Kode Error Mesin Cuci Samsung

Kode Error Mesin Cuci Samsung : Penyebab & Solusinya

Posted on

Bengkeltv.idKode Error Mesin Cuci Samsung : Penyebab & Solusinya. Memiliki mesin cuci di rumah bukan hanya memudahkan pekerjaan kita sehari-hari, tetapi juga memberikan keuntungan lain yang tak terhitung jumlahnya. Mesin cuci telah menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian kita. Namun, seperti perangkat elektronik lainnya, mesin cuci pun tidak luput dari masalah teknis.

Salah satu brand yang banyak digunakan di Indonesia adalah Samsung. Mesin cuci Samsung telah dikenal karena teknologinya yang canggih dan kualitasnya yang tinggi. Tetapi apa yang terjadi jika mesin cuci Samsung Kalian menunjukkan kode error? Apa yang seharusnya Kalian lakukan? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai kode error mesin cuci Samsung dan cara mengatasinya.

Mari kita mulai dengan memahami apa itu kode error dan bagaimana hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja mesin cuci Kalian.

Mengenal Mesin Cuci Samsung

Kode Error Mesin Cuci Samsung

Seperti namanya, mesin cuci adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mencuci pakaian yang kotor.

Dengan mesin cuci, Kalian tidak perlu lagi mencuci pakaian secara manual dan menghabiskan tenaga, walaupun beberapa jenis pakaian masih tidak cocok dicuci menggunakan mesin. Seiring berjalannya waktu, variasi merek mesin cuci semakin bertambah.

Salah satu merek mesin cuci yang terkenal dengan kualitasnya adalah Samsung. Mesin cuci Samsung tersedia dalam beberapa jenis, seperti mesin cuci dengan pintu atas (top loading), mesin cuci dengan pintu depan (front loading), dan mesin cuci dengan dua tabung.

Pada mesin cuci dengan pintu atas, pakaian dimasukkan dari bagian atas, sedangkan pada mesin cuci dengan pintu depan, pakaian dimasukkan dari bagian depan. Sedangkan mesin cuci dengan dua tabung terdiri dari dua tabung terpisah untuk mencuci dan mengeringkan pakaian.

Merek mesin cuci Samsung menjadi salah satu yang paling diminati di pasaran. Harga mesin cuci ini bervariasi tergantung pada spesifikasi dan kemampuannya. Tidak diragukan lagi bahwa merek asal Korea Selatan ini telah dipercaya karena kualitasnya yang sangat baik dan selalu menghadirkan inovasi terbaru dari waktu ke waktu.

Fitur Smart Check Mesin Cuci Samsung

Hampir semua mesin cuci Samsung kini telah dilengkapi dengan fitur Smart Check yang berfungsi sebagai alat pemecah masalah yang praktis. Fitur ini sangat berguna dan membantu pengguna untuk menghindari biaya dan ketidaknyamanan yang muncul ketika mesin mengalami kerusakan.

Smart Check adalah sistem pemantauan kesalahan otomatis yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi smartphone. Sistem ini dapat mendeteksi dan mendiagnosis masalah yang terjadi pada mesin cuci, serta memberikan solusi pemecahan masalah yang cepat dan mudah. Hal ini membantu menghemat waktu dan uang Kalian yang seharusnya digunakan untuk perbaikan.

Baca juga:  Cara Mengeluarkan Air dari Mesin Cuci Samsung dengan Mudah

Meskipun telah dilengkapi dengan fitur Smart Check, masih banyak pengguna yang belum memahami arti kode error yang ditampilkan oleh mesin cuci. Jika Kalian mengalami hal serupa, berikut ini adalah informasi yang dapat membantu Kalian memahami penyebab dan cara mengatasi kode error tersebut.

Kode Error Mesin Cuci Samsung

Terdapat berbagai kode error yang dapat muncul pada mesin cuci. Setiap kode memiliki arti dan penyebab yang berbeda-beda, sehingga langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasinya juga akan bervariasi tergantung pada penyebab kesalahan tersebut.

Agar Kalian tidak semakin penasaran dengan kode error yang sering muncul pada mesin cuci Samsung, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Kode DE (Door Error)

Kode DE memiliki arti “Door Error” yang umumnya disebabkan oleh pintu yang tidak tertutup rapat. Hal ini terjadi ketika pintu terhalang oleh benda atau pakaian selama proses pencucian. Untuk mengatasinya, pastikan pintu tertutup dengan rapat.

2. Kode 4E (Water Supply Error)

Kode 4E muncul jika terdapat gangguan pada aliran air yang masuk, mungkin disebabkan oleh keran air yang belum dibuka atau aliran air yang lemah. Untuk mengatasinya, pastikan keran air selalu terbuka dan pastikan juga bahwa aliran air memiliki tekanan antara 50 hingga 800 Kpa.

3. 5E (Drain Error)

Kode 5E merupakan indikasi adanya gangguan pada saluran pembuangan, biasanya disebabkan oleh tersumbat atau tertekuknya selang. Untuk mengatasinya, lakukan pembersihan secara rutin pada saringan pembuangan mesin cuci dan pastikan tidak ada kotoran yang menyumbatnya.

4. UE (Unbalance Error)

Kode error UE muncul pada mesin cuci Samsung ketika mesin tidak berdiri dengan stabil atau terdapat cucian yang membentuk gumpalan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya menghentikan proses mencuci, mengeluarkan cucian dari mesin, dan kemudian memasukkan kembali satu per satu.

5. SUD (Foaming Detected)

Kode SUD muncul sebagai indikasi terjadinya banyak busa sabun pada mesin cuci. Jika Kalian melihat kode ini, tidak perlu khawatir karena mesin cuci Samsung akan secara otomatis bekerja untuk mengurangi busa sabun hingga kembali normal.

6. Kode UC (Power Error)

Jika terjadi gangguan pada sistem daya listrik mesin cuci, maka akan muncul kode UC. Kode error ini menunjukkan bahwa tegangan listrik tidak stabil, sehingga proses pencucian akan ditunda secara otomatis agar mesin cuci tidak rusak dengan cepat.

7. LE / LE1 (Water Leakage Error)

Penyebab error LE / LE1 adalah adanya terlalu banyak busa deterjen, kebocoran air pada selang pembuangan, atau penutup filter pada pompa pembuangan yang lepas.

8. OE / OF (Overflow Error)

Kode error OE / OF pada mesin cuci Samsung terjadi karena pasokan air terus-menerus. Penyebab umumnya adalah pendeteksi level air yang tidak berfungsi dengan baik atau selang pembuangan yang terlipat sehingga air tidak dapat keluar dengan lancar.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Cuci Samsung : Ketahui Sebelum Membeli

9. Kode Error 4C

Kode error 4C pada mesin cuci disebabkan oleh ketidaktersediaan suplai air. Pastikan bahwa keran air terbuka dengan baik, tidak ada selang yang tersumbat atau terlipat, keran air tidak membeku, dan pastikan tekanan air yang cukup untuk mesin cuci Samsung.

Jika mesin cuci Samsung menunjukkan error 4C, mesin cuci akan melakukan proses pengurasan selama 3 menit. Selama periode tersebut, tombol power pada mesin cuci Samsung tidak akan berfungsi.

10. Kode Error 4C2

Apabila kode ini muncul, itu menKaliankan adanya kesalahan pada selang pasokan air. Untuk mengatasinya, pastikan selang pasokan air dingin terhubung dengan kuat ke keran air dingin. Jika selang terhubung ke keran air panas, dapat menyebabkan cucian mengalami perubahan bentuk selama beberapa siklus.

11. Kode Error 5C

Kode error 5C terjadi ketika air tidak bisa mengalir keluar atau mengering. Untuk mengatasi kode error ini, pastikan selang pembuangan tidak tersumbat dan diposisikan dengan benar.

Lakukan pembersihan pada bagian filter untuk menghilangkan serpihan yang dapat menyumbat selang pembuangan. Pastikan juga selang pembuangan terpasang secara lurus menuju sistem pembuangan.

12. Kode Error 1E

Kode error 1E terjadi karena adanya masalah pada sensor water level. Untuk memperbaikinya, pastikan selang penyuplai air tidak tersumbat oleh benda asing dan tidak terjepit atau terlipat sehingga menghambat aliran air ke mesin cuci Samsung.

Pastikan juga selang penyuplai air tetap terhubung dengan erat ke keran air. Jika masalah belum teratasi, disarankan untuk menghubungi teknisi layanan mesin cuci Samsung.

13. Kode Error UB

Kode error UB muncul pada mesin cuci Samsung ketika fungsi spinning tidak berjalan dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan mesin cuci ditempatkan pada permukaan yang rata dan tidak ada cucian yang membentuk gumpalan.

Lakukan penyebaran kembali beban cucian agar merata, dan jika hanya ada satu item pakaian yang perlu dicuci, kemungkinan hasil akhir putaran tidak akan memuaskan, dan pesan error UB akan ditampilkan pada layar mesin cuci Samsung.

14. Kode Error HC

Kode error HC muncul saat Heater Control pada mesin cuci Samsung mengalami peningkatan suhu. Untuk mengatasi kode error HC ini, Kalian dapat membersihkan wadah saringan atau kondensor pada mesin cuci Samsung.

15. Kode LC /LC1

Kode error ini terjadi karena adanya masalah pada selang pembuangan mesin cuci Samsung. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan bahwa ujung selang pembuangan diletakkan di lantai dan periksa apakah ada penyumbatan atau penekukan pada selang pembuangan.

16. Kode Error DC

Kode error ini biasanya terjadi ketika pintu terbuka saat menjalankan proses pengeringan. Pastikan pintu tertutup rapat dan pastikan juga tidak ada cucian yang terjepit, sehingga pintu mesin cuci Samsung dapat tertutup dengan sempurna.

Arti Kode Error Mesin Cuci Samsung Lainnya

Selain kode kesalahan yang telah disebutkan di atas, masih terdapat banyak kode kesalahan lain pada mesin cuci Samsung dengan penyebab dan cara mengatasinya yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

Baca juga:  Penyebab Mesin Cuci Bergetar Keras Saat Pengeringan & Cara Menagatasinya

Kode ErrorPenyebabSolusi
3E, 3E1, 3E2, 3E3, 3E4, EA, EBMotor bermasalahKode error ini pada mesin cuci Samsung muncul bisa disebabkan karena sirkuit short, kerusakan pada PCB atau konektor motor longgar.
4.00E+2Kesalahan pada temperatur airSuhu air yang dipakai untuk mencuci terlalu panas.
6EPemanas air tidak berfungsiPeriksa resistansi pemanas (water heater). Resistansinya harus sekitar 27Ω.
9E1, 9E2, PH1, PloKerusakan pada bagian powerPeriksa tegangan masuk, periksa sekring, konektor dan filter kebisingan (noise filter).
AE, 13EPCB utama atau Sub PCB bermasalahUntuk mengatasi kode error mesin cuci Samsung ini, Anda bisa memeriksa semua konektor pada PCB utama dan sub PCB.
bE1, 12EBagian tombol power bermasalahTekan dan tahan tombol power kurang lebih 15 detik.
bE2, 14EMasalah pada tombol kontrol mesin cuciTekan dan tahan pada salah satu tombol yang ada (selain tombol power) selama kurang lebih 30 detik.
bE3, 18EKerusakan pada SwitchPeriksa relay, kemungkinan relay bermasalah.
dE2Switch ON/OFF errorPeriksa kondisi Switch ON/OFF. Segera ganti jika switch sudah rusak.
H1Suhu air bermasalah atau temperatur air naik terlalu cepatPeriksa pressure switch dan sensor suhu dan selang.
HE1, E5Pemanas air (water heater) bermasalahPeriksa resistansi pemanas yang seharusnya sekitar ~27Ω.
HE3Steam mesin cuci gagal berfungsiPeriksa fungsi steam dan bagian TCO.
HOTMesin cuci terlalu panasIni bukan termasuk kode error dan tidak ada kerusakan pada mesin cuci Anda.
LE, LE1, E9, 11EKebocoran air (ketinggian air terlalu rendah selama pencucian)Pastikan posisi selang pembuangan tidak lebih rendah dari bawah mesin cuci Samsung Anda.
tE1Kerusakan pada sensor temperatur pemanas airPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.
tE2Sensor saluran pulsator (fan housing) rusakPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.
tE3Kapasitor pada sensor saluran (duct sensor) rusakPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.

Baca Juga :

Penutup

Sekian pembahasan dari bengkeltv.id mengenai kode error mesin cuci Samsung. Dengan mengetahui arti dan cara mengatasi setiap kode error, kita bisa menghindari kerusakan yang lebih serius dan memperpanjang umur mesin cuci kita.

Apabila masalah tetap berlanjut meskipun sudah mencoba langkah-langkah penyelesaian seperti yang disebutkan, sebaiknya hubungi teknisi profesional atau pusat layanan Samsung terdekat. Ingatlah, pemeliharaan dan penanganan masalah yang tepat adalah kunci untuk memastikan mesin cuci Kalian berfungsi dengan baik dan efisien.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam menyelesaikan masalah kode error pada mesin cuci Samsung Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *