Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara

Penyebab Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara. Tv Polytron adalah salah satu merek televisi yang cukup populer di Indonesia. Namun, seperti halnya produk elektronik lainnya, terkadang Tv Polytron mengalami masalah teknis. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik Tv Polytron adalah ketika televisi tersebut tidak menampilkan gambar dan suara. Tentu saja, hal ini dapat membuat Anda merasa frustrasi, terutama jika Anda sedang ingin menonton acara favorit atau memainkan game di televisi Anda.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu panik ketika mengalami masalah ini. Dalam artikel ini, kami akan memberikan solusi ampuh ketika Tv Polytron tidak ada gambar dan suara. Simak dengan baik dan terapkan langkah-langkahnya dengan hati-hati.

Mengenai Tv Polytron

Tv Polytron merupakan salah satu merek televisi yang cukup populer di Indonesia. Produk-produk dari Polytron memiliki berbagai macam jenis dan ukuran, mulai dari televisi tabung hingga LED dan Smart TV.

Polytron sendiri adalah brand elektronik asal Indonesia yang didirikan pada tahun 1975. Selain televisi, Polytron juga memproduksi berbagai macam produk elektronik lainnya seperti kulkas, AC, dan mesin cuci.

Produk-produk televisi Polytron terkenal memiliki kualitas gambar yang baik dan fitur yang cukup lengkap dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Polytron juga memiliki layanan purna jual yang cukup baik dengan banyaknya pusat servis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Memperbaiki Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara

Salah satu varian TV Polytron adalah TV tabung slim. Model TV tabung ini merupakan produk terbaru dari Polytron yang menggunakan tabung slim sebagai layarnya. Tabung slim memiliki ukuran yang lebih tipis dibandingkan dengan tabung biasa.

Untuk mendeteksi kerusakan pada TV Polytron tabung slim, kita dapat memeriksa lampu indikatornya. Jika lampu indikator masih menyala tetapi TV tidak menampilkan gambar atau suara saat dihidupkan, kemungkinan ada kerusakan pada sirkuit horizontal.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Tv Polytron Tidak Mau Start

Sedangkan jika lampu indikator mati sama sekali, maka regulator TV Polytron slim mungkin mengalami kerusakan atau tidak berfungsi. Namun, untuk memastikannya, perlu diperiksa blok rangkaian TV tersebut terlebih dahulu.

Kerusakan horizontal

Salah satu gejala kerusakan sirkuit horizontal pada TV Polytron adalah ketika tombol power pada remote ditekan tetapi tidak ada respons sama sekali. Hal ini disebabkan oleh sirkuit horizontal yang tidak bekerja dengan baik sehingga tidak memberikan tegangan yang cukup ke tabung CRT dan TV tidak dapat menampilkan gambar.

Untuk memperbaiki kerusakan ini, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka jalur tegangan B+ 115 Volt yang terhubung ke trafo flyback.
  • Nyalakan TV dan ukur tegangan B+ yang dikeluarkan sebelum TV standby.
  • Jika tegangan terukur normal, artinya regulator tidak bermasalah.
  • Cabut transistor final horizontal dan periksa dengan menggunakan multimeter.
  • Biasanya kerusakan horizontal disebabkan oleh transistor / fet final sirkuit yang sudah short. Jika transistor final sudah rusak, gantilah dengan yang baru dan sesuai.
  • Sebelum memasang transistor / fet pengganti, periksa terlebih dahulu komponen lainnya untuk memastikan tidak ada yang short. Ukur kapasitor resonan yang ada di kolektor transistor final. Jika kapasitor tersebut kering, maka komponen ini seringkali membuat transistor final rusak.
  • Sambungkan kembali jalur B+ dan nyalakan TV sambil mengukur titik basis transistor final pada PCB. Jika keluar tegangan AC kecil, berarti sirkuit driver horizontal sudah dapat bekerja.
  • Pasang kembali transistor / fet final yang baru dan coba nyalakan TV Polytron tersebut kembali.
    Kerusakan regulator tegangan.

Kerusakan regulator tegangan

Kerusakan pada sirkuit regulator TV Polytron Slim ditandai dengan lampu indikator pada bagian depan TV yang tidak menyala sama sekali. Langkah pemeriksaan awal adalah memastikan aliran listrik AC sudah mengalir ke elco besar 100uF/450V, karena elco ini akan mensuplai tegangan ke sirkuit regulator.

Jika tidak ada tegangan pada elco besar, periksa beberapa komponen dan jalur aliran listrik sebelum sampai ke elco besar seperti kabel AC, saklar power utama, dioda bridge, kapasitor, resistor, dan beberapa komponen pasif lainnya.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Setting Suara TV Sharp Aquos

Jika sudah ada tegangan terukur pada elco besar sekitar 300 Volt, langkah pemeriksaan bisa dilanjutkan pada tahap berikutnya.

  • Putuskan jalur B+ 115 V ke arah horizontal untuk mencegah kerusakan horizontal jika terjadi lonjakan tegangan. Periksa semua elco filter yang ada pada bagian tegangan output di sekunder trafo regulator. Ganti elco yang kelihatannya sudah cembung atau kapasitansinya berkurang.
  • Cabut transistor FET final regulator karena biasanya FET ini menjadi penyebab kerusakan sirkuit regulator yang berdampak pada TV tidak menampilkan gambar dan suara atau mati total.
  • Nyalakan mesin TV sambil diukur pada titik gate di PCB. Pastikan ada sinyal AC kecil yang terukur menggunakan multimeter. Jika muncul sinyal AC kecil, berarti driver regulator berfungsi dengan baik. Jika tidak ada sinyal AC kecil, kemungkinan ada masalah pada bagian driver regulator Polytron tersebut. Periksa satu persatu komponen yang ada pada bagian driver dan pengendali tegangan seperti transistor dan dioda optocoupler.
  • Pasang FET regulator yang baru jika FET sebelumnya diketahui sudah short atau jebol. Coba nyalakan kembali mesin TV. Seharusnya tegangan sudah bisa keluar dari sekunder trafo regulator. Periksa apakah tegangan 5 Volt untuk IC program normal atau tidak.

Kerusakan ic program

Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara

Meskipun jarang terjadi, IC program pada TV tabung Polytron Slim bisa mengalami kerusakan. Karena IC program merupakan komponen kepala atau pengendali sistem yang ada di blok rangkaian TV, maka jika ada kerusakan pada IC ini bisa mengakibatkan TV mati total.

Untuk memeriksa kondisi IC program pada TV tabung, bisa dilakukan dengan cara mengukur tegangan 5 Volt yang mensuplai IC program. Cek apakah tegangan VCC untuk IC program ini drop atau tidak. Jika terjadi tegangan drop, maka kemungkinan IC mengalami short di dalamnya.

Jika tegangan VCC 5 Volt tidak drop namun TV tetap tidak merespons saat dinyalakan melalui tombol power remote, maka perlu memeriksa pin power pada IC program.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Fitur di TV Polytron Paling Mudah

  • Cari pin power pada kaki IC program kemudian putuskan jalur power yang menuju ke sirkuit standby regulator. Ukur pin power menggunakan multimeter DC sambil mesin TV dinyalakan.
  • Tekan tombol power pada remote. Pada kondisi IC yang masih normal, akan terukur 0 volt atau 5 volt saat tombol power remote ditekan.
  • Jika tidak terjadi perubahan tegangan pada pin power, kemungkinan sirkuit start pada IC program tidak berfungsi. Anda harus mengganti IC program tersebut.

Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara

Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara

Untuk Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara saat tombol power di remote ditekan, kemungkinan ada kerusakan pada regulator atau software TV Polytron tersebut. Langkah pertama adalah dengan memeriksa apakah lampu indikator pada TV menyala atau tidak.

Jika lampu indikator menyala, kemungkinan ada kerusakan pada software atau ada beberapa tegangan pada regulator yang tidak keluar. Jika indikator tidak menyala sama sekali, regulator kemungkinan tidak berfungsi.

  • Periksa semua komponen yang ada di sirkuit regulator, terutama FET dan elco filter. Perhatikan bentuk fisiknya, apakah ada yang gosong terbakar atau cembung/retak.
  • Ganti komponen pada regulator yang mati atau short. Kemudian coba nyalakan kembali.
  • Ukur semua tegangan keluaran regulator dan pastikan tidak ada yang drop. Jika ada tegangan regulator yang drop, cari komponen di sepanjang jalur tegangan tersebut yang short atau mati.
  • Jika semua tegangan terukur normal, namun TV LED Polytron tetap tidak merespon saat dinyalakan, coba flash ulang software programnya.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Tv Polytron Tidak Ada gambar Dan Suara. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Anda. Jangan lupa selalu melakukan pemeriksaan dan perbaikan oleh teknisi yang ahli untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Terima kasih telah membaca artikel ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *