Nex Parabola Vs K Vision

√ Nex Parabola Vs K Vision : Mana Yang Terbaik? Simak Ulasannya

Posted on

Bengkeltv.id – √ Nex Parabola Vs K Vision : Mana Yang Terbaik? Simak Ulasannya. Dalam era digital ini, layanan televisi satelit menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan beragam konten hiburan dengan kualitas gambar yang prima. Nex Parabola dan K Vision adalah dua penyedia layanan TV satelit yang tengah bersaing ketat untuk mendapatkan hati pengguna. Kedua platform ini menawarkan berbagai paket channel dan fitur menarik, namun keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi persaingan sengit antara Nex Parabola dan K Vision, membahas keunggulan dan kelemahan dari kedua layanan tersebut. Dari kualitas siaran hingga paket-paket yang ditawarkan, mari kita simak perbandingan mendalam untuk membantu Kalian membuat keputusan yang tepat dalam memilih layanan TV satelit yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Mengenai Nex Parabola

Nex Parabola merupakan kelanjutan dari Nexmedia, penyedia layanan televisi berlangganan terestrial di Jabodetabek. Perusahaan ini didirikan pada 23 November 2011 dan dimiliki oleh kelompok Elang Mahkota Teknologi (Emtek) dengan slogan Simply Entertaining.

Nexmedia memiliki keunikan karena menggunakan metode televisi digital terestrial DVB-T2, bukan menggunakan satelit parabola atau kabel seperti layanan televisi berbayar lainnya. Oleh karena itu, pengguna perlu memiliki antena dan set-top box seperti pada televisi digital biasa untuk menangkap sinyal dan menikmati tayangan.

Pada tanggal 16 September 2019, Nex Parabola diperkenalkan sebagai kelanjutan dari Nexmedia dengan logo yang hampir identik. Nex Parabola dibentuk setelah Emtek Grup berkolaborasi dengan produsen decoder televisi satelit Matrix.

Layanan Nex Parabola menggunakan parabola dan dekoder DVB-S2, mirip dengan layanan televisi satelit lainnya, yang dapat menangkap sinyal C-Band dan Ku-Band. Produk utama Nex Parabola meliputi hak siar sejumlah olahraga dan dapat dinikmati secara nasional, berbeda dengan layanan Nexmedia.

Kelebihan receiver Nex Parabola

  • Resolusi gambar HD untuk tampilan yang lebih menarik.
  • Dilengkapi teknologi hybrid untuk mendapatkan berbagai frekuensi yang dimiliki oleh Nex Parabola.
  • Mampu merekam siaran TV untuk menonton acara favorit berulang kali.
  • Sistem video MPEG 4 meningkatkan kualitas video secara efektif.
  • Konektor USB memungkinkan komunikasi data dengan perangkat lain.
  • Dapat memutar file video, musik, atau foto.
Baca juga:  Daftar Channel Nex Parabola C & Ku Band : UPDATE Terbaru

Dapat melakukan update software secara OTA, memudahkan pengguna tanpa harus terhubung ke provider Nex Parabola.
Dengan berbagai keunggulan tersebut, Nex Parabola menjadi pilihan yang layak untuk pertimbangan saat ini.

Mengenai K-Vision

K-Vision merupakan salah satu penyedia layanan TV Satelit berbayar yang telah beroperasi lama di Indonesia dan merupakan bagian dari MNC Group. Layanan TV Satelit ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman atau wilayah yang tidak dapat dijangkau oleh sinyal UHF. Dengan berlangganan K Vision, mereka dapat menikmati akses ke berbagai saluran TV, baik lokal maupun internasional.

K-Vision menawarkan berbagai paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran pengguna. Saluran TV populer seperti HBO, FOX, dan National Geographic Channel dapat dinikmati dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam. Selain itu, K-Vision juga menyediakan saluran TV nasional seperti RCTI, SCTV, dan TransTV yang dapat diakses di seluruh Indonesia.

Beberapa produk pilihan K-Vision untuk memenuhi kebutuhan menonton TV pelanggan setianya antara lain Cartenz Ku-Band, Bromo C2000, Losat LG-101 Star, Optus OP-66HD, dan Gardiner G-88HD Ottimo.

Kelebihan K-Vision:

  • Channel Nasional Lengkap
    K-Vision menyajikan saluran nasional yang lengkap baik di satelit Measat 3A maupun di satelit Telkom 4.
  • Sistem Hybrid Receiver
    K-Vision memungkinkan receiver jenis Bromo, Cartenz, dan Gol Garmedia untuk aktif di jalur pita C-Band satelit Telkom 4 maupun Ku-Band satelit Measat 3A.
  • Channel Premium FTV
    K-Vision menyediakan beberapa saluran premium secara gratis, seperti film, kartun, musik, dan lain-lain di receiver Gol Garmedia. Receiver tipe Bromo dan Cartenz juga mendapatkan saluran lokal secara gratis.
  • Tersedia Paket Mini
    Bagi yang memiliki budget terbatas namun ingin berlangganan, K-Vision menyediakan paket minipack dengan beragam pilihan sesuai kebutuhan.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, K-Vision menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mencari layanan TV berlangganan.

Frekuensi Siaran

Kini, K Vision dan Nex Parabola sama-sama menggunakan dua jenis frekuensi transponder satelit untuk menyiarkan program televisi mereka, yaitu frekuensi C Band dan Ku Band. Hal ini memberikan keleluasaan bagi pengguna tv parabola untuk memilih antena parabola sesuai preferensi mereka.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Upgrade Firmware K Vision

Meskipun demikian, kita perlu menyadari bahwa frekuensi C Band hanya dapat diakses melalui antena parabola jenis jaring atau disk solid yang besar. Oleh karena itu, perangkat tv parabola yang menggunakan antena besar cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.

Namun, harga tersebut sebanding dengan kualitas siaran yang lebih baik. Frekuensi C Band lebih tangguh dalam menghadapi gangguan cuaca buruk seperti hujan dan mendung tebal.

Sementara itu, untuk frekuensi siaran Ku Band, baik K Vision maupun Nex Parabola dapat diakses menggunakan antena parabola mini yang memiliki harga paket pemasangan yang lebih terjangkau. Namun, pengguna parabola mini sering menghadapi kendala kehilangan sinyal televisi saat cuaca hujan.

Berikut adalah data frekuensi untuk K Vision dan Nex Parabola

1. K Vision

SatelitTelkom 4
Frekuensi4060 V 31000
3860 V 31000
TipeC Band
SatelitMeasat 3a
Frekuensi12396 H 31000
12436 H 31000
TipeKu Band

2. Nex Parabola

SatelitTelkom 4
Frekuensi4180 V 29800
TipeC band
SatelitSES 7/9
Frekuensi11861 H 45000
11921 H 45000
TipeKu Band

Siaran Favorit Nex Parabola Vs K Vision

Sebagai pecinta olahraga, terutama sepak bola, kebijakan Pay TV di Indonesia memiliki dampak signifikan. Seperti yang kita ketahui, siaran olahraga sulit diakses menggunakan parabola jaring, dan sinyal UHF tidak dapat menjangkau semua wilayah. Oleh karena itu, berikut adalah perbandingan awal antara Nex Parabola dan K Vision dalam menyajikan acara olahraga, terutama sepak bola:

1. Tayangan Nex Parabola

Inilah beberapa acara olahraga favorit yang dapat dinikmati melalui Nex Parabola:

  • RCTI, GTV, MNC TV
  • Liga 1 Indonesia
  • Liga Eropa
  • Liga Champions

Bagi para penggemar Liga Champions, Nex Parabola menjadi pilihan utama karena Liga Champions adalah salah satu produk utamanya, menjadi keunggulannya.

2. Tayangan K Vision

Beberapa program favorit yang dapat dinikmati melalui layanan K Vision antara lain:

  • SCTV, O Channel, Indosiar
  • Liga Perancis
  • Bundesliga
  • Liga Spanyol (La Liga)
  • Liga Italia Serie A

Semua tayangan tersebut dapat diakses melalui channel Bein Sport dan Fox Sport yang tersedia di platform K Vision.

Spesifikasi Nex Parabola Vs K Vision

Berikut perbandingan spesifikasi antara Nex Parabola dan K Vision:

1. Spesifikasi Nex Parabola

  • Jenis receiver: Hybrid, dapat diaktifkan pada jalur pita C Band maupun Ku Band.
  • Chipset: G6605S dengan flash 8 Mb, audio AAC/AC3.
  • Memori: 512 MB.
  • Port USB di bagian depan.
  • Kualitas video: H.264/MPEG 2/MPEG 4.
  • Dilengkapi dengan WiFi dongle RT5370 dan MT 7601.
  • Mendukung OTA dan Super OTA.
Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Receiver K Vision Terbaru !!

2. Spesifikasi K Vision

  • Output analog HDMI dan CVBS.
  • Dapat mendukung USB untuk OTA serta media.
  • Format Video: MPEG 2, MPEG 4, dan H.264.
  • Dapat melakukan pengaturan pindah channel pada waktu tertentu.
  • FTA recording.
  • Nomor channel dengan grouping dan LCN.

Harga Nex Parabola Vs K Vision

Dari aspek harga, walaupun setiap toko elektronik menetapkan harga yang berbeda-beda, umumnya Nex Parabola dijual dengan kisaran harga Rp 275.000 hingga Rp 300.000.

Sementara itu, receiver K Vision dijual dengan kisaran harga antara Rp 285.000 hingga Rp 320.000. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan data tersebut, perangkat receiver Nex Parabola memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan receiver K Vision.

Kesimpulan

Dalam dunia televisi berlangganan, persaingan antara Nex Parabola dan K Vision telah menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna. Kedua layanan ini menawarkan berbagai paket dan channel yang menarik, membuat konsumen bingung dalam memilih yang terbaik sesuai kebutuhan mereka.

Meskipun keduanya menjanjikan pengalaman menonton yang luar biasa, Nex Parabola dan K Vision memiliki keunggulan masing-masing. Nex Parabola menonjol dengan beragam channel premium dan kualitas siaran yang tajam. Di sisi lain, K Vision menawarkan paket yang terjangkau dan fleksibilitas dalam pemilihan channel, memenuhi kebutuhan pengguna dengan budget yang lebih terbatas.

Sebagai konsumen, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan pribadi, budget, dan preferensi saat memilih antara Nex Parabola dan K Vision. Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga pemilihan yang tepat akan memberikan pengalaman menonton yang optimal sesuai dengan ekspektasi.

Dengan persaingan yang semakin ketat di pasar televisi berlangganan, Nex Parabola dan K Vision terus berusaha untuk memberikan layanan terbaik demi memenangkan hati konsumen. Sebagai pengguna, bijaklah dalam memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Kalian, agar pengalaman menonton TV di rumah menjadi lebih memuaskan. Demikian ulasan dari bengkeltv.id mengenai Nex Parabola Vs K Vision. Semoga bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *