Perbedaan Smart TV dan Smart TV Android

Perbedaan Smart TV dan Smart TV Android : Ketahui Sebelum Membelinya

Posted on

Bengkeltv.idPerbedaan Smart TV dan Smart TV Android : Ketahui Sebelum Membelinya. Kalian mungkin pernah mendengar mengenai smart TV dan android TV. Keduanya adalah jenis televisi dengan banyak fitur canggih dan akses internet yang memudahkan pengguna. Meskipun terlihat sama, sebenarnya terdapat perbedaan kecil antara kedua jenis televisi tersebut.

Pada artikel ini, kami akan membahas perbedaan smart TV dan smart TV android agar Kalian dapat memahami fitur-fitur yang tersedia dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Apa itu Smart TV dan Smart TV Android?

Sebelum membahas perbedaannya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu Smart TV dan Smart TV Android.

Apa itu Smart TV?

Smart TV, atau sering disebut TV pintar, adalah televisi yang dapat terhubung dengan internet dan menyediakan fitur dan program tambahan. Dengan menghubungkan Smart TV ke internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet, kamu dapat mengakses konten online dengan mudah.

Sistem operasi Smart TV mirip dengan yang digunakan pada Smartphone dan PC. Kebanyakan Smart TV sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya. Kamu bisa memainkan game, menonton video, dan streaming film dengan mudah melalui aplikasi tersebut.

Apa itu Android TV?

Android TV adalah jenis Smart TV yang memiliki fitur serupa dengan aplikasi bawaan dan konektivitas internet. Perangkat ini menggunakan sistem operasi Android yang dibuat oleh Google.

Android TV memiliki akses ke Google Play Store, sehingga pengguna dapat mengunduh dan memperbarui aplikasi dengan mudah. Selain itu, banyak TV Android juga menyediakan akses ke Chromecast dan Asisten Google bawaan untuk pengalaman menonton yang lebih baik.

Perbedaan Smart TV dan Smart TV Android

Setelah memahami definisi keduanya, berikut adalah Perbedaan Smart TV dan Smart TV Android dari segi tampilan, sistem operasi, serta fitur yang tersedia.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Warna TV Seperti Semula : Mudah Banget !!

1. Tampilan

Umumnya, smart TV memiliki tampilan yang lebih sederhana dan mudah dipahami oleh penggunanya. Hal ini dikarenakan format pengoperasian sistem smart TV tidak jauh berbeda dengan TV analog, sehingga pengguna baru bisa lebih mudah dan cepat menyesuaikan.

Smart TV dapat dikatakan lebih “user-friendly” atau ramah pengguna. Sedangkan tampilan Android TV cenderung lebih kompleks, terutama jika pengguna belum pernah menggunakan sistem Android pada perangkat lain seperti smartphone.

2. Pengaturan

Sebenarnya, tampilan pada Android TV dapat diatur lebih sederhana jika pengguna mengatur secara manual. Namun, hal ini memerlukan waktu dan proses yang cukup lama.

Berbeda dengan smart TV, pengaturan pada umumnya sudah tertata sesuai dengan sistem bawaan, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan tambahan. Sehingga pengguna bisa langsung menikmati pengalaman menonton TV dengan mudah.

3. Aplikasi

Dari segi aplikasi, Android TV memiliki keunggulan dibandingkan dengan smart TV. Aplikasi pada smart TV pada umumnya sudah disediakan dalam sistem bawaan.

Misalnya, jika saat membeli smart TV sudah ada aplikasi Netflix dan YouTube, pengguna bisa langsung menggunakan kedua aplikasi tersebut. Namun, jika aplikasi tersebut tidak disediakan pada smart TV, pengguna tidak bisa mengunduh atau mengaksesnya.

Hal ini disebabkan karena pengguna tidak dapat menambahkan aplikasi pada smart TV, sementara pada Android TV, pengguna dapat menambahkan aplikasi melalui Google Play Store yang terhubung dengan sistem operasi Android.

Jika pada saat membeli Android TV tidak ada aplikasi Netflix, pengguna dapat mencarinya di Google Play Store dan mengunduhnya sendiri. Dengan cara ini, pengguna dapat menikmati tayangan Netflix langsung di TV.

Pilihan aplikasi di Google Play Store sangat banyak, terdapat aplikasi gratis maupun berbayar untuk berbagai kebutuhan. Sehingga pengguna dapat menambahkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

4. Sistem operasi

Smart TV menggunakan sistem operasi yang kaku, sehingga aplikasi yang telah diinstal tidak dapat diperbarui (update). Sebagai contoh, jika YouTube merilis versi terbaru dari aplikasinya, pengguna tidak dapat melakukan pembaruan.

Sementara itu, di Android TV, pengguna dapat melakukan pembaruan aplikasi dengan mudah melalui Google Play Store. Pengguna dapat mengakses Google Play Store untuk melakukan update pada versi aplikasi yang digunakan.

Baca juga:  Cara Mengetahui Kode TV Sharp dengan Benar

5. Fitur

Kelebihan dan kekurangan dari smart TV dan Android TV selanjutnya terletak pada fitur pengenalan suara.

Pada umumnya, Android TV sudah dilengkapi dengan fitur mikrofon yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan Google Assistant dan memberikan perintah kepada TV melalui suara.

Namun, fitur ini mungkin tidak tersedia pada smart TV. Pengguna smart TV biasanya harus tetap menggunakan remote control untuk memberikan perintah dan mengetik di fitur keyboard yang umumnya tersedia pada Android TV.

Untuk melakukan perintah suara pada smart TV, mungkin dibutuhkan perangkat tambahan.

6. Remote

Desain dan fungsi remote control pada smart TV umumnya mirip dengan remote control pada TV analog. Namun, remote control pada smart TV sudah mencakup seluruh fitur yang tersedia.

Di sisi lain, Android TV terkadang membutuhkan dua remote control karena memiliki dua fungsi yang berbeda. Satu remote control untuk mengakses TV seperti TV analog dan satu remote control lagi untuk mengakses konten digital.

7. Koneksi

Umumnya, Android TV telah dilengkapi dengan fitur bluetooth, sehingga pengguna dapat dengan mudah menghubungkan perangkat tambahan seperti mouse atau keyboard nirkabel.

Selain itu, Android TV juga dilengkapi dengan teknologi Chromecast dari Google, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan dua perangkat dengan mudah dan langsung.

Hal ini menjadi perbedaan antara smart TV dan Android TV, karena smart TV membutuhkan perangkat tambahan seperti kabel HDMI, USB, dan lainnya serta membutuhkan proses yang memakan waktu untuk mengaktifkan fitur koneksi tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli TV

Umumnya saat membeli TV akan ada beberapa faktor yang perlu Kalian perhatikan saat memilih TV. Misalnya saja:

  • Ukuran TV
  • Resolusi TV
  • Teknologi tampilan TV
  • Teknologi kualitas gambar
  • Sistem Operasi / software

Beberapa faktor diatas bersifat universal dan menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan terlepas dari apapun merek tv yang Kalian beli, baik itu TV Samsung, LG, Sony, Toshiba dan lainnya.

Ukuran TV merupakan yang paling umum dan faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Seberapa besar TV yang Kalian mau beli. Tentunya ini perlu disesuaikan dengan tempat dan dimana Kalian akan menaruh TV tersebut.

Untuk ruang tamu, Kalian dapat memilih TV ukuran mulai dari 43 inch, 50 inch, 55 inch misalnya. Sedangkan untuk kamar, Kalian dapat memilih TV dengan ukuran antara 32 inch hingga 43 inch.

Baca juga:  Penyebab TV Tiba Tiba Mati dan Cara Memperbaiki Paling Tepat

Tentunya ukuran yang berbeda berarti dimensi ukuran yang berbeda pula untuk TV tersebut. Perhatikan ukuran atau luas area / meja TV tempat Kalian akan menaruh TV tersebut.

Pilihan selanjutnya adalah resolusi. Resolusi menentukan seberapa tajam dan detil kualitas dari tampilan TV tersebut. Umumnya pilihannya adalah Full HD, 4K Ultra HD hingga 8K.

Yang perlu diingat disini adalah resolusi yang sama belum tentu berarti kualitas yang sama pada ukuran TV berbeda. Misalnya saja resolusi Full HD akan terlihat detil dan tajam pada TV ukuran 32 ataupun 40 inch, namun tidak terlalu detil pada ukuran TV 55 inch atau 65 inch.

Baca Juga :

kesimpulan

Secara keseluruhan, perbedaan antara Smart TV dan Smart TV Android terletak pada sistem operasi, aplikasi, fitur suara, remote control, dan fitur koneksi. Smart TV memiliki sistem operasi kaku dan aplikasi bawaan yang tidak bisa diperbarui, sedangkan Android TV menggunakan sistem operasi Android yang bisa diakses melalui Google Play Store dan memungkinkan pengguna melakukan update aplikasi.

Android TV juga dilengkapi dengan fitur suara dan remote control yang lebih canggih serta fitur koneksi nirkabel seperti bluetooth dan Chromecast. Namun, Android TV juga bisa memiliki tampilan yang lebih kompleks dan membutuhkan proses manual untuk mengatur tampilannya.

Pada akhirnya, pemilihan antara Smart TV atau Smart TV Android tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli TV. Semoga informasi mengenai perbedaan Smart TV dan Smart TV Android ini bermanfaat bagi Kalian dalam memilih TV yang tepat untuk kebutuhan Kalian. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Perbedaan Smart TV dan Smart TV Android, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *