Persamaan Flyback FA061WJ-SA

Persamaan Flyback FA061WJ-SA TV Sharp : Paling Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idPersamaan Flyback FA061WJ-SA TV Sharp : Paling Lengkap. Teknologi televisi terus berkembang seiring waktu, dan salah satu komponen krusial yang mendukung kinerja optimalnya adalah flyback transformer. Dalam dunia perbaikan elektronik, pemahaman terhadap persamaan komponen khususnya flyback transformer menjadi kunci utama. Artikel ini akan mengulas dengan mendalam tentang persamaan flyback FA061WJ-SA, sebuah komponen penting pada TV merek Sharp.

Flyback transformer memiliki peran sentral dalam mentransformasikan energi dan menyuplai tegangan yang diperlukan untuk menyalakan layar TV. FA061WJ-SA merupakan salah satu model flyback transformer yang banyak digunakan dalam televisi Sharp. Pemahaman mendalam terhadap persamaan komponen ini tidak hanya berguna bagi para teknisi perbaikan, tetapi juga bagi pengguna yang ingin memahami lebih dalam tentang kerja TV mereka.

Artikel ini akan membahas detail Persamaan Flyback FA061WJ-SA TV Sharp, serta memberikan wawasan tentang cara kerja dan pentingnya komponen ini dalam menjaga performa TV Sharp. Mari kita jelajahi lebih lanjut tentang flyback transformer ini dan bagaimana pemahaman yang baik terhadap persamaannya dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam perbaikan dan pemeliharaan perangkat elektronik.

Apa Itu Flyback TV?

Televisi merupakan perangkat elektronik yang umum dimiliki oleh setiap keluarga. Namun, kerusakan pada TV seringkali terjadi akibat penggunaan, usia TV yang sudah tua, dan faktor-faktor lainnya.

Transformator flyback atau FBT menjadi salah satu bagian yang sangat penting pada TV. Transformator ini dirancang untuk menghasilkan sinyal bentuk gelombang tegangan tinggi pada frekuensi yang relatif tinggi, dan digunakan secara luas dalam mode sakelar catu daya untuk pasokan tegangan rendah dan tinggi.

Sirkuit transformator flyback berfungsi sebagai alat untuk mengendalikan pergerakan horizontal dari balok elektron dalam tabung sinar katoda (CRT).

Berbeda dengan transformator konvensional, transformator flyback tidak diumpankan dengan sinyal bentuk gelombang yang sama dengan arus keluaran yang diinginkan.

Efek samping yang menarik dari transformator semacam ini adalah adanya energi yang cukup besar yang tersedia di sirkuit magnetnya.

Energi ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan belitan tambahan untuk menyediakan daya untuk mengoperasikan bagian lain dari perangkat.

Baca juga:  Mengungkap Misteri Teknologi : Cara Kerja Sensor Piezoelektrik

Secara spesifik, tegangan yang sangat tinggi dapat dengan mudah diperoleh dengan menggunakan belitan yang relatif sedikit, yang setelah diperbaiki, dapat memberikan tegangan percepatan yang sangat tinggi untuk CRT.

Banyak aplikasi baru dari transformator seperti ini menghilangkan kebutuhan untuk menghasilkan tegangan tinggi dan memanfaatkan perangkat sebagai cara yang relatif efisien untuk menghasilkan berbagai voltase rendah menggunakan transformator yang jauh lebih kecil dibandingkan transformator listrik konvensional.

Fungsi Flyback TV

Data Persamaan Pin Flyback, transformator flyback umumnya digunakan pada layar CRT seperti TV dan monitor komputer. Tegangan dan frekuensinya bervariasi tergantung pada jenis perangkat yang digunakan.

Sebelum melakukan perbaikan pada TV, pengetahuan tentang data persamaan flyback yang lengkap untuk setiap merek sangatlah penting bagi para teknisi. Hal ini krusial karena terkadang trafo flyback yang rusak tidak dapat digantikan dengan mudah karena ketersediaan yang terbatas.

Dengan beragam merek TV yang beredar di pasaran, para teknisi sering menghadapi kesulitan karena perbedaan spare part yang signifikan di setiap merek.

Sebagai contoh, flyback TV Polytron akan memiliki perbedaan spare part dengan TV Polytron slim. Hal yang sama berlaku untuk merek lain seperti Changhong, Tcl, Hitachi, Sharp, Samsung, Panasonic, Sony, dan lainnya. Oleh karena itu, pemahaman mendalam terkait data persamaan pin flyback menjadi kunci dalam memastikan keberhasilan perbaikan dan pemeliharaan TV yang efisien.lain.

Persamaan Flyback FA061WJ-SA

Flyback FA061WJ-SA seringkali ditemukan dalam beberapa jenis TV Sharp yang menggunakan tabung. FTB FA061WJ-SA memiliki tegangan regulator sebesar 130V dan tegangan keluaran 24V, sehingga sangat sesuai untuk TV Sharp new QVision personal dan 51V200.

Perlu diingat bahwa setiap flyback TV memiliki beberapa seri flyback lain yang memiliki persamaan, termasuk FA061WJ-SA. Umumnya, persamaan flyback memiliki data pin out yang identik dengan flyback asli pada TV tersebut.

Dengan kata lain, persamaan FTB harus memiliki kesamaan data pin dengan FTB asli. Jika tidak, penggantian dengan flyback yang tidak kompatibel dengan spesifikasi TV dapat menimbulkan kerusakan atau kebocoran.

Meskipun demikian, penggantian FTB asli dengan persamaannya hanya menjadi opsi jika FTB asli sulit ditemukan. Jika ada flyback asli dengan nomor seri yang sama, sebaiknya gunakan flyback tersebut karena lebih aman dan memiliki risiko kerusakan yang lebih rendah.

Beberapa jenis flyback dapat digunakan sebagai alternatif pengganti FA061WJ-SA. Umumnya, persamaan flyback FA061WJ-SA dapat dengan mudah ditemukan, baik di toko elektronik offline terdekat maupun di toko online yang terpercaya.

Baca juga:  Cara Mengatasi Siaran TV yang Jelek : Dijamin Berhasil

Berikut adalah beberapa seri flyback persamaan yang direkomendasikan sebagai pengganti untuk TV Sharp FA061WJ-SA:

  • FA061WJ-SA
  • FA122WJ-B
  • BSC26-2630 S
  • BSC26-2631 S

Serangkaian seri flyback persamaan tersebut telah diuji dan terbukti tidak menimbulkan efek samping yang signifikan saat digunakan pada televisi tabung merek Sharp 51V200.

Sarannya, carilah salah satu seri flyback persamaan di atas di toko elektronik terdekat atau toko online untuk mengganti FTB FA061WJ-SA. Namun, jika seri persamaan flyback tersebut juga sulit ditemukan, berikut adalah solusi lain yang dapat dicoba.

Data Pin Flyback FA061WJ-SA

Persamaan Flyback FA061WJ-SA
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, flyback terbaik yang sesuai sebagai pengganti FTB FA061WJ-SA adalah flyback yang memiliki persamaan data pin out. Oleh karena itu, untuk menemukan persamaan flyback tersebut, sangat penting untuk mengetahui data pin dari FTB FA061WJ-SA.

Kalian dapat mencari flyback dengan data pin yang serupa dengan FA061WJ-SA atau mencari persamaan flyback pada beberapa jenis TV Sharp dengan tabung lainnya, seperti BSC26-2631 S. Jika Kalian menemukan flyback dengan data pin yang serupa, kemungkinan besar itu adalah persamaan dari flyback FA061WJ-SA untuk TV Sharp.

Berikut adalah data pin dari FTB FA061WJ-SA, yang dapat Kalian lihat pada tabel di bawah ini.

Tabel data pin FTB FA061WJ-SA:

DATA PIN OUT FLYBACK FA061WJ-SA : COL_B+130V_GND_NC_24V_AFC_180V_GND_HT_ABL
Keterangan :
COLH. Out / Colector Transistor Horizontal
B+130VTegangan Regulator
GNDGround
NCNon Connector / Tegangan Out 12V
24VTegangan Out 24V Untuk Power Vertikal
AFCAutomatic Frequency Control (Pengunci osilator frekuensi horizontal)
180VVideo +180V/+200V
GNDGround
HTHeater
ABLAutomatic Bright Limiter (Pengatur pembatas kecerahan secara otomatis)

Demikianlah informasi mengenai data pin out FTB FA061WJ-SA. Jika Kalian tidak dapat menemukan persamaan flyback sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, Kalian dapat mencari flyback dengan data pin yang tercantum dalam tabel di atas untuk mendapatkan flyback yang paling cocok

Harga Flyback FA061WJ-SA

Setelah mengetahui persamaan flyback FA061WJ-SA, langkah berikutnya adalah mencari flyback tersebut di toko elektronik, baik secara offline maupun online. Namun, berapa harga flyback tersebut? Secara umum, harga flyback TV Sharp cenderung cukup terjangkau.

Baik di toko elektronik online maupun offline, harga flyback tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa harga flyback dapat bervariasi antara satu toko dan toko elektronik lainnya, tergantung pada perbedaan lokasi dan penilaian pasar.

Baca juga:  Pengertian Transduser: Fungsi, Kelebihan dan Kekuranganya Lengkap

Sementara untuk pembelian secara online, penting untuk diingat bahwa harga yang tertera belum termasuk biaya pengiriman, sehingga total biaya dapat lebih tinggi dari perkiraan awal. Berikut adalah daftar kisaran harga untuk persamaan flyback FA061WJ-SA yang dapat digunakan sebagai panduan dalam mencari flyback tersebut untuk TV Sharp.

SERI FLYBACKHARGA
FA061WJ-SARp. 55.000
FA122WJ-BRp. 75.000
BSC26-2630 SRp. 65.000
BSC26-2631 SRp. 50.000
FA061WJ-SARp. 65.000

Harap dicatat bahwa daftar harga di atas hanyalah estimasi, sehingga harga sebenarnya bisa lebih rendah atau lebih tinggi. Harga flyback juga dapat berfluktuasi tanpa pemberitahuan sebelumnya, bergantung pada kondisi pasar dan kebijakan toko.

Apakah Ada Efek Samping Bila Mengganti Flyback dengan Persamaannya?

Jika Kalian mengganti flyback FA061WJ-SA dengan flyback yang memiliki data pin yang sama, tidak akan ada efek samping yang signifikan. Meskipun demikian, mungkin terjadi sedikit penurunan kualitas pada TV tabung Sharp. Meskipun penurunan tersebut tidak terlalu terasa dan secara fisik semuanya tampak baik.

Tidak akan ada short circuit, kebocoran, atau masalah lain yang muncul akibat penggantian FTB FA061WJ-SA dengan persamaannya. Oleh karena itu, Kalian tidak perlu khawatir saat mengganti FTB FA061WJ-SA dengan tipe yang lain.

Penutup

Dalam menggali lebih dalam mengenai persamaan Flyback FA061WJ-SA, kita telah memahami betapa pentingnya pemahaman terhadap komponen ini dalam menjaga kinerja optimal TV Sharp. Melalui informasi tentang persamaan dan penggantian, diharapkan pembaca dapat lebih percaya diri dalam melakukan perbaikan atau pemeliharaan perangkat elektronik mereka.

Sebagai konklusi, menjaga pemahaman terkait persamaan Flyback FA061WJ-SA tidak hanya membuka peluang penggantian yang tepat, tetapi juga menghindarkan potensi masalah yang mungkin timbul akibat penggunaan yang tidak sesuai. Dengan itu, mari bersama-sama memperkuat pengetahuan dan ketrampilan dalam dunia perbaikan elektronik untuk memastikan kualitas dan ketahanan perangkat elektronik kita. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Persamaan Flyback FA061WJ-SA, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *