Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati : Solusinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati : Solusinya. Penggunaan kulkas atau lemari pendingin sudah menjadi hal yang umum ditemukan di hampir setiap rumah saat ini. Alasannya, kulkas dapat menjaga makanan tetap segar dalam waktu yang lebih lama.

Namun, seiring waktu berjalan dan penggunaan kulkas yang telah lama, sering kali kita menghadapi masalah atau kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya.

Salah satu masalah yang mungkin muncul adalah ketika kompresor kulkas hanya hidup sebentar lalu mati. Dalam artikel ini, akan dibahas penyebab umum dari masalah tersebut dan cara mengatasinya.

Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, masalah kompresor kulkas hidup sebentar lalu mati dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk mengetahui faktor-faktor tersebut, berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi.

1. Kabel Listrik

Penyebab pertama dari masalah kompresor kulkas hidup sebentar lalu mati adalah kabel yang tidak berfungsi dengan baik. Jika mengalami masalah seperti ini, pertama-tama cobalah untuk mencabut kabel kulkas dari stop kontak, kemudian periksa kondisi kabel listriknya.

Jika kabel listrik pada kulkas terlihat aus, terkelupas, atau putus sebagian, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada kabel.

Untuk mengatasi masalah ini, jika kabel masih bisa disambung maka cobalah untuk menyambungkannya. Namun jika kondisinya sudah parah, maka sebaiknya ganti kabel dengan yang baru. Anda bisa membeli kabel baru di toko elektronik terdekat.

Baca juga:  Gambar Skema Kulkas 1 Pintu Paling Mudah Dipahami

2. Kotoran & Debu

Kotoran dan debu dapat menjadi masalah pada kompresor kulkas jika tidak segera dibersihkan. Penyebab ini dapat mengakibatkan kinerja kompresor menjadi kurang efisien dan bahkan dapat menyebabkan masalah lain seperti kesulitan dalam menghidupkan kompresor.

Untuk mengatasi masalah ini, pemilik kulkas hanya perlu membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada kompresor secara rutin. Dengan melakukan pembersihan yang teratur, pemilik kulkas dapat menghindari masalah kompresor yang hidup sebentar lalu mati.

3. Pengaturan Thermostat

Penyebab selanjutnya dari masalah kompresor kulkas yang hidup sebentar lalu mati dapat terjadi akibat pengaturan thermostat yang kurang tepat.

Penyetelan thermostat yang tidak akurat dapat menjadi penyebab lain selain dua penyebab sebelumnya yang telah dijelaskan sebelumnya.

Fungsi thermostat adalah mengirimkan sinyal untuk menyalakan kompresor saat suhu di dalam kulkas mencapai batas tertentu.

Untuk mengetahui apakah masalahnya terletak pada kompresor atau thermostat, cobalah untuk menyetel thermostat pada pengaturan yang lebih rendah.

Jika kompresor tetap hidup dan berfungsi normal, maka kondisi thermostat kulkas baik-baik saja.

Namun jika kompresor hidup sebentar lalu mati, kemungkinan besar terdapat kerusakan pada thermostat. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penyetelan ulang pada thermostat.

4. Penumpukan Es

Selain tiga penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya, masalah kompresor kulkas yang hidup sebentar lalu mati juga dapat terjadi akibat penumpukan es yang terlalu banyak.

Jika kulkas sudah mulai mengalami penumpukan es yang berlebihan, segeralah untuk membersihkannya.

Caranya adalah dengan mencabut jek power kulkas dari stop kontak dan biarkan es mencair. Pastikan untuk menempatkan kain lap di bawah kulkas agar air yang meleleh tidak mengalir kemana-mana.

Setelah es mencair, bersihkan kulkas dengan cara yang tepat untuk mencegah penumpukan es yang berlebihan pada masa mendatang.

Baca juga:  Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 1 & 2 Pintu yang Perlu Kalain Ketahui

5. Kapasitor & Relay

Penyebab terakhir atau kelima dari masalah kompresor kulkas yang hidup sebentar lalu mati dapat disebabkan oleh kapasitor start atau relay yang bermasalah.

Masalah ini terutama dapat terjadi saat mengalami pemadaman listrik dan kemudian listrik baru pertama kali dinyalakan, yang dapat menyebabkan lonjakan daya yang besar.

Jika masalah tersebut memang disebabkan oleh kerusakan pada komponen ini, maka solusinya adalah dengan menggantinya.

Sebaiknya memanggil teknisi yang ahli untuk menggantinya dengan benar agar kulkas dapat berfungsi dengan normal kembali.

Biaya Diperlukan Saat Panggil Tukang Service

Jika Anda merasa kurang yakin dalam mengatasi masalah kompresor kulkas yang hidup sebentar lalu mati, maka sebaiknya memanggil jasa tukang service kulkas untuk membantu memperbaikinya.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus menyiapkan sejumlah uang untuk membayar jasa tersebut. Besarnya biaya atau tarif yang dikenakan akan tergantung pada faktor masalah dan tingkat kesulitan dalam menangani masalah tersebut.

Secara umum, Anda hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp50-Rp200 ribu. Namun, jika perbaikan membutuhkan penggantian kompresor kulkas yang baru, maka biayanya mungkin lebih mahal.

Harga dari kompresor kulkas baru sendiri bervariasi tergantung pada jenisnya, misalnya KOMPRESOR KULKAS 2 PINTU atau KOMPRESOR KULKAS 1 PINTU. Pastikan untuk memilih jenis yang sesuai dengan kulkas Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini telah dibahas tentang beberapa penyebab umum mengapa kompresor kulkas hanya hidup sebentar lalu mati.

Masalah ini dapat disebabkan oleh kabel yang tidak berfungsi dengan baik, penumpukan kotoran dan debu pada kompresor, penyetelan thermostat yang tidak akurat, atau kerusakan pada kapasitor start atau relay.

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat mencoba mengatasinya sendiri atau memanggil jasa tukang service kulkas untuk membantu memperbaikinya.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Sharp : Pahami Sebelum Membeli

Biaya yang diperlukan untuk perbaikan tergantung pada faktor masalah dan rumitnya cara menangani.

Namun, dengan melakukan perawatan yang tepat dan berkala pada kulkas, Anda dapat mencegah terjadinya masalah pada kompresor dan memperpanjang masa pakai kulkas Anda.

Jangan lupa untuk membersihkan kulkas secara teratur, menghindari penumpukan es yang berlebihan, dan melakukan penyetelan thermostat yang tepat.

Dengan menjaga kulkas Anda tetap dalam kondisi yang baik, Anda dapat menghindari masalah kompresor yang hidup sebentar lalu mati dan menjamin ketersediaan makanan segar di dalamnya.

Demikian ulasan dari bengkeltv.id mengenai Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati semoga bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *