TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala : Ini Dia Solusinya

Posted on

Bengkeltv.idTV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala : Ini Dia Solusinya. Banyak pengguna TV Polytron yang mengeluhkan bahwa TV mereka mati total dengan lampu indikator yang tidak menyala sama sekali.

Ada berbagai penyebab kerusakan semacam ini, salah satunya adalah karena power supply yang sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat memberikan arus listrik yang dibutuhkan oleh setiap komponen TV.

Biaya service untuk memperbaiki TV bergantung pada komponen yang rusak dan tingkat kerusakan yang terjadi. Untuk informasi lebih detail mengenai TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala, silakan baca informasi di bawah ini.

Penyebab TV Polytron Bisa Mati Total

Permasalahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada TV Polytron sering kali disebabkan oleh regulator primer atau sekunder. Secara umum, kerusakan mati total pada TV Polytron terjadi karena faktor-faktor tertentu.

Namun, penyebab mati total pada TV Polytron bisa berbeda-beda tergantung pada jenis TV Polytron yang akan diperbaiki, terutama pada TV Polytron tabung. Untuk penjelasan lebih detail, silakan simak informasi berikut.

1. Kerusakan Pada Regulator Primer

Umumnya, regulasi atau power supply pada TV Polytron Slim hampir sama pada setiap jenisnya dan menggunakan tipe fet 7n65c. Kerusakan fet tersebut dapat menyebabkan TV Polytron mati total karena regulator menjadi berhenti.

Jika tidak ada respons saat arus listrik masuk ke dalam rangkaian, perlu diperhatikan dan diuji lebih teliti. Periksa terlebih dahulu pada bagian elco 400v karena arus listrik yang tidak memberikan respon yang baik seringkali masuk ke dalam elco tersebut. Hal ini sangat berbahaya jika tidak diperiksa terlebih dahulu. Jika hal tersebut terjadi, regulator akan drop dan menyebabkan bunyi cuit pada area tersebut.

Baca juga:  Cara Mencari Channel TV Polytron : Manual & Otomatis

Jika tegangan masuk ke dalam elco, itu menunjukkan bahwa fet 7n65c tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu, perlu diperiksa semua jenis komponen yang terhubung dengan fet tersebut.

Namun, jika elco masih dapat menyimpan tegangan tetapi mengalami penurunan tegangan secara perlahan, itu menunjukkan bahwa transistor masih berfungsi dan dapat menghabiskan sisa arus listrik pada elco filter.

Jika TV Polytron mati dan disertai dengan mcb rumah yang anjlok, itu menunjukkan adanya komponen aktif yang short. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh ic 501/7n65c yang short antar kakinya.

2. Jebolnya Fet 7n65c

Kerusakan pada komponen regulator juga dapat menyebabkan TV Polytron mati total. Oleh karena itu, sebaiknya perlu diselidiki terlebih dahulu sebelum mengganti komponen FET jika terjadi masalah.

Jika tidak diselidiki, maka FET tersebut akan terus jebol. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah:

  • Tidak ada tegangan gate di kaki 1.
  • Short pada kapasitor c520/102j 2kv yang tidak sesuai.
  • Kualitas FET yang tidak memadai atau terkadang disebabkan oleh FET palsu.
  • Rusaknya trafo regulator.

Jadi, penting untuk memeriksa semua faktor tersebut terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk mengganti komponen FET.

3. Kerusakan Pada regulator Bagian Sekunder

Kerusakan pada TV Polytron mati total tidak hanya disebabkan oleh bagian primer saja, tetapi juga bisa dipicu oleh masalah pada blok sekunder yang dapat memicu kerusakan pada TV.

TKalian-tKalian kerusakan pada blok sekunder bisa berbeda-beda, seperti lampu indikator yang berkedip, tegangan regulator yang drop, dan lampu LED yang tetap menyala. Salah satu masalah yang sangat parah adalah lampu indikator yang terus berkedip, yang disebabkan oleh terjadinya short pada transistor horizontal.

Baca juga:  Call Center TV Sharp di Berbagai Kota

Namun, Kalian tidak perlu terburu-buru untuk mengganti transistor horizontalnya. Sebaiknya periksa dulu bagian kapasitornya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Jika setelah diperiksa memang bermasalah, maka Kalian bisa mengganti transistor horizontalnya.

Jika tegangan output mengalami penurunan pada tegangan 10 volt, itu dapat menyebabkan TV Polytron mati total dan indikator akan terus berkedip dengan semakin cepat.

Kedua regulator tersebut mudah diperbaiki, asalkan Kalian teliti dalam memeriksa satu per satu komponen yang ada pada TV Polytron tersebut. Jika Kalian tidak ingin melakukannya sendiri, maka bisa menggunakan jasa servis TV.

Penyebab TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyalaa

TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala:

1. Kerusakan Regulator Polytron

Regulator primer atau power supply pada TV Polytron sering mengalami kerusakan jika terjadi konsleting atau kelebihan tegangan listrik.

Sebagian besar TV Polytron, baik model lama maupun baru, menggunakan jenis regulator fet 7n65c. Untuk memperbaikinya, perlu memeriksa komponen utama seperti ic 5017n65c dan transistor dengan tipe t507, t508, dan t509.

Kerusakan pada regulator ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Penggunaan fet KW atau fet berkualitas rendah.
  • Rusaknya trafo regulator.
  • Tidak ada tegangan yang optimal pada kaki 1 gate.
  • Short pada kapasitor c520/102j 2kv.

2. Kerusakan Modul-Modul Penting

Terdapat berbagai jenis modul atau komponen penting pada TV Polytron, diantaranya:

  • Y Sustain
  • Z Sustain
  • Power Supply
  • TCon
  • Buffer
  • Inverter
  • Backlight

Selain power supply, kerusakan utama yang dapat menyebabkan TV Polytron 123 mati total dengan lampu indikator yang tidak menyala terjadi pada modul Y sustain.

Alasan utama Y sustain menjadi penyebab utama kerusakan tersebut adalah karena modul ini berfungsi untuk menyalakan display plasma. Oleh karena itu, ketika komponen ini rusak, lampu indikator akan mati total.

Cara Mengatasi TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Berikut beberapa cara untuk mengatasi TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala:

Baca juga:  Cara Menghapus Channel TV Semua Tipe Mudah Dilakukan !!

  • Periksa semua jalur listrik seperti kabel, saklar, soket, steker, dan lainnya. Pastikan tidak ada yang terputus atau rusak.
  • Ukur tegangan pada beberapa komponen regulator seperti start up regulator, elko regulator, dan mosfet regulator untuk memastikan apakah tegangan berada dalam keadaan normal atau tidak.
  • Periksa transistor flyback untuk melihat apakah terjadi konsleting atau tidak yang dapat menyebabkan kerusakan pada mosfet regulator.

Biaya Service TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Jika Kalian ingin melakukan service TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu estimasi biayanya. Berikut ini adalah tabel estimasi biaya rata-rata yang ditetapkan oleh sebagian besar jasa service di Indonesia:

No.Jenis ServiceBiaya
1.Pengecekan kerusakanRp50.000 – Rp75000
2.Kerusakan Tipe RinganRp100.000 – Rp150.000
3.Kerusakan Tipe SedangRp150.000 – Rp200.000
4.Kerusakan Tipe BeratRp200.000 – Rp250.000
5.Penggantian Part / KomponenRp150.0000 – Rp800.000

Note: Perlu diingat bahwa biaya di atas hanya merupakan estimasi rata-rata dan dapat berbeda tergantung pada jasa service yang digunakan serta jenis/model TV Polytron yang mengalami kerusakan.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai TV LED Polytron Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Kalian untuk memperbaiki TV Polytron yang mengalami kerusakan tersebut.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam melakukan perbaikan, dan jika dirasa sulit atau tidak yakin, sebaiknya gunakan jasa service profesional agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *