TV Polytron Tidak Ada Suara

Penyebab & Cara Memperbaiki TV Polytron Tidak Ada Suara

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab & Cara Memperbaiki TV Polytron Tidak Ada Suara. Televisi atau TV bisa menjadi perangkat elektronik yang penting untuk dimiliki di rumah. Jenis TV yang tersedia termasuk TV tabung, LED, LCD, dan smart TV.

Dengan menggunakan TV, Anda dapat menikmati hiburan dengan menonton acara di berbagai saluran TV, serta mendapatkan informasi terbaru dari berita yang disiarkan setiap saat.

Namun, sebagai pengguna TV merk Polytron, Anda mungkin mengalami masalah dan kendala dalam penggunaannya. Beberapa masalah yang sering terjadi antara lain gambar yang tidak jelas, saluran yang hilang, tidak ada suara, bahkan mati total.

Masalah-masalah tersebut dapat mengganggu saat menonton TV. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan atau penanganan agar TV bisa berfungsi kembali dengan normal dan menonton TV bisa berjalan dengan lancar.

TV Polytron Tidak Ada Suara

Bagi kalian yang menggunakan TV Polytron dan menghadapi masalah suara yang hilang atau tidak ada saat TV dinyalakan, tidak perlu cemas. Dalam pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai penyebab serta cara memperbaiki TV yang bermasalah suara tersebut. Ayo, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga:  Ciri TV LED yang Sudah Digital Yang Perlu Untuk Diketahui

Penyebab TV Polytron Tidak Ada Suara

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan TV tidak mengeluarkan suara. Secara umum, masalah ini serupa dengan TV Sharp Aquos yang tidak ada suara, di mana penyebabnya bisa dijelaskan sebagai berikut:

1. Fitur Mute Aktif

Pertama, TV mungkin tidak mengeluarkan suara saat dinyalakan karena fitur mute aktif. Ini bisa terjadi karena Anda sengaja mengaktifkannya atau tombolnya tertekan secara tidak sengaja.

2. IC Audio Rusak

Kedua, tidak adanya suara pada TV juga bisa disebabkan oleh kerusakan IC audio yang retak sehingga tidak lagi menyatu dengan sempurna. Dalam hal ini, suara pada TV Polytron Anda tidak akan keluar saat dinyalakan.

3. Speaker Rusak

Ketiga, kemungkinan lainnya adalah kerusakan pada speaker TV itu sendiri. Biasanya, kerusakan ini terjadi pada bagian kabel konektor dan kabel lilitan yang putus.

4. Tegangan Audio Rusak

Terakhir, TV Polytron Anda mungkin tidak mengeluarkan suara karena tegangan audio yang rusak. Umumnya, masalah ini terjadi karena penggunaan TV yang sudah terlalu lama dan berumur.

Cara Memperbaiki TV Polytron Tidak Ada Suara

Setelah mengetahui penyebab yang membuat TV tidak mengeluarkan suara saat dinyalakan, langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut. Metode perbaikan akan disesuaikan dengan penyebab yang telah diidentifikasi.

1. Matikan Fitur Mute

Jika disebabkan oleh fitur mute yang aktif, solusinya cukup mudah, yaitu dengan menonaktifkan fitur tersebut. Caranya adalah dengan menekan tombol “Mute” pada remot TV Polytron sekali saja.

2. Periksa IC Audio

Jika masalahnya terletak pada IC audio yang rusak, Anda perlu memeriksa IC tersebut. Jika memang kaki-kaki IC rusak dan terlepas, Anda hanya perlu menyolder ulang kaki-kaki IC seperti sebelumnya. Pastikan timah yang retak telah dibersihkan sebelum melakukan penyolderan ulang.

Baca juga:  Cara Setting TV Digital Philips Paling Mudah dan Praktis

3. Periksa Speaker

Selanjutnya, periksa kondisi speaker TV untuk mengetahui apakah ada kerusakan. Anda dapat menguji speaker dengan mengubah atau mengganti gelombang elektronik menjadi getaran yang menghasilkan suara. Anda juga dapat mengukur setiap speaker menggunakan multitester untuk mengetahui kondisi speaker secara lebih jelas.

4. Periksa Tegangan Audio

Perbaikan selanjutnya melibatkan pemeriksaan tegangan pada jalur audio. Anda bisa memeriksa bagian amplifier dengan cara menyalakan TV, lalu sentuh input kaki IC power amplifier. Jika tidak ada respon, berarti speaker mengalami kerusakan.

Namun, jika kondisinya normal, Anda akan mendengar suara dengung kecil dari speaker TV Polytron. Pastikan posisi blok audio tepat saat melakukan pemeriksaan, karena kesalahan dalam menyentuh bagian tersebut dapat berakibat fatal.

5. Hubungi Teknisi

Terakhir, jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah, Anda dapat meminta bantuan dari ahli atau menghubungi teknisi atau penyedia layanan terdekat. Siapkan biaya perbaikan, yang akan bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan dan tarif masing-masing teknisi.

Tips Menjaga Speaker TV Agar Tidak Mudah Rusak

Berikut beberapa saran untuk merawat speaker TV agar tetap awet dan tidak mudah rusak:

1. Jangan Menaikkan Volume Terlalu Keras

Mengatur volume terlalu tinggi bisa merusak speaker TV secara perlahan. Usahakan untuk tidak menaikkan volume terlalu keras saat menonton TV.

2. Jangan Letakkan Speaker TV di Area Lembap

Tempatkan speaker TV di area yang kering dan sejuk. Hindari meletakkan speaker di area lembap atau dekat dengan sumber air.

3. Bersihkan Speaker Secara Rutin

Membersihkan speaker TV secara berkala dengan kain lembut akan membantu mencegah penumpukan debu dan kotoran yang bisa merusak speaker.

4. Jangan Taruh Speaker TV Dekat Sumber Panas

Meletakkan speaker TV dekat dengan sumber panas seperti radiator atau peralatan dapur bisa merusak speaker.

Baca juga:  Cara Service Kerusakan TV LED Sony Bravia Mudah Dilakukan

5. Hindari Menggoyangkan Speaker

Jagalah speaker TV agar tidak digoyangkan atau jatuh. Goyangan bisa merusak komponen internal speaker.

6. Matikan Speaker TV Saat Tidak Digunakan

Mematikan speaker TV saat tidak digunakan akan mencegah kelelahan pada komponen speaker.

Dengan mengikuti saran-saran di atas, Kalian bisa membantu menjaga speaker TV agar tetap dalam kondisi baik dan tahan lama.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai TV Polytron Tidak Ada Suara. Semoga informasi yang telah disampaikan di atas bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah suara pada TV Polytron.

Ingatlah untuk selalu merawat dan menjaga speaker TV agar tetap dalam kondisi baik. Jika masalah suara tetap belum teratasi, jangan ragu untuk menghubungi teknisi profesional agar dapat segera ditangani. Selamat mencoba dan semoga TV Polytron Anda kembali berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *