Perbedaan Resolusi layar UHD dan FHD

Perbedaan Resolusi layar UHD dan FHD yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Bengkeltv.idPerbedaan Resolusi layar UHD dan FHD yang Perlu Kalian Ketahui. Dalam dunia teknologi, semakin banyak perangkat yang mempunyai layar dengan resolusi yang berbeda-beda. Beberapa tahun terakhir, layar dengan resolusi tinggi seperti Ultra High Definition (UHD) dan Full High Definition (FHD) semakin banyak digunakan di berbagai perangkat elektronik, mulai dari televisi hingga laptop. Namun, bagi sebagian orang, mungkin masih bingung tentang apa bedanya resolusi layar UHD dan FHD.

Maka, pada artikel ini akan dibahas tentang perbedaan resolusi layar UHD dan FHD. Kamu akan mempelajari tentang definisi, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing resolusi layar. Dengan begitu, kamu bisa memilih layar yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Mengenal Keunggulan TV LED

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh televisi layar datar jauh lebih baik dibandingkan dengan model televisi sebelumnya seperti televisi tabung. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika semakin banyak masyarakat yang beralih ke televisi layar datar untuk mendapatkan pengalaman menonton yang maksimal.

Salah satu jenis televisi layar datar yang cukup diminati adalah televisi LED (Light-Emitting Diode) yang menggunakan lampu diode sebagai sumber pencahayaan. Televisi LED memiliki desain yang tipis (sekitar 25 mm) dan ringan karena menggunakan teknologi backlighting sehingga tidak memerlukan tempat yang besar untuk pencahayaan.

Karena memiliki bobot yang ringan, televisi jenis ini dapat digantung di dinding, bukan ditaruh di atas meja. Hal ini dapat membantu menghemat ruang di dalam rumah. Selain itu, penggunaan televisi LED juga lebih ekonomis dalam hal biaya karena dapat menghemat listrik di rumah hingga sekitar 30 persen dibandingkan dengan jenis televisi layar datar lainnya.

Jenis-jenis Televisi

Banyak orang masih menganggap televisi LCD dan televisi LED sebagai tipe yang sama, padahal, cara kerja keduanya berbeda. Selain itu, layar televisi LED juga memiliki beberapa jenis. Namun, sebelum mengenali jenis televisi lainnya, penting untuk memahami televisi LED dan televisi LCD.

Televisi LCD

Televisi LCD (Liquid Crystal Display) menggunakan lapisan cairan kristal tipis yang terjepit di antara dua panel kaca. Sistem ini membuat televisi LCD dapat menghasilkan lebih banyak warna daripada televisi tabung CRT. LCD terdiri dari dua komponen penting, yaitu TFT (Thin Film Transistor) yang berfungsi sebagai layar dan neon katoda sebagai sumber cahaya. Untuk sumber cahaya di belakang, televisi LCD menggunakan CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp).

Baca juga:  Cara Buka Factory TV Samsung Tabung : Panduan Mudah

Televisi LED

Televisi LED sebenarnya sama dengan LCD, tetapi menggunakan lampu diode sebagai sumber pencahayaan. Cahaya dihasilkan ketika partikel yang membawa arus bergabung bersama di dalam bahan semikonduktor.

Selain televisi LED dan televisi LCD, berikut ini adalah beberapa jenis televisi lainnya:

Televisi AMOLED

AMOLED merupakan singkatan dari Active Matrix Organic LED, yaitu layar yang setiap titik pikselnya dapat menghasilkan cahaya sendiri. Televisi ini memiliki kemampuan memancarkan cahaya yang kemudian ditangkap oleh lapisan film dari bahan organik. Bahan organik tersimpan dalam baris dan kolom yang akan membentuk matriks yang menampilkan warna berbeda untuk setiap piksel.

Televisi OLED

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode, yaitu jenis teknologi layar yang terdiri dari film berbasis karbon. Di televisi ini terdapat dua konduktor yang bertugas mengalirkan arus dan dapat memancarkan cahaya berdasarkan piksel demi piksel. Teknologi OLED dapat menampilkan warna hitam yang lebih mendalam dan lebih terang daripada layar LCD. Bahkan, dalam kondisi ruangan yang gelap, layar OLED dapat mencapai rasio kontras yang lebih tinggi daripada LCD.

Panel OLED cenderung lebih ringan dan tipis daripada LCD/LED biasa. Sudut pandangnya cenderung jauh lebih lebar dan waktu responsnya pun bisa sangat cepat. Dengan segala keunggulan itu, televisi OLED dibanderol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan layar televisi lain. Ukuran televisi OLED rata-rata selebar 55 inci.

Televisi QLED

Televisi QLED (Quantum dot Light-Emitting Diode) bisa dibilang merupakan jenis LCD karena memancarkan cahayanya sendiri. Karakteristik utama TV QLED adalah filter titik kuantum, yaitu lapisan molekul kecil yang memancarkan cahaya berwarna berbeda saat terkena cahaya.

Titik-titik kuantum ini menghasilkan gambar dengan warna yang sangat cerah, hidup, dan beragam, bahkan melebihi OLED. Berkat lampu latar berwarna biru terang, titik-titik kuantum biasanya berwarna hijau dan merah. Layar TV QLED mampu mencapai tingkat kecerahan dan kontras yang tinggi, serta menyajikan kualitas warna yang sangat baik.

Pentingnya Resolusi Layar pada TV LED

Setiap perangkat elektronik yang dilengkapi layar memiliki resolusi yang beragam. Resolusi layar menggambarkan dimensi lebar dan tinggi pada monitor komputer atau laptop, ponsel, serta televisi dalam bentuk piksel. Kombinasi lebar dan tinggi layar tersebut distandarisasi dan diberi istilah khusus. Semakin tinggi resolusi layar, semakin jernih pula gambar yang ditampilkan.

Berikut ini beberapa jenis resolusi layar televisi dan monitor. Mari mengenal berbagai tipe resolusi layar, serta perbedaan UHD dan FHD!

Baca juga:  Cara Scan Ulang TV Digital Samsung : Mudah Dilakukan Untuk Pemula

Apa itu HD?

HD merupakan kependekan dari High Definition. Layar dengan resolusi HD memiliki resolusi 1280 x 720 piksel. Layar HD umumnya digunakan pada perangkat televisi kelas menengah.

Rasio standar yang digunakan pada layar HD adalah 16:9. Jika resolusi HD ditampilkan pada layar dengan rasio yang lebih besar atau lebih kecil dari 16:9, bentuk layar akan terlihat tidak sesuai. Layar dengan resolusi HD juga dikenal sebagai resolusi layar 720p atau HD Ready.

Apa itu FHD?

FHD merupakan kependekan dari Full High Definition. Resolusi layar FHD lebih besar daripada HD, yaitu 1920 x 1080 piksel. Gambar yang dihasilkan di layar FHD lebih jernih dan tajam dibandingkan dengan layar HD. Layar dengan resolusi FHD juga dikenal sebagai resolusi layar 1080p atau Full HD.

Layar dengan resolusi FHD banyak diminati oleh para gamer profesional. Bahkan, tidak sedikit yang menggunakan layar dengan resolusi lebih tinggi daripada FHD.

Apa itu QHD?

QHD merupakan kependekan dari Quad High Definition. Layar dengan resolusi QHD memiliki total piksel 4 kali lebih banyak daripada resolusi HD, yaitu 2560 x 1440 piksel dengan rasio layar 16:9. Kualitas gambar yang dihasilkan tidak diragukan lagi, lebih jernih dan tajam dibandingkan dengan layar resolusi jenis HD dan FHD.

Layar dengan resolusi QHD juga dikenal sebagai layar 2K resolution atau Wide QHD (WQHD). Layar jenis ini kini banyak digunakan pada perangkat ponsel pintar kelas atas.

Apa itu qHD?

Layar dengan resolusi qHD (dengan huruf q kecil) memiliki resolusi seperempat (quarter) dari resolusi Full HD, yaitu 960 x 540 piksel dengan rasio layar 16:9. Layar dengan resolusi qHD berbeda dengan layar QHD yang merupakan resolusi 2K.

Apa itu UHD?

Ultra High Definition (UHD) mengacu pada layar dengan resolusi 3840 x 2160 piksel. Resolusi ini 4 kali lebih besar dari resolusi FHD, atau sedikit di bawah layar bioskop. Dapat dibayangkan seberapa tajam kualitas gambar yang ditampilkan oleh TV dengan resolusi UHD. Dari besaran pikselnya, sudah jelas terlihat perbedaan antara UHD dan FHD.

Layar dengan resolusi UHD sering juga disebut resolusi 4K. Walaupun sebenarnya, resolusi UHD tidak benar-benar 4K (4096 x 2160), tetapi hampir mendekati. TV yang menggunakan layar UHD bisa dianggap sebagai TV premium karena menampilkan kualitas gambar yang sangat memanjakan mata.

Produk smart TV yang sudah menggunakan resolusi UHD meliputi TV LCD, LED, QLED, dan OLED. Selain itu, saat ini banyak tayangan konten yang diproduksi pada resolusi ini. Dengan menggunakan TV berlayar UHD, konten-konten tersebut bisa dinikmati secara optimal.

Baca juga:  Lokasi Service Center TV Sony Bravia : Semua Kota di Indonesia

Apa itu Resolusi 8K?

Teknologi resolusi layar 8K merupakan yang paling mutakhir dibandingkan yang lain. Dengan resolusi 7680 x 4320 piksel, gambar yang ditampilkan di layar tampak sangat nyata, tajam, dan jernih. Tidak ada lagi kasus di mana gambar terlihat buram atau terlalu gelap.

Namun, layar dengan resolusi 8K masih jarang ditemui. Selain itu, konten yang dibuat dengan resolusi 8K juga masih sangat langka.

Perbedaan setiap resolusi layar

Setiap variasi resolusi layar diciptakan untuk menghasilkan tampilan gambar yang lebih baik. Oleh karena itu, terdapat perbedaan dari segi kualitas gambar dan penerapan teknologi dalam setiap resolusi layar yang tersedia.

Kualitas Gambar

Berdasarkan kualitas gambarnya, semakin banyak piksel yang dimiliki, semakin baik pula kualitas tampilan gambar. Setiap perangkat memiliki jumlah piksel yang berbeda-beda, yang ditentukan oleh seberapa banyak titik yang membentuk gambar.

Dari berbagai macam resolusi layar yang ada, resolusi 8K atau yang dikenal dengan Full Ultra HD adalah yang terbaik dalam menampilkan gambar pada layar.

Penerapan dalam Teknologi

Tidak semua resolusi layar dapat diterapkan pada perangkat-perangkat teknologi yang ada, seperti smartphone, tablet, laptop, hingga smart TV.

Beberapa resolusi mungkin diterapkan pada ukuran layar yang sama, namun beberapa resolusi lainnya diterapkan pada ukuran layar yang berbeda. Hal ini dikarenakan setiap resolusi layar memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri, serta kebutuhan yang berbeda untuk masing-masing perangkat..

Baca Juga :

Kesimpulan

Kesimpulannya, perbedaan resolusi layar UHD dan FHD dapat dilihat dari jumlah piksel yang digunakan dalam menampilkan gambar. UHD memiliki resolusi 4 kali lebih besar daripada FHD, sehingga memberikan tampilan gambar yang lebih jernih dan tajam.

Namun, meskipun menampilkan gambar yang lebih baik, tidak semua perangkat teknologi dapat mengaplikasikan resolusi layar UHD. Oleh karena itu, pemilihan resolusi layar yang tepat perlu disesuaikan dengan perangkat yang digunakan.

Dalam memilih resolusi layar, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jangan lupa untuk memilih perangkat dengan resolusi layar yang sesuai agar pengalaman menonton dan menggunakan perangkat semakin optimal. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Perbedaan Resolusi layar UHD dan FHD ini bermanfaat untuk Kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *