Tv Polytron Tidak Mau Start

Cara Memperbaiki Tv Polytron Tidak Mau Start

Posted on

Bengkeltv.idCara Memperbaiki Tv Polytron Tidak Mau Start. Masalah yang sering terjadi pada TV Polytron yang sudah berusia adalah ketidakmampuan untuk dihidupkan atau tidak mau menyala. Saat tombol power pada remote ditekan, TV tidak menunjukkan respons apa pun. Banyak teknisi yang mendiagnosis bahwa masalah seperti ini disebabkan oleh proteksi standby.

Ciri-cirinya adalah lampu indikator power pada bagian depan TV masih bisa menyala, namun TV Polytron tetap dalam keadaan standby dan tidak mau menyala. Masalah ini dapat terjadi pada TV Polytron jenis tabung biasa maupun pada TV Polytron jenis tabung slim.

Namun, mengatasi masalah ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Biasanya, masalah tersebut disebabkan oleh komponen elco yang sudah kering atau transistor horizontal yang terbakar atau short. Namun, untuk memastikan penyebabnya, perlu membuka dan memeriksa setiap bagian pada mesin TV Polytron.

Tv Polytron Tidak Mau Start

Tidak hanya TV Polytron, masalah kerusakan standby juga sering terjadi pada merek lain seperti Panasonic, Sharp, Sanyo, dan LG. Penyebabnya adalah karena salah satu komponen yang lemah bahkan mati, biasanya adalah Elco.

TV yang masih menggunakan dua IC juga mengalami masalah yang sama, meskipun komponen yang rusak sedikit berbeda antara IC tunggal dan yang bukan. Namun, penyebab masalahnya tetap sama yaitu karena ada komponen yang lemah, yaitu Elco. Jadi, jika TV Polytron yang ada di rumah masih menggunakan IC tunggal, mungkin ada sedikit perbedaan, tetapi masalahnya tetap sama.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Setting TV Digital Polytron

TV LED Polytron Standby Susah Start

TV LED Polytron mengalami masalah mati standby susah start. Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi akar permasalahan tersebut, antara lain:

1. Bord Rusak

Salah satu penyebab kerusakan TV LED Polytron mati standby susah start adalah kerusakan pada board. Hal ini bisa diketahui dengan cara melakukan pengetesan menggunakan remote control dan tombol panel pada TV.

Jika hasilnya menunjukkan bahwa kedua alat tersebut tidak berfungsi sama sekali dan lampu indikator LED standby tidak berkedip seperti biasanya pada TV Polytron, maka kemungkinan besar ada kerusakan pada board.

Namun, kedipan pada lampu indikator adalah ciri khas dari TV Polytron dan bisa digunakan untuk menentukan letak serta menganalisa kerusakan. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol On beberapa kali hingga TV bisa kembali nyala normal.

2. Eeprom Rusak

Penyebab lain dari kerusakan TV LED Polytron mati standby susah start adalah karena adanya kerusakan pada data di EEPROM (data korup). Hal ini menyebabkan hanya lampu indikator LED yang menyala dan televisi tidak bisa dihidupkan dari kondisi standby.

Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan penggantian atau flashing ulang firmware yang sesuai dengan tipe televisi yang digunakan.

3. IC Micom / IC TZUM 59XX Rusak

Kerusakan pada IC Micom juga bisa menjadi penyebab permasalahan atau kerusakan pada TV LED Polytron mati standby susah start. Komponen ini seringkali rusak akibat penggunaan televisi yang tidak wajar, sehingga mengalami panas berlebihan (overheat) yang pada akhirnya merusak IC Micom.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan penggantian komponen IC Micom yang rusak dengan yang baru.

4. Elco Power Supply Rusak

Kerusakan pada elco power supply sering terjadi pada TV LED Polytron, disebabkan oleh kurangnya nilai tegangan sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Salah satu ciri-cirinya adalah fisik elco yang berubah bentuk dan melembung pada ujungnya.

Baca juga:  Cara Setting TV Polytron LED Secara Lengkap

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan penggantian pada elco yang mengalami kerusakan dengan elco yang memiliki tipe dan seri yang sama.

Cara Perbaiki TV Polytron Gagal Start

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengatasi masalah TV Polytron gagal start atau yang biasa disebut TV protek:

  1. Siapkan komponen dan modul TV yang diperlukan seperti elco 1uF50v, elco 10uF63v, elco 470uF35v, elco 100uF35v, elco 43uF63v, IC vertikal 78141, atau seri lain yang sesuai dengan tipe TV.
  2. Buka casing TV dan bersihkan board dari semua kotoran, terutama di area vertikal blok atau area utama yang akan diperbaiki.
  3. Periksa kaki IC vertikal apakah mengalami masalah seperti patah, retak, terlepas, atau berkarat. Penggunaan timah mentah umumnya menyebabkan IC vertikal mudah patah sehingga arus tidak dapat masuk ke dalam IC dengan semestinya.
  4. Jika ditemukan masalah pada kaki IC vertikal, solder kembali bagian yang mengalami masalah dan lakukan tes apakah TV sudah normal atau belum.
  5. Jika masih tidak normal, ganti modul elco 1uF50v yang terletak pada bagian IC vertikal yang biasanya tertulis dengan kode IC401, IC402, atau ICxxx sesuai seri board pada masing-masing TV.
  6. Jika masih belum normal, ukur tegangan pada supply IC vertikal apakah berada pada rentang daya 12V dan -12V atau tidak. Jika terjadi penurunan, ganti dengan elco 470uF35v. Setelah itu, cek kembali apakah TV sudah normal atau belum.

Kesimpulan

Dalam menghadapi masalah TV Polytron yang tidak mau start, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti kerusakan pada board, data di EEPROM yang korup, kerusakan pada IC Micom, dan kerusakan pada elco power supply. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan pengecekan dan penggantian pada komponen yang bermasalah.

Baca juga:  Call Center TV Sharp di Berbagai Kota

Langkah-langkah yang dapat diikuti meliputi pembersihan board, periksa kaki IC vertikal, ganti modul elco, dan ukur tegangan pada supply IC vertikal. Dengan melakukan perbaikan yang tepat, TV Polytron yang tadinya tidak mau start dapat kembali berfungsi normal.

Keywords: TV Polytron tidak mau start. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Tv Polytron Tidak Mau Start , semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *