Kode Receiver Nex Parabola

Daftar Kode Receiver Nex Parabola : Terlengkap

Posted on

Bengkeltv.idDaftar Kode Receiver Nex Parabola : Terlengkap. Pemirsa televisi mungkin sudah tidak asing dengan Nex Parabola, satu dari sekian banyak provider layanan televisi satelit di Indonesia. Nex Parabola menawarkan berbagai macam saluran berkualitas, mulai dari berita, olahraga, hiburan, hingga film-film box office.

Untuk menikmati layanan yang ditawarkan, tentu kita memerlukan kode receiver Nex Parabola. Lantas, bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan kode tersebut? Artikel ini akan mengulas secara mendalam seputar kode receiver Nex Parabola, membantu Kalian memahami lebih jauh dan memaksimalkan pengalaman menonton Kalian dengan Nex Parabola.

Mengenal Nex Parabola

Nex Parabola adalah inisiatif yang diambil oleh Nexmedia, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan televisi berlangganan terestrial di wilayah Jabodetabek. Nexmedia, yang berada di bawah naungan Elang Mahkota Teknologi (Emtek), mulai beroperasi pada tanggal 23 November 2011 dengan mengusung slogan “Simply Entertaining”.

Uniknya, Nexmedia menawarkan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan layanan televisi berbayar lainnya. Jika kebanyakan layanan menggunakan satelit parabola dan kabel, Nexmedia justru mengadopsi teknologi televisi digital terestrial DVB-T2, yang biasa digunakan pada layanan televisi digital.

Penerapan teknologi ini mengartikan bahwa Nex Parabola beroperasi layaknya set-top box televisi digital, di mana sinyal disebarkan melalui transmisi dan ditangkap oleh antena sebelum dihubungkan ke televisi untuk ditayangkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa ada beberapa nuansa yang membedakan Nexmedia dari televisi digital stKalianr. Misalnya, frekuensi yang digunakan oleh Nexmedia berada pada kisaran 290.5-320.5 VHF, sedangkan televisi digital pada umumnya menggunakan kanal UHF.

Selain itu, sinyal yang disiarkan oleh Nexmedia diacak. Ini berarti bahwa pengguna memerlukan dekoder atau STB khusus untuk menguraikan acakan sinyal tersebut. Alasan di balik pengacakan ini adalah karena Nexmedia menayangkan beberapa saluran asing seperti CNN, Fox Movies, beTV, dan lainnya, yang sebagian di antaranya memiliki hak siar khusus, termasuk untuk siaran olahraga.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Nex Parabola menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari alternatif televisi berlangganan selain yang menggunakan teknologi satelit parabola atau kabel.

Baca juga:  Cara Mencari Channel TV Parabola Venus : Mudah & Praktis

Kode Receiver Nex Parabola

Para pengguna receiver yang direkomendasikan bisa menikmati sejumlah channel satelit, khususnya Nex Parabola yang mengudara pada spektrum C-Band dan Ku Band. Batasan sinyal UHF digital menjadikan parabola tetap diminati, khususnya oleh masyarakat di daerah pedesaan yang berjarak jauh dari pemancar terrestrial.

Nex Parabola menyediakan puluhan channel free to view tanpa biaya tambahan, serta memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mengakses saluran berbayar. Namun, kadang kala kode receiver Nex Parabola muncul saat kita ingin menonton acara favorit, baik itu berupa notifikasi error ataupun kode sandi untuk merubah sistem.

Untuk itulah, kami menyajikan informasi terkait berbagai kode pada Nex Parabola sebagai panduan bagi pemula untuk memanfaatkan layanan ini dengan optimal.

A. Kode Error Receiver Nex Parabola

Pelanggan Nex Parabola mungkin pernah mengalami gangguan ringan di layar televisi mereka. Tampil kode error tertentu dan gambar menjadi gelap secara total.

Inilah yang dimaksud dengan kode receiver Nex Parabola yang memberikan informasi kepada pengguna. Di mana, mereka harus menerjemahkannya sendiri untuk proses penanganan berikutnya.

Berikut adalah beberapa kode error yang muncul pada receiver Nex Parabola:

1. Terjadi Kode Error E22

Notifikasi kode E22 muncul di layar televisi dengan pesan “Smart Card Out Of Date”. Ini menKaliankan bahwa SMC ID sudah tidak berlaku atau paket berlangganan telah berakhir.

Namun, kadang-kadang error E22 juga bisa disebabkan oleh receiver yang belum diaktifkan. Untuk mengatasinya, Kalian perlu melakukan pengisian paket berbayar atau mengaktifkan STB terlebih dahulu.

2. Kode Error E30 Terdeteksi

Jika muncul notifikasi kode E30, ini berarti STB dan Smart Card tidak terpasang dengan baik. Untuk mengatasinya, Kalian perlu menghubungi call center secara langsung.

Kalian bisa menghubungi call center Nex Parabola melalui aplikasi WhatsApp dan memberikan nomor SMC ID kepada operator. Mereka akan membantu menyelesaikan masalah ini dengan cepat.

3. Kode Error E31 Ditemukan

Kode error E31 menunjukkan adanya masalah konfigurasi. Ini biasanya terjadi ketika penerimaan data enkripsi tidak baik karena sinyal satelit terlalu rendah.

Untuk mengatasinya, Kalian perlu melakukan penyesuaian ulang pada dish agar bisa mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Dengan begitu, error pada receiver Nex Parabola bisa diatasi.

4. Kode Error E40 Terdeteksi

Jika muncul kode E40, ini berarti terjadi masalah pada STB ID sehingga bagian SMC ID menjadi “FFFFFF”. Untuk mengatasinya, Kalian perlu menghubungi layanan Call Center.

Kalian bisa menghubungi CS Nex Parabola dan memberikan nomor STB ID. Operator akan membantu menyelesaikan masalah ini dengan cepat dan mudah.

Baca juga:  Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Panduan Mudah Untuk Pemula

5. Kode Error E5 Ditemukan

Notifikasi kode E5 menunjukkan adanya kerusakan pada SMC ID. Jika receiver masih dalam masa garansi, Kalian bisa mengembalikannya ke distributor.

Itulah beberapa informasi mengenai kode error pada receiver Nex Parabola. Perhatikan dan ikuti solusi yang telah disediakan untuk menangani masalah yang terjadi.

B. Kode Password Receiver Nex Parabola

Setiap orang biasanya melakukan konfigurasi yang berbeda pada receiver Nex Parabola. Fitur yang sensitif dan berhubungan dengan sistem biasanya dilindungi oleh password default.

Misalnya, ketika ingin melakukan reset Nex Parabola, sistem akan meminta password. Kode sandi stKalianr tersebut berfungsi untuk mengonfirmasi perintah dari pengguna.

Berikut adalah beberapa kode sandi Nex Parabola stKalianr pabrik:

STB NEX PARABOLAKODE PASSWORD
Kuning9878
Merah8765
Hitam9878
G1 Hijau9878
G2 Guaxin8765
G2 Biru3503
Putih9878
Combo0

Nex Parabola telah meluncurkan beberapa jenis receiver yang berbeda-beda. Bonus channel setelah instalasi juga berbeda untuk menarik minat konsumen.

Untuk mengubah konfigurasi sistem, Kalian perlu kode sandi stKalianr. Selama kode sandi pabrik masih ada, pengguna bebas menerapkan parameter apa pun yang diinginkan.

Untuk informasi tambahan, kode paket Nex Parabola berkaitan dengan transaksi premium. Sementara itu, kode error berkaitan dengan kendala yang terjadi pada receiver.

Penyebab Siaran Nex Parabola Menghilang

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siaran Nex Parabola hilang adalah sebagai berikut:

1. Kondisi Cuaca Buruk

Siaran Nex Parabola bisa saja hilang karena cuaca yang tidak mendukung, seperti hujan deras atau angin yang sangat kencang. Kondisi ini membuat sinyal sulit menembus awan dan intensitasnya melemah seiring dengan perubahan cuaca. Walaupun ini hanya bersifat sementara dan tidak akan menimbulkan dampak jangka panjang. Artinya, saat cuaca membaik dan kembali cerah, siaran juga akan pulih dan kembali normal.

2. Adanya Perubahan Frekuensi

Hilangnya siaran Nex Parabola bisa juga disebabkan oleh adanya perubahan frekuensi. Hal ini cukup sering terjadi pada layanan televisi satelit. Biasanya, provider akan memberi tahu melalui teks berjalan saat Kalian menonton acara. Perubahan frekuensi ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas layanan dan menambah channel baru. Tetapi, hal ini berdampak pada hilangnya semua channel di transponder lama dan layar TV menjadi gelap, sehingga Kalian tidak bisa menonton acara.

3. Konektor Alami Masalah

Hilangnya siaran Nex Parabola bisa jadi akibat masalah pada konektor, seperti kelonggaran atau lepas. Hal ini dapat terdeteksi saat Kalian melihat kualitas dan intensitas sinyal di layar yang berubah menjadi nol persen.

Baca juga:  Frekuensi Nex Parabola C-Band & Ku Band : UPDATE Terbaru !!

4. Decorder Terjadi Masalah

Hilangnya siaran Nex Parabola juga bisa disebabkan oleh permasalahan pada decoder, receiver, atau set-top box. Penyebabnya bisa beragam, salah satunya adalah adanya bug pada firmware decoder yang bisa memicu masalah, bahkan hingga mengakibatkan hilangnya siaran.

Selain itu, kebiasaan penggunaan sehari-hari juga berpotensi mempengaruhi performa mesin STB Nex Parabola. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengoperasikan unit secara benar sesuai panduan resmi agar umur STB bisa lebih lama.

5. LNB Rusak & Bermasalah

Hilangnya siaran Nex Parabola bisa jadi akibat LNB yang rusak atau bermasalah, yang biasanya disebabkan oleh usia penggunaan. Setiap komponen memiliki umur operasional masing-masing, terutama LNB yang terus-menerus terpapar panas dan hujan. Material LNB yang keropos atau berkarat bisa mengurangi kinerjanya dalam menangkap siaran. Kerusakan LNB biasanya ditKaliani dengan intensitas sinyal yang turun menjadi nol dan siaran Nex Parabola otomatis hilang.

6. Dish Bergeser

Posisi dish yang bergeser juga bisa menjadi penyebab hilangnya siaran Nex Parabola. Walaupun jarang terjadi, namun cuaca ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang bisa membuat posisi dish parabola bergerak. Perubahan posisi dish ini bisa mengurangi kualitas sinyal yang diterima secara drastis, bahkan sampai nol persen. Akibatnya, semua siaran Nex Parabola hilang dan Kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memulihkan siaran tersebut.

Penutup

Demikianlah ulasan lengkap dari bengkeltv.id mengenai kode receiver Nex Parabola yang penting untuk Kalian ketahui. Sebagai pengguna, pemahaman tentang kode-kode tersebut akan sangat membantu dalam mengatasi berbagai permasalahan teknis yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Mulai dari gangguan sinyal, perubahan frekuensi, hingga masalah pada komponen receiver itu sendiri.

Pahami juga beberapa faktor penyebab hilangnya siaran Nex Parabola, baik yang bersifat sementara seperti cuaca ekstrem, atau yang memerlukan penanganan lebih lanjut seperti kerusakan pada LNB. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, Kalian tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat siaran tiba-tiba hilang.

Ingatlah selalu, perawatan dan penggunaan perangkat sesuai petunjuk yang benar merupakan kunci utama dalam menjaga kualitas dan keawetan receiver Kalian. Jika menemui kesulitan atau masalah yang tidak bisa diatasi sendiri, jangan ragu untuk menghubungi pihak layanan pelanggan Nex Parabola untuk mendapatkan bantuan dan solusi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *