Remot TV Asatron Luminos

Daftar Kode Remot TV Asatron Luminos : UPDATE Terbaru

Posted on

Bengkeltv.idDaftar Kode Remot TV Asatron Luminos : UPDATE Terbaru. Keberadaan televisi dalam rumah bukanlah sekedar perangkat elektronik biasa, namun juga menjadi sumber hiburan dan pengetahuan yang mengisi waktu luang kita. Namun, apakah Kalian pernah merasa frustasi ketika tiba-tiba tidak dapat mengontrol televisi Kalian, khususnya jika Kalian adalah pemilik dari TV Asatron Luminos? Salah satu penyebab umum adalah kerusakan pada remot kontrol.

Remot televisi yang rusak atau hilang seringkali bisa menimbulkan kebingungan, terutama saat harus mencari pengganti yang tepat. Untuk itulah, artikel ini akan membantu Kalian dalam menemukan Kode Remot TV Asatron Luminos, sehingga Kalian dapat kembali menikmati acara televisi favorit Kalian tanpa hambatan. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Remot TV Asatron

Berdasarkan sejumlah sumber yang telah kami kumpulkan, diketahui bahwa televisi yang diproduksi sejak awal dekade 1980-an umumnya telah dilengkapi dengan remote infra merah. Karena itu, biasanya saat Kalian membeli televisi baru, remote kontrol sudah menjadi bagian dari paket pembelian.

Seperti halnya barang elektronik lainnya, seiring berjalan waktu, perangkat ini juga akan mengalami masa penuaan atau “aus”, termasuk remote TV Asatron. Intensitas penggunaan suatu perangkat juga dapat berpengaruh pada usia dari barang elektronik tersebut.

Remote adalah benda yang paling sering digunakan saat kita menonton televisi. Karena itu, tidaklah mengherankan jika alat ini menjadi rentan terhadap kerusakan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada remote Asatron, antara lain:

  • Penggunaan dengan intensitas tinggi dapat membuat tombol pada remote menjadi macet atau sulit untuk ditekan.
  • Jatuh atau benturan yang sering terjadi dapat menyebabkan papan sirkuit atau casing remote retak.
  • Kerusakan pada remote juga dapat disebabkan oleh aksi tidak sengaja, seperti dilempar atau dimainkan oleh anak-anak kecil.
Baca juga:  Penyebab TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip dan Solusi Perbaikannya

Kerusakan pada remote TV Asatron dapat menyulitkan seluruh anggota keluarga. Mereka harus berusaha keras untuk mencapai layar TV hanya untuk mengendalikan perangkat tersebut.

Walaupun tampak kecil, keberadaan remote kontrol sangat penting. Maka dari itu, solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan segera menggantinya dengan yang baru.

Kalian dapat memilih antara membeli remote kontrol original atau universal. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Kode Remot TV Asatron

Remot kontrol universal biasanya ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau, berkisar antara 10 hingga 50 ribu rupiah. Keberadaan perangkat pengendali jarak jauh ini sangat mudah ditemukan dan kompatibel dengan semua merek, yang menjadikannya semakin digemari.

Namun, penting bagi pengguna untuk mengetahui kode Kode Remot TV Asatron Luminosagar dapat menyambungkan perangkat antara remote kontrol dan televisi Asatron. Tanpa kode ini, remote kontrol universal hanya akan berfungsi sebagai benda biasa dan tidak dapat mengendalikan televisi.

Berikut adalah daftar kode Kode Remot TV Asatron Luminos terkini:

SERI KODEKODE TV ASATRON
Seri Nol053, 056, 073
Seri Satu102, 103, 104, 106, 124, 181, 187
Seri Dua202, 203, 204, 206, 224, 281, 287
Seri Tiga308, 320, 325, 330, 346, 347, 357

Kode remot TV Asatron berupa tiga digit yang unik dan bertujuan untuk menyambungkan remote kontrol dengan televisi. Dengan memanfaatkan kode ini, remote kontrol universal dapat berfungsi sebagaimana remote kontrol asli pabrikan.

Daftar kode dalam tabel di atas mendukung seluruh tipe TV Asatron, termasuk jenis LED dengan produk ID “Asatron Luminos”. Dengan demikian, besar kemungkinan bahwa kode-kode tersebut akan berlaku untuk televisi Asatron tipe tersebut.

Baca juga:  Penyebab dan Solusi Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

Cara Setting Kode Remot TV Asatron Luminos

Proses penyandingan remote kontrol universal hanya perlu dilakukan satu kali, yaitu saat televisi sudah mengenali perangkat tersebut. Setelah itu, pengguna dapat langsung memanfaatkan remote kontrol untuk menikmati tayangan televisi. Ada dua metode sinkronisasi, yaitu manual dan otomatis.

Teknik pemrograman remote kontrol secara manual lebih sering diaplikasikan, di mana pengguna hanya perlu menemukan kode yang sesuai dengan model televisi mereka. Sementara metode otomatis membutuhkan durasi yang sedikit lebih panjang.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pengaturan remote kontrol universal pada TV Asatron:

  • Tekan dan tahan tombol ‘set’ (pada beberapa model mungkin bertuliskan ‘set’ saja), kemudian tekan tombol ‘power’ hingga lampu indikator pada remot menyala.
  • Lepas semua tombol dan pastikan lampu indikator tetap menyala (tidak berkedip).
  • Selanjutnya, masukkan salah satu kode remot TV Asatron yang relevan.
  • Lampu indikator pada remote kontrol akan padam setelah Kalian berhasil memasukkan kode.
  • Setelah proses penyandingan selesai, remote kontrol universal Kalian kini siap digunakan untuk mengoperasikan TV Asatron.

Setelah proses sinkronisasi, tahap paling krusial adalah melakukan uji coba pada remote kontrol universal. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur volume pada TV Asatron, jika layar merespon, maka kode tersebut dinyatakan cocok dan berhasil diterapkan.

Jika remote kontrol belum juga berfungsi dengan baik, ulangi langkah-langkah tersebut dan coba masukkan kode TV satu per satu. Jika semua upaya gagal, solusi akhir yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan scan otomatis. Akan tetapi, pengguna perlu bersabar selama proses pemindaian berlangsung.

Langkah-langkah di atas merupakan petunjuk umum dalam mengatur kode pada remote kontrol universal, khususnya untuk merk Joker, Multisonic, dan HJ. Metode pengaturan mungkin berbeda-beda tergantung pada model dan tipe remote kontrol yang digunakan.

Baca juga:  Panduan Lengkap Skema Rangkaian Backlight TV LED dan Cara Mengukurnya

Penutup

Dengan memahami kode remot TV Asatron Luminos dan cara pengaturannya, kini Kalian dapat menikmati kembali berbagai acara favorit di televisi Kalian tanpa hambatan. Tak perlu khawatir lagi dengan kerusakan atau kehilangan remote kontrol, sebab dengan remote kontrol universal dan kode yang tepat, semua kendali kembali di tangan Kalian.

Terakhir, penting untuk mengingat bahwa penggunaan peralatan elektronik harus dilakukan dengan bijak. Hindari aksi yang bisa merusak remote kontrol Kalian, seperti membiarkannya jatuh atau dimainkan oleh anak-anak. Selalu jaga dan rawat remote kontrol Kalian agar dapat berfungsi dengan baik dan memiliki usia pakai yang panjang.

Demikian artikel dari bengkeltv.id ini mengenai Kode Remot TV Asatron Luminos. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi solusi atas kendala yang Kalian alami. Selamat menonton kembali acara televisi favorit Kalian dengan kontrol yang lebih mudah dan nyaman. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *