Apa Itu Human Machine Interface

Apa Itu Human Machine Interface? Pengertian dan Fungsinya

Posted on

Bengkeltv.idApa Itu Human Machine Interface? Pengertian dan Fungsinya. Dalam era digital dan teknologi canggih seperti sekarang ini, kita sering mendengar berbagai istilah yang terkait dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah Human Machine Interface atau HMI. Bagi sebagian orang, mungkin istilah ini masih terdengar asing. Lalu, apa sebenarnya Human Machine Interface itu? Melalui artikel ini, kita akan mencoba untuk memahami dan mendalami lebih jauh tentang apa itu Human Machine Interface dan bagaimana pentingnya HMI dalam kehidupan kita sehari-hari.

Apa Itu Human Machine Interface?

HMI atau Antarmuka Manusia-Mesin adalah sebuah sistem yang menghubungkan manusia dengan teknologi mesin. HMI berfungsi sebagai pengendali dan menampilkan status, baik melalui interaksi manual maupun visualisasi komputer secara real-time. HMI juga dikenal sebagai antarmuka pengguna dan sistem kontrol dalam konteks manufaktur.

Tugas utama HMI atau Antarmuka Manusia-Mesin adalah menciptakan visualisasi teknologi atau sistem secara real-time. Dengan menggunakan desain HMI yang dapat disesuaikan, pekerjaan fisik dapat menjadi lebih mudah. Tujuan dari HMI adalah meningkatkan interaksi antara mesin dan operator melalui tampilan yang ada di layar komputer serta memenuhi kebutuhan informasi pengguna terhadap sistem.

Baca juga:  Panduan Lengkap : Cara Setting HDMI Laptop Windows 10 ke TV

HMI sangat cocok digunakan di industri, pertambangan, pabrik, gas, minyak, bKalianra, dan sektor-sektor lainnya. HMI memiliki stabilitas yang tinggi dan mampu memantau beberapa sistem, termasuk sistem pemadam kebakaran dan gas, sistem penghentian darurat, sistem kontrol proses, dan lain sebagainya.

Fungsi Human Machine Interface

Setelah mengetahui apa itu HMI, penting bagi kamu untuk memahami fungsi perangkat ini. Secara umum, HMI berperan sebagai penghubung antara proses komputasi dan manusia. Ketika melakukan kontrol dan optimasi, manusia tidak dapat melihat proses yang terjadi dalam perangkat secara langsung.

Oleh karena itu, HMI berfungsi sebagai perantara yang memudahkan pekerjaan manusia. Selain fungsi umum tersebut, berikut adalah beberapa fungsi lain dari HMI:

1. Memonitor kinerja mesin secara langsung

HMI digunakan untuk mengawasi kinerja mesin. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mesin bekerja secara optimal dan tidak mengalami kendala. Beberapa parameter mesin yang sering diamati meliputi suhu, tekanan, jarak, posisi saklar, dan kondisi katup (terbuka atau tertutup), serta banyak parameter lainnya.

2. Mengontrol actuator melalui tombol

HMI menyediakan kontrol untuk mengendalikan aktuator menggunakan tombol. Aktuator adalah perangkat atau alat yang mengubah arah suatu proses. Misalnya, pada mesin ATM terdapat tombol yang mengarahkan pengguna pada proses yang diinginkan. Tombol tersebut merupakan contoh dari aktuator.

HMI memungkinkan input dari pengguna untuk mengarahkan proses ke output yang berbeda. Kontrol dapat dilakukan secara manual, seperti pada mesin ATM, atau secara otomatis.

3. Pengumpulan dan penyimpanan data dalam satu koleksi data

HMI digunakan untuk mengumpulkan data seperti pengukuran, status alarm, status sistem yang diwakili oleh status katup sebagai aktuator, serta tanggal pengumpulan data. Data ini dikumpulkan dan disimpan dalam satu tempat.

Baca juga:  Pengertian Impedansi Speaker : Pahami Secara Lengkap

4. Menyimpan history dan summary alarm

HMI juga berfungsi untuk menyimpan riwayat dan ringkasan alarm. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyimpangan dalam sistem.

5. Menyajikan grafik dari sebuah proses yang ada di plant

HMI dapat menyajikan grafik yang menunjukkan proses kenaikan dan penurunan beban utama yang terhubung ke generator, baik secara waktu nyata maupun historis. Selain itu, HMI juga dapat menampilkan trending yang dapat dilihat secara waktu nyata atau historis.

Dengan fungsi-fungsi tersebut, HMI memainkan peran penting dalam memfasilitasi interaksi antara manusia dan sistem komputasi serta membantu dalam pengawasan dan pengendalian proses.

Cara Kerja Human Machine Interface

Langkah terakhir dalam mempelajari lebih lanjut tentang apa itu Human Machine Interface (HMI) adalah memahami bagaimana perangkat ini bekerja. Sebelum memahami prinsip kerja HMI, penting untuk mengetahui tiga komponen berikut agar lebih mudah memahami cara kerjanya:

  • Sensor atau aktuator adalah perangkat yang memungkinkan pengguna untuk melakukan input data.
  • Programmable Logic Controller (PLC) adalah perangkat yang digunakan untuk memproses data yang diinput.
  • HMI adalah perangkat yang menyediakan tampilan atau antarmuka.

Setelah suatu input terdeteksi oleh sensor atau dimasukkan secara manual melalui aktuator, PLC akan memproses dan mengolah data tersebut. Selanjutnya, data yang telah diolah oleh PLC akan diteruskan ke HMI, yang akan menyajikan visualisasi data tersebut.

Keuntungan Menggunakan HMI

Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat dalam menggunakan HMI:

1. Pengurangan ukuran panel kontrol

Dengan menggunakan kemampuan HMI dalam menjalankan beberapa fungsi melalui perangkat lunak, kebutuhan akan perangkat keras dapat dikurangi, sehingga ukuran peralatan yang diperlukan menjadi lebih kecil.

2. Pengurangan biaya kabel

Dengan menggunakan HMI, Kalian tidak perlu menggunakan rangkaian kabel yang rumit dan mahal. Selain itu, tugas yang sama juga dapat dilakukan melalui pengaturan perangkat lunak.

Baca juga:  Apa Itu Dongle WiFi Pada Set Top Box? Pengertian dan Fungsinya

3. Standardisasi panel kontrol

HMI memungkinkan stKalianrdisasi panel kontrol karena pengaturan data layar dapat diubah menggunakan perangkat lunak, bahkan jika ada perubahan spesifikasi.

4. Nilai tambah untuk panel kontrol

HMI dilengkapi dengan fitur-fitur seperti grafis dan antarmuka tampilan. HMI dapat menjalankan berbagai macam fungsi yang dapat menambah nilai pada panel kontrol.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari bengkeltv.id mengenai Human Machine Interface (HMI), teknologi canggih yang menghubungkan manusia dan mesin dalam satu sistem interaktif. HMI telah menjadi kunci dalam memfasilitasi komunikasi antara manusia dan mesin, sehingga memungkinkan efisiensi dan produktivitas yang lebih baik.

Namun, kita harus menyadari bahwa perkembangan HMI juga menuntut pemahaman dan keterampilan baru, serta penyesuaian terhadap perubahan. Dengan demikian, mari kita terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dan berkontribusi dalam mewujudkan manfaat maksimal dari Human Machine Interface ini. Sebab, kita tidak hanya pengguna teknologi, tapi juga pemain kunci dalam membentuk masa depan teknologi itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *