Kode Remot TV TCL

Daftar Kode Remot TV TCL : Terlengkap !!

Posted on

Bengkeltv.id Daftar Kode Remot TV TCL : Terlengkap !!. Kode Remot TV TCL adalah kode khusus yang digunakan untuk mengoperasikan TV TCL menggunakan remot. Kode ini biasanya terdiri dari angka atau kombinasi huruf dan angka yang dapat diinput pada remot. Pada umumnya, kode ini terdiri dari 3 atau 4 digit, tergantung pada jenis TV TCL yang kamu miliki.

Meskipun penggunaan kode ini cukup mudah, tetapi bagi pemula mungkin akan memerlukan bantuan untuk mencari dan menggunakan kode tersebut. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas cara mencari dan menggunakan Kode Remot TV TCL dengan mudah, bahkan jika kamu seorang pemula.

Remote TV TCL Rusak?

Remote TV TCL yang rusak mungkin tidak dapat kita hindari, karena semua peralatan elektronik pada akhirnya akan mengalami kerusakan seiring dengan pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Penyebab kerusakan bervariasi, mulai dari kecerobohan pengguna, sering terjatuh, hingga dilempar oleh anak kecil.

Kerusakan remote TV TCL dapat dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu ringan, sedang, dan berat. Jika hanya retak pada casing, masih bisa dimaklumi. Namun, jika salah satu tombol tidak berfungsi, tentu akan merepotkan pengguna.

Untuk kondisi kerusakan sedang hingga berat, sebaiknya kita membeli remote kontrol baru yang asli atau universal, sesuai dengan selera kita.

Di beberapa wilayah terpencil, mencari remote asli mungkin sulit, ditambah lagi harga pasaran yang tergolong mahal. Solusi terbaik yang dapat diambil adalah memilih remote universal, yang banyak tersedia di toko elektronik atau toko online.

Baca juga:  Lokasi Service Center TV TCL Terlengkap

Remote kontrol universal adalah alat pengendali jarak jauh yang bersifat multifungsi, mendukung hampir semua merek televisi, termasuk TCL. Terdapat tiga merek yang cukup populer di antaranya, yaitu Joker, Multisonic, dan HJ.

Kode Remote TV TCL

Remote kontrol universal tidak dapat langsung digunakan, pengguna harus melakukan pengaturan terlebih dahulu agar TV TCL dapat mengenali perangkat tersebut seperti remot asli.

Oleh karena itu, kode remote TV TCL diperlukan saat memprogram alat pengendali jarak jauh multifungsi ini, yang terdiri dari tiga angka unik.

1. Pengaturan Remote Joker di TV TCL

Cara pengaturan remot Joker sebenarnya cukup mudah, pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombol lalu memasukkan kode. Namun, beberapa orang mungkin masih bingung atau bahkan tidak mengerti sama sekali.

PerangkatRemot Joker
TipeUniversal
DukunganTV TCL
JenisTabung, LCD dan LED
Kode051, 053, 068, 071, 073, 082, 083, 084, 085, 111, 110, 156, 144, 199, 209, 216, 243, 244, 245, 246, 247, 248, 249, 313, 314, 315, 316, 317, 320, 343, 344, 349, 350, 382, 383, 384

Panduan pengaturan kode remote TV TCL

  • Siapkan tiga perangkat: baterai, remote Joker, dan TV TCL.
  • Nyalakan televisi TCL, masukkan baterai ke dalam remote kontrol.
  • Arahkan remote Joker ke layar televisi, lalu tekan kombinasi tombol Set + Power sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan tombol tersebut, tapi pastikan lampu indikator tetap menyala.
  • Masukkan salah satu kode remote TV TCL yang diberikan pada tabel di atas, misalnya 144.
  • Selesai, remote siap digunakan sehari-hari.

Coba tes dengan menaikkan atau menurunkan volume televisi. Jika salah satu kode remote tidak berfungsi, coba nomor lainnya sampai remote kontrol benar-benar bekerja dengan baik.

Panduan pengaturan remote Joker di TV TCL tanpa kode

  • Ambil remote, arahkan ke layar TV TCL yang sudah dinyalakan.
  • Tekan tombol Set pada remote sekitar 5 detik sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan tombol tersebut, dan lampu indikator akan berkedip terus-menerus. Ini menunjukkan proses pencarian otomatis sedang berjalan.
  • Segera tekan kembali tombol Set saat televisi menunjukkan respon tertentu untuk mengunci dan menghentikan pemindaian.
  • Selesai, remote siap digunakan.
Baca juga:  Cara Mematikan TV Polytron Tanpa Remot : Mudah Banget !!

Jika terlambat mengunci dan menghentikan proses pemindaian, cukup tekan tombol Volume – sekali (pemindaian mundur satu kali). Ulangi langkah ini sampai TV TCL merespon.

2. Pengaturan Remote Multisonic di TV TCL

Secara umum, mengatur remote multisonic tidak jauh berbeda dengan perangkat universal lainnya. Tentu saja, kode diperlukan agar pola frekuensi inframerah sesuai dengan yang dipancarkan remot asli TCL.

PerangkatRemot Multisonic
TipeUniversal
DukunganTV TCL
JenisTabung, LCD dan LED
Kode110, 484, 534, 486, 073, 535, 244, 268, 024, 051, 053, 068, 071, 082, 083, 481, 068, 075, 081, 434, 113, 157

Panduan pengaturan kode remote TV TCL:

  • Siapkan remote merk multisonic dan nyalakan TV TCL di rumah Kalian.
  • Arahkan remote kontrol ke layar televisi, lalu tekan tombol Set + Power hingga lampu indikator menyala.
  • Masukkan salah satu kode remote TV TCL yang sudah diberikan pada tabel sebelumnya, misalnya 535.
  • Selesai, remote multisonic siap digunakan.

Cobalah hasil pengaturan Kalian, apakah kode remote TV TCL berfungsi dengan normal atau tidak. Atur volume atau ganti saluran, jika berhasil berarti pemrograman sukses.

Cara pengaturan remote multisonic di TV TCL tanpa kode:

  • Nyalakan TV TCL di rumah Kalian, baik jenis Tabung, LCD, atau LED.
  • Ambil remote multisonic, lalu arahkan ke layar televisi.
  • Perhatikan tombol pada remote tersebut, ada yang bertuliskan China 1 dan China 2.
  • Tekan dan tahan tombol bertuliskan China 1 atau China 2 (pilih salah satu saja).
  • Tekan terus hingga maksimal 5 menit, biasanya televisi akan merespon (segera lepaskan).
  • Selesai, Kalian tinggal menggunakan remote tersebut sehari-hari.

Ingat, kode remote TV TCL itu banyak, cobalah satu per satu hingga Kalian menemukan yang cocok dengan tipe televisi di rumah. Pastikan juga disesuaikan dengan merk remot universalnya!

Penyebab Remot Tidak Berfungsi

Dalam beberapa kesempatan, sering kali banyak orang yang gagal saat memasukkan kode remot TV dan tetap tidak mau berfungsi. Banyak yang bertanya-tanya mengenai faktor penyebabnya, ternyata ada beberapa faktor yang bisa terjadi, seperti:

Baca juga:  Cara Menyambungkan HP Ke TV TCL Termudah !!

1. Salah Memasukkan Kode

Kesalahan ini terkadang tak bisa dihindari. Solusinya, Anda hanya perlu mencoba lagi untuk memasukkan kode remot TV dengan benar.

2. Masalah pada Remot

Selain salah memasukkan kode, faktor lain yang bisa membuat remot tidak berfungsi adalah baterai habis atau kontak baterai yang kotor sehingga menghambat arus listrik.

Harga Remot TV TCL

Harga remot TV TCL sangat bervariasi, mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 250.000. Harga tersebut berbeda untuk setiap jenis remot TV dan juga berkaitan dengan kualitasnya.

Untuk mendapatkan remot multifungsi atau universal TV TCL, Anda bisa mencarinya di toko elektronik terdekat. Jika tidak ada, Anda bisa membeli atau mencarinya di toko online.

FAQ

  1. Bagaimana cara mengetahui kode TV?
    Anda bisa melihatnya pada bagian setelan di TV Kalian.
  2. Apakah kode remot TV berbeda-beda?
    Ya, berbeda. Meskipun hanya 3 digit angka, namun setiap merk dan jenis TV memiliki kode yang tidak sama.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai Kode Remot TV TCL yang perlu Kalian ketahui. Dengan memahami kode-kode tersebut, Kalian akan lebih mudah dalam mengatur remote universal untuk TV TCL Kalian.

Selalu pastikan bahwa Kalian menggunakan kode yang tepat sesuai dengan merk dan tipe televisi yang dimiliki. Jangan ragu untuk mencoba beberapa kode yang tersedia hingga menemukan yang paling sesuai. Selamat mencoba, dan semoga informasi ini bermanfaat bagi Kalian dalam mengoperasikan TV TCL dengan remote universal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *