Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung dan Harganya

Posted on

Bengkeltv.idUkuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung dan Harganya. Dalam dunia mesin cuci, ukuran kapasitor merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Terutama bagi pemilik mesin cuci Sharp 2 tabung, mengetahui ukuran kapasitor yang tepat dapat membantu memperpanjang masa pakai mesin cuci dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Ukuran kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung dapat bervariasi tergantung pada tipe dan model mesin cuci yang digunakan.

Namun, umumnya kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung memiliki kapasitas sekitar 8-10 mikrofarad.

Penting untuk diperhatikan bahwa ketika akan mengganti kapasitor pada mesin cuci Sharp, perlu memperhatikan ukuran mesin cuci.

Jika kalian menggunakan mesin cuci Sharp 2 tabung, ada beberapa ukuran kapasitor yang harus diketahui.

Pengertian Kapasitor

Kapasitor adalah komponen listrik yang berfungsi sebagai penyimpan sementara energi listrik. Kapasitor memainkan peran penting dalam mesin cuci Sharp 2 tabung karena membantu menggerakkan motor mesin cuci dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

Namun, jika kapasitor rusak atau aus, maka kinerja mesin cuci akan terpengaruh. Oleh karena itu, penting untuk memahami ukuran kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung agar dapat memilih kapasitor yang tepat untuk menjaga kinerja mesin cuci Kalian tetap optimal.

Apa Fungsi dari Kapasitor Mesin Cuci?

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Komponen kapasitor merupakan bagian penting yang terdapat pada setiap mesin cuci, baik itu mesin cuci satu ataupun dua tabung.

Baca juga:  Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung Sharp

Kapasitor ini memiliki fungsi yang sangat krusial dalam memastikan kinerja mesin cuci yang optimal. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari kapasitor tersebut.

1. Start kapasitor

Kapasitor pada mesin cuci berperan sebagai start kapasitor, yang artinya komponen ini hanya aktif saat dinamo mesin berputar.

Dengan adanya kapasitor ini, mesin cuci dapat diaktifkan dengan cepat dan lancar.

2. Running Kapasitor

Tidak hanya berfungsi sebagai start, kapasitor pada mesin cuci juga berperan sebagai running kapasitor. Artinya, kapasitor tersebut bekerja secara terus-menerus selama mesin cuci beroperasi dengan dinamo yang berputar.

Fungsi running kapasitor sangat penting dalam memastikan mesin cuci dapat bekerja dengan optimal dan stabil.

3. Penggerak Mesin Pencuci/Wash

Pada mesin cuci 2 tabung seperti Sharp, kapasitor berfungsi sebagai penggerak mesin pencuci yang memastikan mesin dapat berputar dan menggiling pakaian hingga bersih.

Tanpa adanya kapasitor, mesin tidak dapat berfungsi dengan maksimal dan menghasilkan hasil pencucian yang optimal.

4. Penggerak Mesin Pengering/Spin

Tak hanya berfungsi sebagai penggerak mesin pencuci, kapasitor pada mesin cuci 2 tabung juga berperan sebagai penggerak mesin pengering atau spin.

Dengan adanya kapasitor, mesin pengering dapat berputar dengan lancar sehingga proses pengeringan pakaian menjadi lebih efektif dan efisien.

Kapasitor memegang peranan penting dalam menjaga kinerja mesin cuci yang optimal dan memastikan hasil pencucian serta pengeringan yang baik.

Mengenal Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Jika kapasitor pada mesin cuci Sharp mengalami kerusakan, maka kemungkinan masih bisa diperbaiki jika kerusakannya bersifat sementara.

Namun, apabila kapasitor mengalami kerusakan total atau mati, maka kapasitor tersebut harus diganti.

Untuk mengganti kapasitor pada mesin cuci, perlu diketahui ukuran dan nilai kapasitor yang digunakan pada mesin tersebut.

Penggunaan kapasitor dengan ukuran atau nilai yang tidak sesuai dapat merusak komponen mesin lainnya atau bahkan membuat kapasitor tidak berfungsi.

Baca juga:  Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci : Panduan Lengkap

Setiap jenis mesin cuci memiliki ukuran dan nilai kapasitor yang berbeda-beda, namun umumnya ukuran kapasitor ini diukur dengan satuan mikrofarad (Mf).

Misalnya pada mesin cuci Sharp 2 tabung, kapasitor pencuci biasanya menggunakan nilai 8, 10, atau 12 Mf, sedangkan kapasitor pada motor spin umumnya memiliki nilai 4, 5, atau 6 Mf.

Ketika ingin mengganti kapasitor yang rusak, sebaiknya menggunakan kapasitor dengan nilai yang sama dengan kapasitor yang lama.

Ukuran dan nilai kapasitor yang tepat dapat memastikan mesin cuci berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Harga Kapasitor Mesin Cuci Sharp

Untuk harga kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung, harganya tergolong cukup terjangkau.

Berikut adalah kisaran harga yang dapat diharapkan untuk kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung.

Jenis Kapasitor Mesin CuciHarga
Kapasitor Mesin Cuci 5 + 10 mf UniconRp. 29.000
Kapasitor Mesin Cuci 6 + 12 mf UniconRp. 29.000
Kapasitor Mesin Cuci 5+12 mf JPRp. 35.000
Kapasitor Mesin Cuci 6 + 12 mf – 450 v JPRp. 28.000
Kapasitor Mesin Cuci 5 + 12 mf UniconRp. 30.000
Kapasitor Mesin Cuci 5 + 12 mf – 450 v JPRp. 27.000
Kapasitor Mesin Cuci 4 + 10 mf UniconRp. 27.000
Kapasitor Mesin Cuci 4 + 12 mf – 450 v JPRp. 26.500
Kapasitor Mesin Cuci 4 KabelRp. 35.000
Kapasitor Mesin Cuci 5 + 10 mf – 450 v JPRp. 25.000

Ciri Ciri Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Kerusakan pada kapasitor mesin cuci Sharp seringkali tidak terdeteksi oleh pemilik mesin. Namun sebenarnya, tanda – tanda kerusakan kapasitor sangat mudah dikenali dan bahkan terlihat jelas pada mesin cuci.

Biasanya, kapasitor mesin cuci yang rusak akan menyebabkan putaran mesin cuci menjadi lambat atau bahkan tidak dapat berputar sama sekali saat proses pencucian atau pengeringan.

Baca juga:  Fungsi Kapasitor Mesin Cuci : Pengertian beserta Cara Pasangnya

Hal ini dapat dengan mudah terlihat dan terdengar oleh pemilik mesin. Apabila kalian mengalami masalah seperti itu, segera cek kapasitor mesin cuci Sharp kalian.

Jika ditemukan masalah, segera ganti kapasitor yang rusak dengan yang baru agar mesin cuci dapat berfungsi dengan optimal dan memastikan hasil pencucian serta pengeringan yang baik.

Penyebab Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung Rusak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan kapasitor pada mesin cuci Sharp. Salah satu penyebab paling umum adalah usia mesin cuci yang sudah cukup tua karena penggunaan yang berulang.

Selain itu, beban terlalu berat saat mencuci juga dapat merusak kapasitor mesin cuci Sharp. Selain itu, kerusakan kapasitor juga dapat disebabkan oleh konsleting atau kekeringan.

Jika kapasitor mengalami konsleting, masalah tersebut mungkin disebabkan oleh sambungan listrik yang tidak stabil.

Sementara itu, jika kapasitor mengalami kekeringan, berarti kapasitor kehabisan cairan yang digunakan untuk menyimpan arus listrik.

Jika kapasitor sudah mengalami kerusakan, maka harus segera diganti agar mesin cuci dapat berfungsi dengan baik.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai ukuran kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung yang disajikan oleh bengkeltv.id. Kapasitor ini memiliki ukuran standar sesuai dengan spesifikasi pabrik dan dapat bervariasi tergantung pada model mesin cuci.

Dengan memperhatikan ukuran kapasitor yang sesuai, Anda dapat meningkatkan masa pakai mesin cuci dan mencegah kerusakan pada komponen mesin cuci lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *