Komponen TV Tabung yang Sering Rusak

Komponen TV Tabung yang Sering Rusak : Solusi Mudah Mengatasi Masalah TV Kalian

Posted on

Bengkeltv.idKomponen TV Tabung yang Sering Rusak : Solusi Mudah Mengatasi Masalah TV Kalian. Hingga saat ini, televisi jenis tabung masih banyak digunakan di Indonesia. Meskipun produsen televisi mungkin sudah tidak memproduksi jenis televisi ini lagi, televisi jenis tabung masih umum digunakan. Sayangnya, terdapat beberapa komponen pada televisi jenis tabung yang sering mengalami kerusakan.

Penggunaan televisi jenis tabung masih menjadi favorit di kalangan masyarakat karena harganya yang sangat terjangkau. Jika terjadi kerusakan, komponen pada televisi jenis tabung dapat diperbaiki sehingga dapat digunakan kembali.

Lalu, apa saja komponen pada televisi jenis tabung yang sering mengalami kerusakan? Bagaimana cara mencari Komponen TV Tabung yang Sering Rusak ? Jika Anda ingin mengetahui jawabannya, silakan simak artikel ini sampai selesai.

Mengenai TV Tabung

TV tabung adalah jenis televisi yang menggunakan tabung katode sinar elektron (CRT) sebagai layar tampilan. TV tabung memiliki teknologi yang sudah cukup tua dan saat ini telah banyak digantikan oleh televisi yang lebih modern seperti TV LED dan TV OLED.

Meskipun demikian, TV tabung masih memiliki penggemarnya karena beberapa alasan. Salah satunya adalah harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan televisi modern. Selain itu, beberapa orang juga menyukai kualitas gambar yang dihasilkan oleh TV tabung karena lebih ‘hangat’ dan ‘nyata’ dibandingkan dengan televisi modern yang terkadang terlihat terlalu tajam atau terang.

Komponen tv tabung yang sering rusak

Di bawah ini adalah beberapa komponen yang sebaiknya menjadi perhatian ketika terjadi gejala kerusakan pada televisi. Setiap gejala kerusakan dapat menjadi petunjuk untuk mengetahui komponen mana yang rusak dan perlu diukur.

1. Regulator TV

Salah satu komponen pada televisi jenis tabung yang sering mengalami kerusakan adalah regulator. Meskipun jarang terjadi, regulator juga dapat menjadi salah satu komponen pada televisi jenis LED yang sering mengalami kerusakan.

Regulator adalah komponen dalam televisi yang berfungsi untuk mengatur tegangan output dari catu daya. Fungsinya adalah untuk menjaga agar tegangan tetap stabil dan tidak fluktuatif.

Baca juga:  TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dalam rangkaian sirkuit televisi, regulator berperan sebagai sumber tenaga listrik untuk beberapa bagian komponen televisi. Jika komponen regulator mengalami kerusakan, televisi tidak dapat menyala.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada regulator di televisi jenis tabung, seperti pada komponen televisi Sharp, antara lain:

  • Tegangan listrik yang terlalu tinggi.
  • Tegangan listrik yang menurun.
  • Elko regulator yang mengering.
  • Tegangan basis yang membesar.
  • Konslet pada komponen di bagian sekunder.
  • Transistor regulator yang sudah kadaluarsa sehingga jebol dan rusak.

Untuk mencari komponen televisi yang rusak, khususnya transistor atau FET atau STR, dapat dilakukan dengan memperhatikan tiga ciri utama, yaitu bentuknya besar, memiliki pendingin, dan terletak di dekat trafo regulator. Kemudian, lakukan pengukuran pada sistem transistor dengan menggunakan multimeter.

Pastikan juga untuk memeriksa bagian drivernya apakah masih berfungsi dengan normal atau tidak. Jika transistor dari kapasitornya memang rusak, segera lakukan penggantian dengan jenis dan model yang sama.

Untuk beberapa merek televisi jenis tabung yang menggunakan IC, cara untuk melihat kerusakan adalah dengan melihat apakah ada korslet pada pin VCC IC dengan ground. Jika ada kerusakan pada komponen, seperti regulator, pada jenis televisi ini, komponen yang rusak dapat langsung diganti dengan yang baru.

2. Transistor Horizontal

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada televisi jenis tabung adalah pada komponen blok horizontal, khususnya pada transistor horizontal. Rangkaian blok horizontal berfungsi sebagai penyedia tegangan arus tinggi dari flyback pada televisi jenis tabung. Flyback sendiri berperan sebagai penyalur tenaga lapis kedua setelah regulator sekunder.

Kerusakan pada rangkaian atau salah satu komponennya akan mengakibatkan televisi tidak dapat dinyalakan dan gelap. Hal ini terjadi karena sirkuit tidak dapat menembakkan sinar elektron sehingga tabung tidak dapat dinyalakan.

Sama seperti kapasitor, transistor juga merupakan komponen wajib di dalam blok horizontal yang berfungsi sebagai pemutus atau penyambung elektronik berkecepatan tinggi. Transistor ini berperan agar trafo pada bagian flyback mampu memberikan tegangan keluar yang diperlukan oleh televisi jenis tabung. Jika komponen ini rusak, gejalanya adalah televisi jenis tabung hanya akan berada pada mode standby dan tidak dapat dinyalakan.

Baca juga:  Cara Menyambungkan HP ke TV dengan DLNA Termudah

Karena beban kerjanya yang berat, maka sangat wajar jika komponen elektronik pada rangkaian blok horizontal termasuk jenis komponen televisi jenis tabung yang sering mengalami kerusakan. Untuk cadangan transistor horizontal yang dapat dibeli adalah transistor 4998 dan transistor C6090.

3. IC Vertikal

Seperti perangkat elektronik lainnya, komponen pada televisi jenis tabung juga dapat mengalami kerusakan baik karena faktor dari luar maupun karena komponen elektronik pada rangkaian sirkuit televisi yang sudah aus.

Salah satu komponen elektronik pada televisi jenis tabung yang sering mengalami kerusakan adalah IC vertikal. Komponen ini berfungsi sebagai penghasil pulsa listrik pada defleksi vertikal di bagian vertikal televisi.

Gejala umum yang muncul ketika terjadi kerusakan pada komponen vertikal pada televisi jenis tabung adalah tampilan gambar yang aneh dan tidak normal. Gambar yang terlihat hanya berupa garis lurus mendatar.

Jika tampilan gambar pada televisi jenis tabung Anda terlihat seperti ini, maka sudah pasti terjadi kerusakan pada komponen IC vertikal pada televisi tersebut.

4. Elco

Elco, atau yang biasa disebut dengan kapasitor elektrolitik, adalah salah satu komponen pada televisi jenis tabung yang sering mengalami kerusakan. Pada umumnya, kerusakan pada penyuplai power Elco 400V / 150uf PSU atau Elco 400 V / 200 uf akan mengakibatkan beberapa hal seperti berikut:

  • Layar pada televisi jenis tabung menjadi bergetar atau goyang. Akibatnya, gambar yang ditampilkan akan terlihat tidak stabil.
  • Terjadinya kerusakan pada komponen lain, seperti Mosfet 7n65c.
  • Trafo switching mengeluarkan bunyi.

Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti komponen yang rusak dengan komponen yang baru. Namun, selalu pastikan untuk menggantinya dengan seri atau jenis komponen yang sama atau penggantinya yang sesuai dengan spesifikasi sebelumnya.

Berikut adalah daftar Elco TV tabung berdasarkan ukurannya yang dapat digunakan:

  • Elco 1 uf 50v
  • Elco 47 uf 50v
  • Elco 10 uf 50v
  • Elco 100 uf 50v
  • Elco 1000 uf 35v
  • Elco 47 uf 160v
  • Elco 10 uf 250v
  • Elco 47 uf 35v
  • Elco 1000 uf 50v
Baca juga:  Mengatasi Masalah Penyebab Suara Tv Kecil

5. Flyback

Kerusakan yang sering terjadi pada televisi jenis tabung adalah pada komponen Flyback. Flyback sendiri berfungsi sebagai media penyuplai ke berbagai komponen di dalam sirkuit elektronik televisi.

Pada televisi jenis tabung, Flyback menyuplai tenaga atau power dengan cara memancarkan energi tegangan tinggi pada CRT atau tabung. CRT merupakan istilah yang merujuk pada televisi jenis tabung, yang merupakan kepanjangan dari Chatrode Ray Tube. CRT menggunakan tabung emisi untuk menampilkan gambar.

Cara untuk memperbaiki kerusakan pada bagian Flyback di televisi jenis tabung adalah dengan mengganti unit Flyback sesuai dengan tipe aslinya. Ciri-ciri umum terjadinya kerusakan pada komponen televisi jenis tabung yang sering mengalami kerusakan ini adalah:

  • Salah satu pin output Flyback tidak memiliki tegangan.
  • Terjadi panas berlebih pada transistor horizontal.
  • Terdapat bekas lelehan pada bodi Flyback.
  • Televisi kadang mati sendiri.

6. Soket CRT

Soket CRT pada televisi jenis tabung dapat berpengaruh pada kualitas warna televisi. Meskipun terlihat sepele, soket tabung sangatlah penting. Beberapa contoh kerusakan yang sering terjadi pada soket CRT adalah:

  • Warna televisi berubah-ubah.
  • Televisi berwarna blur.
  • Warna yang dominan hanya pada warna primer.

7. IC STR

IC STR sering digunakan sebagai komponen pada power supply primer televisi merek SHARP, POLYTRON, dan SANYO. Namun, saat ini paling banyak digunakan pada televisi SHARP. Oleh karena itu, kita perlu menyediakan stok IC STR untuk televisi SHARP.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Komponen TV Tabung yang Sering Rusak, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian. Terima kasih telah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi mengenai kerusakan yang sering terjadi pada komponen TV tabung. Jangan lupa untuk selalu merawat dan memperbaiki TV dengan benar agar dapat memperpanjang umur TV dan menghindari kerusakan yang tidak perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *