Cara Reset Epson L805

Cara Reset Epson L805 : Panduan Mudah Untuk Pemula

Posted on

Bengkeltv.id Cara Reset Epson L805 : Panduan Mudah Untuk Pemula. Berhadapan dengan printer yang bermasalah seringkali menjadi tantangan tersendiri. Terlebih jika Kalian bukanlah seorang ahli dalam bidang ini. Meski demikian, beberapa masalah dapat Kalian atasi sendiri tanpa harus membawa perangkat ke pusat servis.

Salah satunya adalah masalah pada printer Epson L805 yang perlu di-reset. Jika printer Kalian menunjukkan tKalian-tKalian seperti lampu berkedip-kedip atau tidak merespons, maka melakukan reset adalah langkah yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara reset Epson L805 yang bisa Kalian lakukan dengan mudah dan cepat. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memecahkan masalah printer Kalian dan kembali mencetak dokumen penting Kalian tanpa hambatan.

Mengenal Printer Epson L805

Epson L805 merupakan mesin cetak inkjet yang serbaguna, dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen pribadi hingga industri dan bisnis. Alat ini memungkinkan cetakan berkecepatan tinggi, hasil yang berkualitas superior, dan efisiensi biaya yang memuaskan.

Dengan memanfaatkan teknologi tangki tinta terintegrasi berkapasitas besar, Epson L805 mampu menghasilkan cetakan yang sempurna, mulai dari foto ukuran A4 hingga cetakan pada permukaan CD / DVD.

Lebih lanjut, Epson L805 adalah perangkat printer single function yang lebih ditujukan untuk pencetakan foto. Untuk informasi lebih detil tentang harga dan spesifikasi Epson L805, Kalian bisa membaca ulasan lengkap di bagian berikutnya.

Epson menawarkan berbagai model printer yang dipasarkan di Indonesia, dengan harga kebanyakan berada di atas 2 juta. Berbeda dengan brand printer seperti HP yang lebih menargetkan segmen low-end, Epson tampaknya memiliki serangkaian produk yang lebih sesuai untuk kebutuhan dunia bisnis dan industri.

Penyebab Printer Epson Error

Tiga permasalahan umum seringkali muncul pada printer Epson, yakni Ink Run Out, Waste Ink Pad Error, dan General Error.

Ink Run Out adalah kondisi dimana tinta printer Epson telah habis dan perlu diisi ulang. Waste Ink Pad Error muncul ketika printer telah mencapai batas penggunaan tinta maksimal dan perlu direset. Sementara itu, General Error bisa disebabkan oleh berbagai masalah teknis, mulai dari koneksi yang kurang baik hingga kegagalan perangkat keras.

Ketiga masalah ini bisa menjadi pengganggu serius dan merusak produktivitas Kalian. Oleh karenanya, memahami cara penanganan tiga masalah ini sangat penting untuk memastikan fungsi printer Epson Kalian kembali optimal.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Epson L805 dan Spesifikasi Lengkapnya

Tak perlu cemas, kami sudah menyusun metode penyelesaian untuk ketiga masalah ini agar Kalian dapat memperbaiki printer Epson dengan mudah. Dengan langkah yang benar, Kalian bisa memperbaiki printer Epson dan mengurangi biaya perbaikan.

1. Ink run Out

Kondisi pertama ini terjadi karena chip pada printer Epson tidak mampu mendeteksi tinta cartridge meski sejatinya kualitas tinta cartridge masih dalam keadaan baik dan normal. Ini seringkali menimbulkan kesalahpahaman di kalangan pengguna, yang mengira ada kerusakan pada sensor cartridge.

Padahal sebenarnya, printer telah dilengkapi dengan program pembaca yang memantau volume tinta dalam cartridge. Bila volume tersebut telah mencapai batas, maka printer perlu di-reset. Volume tinta yang digunakan dihitung berdasarkan jumlah halaman yang dicetak. Jika main pad counter printer telah mencapai batas 10.000 lembar, indikator error akan muncul. Inilah saat dimana resetter Epson diperlukan.

2. Waste Ink Pad Error

Permasalahan Waste Ink Pad Error kerap menjadi momok bagi para pemakai printer. Biasanya, printer memiliki sistem penampungan untuk menampung tinta sisa hasil proses cetak atau pembersihan head. Namun, proses pembersihan head, yang bisa dijalankan secara manual atau otomatis sesuai kebutuhan printer, kerap menjadi penyumbang terbesar isi penampungan tinta ini.

Penampungan ini bisa berupa busa atau tangki, dan jika Kalian melihat bagian bawah printer, Kalian akan menemukan lapisan busa putih yang dirancang dengan kemampuan penyerapan yang tinggi. Jika busa ini sudah terisi penuh, maka Kalian perlu menggantinya dengan yang baru.

3. General Error

Masalah terakhir yang kerap dihadapi oleh pemakai printer adalah General Error. Masalah ini termasuk dalam kategori kerusakan yang cukup serius dan memerlukan penanganan khusus. Biasanya, beberapa komponen penting seperti mainboard, sensor, dan lain-lain bisa terpengaruh. Biaya perbaikannya juga bisa cukup besar, oleh karena itu, lebih disarankan untuk mencari saran dari pusat servis printer yang tepercaya untuk mengatasi masalah ini.

Cara Reset Epson L805

Sebelum melangkah pada proses reset printer Epson L805, penting untuk diingat bahwa beberapa masalah tak selalu bisa diselesaikan dengan metode reset. Pastikan untuk memeriksa beberapa hal berikut ini, mungkin saja indikator lampu yang menyala pada printer Kalian bisa diatasi dengan solusi yang lebih sederhana.

1. Sebelum mereset printer Epson L805, sangat penting untuk mengecek level tinta pada tangki. Kadangkala, masalah pada printer berasal dari tinta pada tangki yang telah habis. Untuk seri Epson L805, lokasi tangki tinta berada di luar printer, sehingga memungkinkan Kalian untuk memantau level tinta dan melakukan pengisian ulang jika dibutuhkan.

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Canon Ip2770 Lampu Orange Berkedip 4 Kali

2. Cartridge yang kotor bisa menjadi sumber masalah pada printer. Jika terjadi kedipan warna merah, ini bisa disebabkan oleh kepala cartridge yang kotor karena debu dan kotoran. Untuk mengatasinya, Kalian bisa mencoba membersihkan permukaan cartridge dengan cermat dan memastikan tidak ada benda asing yang masuk ke dalamnya. Setelah itu, pasang kembali cartridge ke printer.

3. Pastikan tidak ada saluran tinta yang terjepit, hal ini bisa berpengaruh pada performa printer dan hasil cetakan. Periksalah apakah ada saluran yang tersangkut atau terhalang untuk memastikan printer berfungsi dengan baik.

4. Selalu periksa semua kabel dan pastikan semua terhubung dengan baik sebelum menjalankan printer. Jangan biarkan ada kabel yang longgar atau terputus, karena hal ini dapat mempengaruhi performa printer dan menyebabkan error pada hasil cetakan.

Setelah memastikan semua elemen di atas berfungsi normal, Kalian dapat mencoba untuk mereset printer Epson L805. Ada dua metode yang bisa Kalian coba, yaitu secara manual atau menggunakan aplikasi.

1. Cara Reset Epson L805 Manual

Ada satu metode manual untuk mereset printer Epson L805. Metode ini bisa digunakan untuk mereset waste ink pad counter. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Lepaskan kabel listrik printer dan biarkan selama 3-5 menit.
  • Pasang kembali kabel listrik dan hidupkan printer.
  • Tekan dan tahan tombol Resume selama 5 detik, kemudian lepaskan.
  • Tekan dan tahan tombol Resume lagi selama 3 detik, kemudian lepaskan.
  • Setelah itu, printer akan melakukan reset secara otomatis dan Kalian hanya perlu menunggu hingga proses selesai.
  • Jika proses berhasil, lampu indikator akan berhenti berkedip.
  • Cobalah untuk mencetak dokumen guna memastikan printer sudah dapat beroperasi dengan normal.

2. Cara Reset Epson L805 dengan software

Berikut adalah langkah-langkah mereset printer Epson L805 dengan memanfaatkan software:

  • Awalnya, unduh perangkat lunak resetter printer Epson L805 dari sumber yang bisa dipercaya.
  • Selanjutnya, jalankan perangkat lunak resetter dan pilih opsi Particular Adjustment Mode.
  • Lalu, pilih opsi Waste Ink Pad Counter dan klik OK.
  • Pada jendela berikutnya, tKaliani opsi Main Pad Counter dan Platen Pad Counter dan klik tombol Check, lalu tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  • Setelah selesai, tKaliani kembali opsi Main Pad Counter dan Platen Pad Counter, dan klik tombol Initialize untuk memulai proses reset printer Epson L805. Tunggu sampai proses tersebut selesai.
  • Setelah proses selesai, akan muncul jendela dengan pesan “please turn off and turn on your printer”. Pada tahap ini, matikan dan nyalakan kembali printer Kalian.
  • Jika proses berhasil, lampu power dan resume akan menyala seperti biasanya. Untuk memastikan, Kalian bisa mencoba mencetak suatu dokumen.
Baca juga:  Cara Mengisi Tinta Printer Epson L3110 dengan Mudah

3. Solusi Gagal Reset Epson L805

Jika lampu indikator tinta/kertas pada printer Epson L805 masih terus berkedip atau printer tidak bisa mencetak, beberapa komponen printer berikut perlu diteliti karena bisa jadi merupakan sumber masalah utama:

  • Cartridge – Untuk mengatasi masalah pada printer Epson L805, coba periksa cartridge. Lepaskan cartridge dan bersihkan tinta sisa yang ada di dalamnya. Jika kamu memiliki cairan pembersih head (head cleaner), semprotkan secara perlahan pada nozzle cartridge.
  • Tabung Pembuangan Tinta (Vacum) – Silakan sedot semua tinta sisa yang berada dalam tabung penampungan hingga bersih (untuk informasi lebih lanjut, silakan cari tutorial di YouTube).
  • Roller – Buka penutup printer dan periksa roller, yaitu bagian tempat kertas keluar. Pastikan tidak ada benda asing seperti potongan kertas atau benda lain yang bisa mengganggu roller.
  • Tabung Tinta – Pastikan tabung tinta masih penuh. Jika kosong, isi ulang. Juga, periksa saluran tinta untuk memastikan tidak ada yang melipat atau tersumbat.
  • Sebelum Reset – ebelum mereset printer, baik secara manual maupun otomatis, pastikan untuk mencabut kabel listrik terlebih dahulu selama 3-5 menit atau sampai printer tidak menyimpan sisa daya listrik.

Jika setelah mencoba kelima saran di atas dan printer masih mengalami error, disarankan untuk membawa printer Epson L805 ke pusat servis terdekat di daerah Kalian untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penutup

Demikianlah panduan dari bengkeltv.id tentang cara mereset printer Epson L805. Melalui artikel ini, diharapkan Kalian dapat memahami berbagai masalah yang biasanya dihadapi oleh pengguna printer Epson L805 dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Kalian dapat melakukan perbaikan sendiri di rumah dan kembali menikmati manfaat printer Kalian tanpa harus membawanya ke pusat servis.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan reset bukanlah solusi untuk semua masalah yang mungkin dialami oleh printer Kalian. Jika setelah melakukan reset, masalah pada printer tetap berlanjut, sebaiknya bawa printer Kalian ke pusat servis profesional untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga informasi tentang cara mereset Epson L805 dalam artikel ini bermanfaat bagi Kalian. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *