Setelah pemeriksaan dan perbaikan selesai, pasang kembali modul menggunakan lem silikon untuk melindunginya dari percikan air.

Jika perbaikan modul memakan waktu lama, teknisi mungkin menyarankan menggantinya dengan modul baru. Harga modul mesin cuci Sharp ori bisa mencapai 1 jutaan, seperti yang disebutkan sebelumnya, sementara modul buatan China lebih murah. Anda juga bisa membeli modul bekas ori dengan harga sekitar 500 ribu rupiah.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp ES FL860S

Cara mengoperasikan mesin cuci Sharp ES FL860S cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan mesin cuci front loading lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Tempatkan mesin cuci di tempat yang datar

Pastikan Anda menempatkan mesin cuci di area yang datar dan dekat dengan kran air.

2. Siapkan sumber listrik

Siapkan colokan listrik yang mudah dijangkau oleh mesin cuci. Sebaiknya gunakan colokan khusus untuk mesin cuci agar tidak terjadi masalah.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Kode Error Mesin Cuci Sharp

3. Baca buku panduan

Baca buku panduan untuk lebih mengenal tombol-tombol dan fungsi mesin cuci.

Setelah Anda memahami buku panduan, Anda bisa mulai mengoperasikan mesin cuci seperti biasa:

  • Sambungkan sumber listrik dan buka kran air
  • Masukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan tutup hingga terdengar bunyi klik
  • Tambahkan deterjen dan pewangi ke dalam kotak yang tersedia di bagian depan kiri atas mesin cuci
  • Atur tombol sesuai kebutuhan, pilih menu pencucian yang diinginkan (misalnya, pencucian biasa memerlukan waktu sekitar 60 menit, sedangkan pencucian cepat hanya 30 menit)
  • Untuk pengeringan, pilih menu sesuai kapasitas listrik rumah Anda. Jika listrik di bawah 900 watt, pilih simbol bintang; jika di atas 1300 watt, gunakan pemanas
  • Tekan tombol Start untuk memulai

Untuk mengaktifkan penguncian anak agar tombol tidak berfungsi saat ditekan oleh anak, pilih tombol Easy Ironing dan Start/Pause secara bersamaan.

Penutup

Terima kasih sudah membaca artikel dari bengkeltv.id hingga akhir. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai harga modul mesin cuci Sharp ES FL860S dapat membantu Kalian dalam mengambil keputusan pembelian. Jangan lupa, sebelum memutuskan untuk membeli modul pengganti, pastikan Kalian telah mencari tahu dan memahami dengan baik mengenai fitur, kelebihan, dan kekurangan modul mesin cuci tersebut.

Ingat, selalu lakukan perbandingan harga dari berbagai sumber untuk mendapatkan penawaran terbaik dan memastikan Kalian tidak membayar lebih dari yang seharusnya. Selain itu, pastikan Kalian membeli modul mesin cuci dari toko atau penjual yang terpercaya dan memiliki garansi resmi untuk menghindari potensi kerugian akibat produk palsu atau cacat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang tepat bagi Kalian yang sedang mencari informasi mengenai harga modul mesin cuci Sharp ES FL860S. Selamat berbelanja dan semoga keputusan Kalian membawa kebahagiaan serta kenyamanan dalam melakukan kegiatan mencuci pakaian Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *