Penyebab Jet Pump Airnya Kecil

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil dan Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab Jet Pump Airnya Kecil dan Cara Mengatasinya. Umumnya, orang yang menggunakan sumur biasa akan menggunakan pompa air biasa. Namun, untuk sumur bor biasanya akan menggunakan jet pump agar air dapat terangkat dan memberikan semburan air yang kencang.

Namun, dalam penggunaan pompa air atau jet pump tersebut, banyak kendala yang dapat terjadi dan dialami oleh penggunanya. Salah satu contohnya adalah pompa air mati atau jet pump airnya keluar kecil atau lemah.

Jika terjadi masalah pada jet pump dan airnya keluar kecil, banyak orang yang bertanya-tanya tentang faktor penyebabnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahasPenyebab Jet Pump Airnya Kecil.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyebab-penyebab tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Dengan begitu, teruslah membaca dan ikuti pembahasan ini sampai selesai agar Anda tahu faktor penyebabnya.

Mengenal Pompa Air Jet Pump

Secara prinsip, jet pump merupakan teknologi terbaik untuk menyediakan pasokan air dalam kebutuhan harian rumah tangga. Pompa air ini dapat menghasilkan air tanah yang berasal dari lapisan tanah yang sangat dalam. Jet pump merupakan alat penyedot air dengan motor listrik berdaya besar.

Selain itu, jet pump juga dilengkapi dengan baling-baling penyedot air dan penyemprot dengan tekanan tinggi. Jenis pompa ini mampu mendorong dan mengangkat cairan dari kedalaman yang sangat dalam.

Baca juga:  Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak : Pahami dengan Baik

Pompa ini menerapkan prinsip ejector atau perubahan tekanan dari nozzle karena aliran media yang dapat berupa cairan atau gas berguna untuk mengangkat cairan ke atas.

Motor dari jet pump menggunakan dua fasa dengan kapasitor sebagai penggeser fasa. Jet pump tidak memiliki bagian yang bergerak serta dibuat dengan konstruksi sederhana. Pompa ini berfungsi sebagai pembatas efektivitas kerja dari jet pump itu sendiri.

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, Penyebab Jet Pump Airnya Kecil bisa disebabkan oleh berbagai hal, baik dari faktor internal maupun eksternal.

Jangan penasaran, kami akan menjelaskan secara lengkap di bawah ini beberapa penyebab jet pump di rumah mengalami air kecil.

1. Tegangan Dinamo Jet Pump Terlalu Kecil

Salah satu penyebab utama mengapa jet pump di rumah mengalami air yang lemah adalah karena tegangan dinamo tidak sesuai. Tegangan dinamo jet pump sangat mempengaruhi hasil semburan air.

Jika tegangan yang masuk terlalu kecil, putaran dinamo atau RPM akan menurun sehingga kinerja jet pump tidak maksimal dan semburan airnya menjadi melemah.

2. Daya Hisap Jet Pump Kecil

Penyebab lain yang menyebabkan jet pump mengalami air kecil adalah daya hisap yang terlalu lemah. Masalah ini sering terjadi pada jet pump dengan impeler yang terbuat dari bahan kuningan.

Impeler adalah bagian inti dari mesin pompa air listrik. Biasanya, daya hisap akan semakin berkurang ketika impeler sudah aus.

3. Gearbox Jet Pump Rusak

Tidak hanya impeler, gearbox juga memainkan peran penting dalam sistem jet pump. Gearbox jet pump berfungsi sebagai sumber daya untuk menyedot air dari dalam sumur.

Jika gearbox mengalami masalah atau rusak, maka daya hisap jet pump akan semakin melemah dan berkurang.

Baca juga:  Pompa Air Yang Cocok Untuk Rumah 2 Lantai : Lengkap

4. Kapasitor Lemah

Penyebab lain yang sering dialami oleh banyak orang adalah kapasitor yang lemah. Kapasitor merupakan komponen pendukung yang juga mempengaruhi kinerja jet pump.

Kapasitor berfungsi sebagai starter untuk membantu dinamo. Jika kapasitor lemah, maka kekuatan daya hisap pompa juga akan menurun.

5. Kesalahan Pemasangan Instalasi Pipa

Kesalahan dalam pemasangan instalasi pipa juga bisa menjadi penyebab semburan air jet pump menjadi kecil. Tidak hanya dari segi kesalahan pemasangan pipa, tetapi juga karena adanya kebocoran atau sambungan pipa yang kurang rapat.

Hal ini akan membuat daya vakum jet pump hilang meskipun sudah dihidupkan.

6. Sumber Air Berkurang

Selain penyebab dari segi internal, beberapa faktor penyebab dari segi eksternal juga dapat menyebabkan masalah pada jet pump.

Salah satunya adalah ketersediaan sumber air di dalam sumur yang mulai berkurang atau menipis. Jika ketersediaan air di dalam sumur sudah menipis, kinerja jet pump akan semakin menurun.

7. Sumber Air Tertutup Tanah

Penyebab terakhir mengapa jet pump di rumah mengalami air yang kecil adalah karena sumber air tertutup oleh tanah akibat longsor.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh faktor eksternal dari lingkungan atau alam sekitar. Masalah ini sering terjadi di daerah atau wilayah yang sering mengalami banjir.

Cara Mengatasi Jet Pump Airnya Kecil

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil

Sudah dijelaskan secara lengkap di atas mengenai beberapa Penyebab Jet Pump Airnya Kecil, baik dari segi internal maupun eksternal. Namun, kurang lengkap rasanya jika Anda hanya mengetahui penyebab masalah tersebut tanpa mengetahui cara memperbaiki atau mengatasinya.

Oleh karena itu, di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa cara atau solusi untuk mengatasi jet pump yang mengalami semburan air yang kecil.

1. Periksa Kedalaman Sumur

Salah satu cara untuk mengatasi jet pump yang mengalami semburan air yang kecil adalah dengan memeriksa kedalaman sumber air, yaitu sumur.

Baca juga:  Cara Memancing Mesin Pompa Air Dengan Mudah & Tepat

Pastikan bahwa sumur masih mampu mencukupi kebutuhan di rumah. Jika sumber air sudah mulai menipis, sebaiknya lakukan penggalian tanah kembali untuk menambah kedalamannya.

2. Memperbaiki Instalasi Pipa Jet Pump

Cara mengatasi selanjutnya adalah dengan memperbaiki instalasi pipa jet pump. Pastikan pemasangan pipa jet pump tidak terlalu banyak tekukan. Selain itu, pastikan juga bahwa semua sambungan pipa terpasang dengan benar tanpa adanya kebocoran.

Sebagai informasi tambahan, cara ini juga sering digunakan oleh beberapa orang untuk meningkatkan daya dorong pompa air.

3. Bawa Jet Pump ke Tukang Service

Jika mengalami masalah pada jet pump yang menyebabkan semburan airnya kecil, membawa mesin jet pump ke tukang servis mungkin menjadi opsi terakhir untuk mengatasinya. Jika terjadi kerusakan pada beberapa komponen, sebaiknya diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Namun, jika kerusakan sudah sangat parah, satu-satunya jalan adalah membeli mesin jet pump baru. Hal ini sama seperti saat mengatasi pompa air yang tersendat-sendat.

Kesimpulan

Kesimpulannya, terdapat beberapa faktor penyebab jet pump mengalami semburan air yang kecil, baik dari segi internal maupun eksternal, seperti tegangan dinamo yang tidak sesuai, impeler atau gearbox yang aus, kapasitor yang lemah, instalasi pipa yang bermasalah, dan ketersediaan sumber air yang menipis atau tertutup oleh tanah akibat longsor.

Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan memperbaiki instalasi pipa, memperdalam sumur, mengganti komponen yang rusak, atau membeli mesin jet pump baru. Semoga dari bengkeltv.id bermanfaat untuk mengatasi masalah penyebab jet pump airnya kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *