Kode Error Printer Canon MP287

Daftar Kode Error Printer Canon MP287 Terlengkap

Posted on

Bengkeltv.idDaftar Kode Error Printer Canon MP287 Terlengkap. Printer merupakan perangkat penting dalam dunia perkantoran maupun di rumah. Namun, tidak jarang pengguna menghadapi kendala teknis, terutama saat munculnya kode error. Salah satu printer yang umum digunakan adalah Canon MP287, dan beberapa pengguna mungkin pernah mengalami kendala dengan kode error tertentu.

Kode error pada printer bisa muncul karena berbagai alasan, mulai dari masalah perangkat keras hingga perangkat lunak. Penting bagi pengguna untuk memahami arti dari setiap kode error dan mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kode error umum yang mungkin muncul pada printer Canon MP287, serta solusi dan tips terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Simak informasi selengkapnya untuk mengetahui cara mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan pada printer Canon MP287 dengan efektif. Dengan memahami kode error dan tindakan yang tepat, Kalian dapat mengembalikan printer Canon MP287 Kalian dalam kondisi optimal.

Spesifikasi Printer Canon MP287

Sebelum memahami Kode Error Printer Canon MP287, perlu dicatat bahwa printer ini mengadopsi model cetak Epson yang terkenal dengan kualitas teruji. Canon juga menambahkan teknologi cetak Inkjet Canon Fine Cartridge pada perangkat ini. Printer Canon MP287 hadir dengan resolusi tinggi mencapai 4800 x 1200 dan menggunakan teknologi Variable-Sized Droplet.

Kecepatan cetak dokumen hitam-putih dari printer ini mencapai 8,4 ipm, sementara kecepatan cetak dokumen berwarna mencapai 4,8 ipm. Printer Canon MP287 juga mampu mencetak foto berukuran 4 x 6 inci dalam waktu sekitar 43 detik.

Selain kemampuannya untuk mencetak pada kertas, printer ini dilengkapi dengan mesin pemindai tipe Flatbed. Pemindai ini menggunakan metode CIS (Contact Image Sensor) dengan resolusi mencapai 1200 x 2400 dpi. Ukuran maksimal pemindaian yang dapat dihasilkan adalah A4 dan Letter (216 x 297 mm).

Dari segi performa, printer ini dapat beroperasi dengan berbagai sistem operasi, termasuk Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Mac OS X v10.7.5, dan Mac OS X v10.4. Untuk koneksi, Canon telah menyematkan port USB 2.0 High Speed pada printer ini.

Daftar Kode Error Printer Canon MP287

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Printer Canon MP287 menghadapi sejumlah masalah yang ditKaliani dengan berbagai kode error. Setiap kode error yang muncul pada Printer Canon MP287 memiliki penyebab yang berbeda.

Baca juga:  Printer Tidak Bisa Mencetak Tulisan : Penyebab & Cara Mengatasi

Di sisi lain, penanganan setiap kode error juga bervariasi. Beberapa masalah mungkin dapat diatasi dengan mengisi ulang kertas atau tinta, sementara beberapa masalah lainnya memerlukan proses reset pada Printer Canon MP287. Untuk informasi yang lebih terperinci, berikut adalah daftar lengkap kode error pada Printer Canon MP287 beserta penyebab dan langkah-langkah mengatasinya:

1. Kode Error E02

Kode error awal adalah E02, menKaliankan bahwa Printer Canon MP287 mengalami kesulitan mencetak karena kehabisan kertas atau posisi kertas yang tidak tepat. Untuk mengatasi kode error ini, periksalah ketersediaan kertas pada printer. Jika kertas telah habis, tambahkan kertas baru dan pastikan posisi kertas telah benar.

2. Kode Error E03

Di samping itu, Printer Canon MP287 juga dapat menunjukkan kode Error E03 saat terjadi Paper Jam atau kertas terjepit di dalam printer ketika mencetak dokumen. Kendala ini bisa diatasi dengan melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Periksa apakah terdapat benda atau kertas yang menghalangi pada rol printer.
  • Muat kembali kertas dengan benar dan pastikan penempatannya sesuai.

3. Kode Error E04 & E05

Berikutnya, terdapat dua kode error spesifik, yaitu E04 dan E05, yang memiliki makna serupa, yakni cartridge pada printer tidak terdeteksi karena posisi cartridge yang tidak tepat atau cartridge mengalami kerusakan.

Berikut solusi untuk mengatasi kode error E04 dan E05:

  • Lepaskan cartridge dari printer dan bersihkan dengan hati-hati hingga bersih.
  • Pasang kembali cartridge dengan benar dan pastikan terdengar bunyi “klik” yang menunjukkan cartridge terpasang dengan baik.
  • Setelah itu, coba gunakan Printer Canon MP287 untuk mencetak. Jika berhasil, itu berarti masalah telah teratasi.

4. Kode Error E07

Printer Canon MP287 juga dapat menunjukkan kode Error E07 saat tinta dalam cartridge telah mencapai batas maksimal penggunaan. Masalah ini dapat diatasi dengan mudah melalui proses reset printer.

5. Kode Error E08

Jika Printer Canon MP287 menampilkan kode Error E08, ini menKaliankan bahwa kapasitas tinta hampir penuh. Pada saat yang sama, notifikasi “Ink absorber is almost full” juga akan muncul. Untuk mengatasi situasi ini, Kalian hanya perlu menekan tombol hitam pada printer. Setelah itu, proses pencetakan akan dilanjutkan.

6. Kode Error E13

Kode Error E013 pada Printer Canon MP287 memiliki arti “The Remaining Ink Level Cannot be detected,” menunjukkan bahwa tinta tidak terdeteksi karena sudah habis. Untuk mengatasinya, tekan tombol STOP/RESET selama 5/10 detik hingga indikator pada layar menunjukkan angka 1.

7. Kode Error E14

Kode Error E17 pada Printer Canon MP287 menunjukkan bahwa cartridge pada printer tidak terdeteksi atau “The Fine Cartridge cannot be recognized”.

Kondisi ini mungkin disebabkan oleh cartridge yang bocor atau memang perlu diganti cartridge yang baru.

Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah ini:

  • Gantilah cartridge dengan cartridge yang baru.
  • Jika masalah disebabkan oleh tinta yang bocor, bersihkan cartridge dengan hati-hati sebelum memasang kembali cartridge yang baru.
Baca juga:  Cara Scan Di Printer HP Ink Tank 315 dengan Mudah dan Cepat

8. Kode Error E15

Kode Error E15 pada Printer Canon MP287 mengindikasikan bahwa cartridge tidak terdeteksi dengan baik atau “The Fine Cartridge cannot be recognized”. Cara mengatasi kode error ini sangat sederhana, yaitu dengan melepaskan cartridge dari printer dan memasangnya kembali dengan benar.

9. Kode Error E16

Kode Error E16 pada Printer Canon MP287 menunjukkan bahwa tinta printer sudah habis atau “The Ink has Run Out”.

Berikut adalah cara mengatasi kode error ini:

  • Tekan dan tahan tombol STOP/RESET selama 5 hingga 15 detik.
  • Ketika panel LCD berputar, lepaskan tombol tersebut.
  • Terakhir, isi ulang tinta sesuai kebutuhan.

10. Kode Error E30

Jika dokumen yang akan di-scan memiliki ukuran yang terlalu kecil, maka Printer Canon MP287 akan menunjukkan kode E30.

11. Kode Error E31

Jika Printer Canon MP287 menampilkan notifikasi “The printer is not connected with computer” atau printer belum terhubung dengan komputer, maka kode masalahnya adalah E31.

Berikut adalah cara mengatasi masalah ini:

  • Periksa dan pastikan kabel printer terhubung dengan komputer dengan baik.
  • Ganti kabel printer jika ditemukan adanya kerusakan pada kabel tersebut.

12. Kode Error E50

Kode E50 pada Printer Canon MP287 mengindikasikan adanya masalah pada bagian pemindaian (scanning) di mana dokumen tidak terdeteksi. Masalah ini umumnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti ukuran kertas yang tidak sesuai, posisi kertas yang tidak benar, kaca plat scanner yang kotor, atau kerusakan pada Print Head.

Berikut adalah cara mengatasi masalah ini:

  • Gunakan kertas dengan ukuran yang sesuai untuk pemindaian.
  • Pastikan posisi kertas yang benar pada scanner.
  • Bersihkan kaca plat scanner hingga benar-benar bersih dari debu atau kotoran.
  • Periksa keadaan Print Head dan pastikan dalam kondisi baik.

13. Kode Error P02

Printer Canon MP287 juga dapat menampilkan kode P02 yang mengindikasikan adanya masalah pada Carriage (kereta printer).

Kode Error ini dapat diatasi dengan cara berikut:

  • Membersihkan encoder yang terletak di sekitar jalur gerakan kereta printer.
  • Memeriksa roll printer dan memastikan tidak ada benda yang menghalangi pergerakan kereta printer.
  • Jika ditemukan benda yang mengganggu, segera keluarkan dengan hati-hati.

14. Kode Error P03

Kode Error P03 pada Printer Canon MP287 memiliki arti “Line Feed Error” (Kesalahan Pengumpanan Baris). Untuk mengatasi masalah ini, Kalian dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Periksa sensor timing disk dan pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menghalangi fungsinya.
  • Membersihkan mainboard pada printer untuk memastikan tidak ada kotoran yang menyebabkan masalah tersebut.

15. Kode Error P05

Apabila sensor ASF mengalami kerusakan, Printer Canon MP287 akan menampilkan kode P05.

Berikut adalah cara mengatasi masalah ini:

  • Kalian perlu mengganti salah satu komponen seperti ASF unit, board, atau motor printer yang terkait dengan sensor ASF.

16. Kode Error P06 & P08

Jika suhu pada printer terlalu tinggi, Printer Canon MP287 akan menunjukkan kode P06 atau P08. Untuk mengatasi masalah ini, Kalian perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Baca juga:  Cara Menggunakan Scan ADF Epson L5190 yang Mudah

  • Membersihkan mesin printer untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang menghalangi sirkulasi udara dan menyebabkan peningkatan suhu.
  • Jika kondisi sudah tidak layak, Kalian perlu mengganti board printer yang terkait dengan masalah suhu yang tinggi.

17. Kode Error P07

Kode P07 pada Printer Canon MP287 menKaliankan bahwa Ink absorber (penyerap tinta) sudah penuh. Untuk mengatasi masalah ini, Kalian dapat melakukan reset printer melalui menu maintenance yang tersedia dalam perangkat lunak komputer.

18. Kode Error P09

Kode P09 pada Printer Canon MP287 menKaliankan adanya EEPROM Error. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti Board (papan rangkaian elektronik).k).

19. Kode Error P10

Kode P10 pada Printer Canon MP287 menunjukkan adanya masalah pada salah satu komponen printer yang disebabkan oleh arus pendek listrik. Untuk mengatasi masalah ini, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Matikan printer sepenuhnya dan biarkan dalam keadaan mati selama beberapa menit.
  • Setelah itu, nyalakan kembali printer dengan menekan tombol daya.
  • Periksa apakah kode error P10 masih muncul setelah printer dinyalakan kembali.

20. Kode Error P15

Kode P15 pada Printer Canon MP287 menKaliankan adanya masalah USB over current yang disebabkan oleh kabel Printer yang tidak memadai. Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah dengan mengganti kabel Printer dengan yang baru yang sesuai. Jika masalah masih berlanjut, mungkin perlu pertimbangan untuk mengganti seluruh Board pada printer.

21. Kode Error P20

Kode Error P20 pada Printer Canon MP287 mengindikasikan adanya kerusakan pada hardware lainnya atau Other hardware error. Jika Kalian mengalami masalah ini, solusinya adalah dengan mengganti mainboard atau hardware printer yang mengalami kerusakan.

22. Kode Error P22

Kode P22 pada Printer Canon MP287 menunjukkan bahwa Scanner tidak berfungsi. Untuk mengatasi masalah ini, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti Scanner atau Board dengan yang baru agar fungsi Scanner dapat pulih kembali.

Penutup

Dalam penggunaan Printer Canon MP287, pemahaman terhadap berbagai kode error menjadi kunci untuk menjaga kinerja perangkat tetap optimal. Setiap kode memiliki arti dan penyebab yang berbeda, namun dengan pemecahan masalah yang tepat, banyak kendala dapat diatasi.

Dengan memahami dan mengatasi Kode Error Printer Canon MP287, pengguna dapat memaksimalkan kinerja perangkat mereka. Perawatan rutin, pengecekan ketersediaan kertas, hingga penanganan masalah hardware dengan tepat, semuanya berkontribusi pada kelancaran penggunaan printer ini.

Dengan demikian, menjaga dan memahami Kode Error Printer Canon MP287 bukan hanya sebagai tantangan, tetapi juga sebagai kunci untuk memastikan kualitas cetak yang optimal dan kinerja printer yang hKalianl. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Kode Error Printer Canon MP287 ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *