Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas Dengan Tepat

Posted on

Bengkeltv.idCara Membaca Kode Kompresor Kulkas Dengan Tepat. Kulkas adalah salah satu alat rumah tangga yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Kulkas dapat membantu kita menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar lebih lama. Namun, kadang-kadang kulkas mengalami masalah, seperti tidak dingin atau terlalu dingin. Salah satu masalah umum pada kulkas adalah kerusakan pada kompresor.

Membaca kode kompresor kulkas bisa sangat membantu dalam melakukan perbaikan sendiri tanpa harus memanggil teknisi. Di Indonesia, banyak kulkas yang menggunakan kompresor buatan Embraco. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membaca kode kompresor kulkas Embraco.

Pengertian Kompresor Kulkas

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Kompresor kulkas adalah sebuah komponen pada sistem pendingin kulkas yang berfungsi untuk mengompresi gas refrigeran, yang kemudian akan meningkatkan tekanan dan suhu dari gas tersebut. Hal ini membuat gas refrigeran dapat berubah menjadi cairan, dan kemudian dapat menyerap panas di dalam kulkas.

Setelah itu, cairan tersebut akan mengalir melalui sistem pendingin dan akan menguap lagi menjadi gas yang akan kembali dihisap oleh kompresor untuk proses pengulangan. Kompresor kulkas biasanya menggunakan motor listrik untuk menggerakkan piston yang ada di dalamnya. Kinerja kompresor kulkas sangat penting untuk menjaga suhu dalam kulkas tetap stabil dan dingin.

Cara Kerja Kompresor Pada Kulkas

Kompresor kulkas umumnya memiliki bentuk seperti tangki yang terbuat dari logam atau besi berwarna hitam dengan ukuran yang kecil dan permukaan kerah yang rata. Casing kompresornya juga tertutup dengan tabung kompresor yang mengarah ke sisi belakang kulkas.

Baca juga:  Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis  : Cara Mengatasinya dan Biaya yang Dibutuhkan

Terdapat tiga cara kerja yang dapat dilakukan oleh kompresor kulkas:

  • Pertama, dengan cara penghisap, yaitu ketika fluida atau cairan freon dari evaporator dikondensasi pada suhu rendah dengan meningkatkan tekanan freon.
  • Kedua, dengan cara penekanan, yaitu gas freon dikompresi sehingga tekanan dan suhu temperaturnya meningkat sebelum dialirkan ke kondensor. Gas freon dikabutkan pada suhu yang tinggi.
  • Ketiga, dengan cara pemompaan, yaitu seluruh proses dapat dijalankan secara terus-menerus dengan mengalirkan freon berdasarkan hisapan dan tekanan.

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas.

Ada beberapa cara untuk memahami kode kompresor kulkas, terutama melalui kode resmi yang tertera pada spesifikasi kompresor.

Petunjuk yang diberikan menjelaskan arti setiap huruf atau angka dalam kode tersebut.

Petunjuk ini akan membantu dalam memahami cara membaca kode kompresor, mengingat mungkin ada perbedaan antara merek dan jenis kulkas yang digunakan.

Misalnya, kulkas dengan kode AE A 4 430 Y – 1. Berikut adalah panduan untuk Cara Menyelami Kode Kompresor Kulkas.

1. AE: kelas kompresor

Dua huruf pertama adalah kode kelas kompresor yang digunakan untuk kulkas. Selain AE, ada juga kelas kompresor lain seperti AZ, AW, WJ bahkan AZA. Jadi perlu dipahami jika setiap kulkas mungkin memiliki kelas kompresor yang berbeda.

2. A: model kulkas

Kode satu huruf ini mewakili edisi kulkas tersebut. Biasanya, kode menunjukkan jika kulkas tersebut adalah edisi pertama atau yang pertama kali diterbitkan dari seri tersebut. Kode B menandakan edisi kedua kulkas dari suatu produksi.

3. 4: aplikasi

Aplikasi di sini memiliki arti tekanan balik rendah dengan torsi awal yang tinggi. Artinya adalah kulkas ini memiliki tekanan rendah dengan kekuatan torsi awal yang tinggi.

4. Y: refrigeran / pendingin

Ini adalah tipe pendingin yang digunakan di dalam kulkas tersebut. Untuk Y, tipe yang digunakan adalah pendingin R134a. Ada juga kode-kode lain yang berarti memiliki tipe pendingin yang berbeda. Ada kode A, V dengan pendingin R12, kode E berarti memiliki pendingin R22. Sementara kode J adalah pendingin R502, kode Z biasanya menggunakan pendingin R404A atau R507. Sementara kode G menggunakan pendingin R22/R407C dan kode M memakai pendingin R600a.

Baca juga:  Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 1 & 2 Pintu yang Perlu Kalain Ketahui

5. 1: kode konsumsi daya listrik

Kode angka terakhir setelah tanda strip (-) menggambarkan besarnya konsumsi daya listrik oleh kulkas tersebut. Angka 1 berarti 115 V/60 Hz, angka 2 mengonsumsi daya atau bertekanan 208-230 V/60 Hz. Sementara angka 3 pada daya 100V/50-60 Hz dan angka 4 berarti menggunakan daya 110V/60 Hz. Namun, jangan bingung jika tidak ada kode angka kompresor di akhir. Karena itu berarti kulkas tersebut mengkonsumsi daya listrik sebesar 220-240 V/50 Hz.

Ternyata tidak hanya dari kode saja bisa membedakan kompresor yang digunakan, tetapi secara visual, kita juga bisa menentukan kompresor atau spesifikasi dari kulkas yang memudahkan kita untuk memilih perangkat yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Mengenal Kode Kompresor Kulkas LG

Setelah mengetahui cara membaca kode kompresor kulkas, selanjutnya dapat dipahami bahwa kompresor kulkas berfungsi untuk memompa bahan pendingin dan mendistribusikannya ke seluruh bagian kulkas. Fungsinya adalah menyerap panas dari dalam kulkas dan mentransfernya ke cairan atau gas.

Kinerja kompresor sangat penting untuk menjaga suhu kulkas LG sesuai dengan pengaturan pengguna. Namun, apabila ampere melebihi batas normal, hal ini menunjukkan bahwa unit kompresor mulai rusak.

Mengetahui kode kompresor memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Menentukan Daya

Setiap kompresor pada kulkas LG memiliki daya yang berbeda-beda tergantung pada spesifikasinya. Dengan fitur inverter, konsumsi listrik bisa ditekan hingga 50 persen lebih rendah.

Kode kompresor kulkas LG membantu menentukan pemilihan daya yang tepat. Sehingga, pemilihan tipe dan spesifikasi produk dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanpa adanya kesalahan.

2. Menemukan Kulkas Ideal

Dalam mencari kulkas ideal, analisis faktor desain, fitur, dan konsumsi daya perlu dilakukan. Kode kompresor membantu calon pembeli dalam memilih jenis kulkas yang paling tepat.

Dengan mengetahui jenis kompresor yang terpasang, calon pembeli dapat memilih kulkas LG terbaik. Hal ini juga akan menentukan ukuran produk yang tepat berdasarkan daya kompresornya.

Cara Mengetahui Kompresor Bermasalah

Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah kompresor Kalian bermasalah:

1. Periksa suara

Jika Kalian mendengar suara yang tidak biasa dari kompresor Kalian, seperti suara berisik atau berderak, itu bisa menjadi tKalian bahwa ada masalah dengan mesin.

Baca juga:  Ciri-Ciri Oli Kompresor Kulkas Habis dan mengidentifikasinya

2. Periksa tekanan udara

Jika tekanan udara yang dihasilkan oleh kompresor Kalian lebih rendah dari biasanya, atau jika ada perbedaan yang signifikan antara tekanan yang diukur dan yang seharusnya, itu bisa menjadi tKalian bahwa kompresor Kalian bermasalah.

3. Periksa kebocoran udara

Jika terdapat kebocoran udara di sekitar kompresor Kalian, itu bisa menjadi tKalian bahwa ada masalah dengan sistem.

4. Periksa suhu

Jika kompresor Kalian terasa sangat panas saat disentuh, itu bisa menjadi tKalian bahwa ada masalah dengan suhu atau sistem pendingin.

5. Periksa pemakaian daya

Jika kompresor Kalian menggunakan lebih banyak daya daripada biasanya atau jika tagihan listrik Kalian tiba-tiba meningkat, itu bisa menjadi tKalian bahwa ada masalah dengan kompresor Kalian.

Jika Kalian mencurigai ada masalah dengan kompresor Kalian, sebaiknya segera memanggil teknisi ahli untuk memeriksanya dan memperbaikinya. Jangan mencoba memperbaiki sendiri kecuali jika Kalian benar-benar yakin tahu apa yang Kalian lakukan, karena ini dapat membahayakan keselamatan Kalian dan merusak peralatan Kalian.

Baca Juga :

Penutup

Terima kasih telah menyimak ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Kalian dalam mengidentifikasi tipe dan spesifikasi kompresor kulkas yang tepat. Ingatlah untuk selalu memeriksa label informasi pada kompresor kulkas, lakukan pengecekan kondisi dan model secara menyeluruh, serta jangan ragu untuk menghubungi pihak produsen apabila Kalian membutuhkan informasi lebih lanjut.

Dengan mengetahui cara membaca kode kompresor kulkas, Kalian akan lebih mudah dalam mengganti kompresor yang rusak atau melakukan perawatan dan perbaikan secara efisien. Selalu pastikan bahwa Kalian menggunakan kompresor yang sesuai dengan kebutuhan kulkas Kalian, demi menjaga kinerja dan efisiensi energi yang optimal. Selamat mencoba dan sukses selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *