Cara Kerja Kompresor Kulkas

Cara Kerja Kompresor Kulkas : Penjelasan Secara Lengkapnya

Posted on

Bengkeltv.idCara Kerja Kompresor Kulkas : Penjelasan Secara Lengkapnya. Membeku dalam dinginnya kulkas di tengah musim panas adalah sesuatu yang kita sering anggap sepele. Namun, tahukah Kalian bagaimana kulkas bisa mempertahankan suhu yang dingin tersebut? Jawabannya terletak pada sebuah komponen penting yang disebut kompresor.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang ‘Cara Kerja Kompresor Kulkas’. Sebelumnya, mungkin sebagian dari kita hanya tahu bahwa kompresor berperan dalam sistem pendinginan, tapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara kerjanya. Nah, mari kita mulai membahas misteri ini.

Pengertian Kompresor Kulkas

Kompresor adalah bagian yang sangat krusial pada produk elektronik, khususnya kulkas. Kompresor bisa digambarkan seperti jantung yang sangat esensial dalam tubuh manusia.

Kulkas tidak akan dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya kompresor. Tugas utama kompresor adalah memompa zat pendingin atau freon ke seluruh bagian sistem kulkas.

Dengan kata lain, kompresor kulkas berfungsi dengan cara menyalurkan gas freon bertekanan tinggi ke sisi bertekanan tinggi, sekaligus menyedot gas freon bertekanan rendah pada sisi bertekanan rendah (sisi intake).

Kompresor kulkas biasanya berbentuk seperti bejana dari logam atau besi berwarna hitam. Ukuran kompresor cenderung kecil dengan permukaan atas yang datar.

Bagian luar kompresor tertutup, dan tabung kompresor menunjuk ke arah belakang kulkas.

Fungsi Utama Kompresor Kulkas

Kompresor kulkas menjadi inti dalam mekanisme sistem pendinginan, baik itu pada kulkas satu pintu maupun dua pintu.

Baca juga:  Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati : Solusinya

Seluruh tipe lemari es atau unit pendingin bergantung pada kompresor sebagai penggerak utama untuk meresirkulasi gas freon.

Peran sentral kompresor kulkas adalah untuk memfasilitasi aliran gas freon melalui pipa sistem pendinginan kulkas.

Tanpa keberadaan kompresor, kulkas tidak akan mampu beroperasi secara normal. Keberadaan kompresor sangatlah vital dalam menjaga suhu kulkas tetap dingin dan memastikan makanan atau minuman di dalamnya tidak mengalami kerusakan.

Bagian bagian kompresor kulkas

Cara Kerja Kompresor Kulkas

Berikut ini adalah komponen-komponen utama dalam sebuah kompresor kulkas:

  • Stator – Bagian ini merupakan gulungan kawat yang berfungsi untuk menghasilkan medan magnet yang nantinya akan menggerakkan rotor. Stator pada kompresor kulkas terdiri dari dua jenis gulungan, yaitu: gulungan utama dan gulungan pendukung, mirip dengan yang ada pada dinamo kipas angin.
  • Rotor – Rotor adalah elemen dinamo pada kompresor yang bisa bergerak. Rotor ini terhubung dengan sistem pompa kompresor yang berfungsi untuk menggerakkan piston di dalam silinder.
  • Silinder – Ini adalah ruang pompa yang berfungsi untuk menampung gas yang disedot oleh piston.
  • Piston – Piston adalah elemen yang bergerak dan berfungsi untuk menghisap dan menekan gas freon di dalam silinder.
  • Poros Engkol – Ini adalah bagian dari piston yang terhubung dengan rotor.
  • Saluran Hisap – Ini adalah pipa saluran yang terhubung ke silinder, berfungsi sebagai pintu masuk gas freon.
  • Saluran Buang – Ini adalah pipa saluran yang berfungsi untuk melepaskan gas freon bertekanan tinggi.
  • Terminal – Bagian ini adalah soket yang menghubungkan kompresor ke sumber listrik.

Bagaimana Cara Kerja Kompresor Kulkas ?

Secara dasar, kompresor kulkas bekerja dengan cara menyalurkan gas freon bertekanan tinggi ke sisi bertekanan tinggi dan menarik gas freon bertekanan rendah melalui sisi hisapan (intake).

Baca juga:  Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas Dengan Tepat

Kompresor kulkas biasanya berbentuk seperti tabung kecil berbahan dasar logam atau besi berwarna hitam dengan permukaan datar. Penutup casing kompresor tertutup dan tabung kompresor umumnya mengarah ke bagian belakang kulkas.

Adapun proses kerja kompresor kulkas terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu:

1. Penghisapan

Pada tahap penghisapan, kompresor bekerja dengan cara mengkondensasi freon dari evaporator pada suhu atau temperatur rendah, sekaligus meningkatkan tekanan freon.

2. Penekanan

Selanjutnya, pada tahap penekanan, kompresor berfungsi untuk menekan atau mengkompresi gas freon sehingga tekanan dan suhunya meningkat, dan kemudian mengalirkannya menuju kondensor. Di sini, gas freon akan dikondensasi pada suhu tinggi.

3. Pemompaan

Pada tahap pemompaan, kompresor berfungsi untuk mengalirkan freon secara berkelanjutan melalui hisapan dan tekanan (kompresi), menjadikan seluruh proses berjalan secara kontinu.

Pemaparan tentang cara kerja kompresor kulkas di atas menunjukkan betapa penting perannya dalam menjalankan sistem kulkas sehingga dapat menghasilkan suhu dingin.

Tanpa keberadaan kompresor, freon tidak akan dapat beredar ke seluruh sistem kulkas, yang berarti kulkas tidak dapat memproduksi udara dingin.

Model kulkas terbaru, baik satu pintu maupun dua pintu, umumnya menggunakan jenis kompresor piston.

Kompresor jenis ini dianggap memiliki kualitas paling unggul dibandingkan dengan jenis kompresor lainnya. Kompresor piston ini terdiri dari 3 hingga 5 pipa, yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Pipa-pipa tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • 1 pipa tekan (discharge)
  • 1 pipa hisap (suction)
  • 1 pipa pengisian freon

Sementara itu, pada kompresor kulkas yang memiliki 5 pipa, karakteristiknya adalah:

  • 1 pipa tekan
  • 1 pipa hisap
  • 1 pipa pengisian freon
  • 1 pipa pendingin oli kompresor

Setiap bagian pipa tersebut memiliki pengaruh terhadap cara kerja kompresor kulkas. Oleh karena itu, pemeliharaan yang baik terhadap komponen-komponen kompresor sangat penting untuk menjaga kinerja kompresor kulkas tetap optimal.

Baca juga:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Sharp : Dengan Mudah 

Selain itu, setiap unit kompresor kulkas memiliki tegangan dan daya yang berbeda-beda, sehingga harus disesuaikan dengan unit kulkas Kalian agar kompresor dapat berfungsi dengan baik.

Penutup

Sebagai penutup, pengertian mendalam mengenai ‘Cara Kerja Kompresor Kulkas’ memang penting bagi kita semua. Memahami cara kerja komponen penting ini tidak hanya menambah pengetahuan kita mengenai teknologi pendinginan, namun juga membantu kita untuk merawat dan menjaga kulkas dengan lebih baik.

Dengan pengetahuan ini, kita bisa memaksimalkan efisiensi kulkas, menghindari kerusakan yang tidak perlu, dan bahkan mampu menangani masalah-masalah awal yang mungkin muncul. Jadi, selalu ingat betapa pentingnya peran kompresor kulkas dalam menjaga makanan dan minuman kita tetap segar dan lezat. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Cara Kerja Kompresor Kulkas ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *