USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Penyebab & Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab & Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp. Apakah kalian mengalami kesulitan dengan TV Sharp yang tidak dapat membaca USB? Jangan khawatir, kalian tidak sendirian. Banyak pengguna TV Sharp mengalami masalah ini dan tidak tahu cara mengatasinya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan solusi tentang cara mengatasi USB yang tidak terdeteksi di TV Sharp. Teruskan membaca artikel ini untuk menemukan solusi yang tepat untuk masalah kalian.

TV Sharp adalah merek TV yang populer di Indonesia. TV Sharp dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan berkualitas, termasuk kemampuan untuk memutar video melalui USB. Namun, sering kali pengguna mengalami kesulitan saat mencoba memutar video melalui USB, seperti USB tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh TV. Hal ini dapat sangat menjengkelkan, terutama jika kalian ingin menonton film atau video yang disimpan di USB.

Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti format file yang tidak didukung, USB yang rusak, atau pengaturan TV yang salah. Berikut adalah beberapa tips dan solusi untuk mengatasi masalah USB yang tidak terbaca di TV Sharp.

Penyebab USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Jadi, apa yang membuat USB di TV tidak terdeteksi? Ketika membicarakan penyebab USB tidak terbaca, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, namun secara umum faktor penyebab tersebut meliputi hal-hal seperti:

  • Adanya masalah dibagian port USB.
  • Terdapat kotoran mengganjal.
  • Flashdisk dimasukkan bermasalah atau malfungsi pada software TV karena lama tidak diupdate.
  • Tidak bisa mendeteksi flashdisk, keyboard, hardisk, mouse dan sebagainya.

Itu adalah beberapa penyebab umum yang membuat USB pada TV Sharp tidak terdeteksi. Berdasarkan pengalaman dan cerita pemilik TV Sharp lainnya, masalah umumnya disebabkan oleh faktor-faktor tersebut.

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Secara umum, cara cepat untuk mengatasi masalah USB tidak terdeteksi di TV Sharp adalah dengan memeriksa port USB pada TV Sharp. Pastikan port tersebut bersih dari kotoran, debu, atau benda lain yang dapat menghambat transfer data. Selain itu, Anda dapat mencoba mereset atau memperbarui versi perangkat lunak TV Sharp, dan terakhir, melakukan format ulang pada flashdisk melalui PC atau komputer.

Baca juga:  Cara Memprogram TV Sharp Parabola : Mudah Dilakukan

Berikut adalah langkah-langkah atau panduan rinci untuk mengatasi masalah USB tidak terdeteksi di TV Sharp:

1. Memeriksa Kondisi Port USB

Untuk mengatasi masalah USB yang tidak terdeteksi pada TV Sharp, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi fisik port USB. Ini terutama berlaku untuk lubang USB di TV Sharp. Beberapa kasus menunjukkan bahwa penyebab USB tidak terdeteksi adalah lubang port USB yang kotor atau terdapat benda asing seperti debu, karat, dan kotoran lainnya.

Kotoran pada port USB dapat menghalangi flashdisk, mouse, keyboard, dan perangkat lainnya dari terdeteksi, meskipun telah dicoba beberapa kali. Jika hal tersebut terjadi, cara mengatasi masalahnya adalah dengan membersihkan port USB dengan sikat gigi dan sedikit cairan tiner untuk menghilangkan karat yang ada di dalam port USB.

2. Format Flashdisk (Sesuaikan Tipe Formatnya)

Sebelum memformat flashdisk, pastikan flashdisk terbaca di perangkat lain seperti laptop atau komputer. Hal ini untuk memastikan bahwa flashdisk masih berfungsi, dan jika file di dalamnya tidak dapat diputar atau mengalami error, mungkin terjadi kesalahan pada tipe format flashdisk dan perlu diformat ulang.

Sebagian besar TV Sharp hanya mendukung USB dengan tipe format FAT32 / exFAT, sedangkan sebagian besar flashdisk menggunakan format tipe NTFS. Oleh karena itu, alasan flashdisk tidak terdeteksi di TV Sharp adalah karena perbedaan tipe format tersebut, dan cara mengatasinya adalah dengan mengubah tipe format flashdisk dari NTFS ke FAT32 / exFAT terlebih dahulu. Namun, sebelum merubah format, sebaiknya cadangkan semua data karena melakukan format akan menghapus semua data yang ada di dalamnya.

Untuk melakukan format pada flashdisk menggunakan laptop atau komputer, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Colokan flashdisk ke laptop atau komputer.
  • Pastikan flashdisk terdeteksi. Anda dapat memeriksa hal tersebut di File Manager > This PC.
  • Klik kanan pada flashdisk dan pilih opsi format.
  • Pada menu format, pilih file system FAT32 (default).
  • Klik Start untuk memulai proses format.
  • Tunggu hingga proses format selesai dan flashdisk benar-benar kosong. Kemudian, isi beberapa file foto atau video.
  • Setelah selesai, coba colokan flashdisk ke port USB pada TV Sharp untuk memastikan apakah sudah terdeteksi atau belum.
Baca juga:  Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang di TV Polytron dengan Benar

3. Memperbarui Firmware TV Sharp

TV Sharp jenis LED dan Smart TV menggunakan perangkat lunak (software), yang diperbarui secara teratur baik secara manual maupun otomatis. Jika firmware tidak diperbarui secara teratur, hal itu dapat menimbulkan masalah, termasuk masalah yang sedang dibahas kali ini yaitu USB tidak terdeteksi di TV Sharp.

Pastikan firmware TV Sharp sudah diperbarui ke versi terbaru dengan cara memeriksanya melalui pengaturan TV. Selain itu, periksa apakah ada versi firmware terbaru yang tersedia jika TV Sharp masih menggunakan firmware yang lama.

Memperbarui firmware TV Sharp dapat menjadi cara mengatasi USB yang tidak terdeteksi, dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama tekan tombol Setting pada remote TV Sharp
  • Kemudian gulirkan kebawah, cari dan pilih menu About. Gunakan tombol arah panah ke bawah sebagai navigasinya
  • Selanjutnya pilih System Update untuk proses pembaruan software
  • Setelah itu tinggal tunggu beberapa saat hingga proses update selesai
  • Jika proses update berhasil, biasanya TV akan mati lalu hidup lagi secara otomatis
  • Terakhir tes apakah port USB sudah bisa membaca atau USB terbaca di TV Sharp.

4. Memastikan Flashdisk Tidak Terkunci

Cara mengatasi USB yang tidak terdeteksi di TV Sharp selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa USB flashdrive tidak terkunci. Jika flashdrive terkunci, untuk mengaksesnya diperlukan password atau sandi, dan teknologi TV belum dapat menanganinya.

5. Memastikan Flashdisk Dapat Ditulis Ulang

Cara mengatasi USB yang tidak terdeteksi selanjutnya adalah dengan melihat kembali buku manual perangkat USB flashdrive, dan memeriksa apakah dapat digunakan untuk menyimpan data tambahan atau tidak. Hal ini karena ada beberapa USB flashdrive yang hanya dapat dibaca saja (read only) dan tidak dapat menulisi data tambahan, sehingga sangat memungkinkan jika USB flashdrive tidak terdeteksi di TV Sharp.

6. Memperhatikan Kapasitas Flasdrive

USB flashdrive memiliki berbagai ukuran kapasitas penyimpanan data, oleh karena itu perlu diperhatikan juga kapasitas data maksimal yang didukung oleh TV Sharp. Jika kapasitas USB flashdrive melebihi kapasitas yang didukung oleh TV, maka dapat dipastikan bahwa USB flashdrive tidak akan terdeteksi di TV Sharp.

7. Melalui Factory Reset TV Sharp

Salah satu cara terakhir untuk mengatasi USB yang tidak terdeteksi di TV Sharp adalah dengan melakukan factory reset. Factory reset berbeda dengan update firmware, karena factory reset akan mengembalikan pengaturan TV ke pengaturan awal saat keluar dari pabrik. Dengan menggunakan cara ini, semua pengaturan yang telah dibuat akan dikembalikan ke default.

Baca juga:  Komponen TV Tabung yang Sering Rusak : Solusi Mudah Mengatasi Masalah TV Kalian

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatasi USB yang tidak terdeteksi melalui factory reset TV Sharp:

  • Hidupkan televisi.
  • Tekan tombol Menu pada remote, lalu pilih Setup.
  • Gulirkan ke bawah hingga menemukan opsi Reset.
  • Akan muncul perintah untuk memasukkan Pin/kode sebelum reset TV. Masukkan Pin atau jika belum pernah membuat Pin, gunakan Pin default TV Sharp yaitu 1234.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Penyebab Port USB TV Sharp Tidak Berfungsi

USB flashdrive yang tidak terdeteksi pada televisi Sharp sering menjadi masalah yang sering dihadapi, dengan beberapa kemungkinan penyebab, di antaranya:

  • Port USB pada televisi bermasalah
  • Flashdrive mengalami masalah/error
  • Sofware pada televisi bermasalah

Port USB yang tidak berfungsi tidak hanya menyebabkan flashdisk tidak terdeteksi, tetapi juga tidak dapat mendeteksi perangkat lain seperti HDD, mouse, keyboard, dan lainnya.

Cara Mengetahui USB Sudah Terbaca TV Sharp

Pada berbagai tipe dan jenis TV Sharp, ada beberapa yang secara otomatis membuka file USB ketika flashdisk dicolokkan, namun ada juga yang tidak. Oleh karena itu, terkadang perlu dilakukan secara manual untuk mengetahui apakah flashdisk sudah terdeteksi di televisi. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengeceknya:

  • Pertama, tekan tombol Source Input pada remote.
  • Akan muncul beberapa pilihan source, seperti HDMI 1, HDMI 2, TV, AV, dan lainnya.
  • Jika pada menu Source terdapat tulisan USB/Media, itu berarti flasdisk sudah terbaca.
  • Untuk mengaksesnya, klik opsi USB/Media.
  • Maka semua file pada flasdisk akan ditampilkan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, masalah USB yang tidak terdeteksi di TV Sharp dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kotoran di port USB, format USB yang tidak sesuai dengan TV, firmware yang tidak diperbarui, flashdisk terkunci, kapasitas data yang melebihi batas, dan port USB yang rusak.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, seperti membersihkan port USB, mengubah format flashdisk, memperbarui firmware, melakukan reset pabrik, dan memeriksa flashdisk secara manual.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini dan mengikuti langkah-langkah yang disarankan, diharapkan USB dapat terdeteksi dan digunakan normal di TV Sharp. Semoga ulasan dari bengkeltv.id tentang USB Tidak Terbaca di TV Sharp dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *