Biaya Ganti Backlight TV LED

Biaya Ganti Backlight TV LED LG : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idBiaya Ganti Backlight TV LED LG : Penyebab dan Cara Mengatasinya. Di era modern saat ini, televisi telah menjadi salah satu perangkat elektronik yang hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu jenis televisi yang banyak digemari adalah TV LED, yang dikenal dengan kualitas gambar yang tajam dan jernih.

Namun, seperti perangkat elektronik lainnya, TV LED juga tidak lepas dari masalah. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah kerusakan pada bagian backlight. Bagian ini sangat penting karena berfungsi untuk menerangi layar sehingga gambar bisa ditampilkan dengan baik. Apabila backlight mengalami kerusakan, tentu saja hal ini akan berpengaruh pada kualitas tampilan gambar TV.

Lantas, berapa sebenarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti backlight TV LED? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai “Biaya Ganti Backlight TV LED” dan segala hal yang perlu Kalian ketahui terkait topik tersebut. Jadi, mari kita mulai eksplorasi informasi ini tanpa menunda lagi!

Mengenal Tentang TV LED

TV LED merupakan televisi yang memanfaatkan teknologi dioda untuk mengeluarkan cahaya saat menerima arus dalam konfigurasi forward bias. Ini berarti, LED akan bersinar saat diberi aliran listrik dengan pengaturan forward bias.

Untuk menciptakan emisi cahaya di dalam bahan semikonduktor, diperlukan proses doping yang melibatkan bahan-bahan seperti galium, arsenik, dan fosforus. Pemilihan jenis doping yang berbeda akan menghasilkan warna cahaya yang beragam. Pada saat ini, warna cahaya LED yang paling lazim ditemui adalah merah, kuning, dan hijau, sementara LED berwarna biru masih cukup jarang.

TV LED merupakan inovasi lanjutan dari teknologi TV LCD, di mana teknologi LED Backlight diaplikasikan untuk menggantikan cahaya fluorescent yang sebelumnya digunakan pada TV LCD. Ada dua jenis TV LED yang dapat ditemukan di pasaran: tipe pertama adalah TV LED yang menggunakan LED atau RGB LED yang diletakkan di belakang panel layar; sementara tipe kedua, yang dikenal sebagai EDGE-LED, memiliki LED yang ditempatkan di sisi-sisi layar.

Dengan penempatan yang berbeda, kedua tipe TV LED ini menawarkan karakteristik tampilan yang berbeda, sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Kelebihan TV LED

Ada sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh TV LED, juga ada kekurangan. Berikut beberapa keunggulan yang perlu dicatat:

1. Desain Tipis dan Ringan

Salah satu keunggulan utama TV LED adalah desainnya yang ramping dan ringan. Ini sangat memudahkan bila ingin menggeser atau memindahkan TV ke tempat lain. Karena menggunakan teknologi backlighting, TV LED tidak memerlukan ruang yang luas seperti TV tabung, sehingga desainnya menjadi lebih ramping.

Baca juga:  Penyebab TV LED LG Tidak Ada Gambar dan Suara : Solusin Perbaikan

Rata-rata ketebalan TV LED hanya sekitar 25 mm, sehingga Kalian masih dapat menghemat ruang saat menempatkan TV LED.

2. Memiliki Banyak Fitur Tambahan

Keunggulan lain dari TV LED adalah kelengkapan fitur yang ditawarkannya. Misalnya, Kalian dapat menonton film dari media penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau HDD, dan juga memiliki kemampuan berbagi layar (share screen) dengan PC atau ponsel.

Selain itu, TV LED umumnya dilengkapi dengan port HDMI dan USB yang memudahkan koneksi dengan perangkat lain. Tentu saja, fitur yang tersedia akan bervariasi tergantung pada merek dan harga TV LED tersebut. Semakin mahal TV, biasanya semakin lengkap dan canggih fiturnya.

3. Perawatannya Mudah

Keunggulan TV LED tidak hanya terletak pada fiturnya, tetapi juga pada kemudahan perawatannya. Kalian hanya perlu menjaga kecerahan layar pada tingkat yang wajar dan meletakkannya di tempat yang aman agar tidak jatuh atau terbentur. Hal ini penting untuk menjaga kondisi TV agar tetap optimal dan tahan lama.

4. Lebih Awet

Keunggulan lain dari TV LED adalah durabilitasnya yang tinggi. Diketahui bahwa TV LED umumnya memiliki umur pakai yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis TV lain. Dengan daya tahan yang baik, TV LED mampu bertahan hingga 75.000 jam penggunaan.

Dengan demikian, TV LED adalah pilihan yang tepat bagi Kalian yang mencari televisi yang tahan lama dan tidak perlu sering diganti.

Tentunya, sangat penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan TV LED sebelum memutuskan untuk membelinya. Setelah memahami kelebihannya, penting juga untuk mengetahui kekurangannya.

Kekurangan TV LED

Seperti halnya produk elektronik lainnya, TV LED juga memiliki sisi positif dan negatif. Setelah memahami kelebihannya, berikut beberapa kekurangan TV LED yang harus Kalian ketahui:

1. Harganya yang Mahal

Salah satu kekurangan yang cukup signifikan dari TV LED adalah harga jualnya yang cenderung tinggi. Untuk mendapatkan TV LED dari merek ternama, Kalian mungkin harus merogoh kocek mulai dari Rp2 juta. Ini tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan TV tabung atau TV plasma yang umumnya dijual dengan harga di bawah Rp1 juta.

2. Biaya Perbaikan yang Mahal

Selain harga pembelian yang tinggi, biaya perawatan dan perbaikan TV LED juga cukup menguras kantong. Terkadang, biaya perbaikannya hampir setara dengan harga membeli TV LED baru. Ini dikarenakan komponen-komponen yang ada di dalam TV LED, seperti panel dan power supply, serta fitur-fitur tambahannya, memiliki harga yang relatif mahal.

Oleh karena itu, penting bagi Kalian untuk selalu merawat dan menjaga TV LED agar tetap dalam kondisi prima dan menghindari kerusakan yang memerlukan biaya perbaikan besar.

3. Harus Menggunakan Antena dengan Kualitas yang Bagus

Kelemahan lain dari TV LED terletak pada penggunaan antena. Jika Kalian menggunakan antena dengan kualitas rendah, kualitas gambar yang dihasilkan oleh TV LED akan terpengaruh. Gambar yang ditampilkan mungkin kurang jelas, sering terputus-putus, atau muncul bintik-bintik pada layar. Bahkan, dalam beberapa kasus, layar TV LED bisa mengalami garis-garis.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Mencari Chanel TV Sharp Aquos dengan Remote

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan antena berkualitas tinggi jika Kalian menggunakan TV LED. Selain itu, TV LED lebih cocok untuk menonton siaran digital dan video, yang cenderung memiliki kualitas gambar yang lebih stabil dan minim gangguan.

Sebelum membuat keputusan untuk membeli, sangat disarankan untuk menimbang-nimbang baik kelebihan maupun kekurangan TV LED yang telah dijelaskan di atas.

Biaya Ganti Backlight TV LED LG atau Servicenya

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, terdapat variasi Biaya Ganti Backlight TV LED LG, yang bergantung pada teknisi yang menangani perbaikan. Inilah beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan tarif yang diterapkan oleh masing-masing teknisi:

  • Biaya penggantian yang relatif murah mungkin dikarenakan hanya beberapa lampu backlight yang diganti. Dalam skenario ini, teknisi mungkin memilih untuk tidak mengganti seluruh rangkaian lampu karena keterbatasan stok. Diperkirakan, biaya untuk servis jenis ini berkisar antara Rp. 200.000 sampai Rp. 400.000.
  • Ketika biaya servis berada di kisaran menengah, kemungkinan dikarenakan hanya satu atau dua batang lampu backlight yang diganti. Dalam hal ini, estimasi biaya servis berkisar antara Rp. 400.000 hingga Rp. 800.000.
  • Sementara itu, jika biaya penggantian terasa cukup tinggi, hal ini mungkin karena seluruh lampu backlight diganti, walaupun masih terdapat beberapa batang lampu yang berfungsi. Biaya yang dibutuhkan untuk servis ini umumnya lebih dari Rp. 800.000.

Terdapat pertanyaan mengapa biaya penggantian backlight TV LED bisa tinggi. Hal ini dikarenakan proses penggantian atau perbaikan backlight TV LED memiliki tingkat risiko yang tinggi. Dibutuhkan keahlian, ketelitian, dan kesabaran ekstra selama proses perbaikan. Terdapat banyak kasus di mana teknisi mengalami kegagalan dalam proses penggantian, yang bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut seperti layar yang retak atau pecah. Sebagai contoh, harga lampu backlight untuk TV LED LG 32 inci memiliki kisaran harga yang bervariasi, mulai dari Rp. 90.000, Rp. 113.000, Rp. 130.000, hingga Rp. 461.500.

Penyebab Backlight TV LED Mati

Setelah memahami Biaya Ganti Backlight TV LED, penting juga untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kematian backlight pada TV LED, yaitu:

1. Lampu backlight TV LED rusak

Umumnya, kerusakan pada lampu backlight TV LED disebabkan oleh putusnya sambungan atau matinya salah satu lampu backlight, yang dapat menyebabkan seluruh rangkaian lampu menjadi tidak berfungsi.

Ketika menghadapi situasi ini, langkah yang harus diambil adalah memeriksa kondisi lampu backlight serta menguji tegangan DC yang bertugas sebagai sumber daya panel LED. Tegangan DC yang biasa digunakan untuk menyuplai panel LED biasanya berkisar sekitar 135 volt.

2. Kerusakan pada Software

Faktor lain yang dapat menyebabkan matinya backlight adalah adanya masalah pada perangkat lunak TV. Untuk mengatasi masalah ini, Kalian dapat melakukan pembaruan perangkat lunak (flashing) pada TV menggunakan firmware yang sesuai dengan tipe dan model televisi yang Kalian miliki.

3. Kerusakan IC pada bagian Modul T Con

Kerusakan pada Integrated Circuit (IC), khususnya di modul T-Con, juga dapat menyebabkan masalah pada backlight TV LED. Kalian dapat memeriksa kondisi IC dengan cara menyentuh area di sekitar IC yang terletak dekat modul T-Con. Jika area tersebut terasa panas saat disentuh, kemungkinan besar IC tersebut mengalami kerusakan. Dalam kasus ini, Kalian perlu mengganti IC tersebut dengan komponen baru yang memiliki tipe yang sama.

Baca juga:  Cara Menyambungkan USB ke TV LED : Mudah Banget !!

Dengan memahami faktor-faktor di atas, Kalian akan lebih siap dalam menangani dan mencegah masalah yang terkait dengan backlight TV LED.

Cara Memperbaiki TV LED LG Layar Gelap

Setelah mempelajari biaya penggantian backlight TV LED, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara mengatasi TV LED LG Kalian yang mengalami masalah layar gelap. Berikut beberapa langkah yang dapat Kalian lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut:

1. Mulai dengan Membuka TV dan Memeriksa Tegangan Backlight

Sebagai langkah awal, Kalian perlu membuka TV dan melakukan pemeriksaan pada bagian tegangan backlight. Fokuskan perhatian Kalian pada inverter. Tegangan yang dihasilkan oleh inverter biasanya berkisar antara 55 volt DC hingga 95 volt DC, tergantung pada spesifikasi televisi tersebut.

2. Lakukan Pemeriksaan Saat Televisi Menyala

Penting untuk melakukan pemeriksaan ini saat televisi dalam keadaan menyala agar dapat mengamati apakah ada tegangan yang berdenyut atau tidak. Ini penting untuk mengetahui apakah bagian dari backlight berfungsi dengan normal atau mengalami masalah.

3. Buka Frame atau Casing Depan Panel LED

Selanjutnya, langkah yang sangat krusial adalah membuka frame atau casing depan dari panel LED. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya.

4. Angkat Panel dan Letakkan di Tempat yang Aman

Setelah berhasil membuka casing, angkat panel dengan hati-hati dan letakkan di area yang aman untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

5. Angkat dan Ukur Lampu Backlight

Selanjutnya, angkat serat optik (fiber optic) dan lakukan pengukuran pada lampu backlight untuk menemukan bagian yang mengalami gangguan atau putus. Setelah menemukan bagian yang bermasalah, gantilah dengan komponen yang baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti, Kalian berpeluang untuk memperbaiki masalah layar gelap pada TV LED LG Kalian. Namun, jika Kalian merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik, disarankan untuk berkonsultasi dengan teknisi profesional.

Penutup

Dalam kesimpulan, memperhatikan biaya ganti backlight TV LED adalah langkah krusial dalam merawat televisi Kalian agar tetap berfungsi dengan optimal. Mengganti backlight bisa menjadi solusi hemat biaya dibandingkan harus membeli televisi baru. Harga yang ditawarkan untuk mengganti backlight bervariasi berdasarkan merek, ukuran layar, dan tempat servis yang Kalian pilih.

Adalah penting untuk mencari tahu biaya yang wajar dan layanan yang berkualitas agar televisi Kalian dapat kembali berfungsi dengan baik tanpa harus mengeluarkan biaya yang tidak perlu. Jadi, sebelum Kalian memutuskan untuk menggantikan TV LED kesayangan, pertimbangkan dahulu opsi untuk mengganti backlight sebagai alternatif yang efisien dan efektif.

Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan ahli servis yang terpercaya agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan nilai tukar yang terbaik dari investasi Kalian. Demikian ulasan dari bengkeltv.id mengenai Biaya Ganti Backlight TV LED. Semoga bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *