TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Penyebab TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup. Kerusakan pada televisi memang tidak bisa dihindari. Setiap produk yang dibuat manusia pasti akan mengalami kerusakan seiring dengan lamanya digunakan.

Tidak peduli merek televisi kalian apa, baik itu Samsung, LG, Polytron, atau merek lainnya, pasti akan mengalami masalah seperti televisi tidak bisa dinyalakan, tetapi lampu power hidup. Kondisi ini sering terjadi dan banyak dialami oleh orang-orang.

Setiap kerusakan pada televisi memiliki penyebab yang mendasar. Oleh karena itu, ketika televisi kalian tidak bisa dinyalakan tetapi lampu power menyala, kalian harus mencari tahu penyebab kerusakan terlebih dahulu untuk memperbaikinya.

Dengan kata lain, untuk memperbaiki televisi yang tidak bisa dinyalakan tetapi lampu power hidup, kalian harus mengetahui penyebab kerusakan. Lalu, apa Penyebab TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup? Temukan lebih lanjut di bawah ini.

Penyebab TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Kondisi tersebut dikenal dengan istilah TV mati standby, di mana lampu power masih bisa menyala meskipun TV tidak mau menyala saat dihidupkan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan TV tidak menyala tetapi lampu power masih hidup.

Penyebab utama kondisi ini adalah karena salah satu atau lebih komponen pada TV tidak berfungsi dengan normal. Berikut beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan televisi mengalami kondisi seperti itu.

Baca juga:  Trik dan Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster Secara Lengkap

1. Kabel listrik longgar

Salah satu penyebab TV tidak dapat menyala meskipun lampu indikator power hidup adalah karena kabel listrik yang longgar. Penyebab ini dapat terjadi saat televisi dipindahkan, sehingga kabel yang terhubung di bagian belakangnya menjadi longgar atau terlepas.

2. Komponen Elco Bermasalah

Penyebab pertama adalah masalah pada komponen elco pada TV. Kondisi ini biasa dikenal sebagai mati Standby yang menyebabkan televisi tidak mau menyala, tetapi lampu indikator power masih menyala setelah TV dihidupkan.

3. Horizontal Flyback Tidak Berfungsi

Penyebab lainnya adalah karena sirkuit horizontal Flyback TV tidak bekerja. Sirkuit horizontal dapat tidak bekerja karena transistor horizontal short atau transistor horizontal tidak menerima sinyal input dari driver sehingga tidak aktif.

Penyebab lainnya adalah driver horizontal yang tidak bekerja karena tegangan untuk driver tidak tersedia atau karena transistor drivernya sudah mati.

4. Tegangan Regulator Drop

Tegangan yang kurang memadai tidak hanya menyebabkan TV LED tidak menampilkan gambar tetapi tetap mengeluarkan suara, tetapi juga dapat menyebabkan TV tidak dapat dinyalakan meskipun lampu indikator power menyala. Kondisi ini terutama disebabkan oleh komponen regulator TV.

Penurunan tegangan regulator dapat menyebabkan TV tidak dapat dinyalakan dan biasanya terjadi pada beberapa level tegangan tinggi saja. Ini tidak mempengaruhi tegangan 5 Volt yang digunakan untuk menyuplai IC program sehingga lampu indikator power tetap menyala meskipun TV mati.

Cara Memperbaiki TV Tidak Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Setelah mengetahui penyebab TV mengalami kondisi seperti itu, maka Anda dapat dengan mudah memperbaikinya sesuai dengan penyebab kerusakan. Pada dasarnya, cara memperbaiki TV yang mati standby sama seperti cara memperbaiki TV Samsung.

Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki TV yang tidak dapat dinyalakan meskipun lampu indikator power menyala. Silakan simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga:  Setting Warna TV LED Samsung Yang Mudah Dilakukan

Cara Pertama

Langkah pertama yang dapat dilakukan jika TV tidak dapat dinyalakan meskipun lampu indikator power menyala adalah membuka rangka TV dan memastikan semua kabel tidak terhubung ke arus listrik. Kemudian, lakukan pengukuran tegangan pada bagian B+115 televisi tersebut.

Ada dua kemungkinan hasil pengukuran, jika tegangan B+115 normal, maka lanjutkan dengan memeriksa komponen transistor horizontal. Namun, jika tegangan B+115 tidak normal (drop), maka copot transistor horizontal dan ukur kembali apakah masih terjadi penurunan tegangan atau tidak.

Jika tidak, maka masalah utamanya ada pada transistor. Namun, jika masih terjadi penurunan tegangan, maka kemungkinan besar masalah terletak pada power supply. Jika Anda tidak terbiasa dengan komponen TV, sebaiknya panggil teknisi TV untuk memperbaikinya.

Cara Kedua

Kedua, cobalah menggunakan tombol switch channel atau volume. Jika setelah menekan tombol tersebut tidak ada perubahan, maka ada kemungkinan salah satu komponen dalam TV bermasalah atau rusak.

Jika layar TV tidak menunjukkan perubahan dan tetap mati, penyebab utamanya mungkin adalah masalah pada komponen elco. Kondisi ini menyebabkan televisi mati standby, yaitu televisi mati tetapi lampu indikator power masih menyala.

Biasanya, masalah ini disebabkan oleh elco yang rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Namun, perlu diperhatikan bahwa spesifikasi dan karakteristik elco baru harus sama dengan elco TV sebelumnya yang bermasalah agar tidak terjadi perbedaan.

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup dengan Soft Reset

Selain membongkar rangka televisi, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah melakukan soft reset. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa langkah berikut:

  • Matikan TV dan cabut stopkontak dari stopkontak.
  • Tunggu selama 5-10 menit.
  • Colok kembali stopkontak ke arus listrik dan nyalakan TV.
Baca juga:  Cara Memilih Ukuran TV Paling Ideal Sesuai Ruangan Rumah

Dengan melakukan soft reset, kemungkinan masalah pada TV dapat teratasi. Namun, jika masalah masih terjadi, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut atau memanggil teknisi TV terpercaya untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup dengan Mengganti Elco

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gangguan pada elco dapat menyebabkan TV tidak mau menyala meskipun lampu indikator power menyala. Solusinya adalah dengan mengganti komponen elco pada TV dengan yang baru.

Namun, pastikan spesifikasi elco yang baru sama persis dengan yang diperlukan oleh TV. Dengan cara ini, masalah TV yang tidak dapat dinyalakan meskipun lampu power menyala dapat diatasi dengan lancar.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada beberapa faktor yang bisa membuat TV tidak bisa menyala meski lampu power hidup, seperti kabel listrik yang kendor, masalah pada komponen elco, dan sirkuit horizontal Flyback TV yang tidak berfungsi.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya, seperti memeriksa kabel dan tegangan, melakukan soft reset, serta mengganti komponen elco yang rusak. Namun, bila kalian tidak ahli dalam bidang elektronik TV, sebaiknya memanggil teknisi TV terpercaya untuk memperbaikinya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang mengalami masalah pada TV dengan kata kunci “Penyebab TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup”. Itulah ulasan dari bengkeltv.id mengenai penyebab TV tidak bisa nyala meski lampu power hidup, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *