Rangkaian Power Supply

Daftar Lengkap Jenis-Jenis Skema Rangkaian Power Supply

Posted on

Bengkeltv.idDaftar Lengkap Jenis-Jenis Skema Rangkaian Power Supply. Menemukan kumpulan skema power supply yang lengkap dengan komponen yang beragam tidaklah mudah. Setiap proyek elektronik memerlukan power supply sebagai sumber daya, itulah sebabnya banyak orang memilih untuk merakit power supply sendiri dengan mengikuti berbagai skema rangkaian yang tersedia.

Berikut ini terdapat beberapa jenis skema rangkaian power supply yang menggunakan trafo CT dan non CT dengan berbagai jenis komponen pendukung. Anda dapat mengunduh kumpulan skema ini secara gratis di bawah ini.

Apa Itu Power Supply?

Power Supply adalah komponen yang digunakan untuk menyediakan daya listrik pada satu atau beberapa perangkat. Saat ini, Power Supply telah dirancang agar dapat mengubah sumber daya energi seperti energi matahari, angin, dan kimia menjadi energi listrik.

Komponen Power Supply sangat penting bagi komputer dan beberapa perangkat elektronik lainnya, karena bila mengalami masalah, perangkat tersebut tidak akan berfungsi dengan normal. Saat menghidupkan sebuah perangkat seperti komputer, Power Supply melakukan pemeriksaan dan tes sebelum sistem operasi pada komputer tersebut dijalankan.

Jika tes atau pemeriksaan ini sukses, Power Supply akan mengirimkan sinyal ke mainboard bahwa sistem siap untuk dioperasikan. Selanjutnya, Power Supply akan membagi daya listrik pada setiap komponen di dalam komputer dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan tiap komponen.

Fungsi Power Supply

Untuk memahami pengertian Power Supply, penting untuk mengetahui fungsi-fungsinya. Secara umum, Power Supply berfungsi untuk mengubah tegangan, mengubah daya, dan mengatur daya pada tegangan output. Berikut ini beberapa fungsi Power Supply:

Baca juga:  Skema Amplifier Mini Terlengkap !!

Mengubah arus dari tegangan listrik agar tidak melebihi batas maksimum pada perangkat.

Membuat cadangan daya dengan menggunakan baterai, seperti pada UPS sebagai bentuk antisipasi terhadap pemadaman listrik yang tiba-tiba sehingga pasokan energi tidak terputus.

Mengubah arus dengan tegangan tinggi (AC, Arus Bolak-Balik) menjadi arus dengan tegangan rendah (DC, Arus Searah).

Kumpulan Skema Power Supply

Berikut adalah beberapa skema power supply yang umum digunakan:

1. Rangkaian Power Supply CT

Rangkaian Power Supply

Rangkaian power supply CT yang dimaksud juga dikenal sebagai rangkaian power supply simetris. Umumnya, power supply CT memiliki daya sebesar 12 volt, sehingga sering disebut sebagai rangkaian power supply 12 V.

Dengan rangkaian ini, perangkat elektronik lain dapat diberi daya sebesar 12 volt. Terdapat beberapa tipe power supply dengan daya 12 volt yang dapat dipilih, di antaranya sebagai berikut:

  • Rangkaian power supply 12 volt 10 ampere tanpa trafo
  • Rangkaian power supply 12 volt 5 ampere tanpa trafo
  • Rangkaian power supply 12 volt tanpa trafo dan lain sejenisnya

Meskipun batas dayanya hanya 12 V, penggunaan power supply CT dianggap sudah cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari, terutama di rumah.

2. Rangkaian Power Supply Variabel

Rangkaian Power Supply

Rangkaian power supply variabel memungkinkan tegangan output-nya untuk disesuaikan dan diatur sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Umumnya, IC yang digunakan pada rangkaian power supply variabel adalah LM317. Tegangan output pada rangkaian ini dapat diatur dengan rentang nilai antara 12,5-15 VDC dengan kuat arus maksimal 1 Ampere.

3. Rangkaian Power Supply Dengan Potensiometer

Rangkaian Power Supply

Rangkaian power supply yang menggunakan potensiometer memungkinkan tegangan output-nya untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, alat catu daya ini dapat diatur sendiri dan biasanya memiliki rentang tegangan output antara 1-35 volt.

Baca juga:  Memahami Perbedaan Antara RTP dan RTCP Secara Lengkap

Kesimpulan

Secara keseluruhan, rangkaian power supply merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia elektronik. Dengan menggunakan rangkaian power supply yang sesuai, kita dapat memastikan bahwa perangkat elektronik yang kita gunakan berfungsi dengan baik dan aman. Terdapat berbagai jenis rangkaian power supply, seperti power supply CT, power supply tanpa trafo, power supply variabel, dan power supply dengan potensiometer.

Semua jenis rangkaian power supply ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga perlu dipilih dan digunakan dengan bijak. Dalam memilih rangkaian power supply, faktor-faktor seperti kebutuhan daya, efisiensi, dan keamanan harus dipertimbangkan.

Dengan demikian, pemilihan rangkaian power supply yang tepat akan membantu meningkatkan kinerja perangkat elektronik dan memastikan keamanannya. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Rangkaian Power Supply, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *