Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang

Penyebab & Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab & Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang. Jumlah channel merupakan salah satu faktor utama bagi masyarakat Indonesia dalam memilih layanan televisi satelit, karena semakin banyak channel yang tersedia, semakin banyak pilihan tayangan yang bisa disaksikan. Salah satu layanan televisi satelit yang sudah terkenal dan banyak digunakan di Indonesia adalah Nex Parabola.

Mungkin sebagian dari kalian sudah lama menggunakan dan mengaktifkan layanan Nex Parabola ini. Nex Parabola menawarkan receiver berkualitas tinggi dan fitur Bisskey yang menambah keunggulan decoder tersebut.

Namun, seperti halnya layanan satelit TV lainnya, Nex Parabola juga memiliki kelemahan. Salah satu masalah yang sering terjadi pada layanan satelit TV Nex Parabola adalah hilangnya siaran, sehingga acara favorit tidak bisa disaksikan.

Jika kalian mengalami masalah siaran Nex Parabola yang hilang, pasti akan membuat kalian kesal, terutama jika baru saja berlangganan atau mengaktifkan layanan tersebut. kalian pasti ingin tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi tentangCara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang.

Mengenai Nex Parabola

Nex Parabola adalah merek antena parabola yang terkenal di Indonesia. Antena parabola ini banyak digunakan untuk menangkap siaran televisi satelit, seperti Indovision, Okevision, Topas TV, dan lain-lain.

Antena Nex Parabola memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah bentuknya yang compact dan mudah dipasang, serta sensitivitas yang tinggi dalam menangkap sinyal televisi satelit.

Selain itu, Nex Parabola juga menawarkan berbagai jenis produk antena parabola, mulai dari yang paling sederhana hingga yang lebih canggih dengan fitur-fitur seperti LNB ganda, filter 4G LTE, dan lain-lain.

Hal ini membuat Nex Parabola menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menikmati siaran televisi satelit dengan kualitas yang baik.

Penyebab Siaran Nex Parabola Menghilang

Namun sebelum membahas Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang, sebaiknya kalian mengetahui penyebab kenapa siaran Nex Parabola bisa hilang. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan siaran Nex Parabola hilang, di antaranya:

Baca juga:  Cara Setting Receiver Transvision Paling Mudah

1. Kondisi Cuaca Buruk

Penyebab pertama hilangnya siaran Nex Parabola dapat disebabkan oleh kondisi cuaca yang buruk atau tidak bersahabat (seperti hujan lebat dan angin kencang). Hal ini disebabkan karena sinyal tidak dapat menembus awan dan spektrum menjadi lemah akibat perubahan kondisi cuaca.

Meskipun hilangnya siaran Nex Parabola karena faktor cuaca bersifat sementara dan tidak menimbulkan masalah dalam jangka waktu panjang. Hal ini menandakan bahwa ketika kondisi cuaca kembali normal dan cerah, channel akan muncul kembali secara normal.

2. Adanya Perubahan Frekuensi

Penyebab kedua hilangnya siaran Nex Parabola bisa disebabkan oleh adanya perubahan frekuensi. Hal ini merupakan salah satu penyebab umum yang sering terjadi pada layanan satelit TV. Untuk mengatasi penyebab ini, biasanya pihak provider akan memberikan informasi melalui teks berjalan saat Anda menonton acara.

Tujuan dari perubahan frekuensi siaran ini sebenarnya adalah untuk meningkatkan kapasitas layanan dan menambah channel baru. Namun, akibatnya semua channel pada transponder lama akan hilang dan layar TV akan menjadi gelap, sehingga Anda tidak dapat menonton acara apapun.

3. Konektor Alami Masalah

Penyebab ketiga hilangnya siaran Nex Parabola dapat disebabkan oleh masalah pada konektor, yang biasanya terjadi karena ada kelonggaran atau bahkan konektor terlepas. Jika terjadi masalah pada konektor, akan terdeteksi saat Anda melihat kualitas dan intensitas sinyal pada layar menjadi nol persen semua.

4. Decorder Terjadi Masalah

Penyebab keempat hilangnya siaran Nex Parabola bisa disebabkan oleh masalah pada decoder, receiver, atau set-top box. Salah satu penyebabnya adalah firmware pada decoder terkadang mengalami bug yang dapat menimbulkan masalah, bahkan sampai siaran hilang.

Selain itu, kebiasaan pengguna setiap hari juga dapat mempengaruhi performa mesin STB Nex Parabola. Oleh karena itu, pastikan selalu mengoperasikan unit dengan baik dan benar sesuai dengan buku panduan resmi agar STB bisa bertahan lebih lama.

5. LNB Rusak & Bermasalah

Penyebab kelima hilangnya siaran Nex Parabola dapat disebabkan oleh LNB yang rusak atau bermasalah, yang biasanya terjadi karena usia pemakaian. Setiap komponen memiliki usia tersendiri, terutama LNB yang selalu terpapar panas dan hujan.

Material LNB dapat menjadi keropos atau berkarat, sehingga kinerjanya dalam menangkap siaran menjadi tidak baik. Rusaknya LNB juga akan terlihat pada indikator intensitas sinyal yang menjadi nol dan siaran Nex Parabola secara otomatis hilang.

6. Dish Bergeser

Penyebab terakhir hilangnya siaran Nex Parabola bisa terjadi karena posisi dish bergeser. Meskipun hal ini jarang terjadi, hujan lebat dan angin kencang bisa membuat posisi dish parabola mengalami pergeseran.

Perubahan posisi dish parabola dapat menurunkan kualitas sinyal yang ditangkap secara signifikan, bahkan hingga nol persen. Sehingga semua siaran Nex Parabola hilang tanpa jejak, yang membuat Anda bertanya-tanya bagaimana cara mencari atau mengembalikan siaran tersebut.

Baca juga:  Frekuensi Nex Parabola C-Band & Ku Band : UPDATE Terbaru !!

Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang

Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang tidak sulit jika Anda mengetahui penyebabnya. Dengan sedikit usaha, semua channel dapat kembali normal tanpa harus menghubungi teknisi.

Berikut adalah beberapa Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang:

1. Cek Konektor

Periksa dengan teliti bagian pengkabelan, mungkin ada kabel yang terlipat atau terkelupas akibat tikus. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, segera ganti dengan kabel antena parabola yang baru.

Periksa juga konektor dan pastikan terhubung dengan sempurna ke decoder, serta kencangkan bautnya. Jika masalah terletak pada aspek ini, seharusnya siaran Nex Parabola akan kembali normal.

2. Scan Ulang Decoder

Jika kondisi kabel dan konektor tidak bermasalah, pastikan layar televisi menampilkan intensitas sinyal. Mungkin frekuensi Nex Parabola mengalami perubahan dari provider.

Masuk ke pengaturan STB Nex Parabola dan masukkan parameter frekuensi Nex Parabola terbaru. Lalu, jalankan prosedur scan ulang, maka daftar channel dan siaran akan muncul kembali normal.

3. Putar Dish Parabola

Setelah melakukan update pengaturan pada decoder, mungkin saja sinyal Nex Parabola tidak ditemukan. Masalah tersebut kemungkinan terjadi akibat pergeseran posisi dish parabola meskipun sedikit.

kalian dapat memutar dish secara perlahan sampai mendapatkan sinyal minimum 65 persen. Dengan begitu, seluruh siaran Nex Parabola yang hilang akan kembali normal dan kalian dapat menonton acara seperti biasa.

4. Ganti LNB

Mengganti bagian LNB adalah solusi terakhir jika kalian masih tidak mendapatkan siaran. Hal ini terlihat pada indikator layar yang menunjukkan kondisi sinyal nol.

kalian dapat mengganti LNB dengan yang baru dan menjalankan proses scan ulang pada STB Nex Parabola, maka seluruh channel akan kembali normal.

Kelebihan Nex Parabola

Nex Parabola memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya pilihan yang tepat bagi pengguna TV berlangganan, antara lain:

1. Gambar Tajam dan Terang

Kualitas gambar yang ditawarkan oleh Nex Parabola jauh lebih baik dibandingkan dengan provider TV berlangganan lainnya. Meskipun tidak selalu yang terhalus, namun gambar Nex Parabola sangat tajam dan terang sehingga memberikan pengalaman menonton yang lebih memuaskan.

2. Sebagian Chanel Beresolusi HD

Saat ini, Nex Parabola memiliki sembilan channel dengan resolusi HD, sedangkan lainnya masih menggunakan resolusi SD. Meskipun masih menggunakan resolusi SD, kualitas gambar yang ditampilkan tetap terang dan nyaman untuk ditonton.

3. Sistem Hybrid

Semua produk Nex Parabola menggunakan sistem hybrid yang dapat dipasang pada C-band dan Ku-band sehingga pengguna dapat memilih untuk menggunakan parabola besar atau parabola mini. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca juga:  Kode Remot Receiver Parabola LGSAT : Cara Menggunakan dengan Mudah

4. Chanel Lokal Nasional Lengkap

Salah satu kebutuhan utama konsumen adalah channel lokal. Nex Parabola menyediakan channel lokal nasional yang lengkap, sehingga memenuhi syarat sebagai sebuah provider pay tv yang dicari oleh banyak pelanggan.

5. Chanel FTV Paling Lengkap dan Bervariasi

Nex Parabola menawarkan banyak channel FTV (channel premium tanpa berlangganan) dengan genre yang bervariasi seperti kartun, drama, film, dokumenter, olahraga, musik, dan religi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai tontonan sesuai dengan selera masing-masing.

6. Chanel Premium di C-Band dan Ku-Band Sama

Berbeda dengan provider lain yang cenderung mengedepankan frekuensi ku-band, Nex Parabola menyediakan semua channel premiumnya di parabola mini dan parabola besar (c-band). Hal ini memberikan fleksibilitas pengguna dalam memilih jenis parabola yang ingin digunakan.

7. Fitur Antar Tipe Receiver Sama

Nex Parabola memiliki semua produk dengan fitur yang sama baik untuk channel FTV maupun paket berlangganan. Hal ini membuat pengguna tidak bingung dalam memilih tipe receiver tertentu yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Daftar Harga Paket Nex Parabola Terbaru

Ingin menonton bola Liga Inggris, Liga Champions, Liga Eropa, dan pertandingan olahraga lainnya? Ayo aktifkan paket Nex Parabola berikut ini. Harga paket sangat terjangkau dan channel yang disediakan sangat lengkap:

No.PaketHarga
1Paket DiamondRp169,000
2Paket Liga InggrisRp99,000
3Paket ChampionsRp69,000
4Paket Premium SportsRp159,000
5Paket BasicRp9,900
6Paket KidsRp9,900
7Paket Liga IndonesiaRp59,000
8Paket World CupRp799,000

Cara Beli Paket Untuk Mencari Siaran Bola

Untuk membeli paket Champions dan menikmati siaran bola, kamu dapat melakukan dua cara, yaitu melalui aplikasi Pulsapedia dan melalui website KaniaPay. Berikut adalah langkah-langkah cara membeli paket Champions melalui aplikasi Pulsapedia:

  • Download dan instal aplikasi Pulsapedia di perangkatmu.
  • Buka aplikasi Pulsapedia.
  • Pilih produk TV Voucher.
  • Pilih Nex Parabola sebagai provider TV berlanggananmu.
  • Masukkan nomor SMC ID yang terdaftar pada akun Nex Parabola-mu.
  • Pilih paket Champions untuk menonton siaran bola.
  • Masukkan PIN transaksi untuk keamanan pembelianmu.
  • Klik tombol “Beli” untuk memproses pembayaran dan menikmati siaran bola yang kamu inginkan.

Penutup

Demikianlah beberapa Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang. Dari memeriksa kabel dan konektor, hingga memutar dish parabola secara perlahan, serta mengganti LNB jika diperlukan.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, diharapkan pengguna dapat kembali menikmati siaran Nex Parabola dengan lancar dan tanpa gangguan. Semoga ulasan dari bengkeltv.id bermanfaat bagi para pengguna Nex Parabola yang mengalami masalah siaran hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *