Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS

Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS : Terlengkap !!

Posted on

Bengkeltv.idSkema Regulator TV LCD Sharp AQUOS : Terlengkap !!. Apakah Kalian pernah mengalami kesulitan dengan regulator TV LCD Sharp Aquos Kalian? Apakah TV Kalian tidak mau menyala atau mati dengan sendirinya setelah beberapa saat? Jika ya, mungkin regulator TV LCD Sharp Aquos Kalian mengalami masalah.

Regulator merupakan salah satu komponen yang penting pada TV LCD Sharp Aquos Kalian. Fungsinya adalah untuk mengontrol arus listrik yang mengalir ke komponen-komponen pada TV Kalian. Jika regulator mengalami kerusakan, TV Kalian tidak akan berfungsi dengan baik.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang skema regulator TV LCD Sharp Aquos dan cara memperbaiki regulator yang rusak. Kami akan memberikan panduan secara detail untuk membantu Kalian memperbaiki TV LCD Sharp Aquos Kalian dengan mudah. Mari kita mulai!

Mengenai Regulator TV LCD

Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS

Regulator TV atau power supply TV adalah bagian terpenting dari sebuah televisi. Tanpa regulator ini, televisi tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Regulator TV berfungsi memberikan pasokan listrik ke seluruh rangkaian televisi sesuai dengan kebutuhan masing-masing komponen.

Jika pasokan listrik yang diberikan regulator TV tidak sesuai dengan kebutuhan rangkaian televisi, hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan pada rangkaian dan dapat berakibat pada masalah yang tidak diinginkan.

Karena itu, peran regulator TV sangatlah vital dalam televisi. Skema rangkaian adalah gambaran teknis lengkap dari sistem televisi. Dengan menggunakan skema rangkaian, kita dapat mengatasi masalah teknis pada televisi, terutama untuk mengetahui spesifikasi komponen yang tidak umum atau mengetahui komponen yang telah rusak.

Baca juga:  Kumpulan Kode Remote Multisonic Terlengkap

Dengan adanya skema rangkaian, kita bisa lebih mudah memperbaiki televisi yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, skema rangkaian sangatlah penting dalam teknologi televisi.

Skema Regulator TV LCD Sharp Aquos

Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS

Dalam sebuah televisi, termasuk TV LCD Sharp Aquos, skema rangkaian adalah gambaran teknis lengkap dari sistem televisi. Dengan menggunakan skema rangkaian, kita dapat dengan mudah mengatasi masalah pada televisi, bahkan masalah yang sangat rumit sekalipun.

Selain itu, dengan skema rangkaian, kita dapat mengetahui spesifikasi komponen yang tidak umum atau mengetahui komponen mana yang telah rusak, misalnya terbakar.

Berikut ini beberapa contoh Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS yang dapat digunakan sebagai panduan:

1.Skema Regulator TV Sharp STR w6553

Mayoritas tipe TV Sharp yang dijual di Indonesia menggunakan model skema regulator STR w6553a. Berikut ini adalah beberapa rangkaian skemanya yang perlu diketahui:

Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS

2. Skema Regulator TV Sharp STR g5653

Skema tipe ini memiliki rangkaian yang lebih kompleks, namun tidak banyak seri TV Sharp yang menggunakan skema ini dibandingkan dengan tipe w6553. Berikut adalah gambaran rangkaian skemanya:

Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS

3. Skema Regulator TV Sharp TEA2261

Mayoritas TV Sharp menggunakan tipe regulator STR yang kapasitornya terpasang langsung di dalam power supply. Namun, ada juga skema regulator yang tidak menggunakan STR seperti tipe TEA2261. Berikut ini adalah gambar skema rangkaian tipe TEA2261:

Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS

Bagian – Bagian Pada Rangkaian Regulator TV

Regulator TV Sharp Aquos terdiri dari beberapa bagian, di antaranya adalah:

1. Kabel Steker

Kabel steker terhubung ke pemutus dan penghubung tegangan tombol On / Off dan sekring, kapasitor bank, serta induktor filter untuk menyaring tegangan dan menjaga stabilitas aliran listrik ke komponen dalam rangkaian. Kabel ini sangat penting dalam menjaga kestabilan aliran listrik ke komponen dalam rangkaian.

2. Rangkaian Penyearah Tegangan

Rangkaian penyearah tegangan digunakan untuk mengubah arus listrik AC dari PLN menjadi arus DC yang lebih stabil dengan menggunakan sistem jembatan dan 4 dioda. Setelah proses penyearahan, arus listrik kemudian diratakan menggunakan kapasitor power atau elco dengan nilai antara 100 uf / 450 volt – 440 uf / 450 volt, dan tegangan keluaran berkisar antara 250 vdc – 350 vdc.

Baca juga:  Fungsi Toroid Induktor dalam Dunia Elektronika

3. Rangkaian Pendegausing

Rangkaian pendegausing adalah kumparan lilitan yang dipasang di belakang tabung televisi. Fungsinya adalah untuk menghilangkan sifat magnetik sementara yang terbentuk pada tabung. Rangkaian ini akan aktif saat televisi dinyalakan dan akan otomatis berhenti setelah beberapa saat.

4. Slow Start

Komponen slow start berfungsi sebagai pengaman untuk mencegah MCB listrik turun akibat pengisian kapasitor power yang terlalu cepat. Slow start menggunakan resistor dengan ukuran 4,7 ohm 10 watt – 39 ohm 15 watt, sehingga pengisian kapasitor dapat terkontrol dengan baik.

5. Penguat Tegangan Regulator dan Osilator

Terdapat dua jenis penguat tegangan pada regulator, yaitu menggunakan transistor sebagai pendukung osilator dan menggunakan IC. Kedua jenis penguat tersebut berfungsi untuk memperkuat aliran listrik ke komponen lain dalam rangkaian, sehingga aliran listrik menjadi lebih stabil.

6. Output Tegangan

Tegangan keluar regulator tergantung dari ukuran televisi serta skema gambar diagram pada PCB televisi dan biasanya berkisar antara 12 volt / 14 volt, 16 volt, 24 volt, 110 volt / 115 volt.

Itulah beberapa komponen penting lainnya dalam skema regulator TV LCD Sharp Aquos yang perlu kita ketahui. Dengan memahami fungsi dan kegunaan dari setiap komponen tersebut, kita bisa lebih mudah memperbaiki televisi yang mengalami masalah.

Komponen Regulator TV yang Perlu Kalian Ketahui

Untuk menemukan solusi atas kerusakan pada TV LCD Sharp AQUOS yang disebabkan oleh kerusakan pada regulator, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah rincian detailnya.

A. Komponen Utama Regulator TV

Komponen ini merupakan kumpulan komponen yang terletak di bagian primer dan memiliki fungsi paling krusial dari regulator tersebut. Berikut ini adalah rinciannya:

1. Kapasitor

Tipe kapasitor yang memiliki tegangan 250 volt dan menjadi filter utama pada rangkaian catu daya TV LCD Sharp AQUOS.

Baca juga:  Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus : Memastikan Hiburan Tanpa Gangguan

2. Elco 450 volt

Elco merupakan komponen utama dalam regulator TV LCD Sharp AQUOS yang berfungsi dalam menyimpan arus listrik. Elco memiliki nilai antara 100 uf – 200 uf dan telah disearahkan oleh komponen dioda penyearah.

3. Dioda penyearah

Komponen yang berfungsi untuk menyearahkan tegangan listrik dengan cara mengubah arus AC yang dihasilkan oleh listrik PLN menjadi arus DC.

4. PTC

Salah satu komponen yang berfungsi untuk mengelola magnet tabung yang terdapat dalam catu daya TV LCD Sharp AQUOS.

B. Komponen Pendukung Regulator TV

Selain komponen utama, terdapat juga komponen pendukung yang terdiri atas beberapa komponen berikut ini:

1. Panel regulator

Jenis panel yang berfungsi utama untuk memperkuat regulator TV LCD Sharp AQUOS agar dapat berfungsi secara optimal dalam berbagai kondisi.

2. Filter

Salah satu komponen yang terdapat pada skema regulator TV LCD Sharp AQUOS yang berfungsi utama untuk menyaring arus listrik agar arus yang masuk lebih stabil.

3. Saklar regulator

Komponen yang berfungsi utama untuk menyambung dan memutuskan arus listrik 220 volt yang dihasilkan dari sumber listrik utama/PLN.

4. Slow start

Berfungsi untuk mengamankan MCB listrik agar tidak turun akibat dari pengisian kapasitor yang terlalu cepat.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS. Dengan membaca artikel ini, Kalian sekarang memahami bagaimana cara kerja regulator TV LCD dan bagaimana Skema Regulator TV LCD Sharp AQUOS dapat membantu mengatasi masalah listrik yang mungkin Kalian alami dengan TV LCD Sharp AQUOS Kalian.

Jangan ragu untuk menghubungi teknisi profesional jika Kalian memerlukan bantuan lebih lanjut dalam mengatasi masalah listrik di rumah Kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *