Kode Error Mesin Cuci Electrolux

Kode Error Mesin Cuci Electrolux : Penyebab & Solusinyab

Posted on

Bengkeltv.idKode Error Mesin Cuci Electrolux : Penyebab & Solusinya. Mesin cuci Electrolux sering digunakan oleh banyak orang sebagai produk elektronik. Namun, seperti produk elektronik lainnya, mesin cuci Electrolux juga bisa mengalami masalah teknis, seperti kode error.

Kode error pada mesin cuci Electrolux bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kesalahan dalam pengaturan program, kerusakan pada bagian tertentu, atau masalah pada koneksi listrik. Namun, jika kalian mengalami masalah ini, jangan panik. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kode error pada mesin cuci Electrolux.

Kode Error Mesin Cuci Electrolux

Tentu saja, mesin cuci Electrolux terkenal dengan kualitasnya yang baik. Namun, itu tidak berarti mesin cuci Electrolux tidak bisa mengalami masalah. Sebab, tidak ada produk manusia yang sempurna.

Kerusakan pada mesin cuci Electrolux bisa terjadi karena kurangnya perawatan sederhana atau ketidaktelitian dalam penggunaannya. Selain itu, masalah error juga bisa terjadi karena penggunaan yang tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Beruntunglah, mesin cuci Electrolux dilengkapi dengan fitur diagnosis error yang memunculkan kode saat terjadi masalah. Setiap kode error mesin cuci Electrolux memiliki arti atau penyebab yang berbeda-beda.

Namun, sayangnya masih banyak pengguna yang belum memahami kode error yang muncul pada tampilan kontrol. Jika kalian juga mengalami hal serupa, berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kode error pada mesin cuci Electrolux.

1. Kode Error E10

Kode error E10 biasanya muncul ketika mesin cuci tidak dapat mengisi air atau mesin cuci mengisi air namun langsung membuangnya. Ada beberapa penyebab yang sangat memungkinkan munculnya kode error ini pada tampilan kontrol mesin cuci kalian .

  • Keran air tertutup.
  • Selang air masuk terjepit atau tertekuk.
  • Filter dalam selang air masuk tersumbat.
  • Ujung selang pembuangan terlalu rendah.

Penyebab di atas dapat menyebabkan munculnya kode E10 pada tampilan kontrol mesin cuci. Namun, kalian dapat mengatasi masalah ini dengan mudah dengan melakukan beberapa pemeriksaan berdasarkan penyebabnya, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Jika kode error E10 muncul pada mesin cuci Electrolux kalian , ikuti langkah-langkah berikut untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  • Buka keran air.
  • Periksa sambungan selang masukan air dan pastikan tidak terjepit atau tertekuk.
  • Pastikan saring selang air masuk tidak tersumbat, jika tersumbat segera bersihkan saringan selang masukan air.

2. Kode Error E20

Kode error ini muncul ketika mesin cuci tidak dapat mengosongkan air atau melakukan perasan. Penyebabnya bisa bervariasi, seperti selang air masuk yang terjepit atau tertekuk, opsi “Rinse & Hold” yang dipilih, atau cucian yang tidak terbagi secara merata di dalam tabung unit.

Baca juga:  Skema Lilitan Dinamo Mesin Cuci beserta Cara Mudah Menggulungnya

Untuk mengatasinya, periksa koneksi pembuangan air terlebih dahulu. Kemudian, tekan tombol Start/Pause untuk mengalirkan air atau pilih program perasan. Cobalah untuk menghentikan mesin cuci Electrolux kalian dan membagi rata cucian secara manual.

3. Kode Error E40

Kode alarm E40 biasanya terjadi karena pintu mesin cuci belum ditutup atau tidak tertutup dengan baik. Jadi, periksa bagian pintu mesin cuci, pastikan pintu ditutup dengan rapat dan tidak ada pakaian yang menghalangi pintu tertutup rapat.

4. Kode Error EHO

Kode alarm ini akan muncul apabila listrik tidak stabil. Kode EHO muncul ketika mesin cuci tidak berfungsi. Tunggu hingga listrik stabil, maka mesin cuci akan kembali berjalan normal secara otomatis dan memulai proses pencucian.

5. Kode Error E91

Selain kode error sebelumnya, banyak pengguna yang mengalami kode E91. Error ini terjadi karena tidak ada komunikasi antara elemen elektronik pada mesin cuci. Untuk mengatasinya, cukup matikan mesin cuci dan nyalakan kembali setelah beberapa saat.

6. Kode Error EFO

Sementara itu, kode error EFO muncul karena adanya indikasi kebocoran air di dalam mesin, yang biasanya ditkalian i dengan adanya air di bawah mesin cuci. Jika ini terjadi, hubungi pusat layanan Electrolux terdekat untuk mendapatkan bantuan.

Kode Error Mesin Cuci Electrolux Front Loading

Selain Kode Error Mesin Cuci Electrolux yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika mesin cuci menampilkan kode di bawah ini dengan alarm, mesin akan mati otomatis setelah 10 menit. Untuk mengetahui kode error, penyebab, dan cara mengatasinya, silakan lihat tabel troubleshooting di bawah ini.

ProgramKode ErrorPenyebabSolusi
Tidak ada pengisian airE1Keran air tidak dinyalakanNyalakan keran air
Selang saluran masuk tersumbatBersihkan filter keran / filter saluran masuk air
Air tidak normal sinyal levelE2Air masuk terlalu banyak danmelebihi ketinggian air maksimum.Program menyesuaikan dan pulih secara otomatis.
Ketinggian air tidak normal.
Mesin tidak beroperasi selama tunda atau keringkan setelah dicuci.E3Tutup dibuka saat penundaan mulai dipilih.Tutup penutupnya.
Tutup dibuka selama siklus putaran.
Air tidak bisa terkurasE5Selang pembuangan ditempatkan terlalu tinggi.Turunkan selang pembuangan dan tekan Mulai/Jeda.
Selang pembuangan tersumbat / bengkok / terjepit.Periksa selang pembuangan untuk penyumbatan atau ditekuk / tergencet dan tekan Mulai/Jeda untuk melanjutkan operasi.
mesin tidak bekerjaE7Tutup tidak ditutup dengan “Child Lock” pilihan yang dipilih.Tutup tutupnya dalam 10 detik dan mesin akan pulih secara otomatis.
Catatan: Jika tutupnya tidak ditutup dalam 10 detik, mesin akan mengalirkan air secara otomatis
Mesin pergi tidak seimbang atau bergetar berlebihan selama pemintalanE4 & E8Lantai tidak rata.Sesuaikan level mesin dengan kaki yang dapat disesuaikan.
Kaki yang dapat disesuaikan tidak disesuaikan.Distribusikan kembali pakaian secara merata.
Pakaian tidak merata.
Baca juga:  Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci 1 Tabung : Tips dan Trik

Kerusakan Mesin Cuci Electrolux

Selain Kode Error Mesin Cuci Electrolux, jika mesin cuci menampilkan kode di bawah ini dengan alarm, mesin akan mati otomatis setelah 10 menit. Untuk mengetahui kode error, penyebab, dan cara mengatasinya, silakan lihat tabel troubleshooting di bawah ini.

Indikasi KerusakanPenyebabSolusi
Mesin cuci Electrolux tidak berfungsiPintu belum ditutup. (kode error : E40)Tutup pintu masuk cucian sampai rapat.
Steker belum dimasukkan dengan benar ke dalam stop kontak listrik.Pasang steker ke dalam soket listrik.
Tidak ada arus listrik pada stop kontak.Periksa instalasi listrik di tempat Anda
Tombol Start/Pause (Mulai/Jeda) belum ditekan.Tekan tombol Start/Pause (Mulai/Jeda).
Program “Delay End” sudah dipilih.Jika cucian harus segera dicuci, batalkan program “Delay End”.
Listrik tidak stabil. (kode error EHO)Tunggu hingga listrik stabil dan mesin akan berjalan normal secara automatis.
Mesin cuci Electrolux tidak mengisi airKeran air tertutup. (kode error E10)Buka keran air
Selang air masuk terjepit atau tertekuk. (kode error E10)Periksa sambungan selang masukan air.
Filter dalam selang air masuk tersumbat. (kode error E10)Bersihkan saringan selang masukan air.
Pintu tidak tertutup dengan baik. (kode error E40)Tutup pintu masuk cucian sampai rapat.
Mesin cuci Electrolux mengisi air, kemudian langsung membuangnyaUjung selang pembuangan air terlalu rendah. (kode error E10)Lihat paragraf yang sesuai di bagian pembuangan air pada buku panduan pemecahan masalah
Mesin cuci tidak dapat dikosongkan dan/atau tidak melakukan perasanSelang air masuk terjepit atau tertekuk. (kode error E20)Periksa sambungan selang pembuangan air.
Opsi “Rinse & Hold” telah dipilihTekan Start/Pause untuk mengalirkan air atau pilih program perasan.
Cucian tidak terbagi rata dalam tabung.Jeda mesin dan bagi ratakan cucian secara manual.
Ada air di lantaiMenggunakan deterjen yang terlalu banyak atau jenisnya tidak tepat (menimbulkan terlalu banyak busa)Kurangi jumlah deterjen atau gunakan deterjen yang lain
Periksa apakah ada kebocoran pada sambungan selang air masuk. Tidak selalu mudah untuk melihat ini karena air mengalir ke bawah selang; periksa untuk melihat apakah lembab.Periksa sambungan selang masukan air.
Selang pembuangan rusakHubungi pusat layanan Electrolux
Kebocoran air di dalam mesin. (kode error EFO)Lepaskan steker utama dari soket utama. Tutup keran air. Hubungi pusat layanan kami.
Hasil cuci tidak memuaskanMenggunakan deterjen terlalu sedikit atau jenisnya tidak sesuai.Tambah jumlah deterjen atau gunakan deterjen yang lain.
Tidak dilakukan tindakan apa pun pada noda membandel sebelum dicuci.Gunakan produk yang dijual di toko untuk menghilangkan noda yang membandel.
Suhu yang dipilih tidak tepat.Periksa apakah Anda sudah memilih suhu yang benar.
Beban terlalu beratKurangi beban.
Pintu tak dapat dibukaProgram masih berlangsung.Tunggu sampai siklus pencucian selesai.
Ada air di dalam tabung.Anda harus menguras air untuk membuka pintu
Masalah ini bisa terjadi akibat kerusakan mesin.Hubungi Petugas Servis.
Mesin bergetar atau bisingBaut sementara dan kemasan belum dilepaskan.Periksa apakah pemasangan mesin sudah benar.
Periksa apakah pemasangan mesin sudah benar.Periksa apakah kerataan mesin sudah benar
Cucian tidak terbagi rata dalam tabung.Jeda mesin dan bagi ratakan cucian secara manual.
Mungkin cucian dalam tabung terlalu sedikit.Tambah muatan cucian.
Kaki yang tidak stabil seperti lantai kayu.Lihat paragraf yang sesuai di bagian “Pemosisian”
Waktu siklus lebih lama dibandingkan yang ditampilkanDeterjen melebihi dosisKurangi jumlah deterjen atau gunakan deterjen yang lain.
Mesin tidak seimbangBagi ratakan cucian secara manual di tabung dan mulai lagi fase perasan.
Siklus lebih pendek dari waktu yang ditampilkanMesin cuci menghitung waktu baru sesuai dengan beban cucian
Pemerasan lambat memulai atau mesin tidak memerasPerangkat elektronik pendeteksi ketidakseimbangan diaktifkan karena cucian tidak terbagi rata dalam tabung. Cucian akan didistribusi-ulang dengan memutar tabung ke arah berlawanan. Ini dapat terjadi beberapa kali sebelum ketidak-seimbangan dapat dihilangkan dan pemerasan normal dapat dilanjutkan. Jika, setelah 10 menit, cucian tetap tidak terdistribusi secara rata di dalam tabung, mesin tidak akan memeras. Jika begitu, distribusikan ulang beban cucian secara manual dan pilih program peras.Jeda mesin dan bagi ratakan cucian secara manual.
Bunyi mesin sangat bising dari biasanyaMesin tidak dipasang dengan benar.Pastikan kedataran mesin sudah benar. Baca “Pemasangan”.
Baut transit atau kemasan tidak dilepaskanPastikan baut sementara dan/atau kemasan sudah dilepaskan. Baca “Membongkar Kemasan”.
Beban cucian mungkin terlalu sedikit.Masukkan lagi cucian ke dalam tabung.
Air tidak terlihat di dalam tabungMesin-mesin yang menggunakan teknologi modern, bekerja sangat ekonomis, menggunakan sangat sedikit air tanpa mempengaruhi hasil cucian
Baca juga:  Berapa Daya Listrik Mesin Cuci? Berikut Penjelasannya

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, kode error pada mesin cuci Electrolux dapat terjadi karena berbagai alasan dan memerlukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Namun, dengan memahami arti dan penyebab dari setiap kode error, serta mengikuti langkah-langkah troubleshooting yang sesuai, kalian dapat dengan mudah mengatasi masalah teknis pada mesin cuci Electrolux kalian .

Namun, selalu ingat bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada mengatasi masalah. Lakukan perawatan yang tepat dan rutin pada mesin cuci kalian untuk memperpanjang umur mesin dan menghindari masalah teknis yang serius. Dengan perawatan dan penggunaan yang benar, mesin cuci Electrolux dapat berfungsi dengan baik dan memastikan cucian kalian selalu bersih dan harum

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kode Error Mesin Cuci Electrolux, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *