Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya

Panduan Lengkap Mengenai Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya

Posted on

Bengkeltv.id –  Panduan Lengkap Mengenai Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya. Antena parabola adalah sekumpulan perangkat antena yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Setiap bagian pada antena parabola memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda namun saling terkait satu sama lain. Ketika salah satu komponen pada antena parabola tidak berfungsi dengan baik, dapat mengakibatkan kinerja antena dalam menangkap sinyal satelit menjadi tidak maksimal.

Mengetahui dan memahami fungsi dari setiap bagian pada antena parabola sangat berguna saat terjadi masalah dan perlu dilakukan perbaikan. Sehingga tidak perlu memanggil teknisi parabola untuk menangani permasalahan tersebut. Dengan memahami Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya, kita dapat memperbaikinya sendiri.

Apa Itu Antena Parabola?

Antena parabola adalah jenis antena yang menggunakan reflektor berbentuk parabola untuk memfokuskan gelombang elektromagnetik dari satelit ke titik fokus antena. Biasanya digunakan untuk menerima sinyal televisi satelit atau layanan internet satelit.

Antena parabola memiliki keunggulan dalam menerima sinyal yang lebih stabil dan jarak jangkauan yang lebih jauh dibandingkan dengan antena konvensional.

Namun, untuk menginstal antena parabola, diperlukan keterampilan teknis dan pemahaman tentang orientasi dan posisi antena agar dapat berfungsi dengan optimal.

Fungsi Antena Parabola

Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya

Antena parabola memiliki fungsi utama sebagai alat penerima sinyal satelit yang digunakan untuk keperluan komunikasi dan hiburan. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari antena parabola:

1. Menerima Sinyal Satelit

Fungsi utama dari antena parabola adalah sebagai alat penerima sinyal dari satelit. Sinyal tersebut dapat berupa siaran televisi, internet, ataupun layanan komunikasi lainnya.

2. Meningkatkan Kualitas Sinyal

Antena parabola dapat meningkatkan kualitas sinyal yang diterima dari satelit. Dengan menggunakan antena parabola, sinyal yang diterima menjadi lebih stabil dan jernih, sehingga menghasilkan pengalaman menonton televisi atau menggunakan layanan internet yang lebih baik.

3. Menjangkau Area yang Sulit Terjangkau

Antena parabola juga memiliki fungsi untuk menjangkau area yang sulit terjangkau oleh sinyal televisi atau internet. Dalam hal ini, antena parabola dapat menjadi solusi alternatif bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau daerah yang jauh dari pemancar televisi dan internet.

Baca juga:  Cara Membuka Siaran Parabola Yang Bertanda $ Dengan Mudah

4. Menghemat Biaya

Dengan menggunakan antena parabola, kita dapat menghemat biaya langganan televisi kabel atau internet broadband yang biasanya lebih mahal. Selain itu, dengan antena parabola, kita dapat mengakses siaran televisi dari negara lain secara gratis.

Secara keseluruhan, antena parabola memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi penggunanya. Dengan menggunakan antena parabola, kita dapat menikmati layanan televisi, internet, atau komunikasi yang lebih baik dengan biaya yang lebih efisien.

Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya

Antena parabola memiliki beberapa komponen penting yang masing-masing memiliki fungsi yang spesifik. Berikut adalah penjelasan mengenai Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya:

1. Disk Parabola

Piringan parabola atau yang juga dikenal dengan disk parabola merupakan komponen terbesar pada antena parabola. Fungsinya adalah untuk menerima dan memantulkan sinyal dari satelit ke arah LNB. Bentuknya yang berupa lingkaran dan cekung pada bagian dalam memungkinkan sinyal dapat dipantulkan menuju satu titik fokus tertentu.

Tersedia berbagai ukuran disk parabola yang dijual di pasaran, mulai dari mini dengan diameter 60 cm hingga yang besar mencapai 12 feet. Ukuran diameter sebuah disk parabola menentukan besarnya ukuran dan kemampuannya dalam menerima sinyal parabola. Semakin besar ukuran disk, semakin banyak frekuensi sinyal satelit yang dapat diterima oleh antena parabola.

Disk parabola mini biasanya terbuat dari plat logam yang dibentuk lingkaran dengan cekungan ke dalam. Disk parabola mini sering digunakan untuk menangkap frekuensi satelit di jalur Ku band. Bentuknya yang kecil membuatnya praktis dan tidak membutuhkan ruang pemasangan yang luas.

Sementara untuk disk parabola besar, ada yang terbuat dari bahan plat logam yang disebut sebagai parabola disk solid, dan ada pula yang terbuat dari anyaman kawat logam. Parabola disk solid memiliki kemampuan penangkapan sinyal satelit yang lebih baik dibandingkan dengan parabola jaring kawat logam.

2. LNB Parabola

LNB atau Low Noise Block adalah salah satu komponen pada antena parabola yang berfungsi untuk menangkap sinyal satelit yang dipantulkan oleh disk parabola dan mengolahnya sebelum disalurkan ke receiver. Terdapat tiga jenis LNB parabola yang berbeda, sesuai dengan jangkauan frekuensi yang mampu diterimanya.

  • LNB KU band
  • LNB C band
  • LNB S band

Meskipun ketiga jenis LNB tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, namun fungsi dari ketiganya tetap sama. Di dalamnya terdapat sepasang antena kecil yang berfungsi untuk menangkap gelombang dan rangkaian elektronika untuk memperkuat dan mengolah gelombang frekuensi yang ditangkap.

Baca juga:  Cara Mencari Sinyal K Vision Secara Lengkap & Mudah

Pemasangan LNB C band pada disk parabola harus dilakukan pada bracket scalar ring. Scalar ring ini berfungsi untuk meredam sinyal-sinyal yang tidak diperlukan. Umumnya, pada satu disk parabola hanya terdapat satu LNB, namun ada juga pengguna TV parabola yang memasang lebih dari satu LNB pada satu disk. Tujuan dari hal ini adalah untuk menangkap sinyal dari satelit yang lebih banyak.

3. Mounting

Mounting parabola berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan disk parabola. Pada mounting terdapat bagian-bagian yang dapat menyetel sudut kemiringan dan arah parabola. Dengan adanya penyetel sudut kemiringan dan arah parabola ini, parabola dapat diarahkan dengan tepat ke satelit yang dituju. Sehingga, parabola dapat menangkap frekuensi yang dipancarkan oleh satelit tersebut.

Terkadang, pemasangan mounting parabola dilengkapi dengan motor penggerak parabola. Motor penggerak ini berguna untuk menggerakkan disk parabola sesuai arah dan sudut yang diinginkan, sehingga kita tidak perlu menggerakkan parabola secara manual.

4. Tiang Parabola

Bagian ini berfungsi untuk menopang disk parabola. Pada jenis parabola C band yang memiliki ukuran besar, tiang parabola terbuat dari pipa logam bulat yang besar yang dapat menahan beban parabola yang berat. Sementara itu, pada parabola mini, ukuran tiang tidak terlalu panjang dan besar karena hanya digunakan untuk menyangga disk parabola yang kecil saja.

Saat memasang tiang parabola, perlu diperhatikan agar dapat berdiri tegak lurus dan kuat sehingga dapat menahan tiupan angin kencang.

Itulah beberapa bagian penting pada antena parabola yang perlu diketahui. Sementara itu, bagian tambahan lainnya terdiri dari kabel antena, switch parabola, dan receiver sebagai penerima sinyal parabola dari LNB.

Secara keseluruhan, semua bagian pada antena parabola memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan sinyal dari satelit dapat diterima dengan akurat dan stabil. Oleh karena itu, semua bagian harus dirawat dan dipasang dengan baik agar dapat berfungsi secara optimal.

Kelebihan Parabola TV

Parabola TV memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Menyediakan akses ke banyak saluran TV: Dengan menggunakan antena parabola, Anda dapat mengakses banyak saluran TV dari seluruh dunia, termasuk saluran TV internasional.
  • Sinyal yang lebih stabil: Dibandingkan dengan antena TV konvensional, antena parabola dapat menangkap sinyal dengan lebih stabil dan memiliki kualitas gambar yang lebih baik.
  • Biaya lebih ekonomis: Dalam jangka panjang, biaya penggunaan antena parabola lebih ekonomis dibandingkan dengan biaya berlangganan TV kabel atau satelit.
  • Tidak bergantung pada jaringan kabel: Penggunaan antena parabola tidak bergantung pada jaringan kabel yang tersedia di wilayah Anda. Sehingga, Anda tetap dapat menikmati program TV meskipun tinggal di daerah terpencil.
  • Tidak terpengaruh cuaca: Antena parabola dapat menangkap sinyal TV dengan baik meskipun sedang hujan atau cuaca buruk lainnya.
  • Mudah dipasang dan digunakan: Antena parabola mudah dipasang dan digunakan. Anda hanya perlu memasangnya dengan benar dan mengatur sudut kemiringannya agar dapat menangkap sinyal dengan optimal.
  • Bebas biaya bulanan: Setelah membeli antena parabola, Anda tidak perlu membayar biaya bulanan seperti pada layanan TV kabel atau satelit.
Baca juga:  Mengatasi Masalah Remote Receiver Parabola Tidak Berfungsi

kekurangan parabola TV

Meskipun memiliki banyak kelebihan, antena parabola TV juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Memerlukan tempat yang luas: Untuk memasang antena parabola, Anda memerlukan tempat yang luas dan bebas dari penghalang agar dapat menangkap sinyal dengan optimal.
  • Rentan terhadap gangguan: Antena parabola dapat rentan terhadap gangguan dari pepohonan, bangunan, atau struktur lainnya yang dapat menghalangi sinyal.
  • Memerlukan perawatan: Antena parabola memerlukan perawatan yang baik agar dapat berfungsi dengan optimal. Perlu membersihkan dan mengatur sudut kemiringannya secara berkala.
  • Sulit dipasang di gedung bertingkat: Untuk memasang antena parabola di gedung bertingkat memerlukan proses instalasi yang lebih rumit dan biaya yang lebih mahal.
  • Terbatas pada saluran satelit tertentu: Antena parabola hanya dapat menangkap saluran TV dari satelit tertentu, sehingga pilihan saluran TV terbatas pada satelit yang dapat diakses.
  • Tidak menyediakan saluran lokal: Antena parabola tidak menyediakan saluran lokal seperti stasiun TV yang disiarkan oleh pemerintah atau televisi swasta lokal.

penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memahami lebih dalam mengenai antena parabola.

Dengan mengetahui fungsi setiap bagian antena parabola, diharapkan kalian dapat melakukan perbaikan atau penyetelan pada antena parabola dengan mudah tanpa harus memanggil teknisi. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *