TV Tiba-Tiba Mati Standby

Penyebab & Cara Memperbaiki TV Tiba-Tiba Mati Standby

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab & Cara Memperbaiki TV Tiba-Tiba Mati Standby.  Jika Kalian memiliki perangkat elektronik seperti televisi, kemungkinan besar akan mengalami masalah setelah digunakan dalam jangka waktu lama. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah TV tiba-tiba mati standby. Ini sangat menjengkelkan terutama jika Kalian ingin menonton acara TV bersama keluarga.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah mengetahui penyebabnya, Kalian dapat mencoba memperbaikinya sendiri atau meminta bantuan teknisi elektronik. Jika Kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang penyebab dan cara mengatasi masalah TV standby, berikut adalah informasi lengkapnya.

Apa itu TV Tiba-Tiba Mati Standby?

TV tiba-tiba mati standby adalah kondisi di mana televisi secara tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan lagi, kecuali dengan menekan tombol power pada remot atau di panel TV itu sendiri. Dalam keadaan standby, lampu indikator pada TV akan berkedip-kedip atau berubah warna, menunjukkan bahwa TV masih dalam keadaan hidup tetapi tidak menampilkan gambar atau suara apa pun.

Kondisi ini seringkali terjadi pada TV yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama atau yang mengalami kerusakan komponen internal.

Penyebab TV LED / Tabung Mati Standby

Beberapa faktor dapat menyebabkan TV mati atau masuk ke dalam mode standby. Berikut adalah beberapa penyebab umum TV Tiba-Tiba Mati Standby:

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Mengubah TV ke AV LG

1. Regulator Fly Back Mati

Penyebab pertama yang dapat membuat televisi mati atau masuk ke mode standby adalah regulator yang mati. Ini bisa terjadi karena transistor horizontal tidak berfungsi dengan baik dan kemungkinan besar tidak dapat menangkap sinyal dari IC prosesor. Kondisi ini menyebabkan flyback tidak berfungsi dengan optimal dan akhirnya menyebabkan kerusakan pada TV.

2. Tegangan Mengalami Drop

Penyebab berikutnya dari masalah TV Panasonic, TV Hitachi, atau TV Sharp yang tiba-tiba mati standby adalah penurunan tegangan. Sebelum memutuskan apakah masalahnya terletak pada tegangan, perlu dilakukan pengecekan pada remote dan tombol switch televisi terlebih dahulu karena masalah ini juga sering terjadi akibat kerusakan pada remote.

Setelah memastikan bahwa remote dan tombol switch masih berfungsi dengan baik, maka dapat disimpulkan bahwa kerusakan terjadi pada mesin. Penurunan tegangan dapat terjadi karena adanya komponen yang mengalami short atau kerusakan pada blok power supply.

Langkah Memperbaiki TV Mati Standby

Setelah menemukan sumber masalahnya, langkah selanjutnya adalah mencoba mencari solusi untuk memperbaiki TV LED atau TV tabung yang tiba-tiba mati standby. Berikut adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi TV Tiba-Tiba Mati Standby:

  • Hidupkan televisi menggunakan remote atau tombol Power.
  • Jika TV tidak menunjukkan reaksi atau lampu indikator tidak menyala, matikan TV. Kondisi ini cukup berbahaya jika dibiarkan.
  • Buka casing TV dengan hati-hati agar tidak terkena jaringan listrik.
  • Lakukan pengukuran tegangan pada B+ 115 pada bagian Flyback.
  • Periksa juga komponen lainnya.
  • Jika tegangan pada B+ turun, lakukan pencopotan transistor horizontal.
  • Lakukan pengukuran ulang tegangan. Jika setelah pencopotan transistor, tegangan pada B+ kembali normal, maka periksa horizontal transistor karena biasanya adanya short yang menyebabkan tegangan turun.
  • Jika kondisi tegangan pada B+ masih drop meskipun sudah dilakukan pencopotan transistor, masalah bisa jadi terletak pada power supply. Namun, untuk memastikannya, perlu dilakukan pengecekan B+ dalam kondisi tanpa beban. Jika hasilnya normal, berarti Flyback mengalami short.
  • Setelah masalah teridentifikasi, lakukan penggantian komponen atau perbaikan jika memungkinkan untuk mengatasi TV tabung atau TV LED yang mati standby.
Baca juga:  Mengatasi Kerusakan TV LED Toshiba dengan Mudah

Pada umumnya, TV Sharp, Panasonic, Hitachi, Toshiba, atau TV China yang mati standby dapat diatasi dengan langkah-langkah di atas. Namun, jika ditemukan kerusakan yang lebih parah, perlu dibawa ke teknisi elektronik terdekat.

Penyebab TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat televisi tidak bisa dinyalakan tetapi lampu power hidup. Berikut adalah empat di antaranya:

1. Kabel listrik longgar

Salah satu penyebab TV tidak dapat menyala meskipun lampu indikator power menyala adalah kabel listrik yang longgar. Hal ini dapat terjadi ketika TV dipindahkan dan kabel yang terhubung di bagian belakang menjadi longgar atau terlepas.

2. Adanya masalah pada elco

Penyebab berikutnya adalah adanya masalah pada komponen elco TV. Masalah ini biasanya dikenal dengan istilah mode standby, di mana televisi tidak dapat menyala meskipun lampu indikator masih hidup.

3. Tak berfungsinya horizontal flyback

Selain komponen elco, masalah lain yang dapat membuat TV tidak dapat menyala meskipun lampu indikator hidup adalah kerusakan pada horizontal flyback. Jika komponen ini bermasalah, transistor horizontal tidak akan menerima sinyal input dari driver. Selain itu, driver yang tidak berfungsi juga dapat disebabkan oleh kurangnya tegangan yang tersedia.

4. Tegangan pada regulator drop

Masalah ini umumnya terjadi pada level tegangan tinggi, yang mengakibatkan regulator tegangan yang diterima menjadi kurang memadai. Akibatnya, meskipun lampu indikator masih hidup, TV tidak dapat menyala.

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah TV yang tidak dapat menyala meskipun lampu indikator masih menyala:

1. Lepaskan seluruh kabel yang terhubung ke TV

Langkah pertama adalah memastikan bahwa TV dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan kabel apa pun, termasuk kabel listrik.

Baca juga:  Cara Mengatasi Layar TV Terbalik (All Merk) dengan Mudah

2. Periksa tegangan

Selanjutnya, lakukan pengukuran tegangan di bagian B+115 TV. Jika hasil pengukuran menunjukkan kondisi normal pada B+, maka periksa transistor horizontal untuk mengetahui apakah komponen ini yang menyebabkan masalah. Namun, jika hasil pengukuran menunjukkan sebaliknya, lepaskan transistor horizontal dan lakukan pengukuran ulang.

Langkah-langkah ini dilakukan untuk memastikan komponen mana yang menyebabkan masalah. Jika masalah tetap tidak teratasi, kemungkinan besar terdapat masalah pada power supply.

3. Bawa ke profesional

Jika terdapat masalah pada komponen internal TV, sebaiknya dibawa ke tempat servis profesional. Dengan cara ini, masalah TV yang tidak bisa dinyalakan meskipun lampu power menyala dapat diatasi dengan aman.

Baca Juga : 

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai TV tiba-tiba mati standby. TV tiba-tiba mati standby adalah masalah yang sering terjadi pada TV yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama atau mengalami kerusakan komponen internal.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini antara lain regulator mati, penurunan tegangan, komponen elco yang bermasalah, dan kerusakan pada horizontal flyback. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan beberapa langkah seperti memastikan kabel listrik terhubung dengan baik, melakukan pengukuran tegangan, dan memeriksa komponen yang bermasalah.

Jika masalahnya tidak dapat diatasi, sebaiknya membawa TV ke tempat servis profesional untuk perbaikan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi TV secara berkala dan melakukan perawatan yang tepat agar TV dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *