TV  Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

 Bengkeltv.id TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala : Penyebab dan Cara Mengatasinya. Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala memerlukan keterampilan dasar dalam bidang elektronik. Bagi orang yang mengerti elektronik, memperbaiki TV mati total dengan lampu indikator tidak menyala adalah seperti keterampilan tambahan. Seperti merek TV lainnya, TV Polytron juga bisa mengalami kerusakan tiba-tiba.

Salah satu kerusakan yang mungkin terjadi pada TV Polytron adalah mati total dengan lampu indikator yang tidak menyala. Untuk memperbaikinya, teknisi perlu mengetahui penyebab kerusakan tersebut terlebih dahulu.

Setelah mengetahui penyebabnya, teknisi dapat menentukan langkah apa yang harus diambil dalam proses perbaikan.

Penyebab TV  Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Beberapa penyebab TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala antara lain:

1. Saluran Listrik Mati

Faktor pertama dapat dengan mudah dikenali oleh siapa saja, terutama yang sering menggunakan televisi. Kita perlu memahami bahwa televisi sangat bergantung pada pasokan listriknya, terutama jika sering digunakan untuk menonton acara. Jika kita sudah terbiasa menggunakan televisi, maka akan lebih mudah untuk mengatasi masalahnya.

Misalnya, kita hanya perlu memeriksa apakah sumber listrik yang digunakan aman dan berfungsi dengan baik. Jika televisi mati total, tunggu sebentar dan periksa sumber listriknya terlebih dahulu. Dengan memahami faktor ini, kita dapat mengatasi masalah televisi dengan mudah.

2. Stop Kontak Rusak

Selain itu, ada penyebab lain dari TV mati total dengan lampu indikator yang tidak menyala yang perlu diketahui oleh setiap orang. Sayangnya, banyak pengguna alat elektronik, terutama anak muda, mengabaikannya. Namun, jika tidak diatasi, masalah ini bisa menjadi besar.

Setiap pengguna harus menyadari bahwa jika stop kontak yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan, bisa menyebabkan kerusakan pada alat tersebut. Terlebih lagi jika ingin segera menikmati tontonan televisi. Oleh karena itu, pengguna harus memastikan bahwa stop kontak yang digunakan sesuai dengan kebutuhan agar perangkat elektronik tetap aman dan tidak rusak.

Baca juga:  Penyebab dan Solusi Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

3. Ada Faktor Tegangan

Selain faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas, ada faktor lain yang tidak boleh diabaikan. Salah satunya adalah faktor yang terkait dengan tegangan yang telah digunakan berulang kali sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya, masih banyak orang yang meremehkan pentingnya tegangan dalam perangkat elektronik.

Banyak yang tidak menyadari bahwa faktor tegangan dapat menjadi penyebab utama masalah pada televisi, terutama jika alat ini membutuhkan daya tegangan yang lebih besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa tegangan pada televisi secara rutin untuk memastikan bahwa tegangan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.

4. Blog Support Rusak

Tidak hanya itu, masih ada penyebab lain dari TV mati total dengan lampu indikator yang tidak menyala yang sering diremehkan. Salah satunya adalah komponen pendukung yang penting dalam perangkat elektronik, yang dikenal sebagai blok. Setiap perangkat elektronik seharusnya dilengkapi dengan komponen ini.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa komponen ini memiliki pengaruh besar terhadap kinerja televisi. Jika blok rusak, dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Oleh karena itu, sebaiknya segera bawa televisi ke tempat perbaikan yang sesuai untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi ahli.

5. Output Tidak Sesuai

Terdapat faktor yang mungkin terasa asing bagi beberapa orang, terutama yang tidak terjun ke dalam dunia elektronik. Salah satunya adalah jenis-jenis tegangan yang digunakan pada perangkat seperti televisi sesuai dengan kebutuhan dayanya. Ada juga jenis tegangan yang khusus untuk penggunaan luar.

Setiap merek televisi memiliki aturan dan ketentuan khusus terkait dengan tegangan untuk penggunaan luarannya. Sebaiknya kita memeriksa panduan penggunaan televisi dan memastikan bahwa tegangan untuk penggunaan luarannya sesuai dengan yang sudah dituliskan. Jangan sampai terjadi masalah pada tegangan penggunaan luaran yang tidak normal.

6. Transistor Horizontal Mati

TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

 

Terdapat faktor yang mungkin terasa asing bagi beberapa orang, terutama yang tidak terjun ke dalam dunia elektronik. Salah satunya adalah jenis-jenis tegangan yang digunakan pada perangkat seperti televisi sesuai dengan kebutuhan dayanya. Ada juga jenis tegangan yang khusus untuk penggunaan luar.

Baca juga:  Cara Menyalakan TV Samsung : Tanpa Remote & Dengan Remot

Setiap merek televisi memiliki aturan dan ketentuan khusus terkait dengan tegangan untuk penggunaan luarannya. Sebaiknya kita memeriksa panduan penggunaan televisi dan memastikan bahwa tegangan untuk penggunaan luarannya sesuai dengan yang sudah dituliskan. Jangan sampai terjadi masalah pada tegangan penggunaan luaran yang tidak normal.

7. Flyback Tidak Bekerja

TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Salah satu penyebab TV mati total dengan lampu indikator yang tidak menyala yang ke-7 adalah komponen penting yang dikenal sebagai flyback. Komponen ini ada pada setiap televisi yang digunakan saat ini. Sayangnya, seringkali ditemukan masalah besar pada komponen ini.

Bagi yang belum mengenal flyback, perlu diketahui bahwa komponen ini berfungsi untuk menghasilkan tegangan pada televisi. Jika komponen ini tidak bekerja dengan benar, maka masalahnya bisa menjadi lebih serius dan bahkan televisi bisa mati secara permanen. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan dan kinerja dari komponen flyback pada televisi

8. Kerusakan pada Regulator

Jangan lupakan faktor penting lainnya yang harus dikenali dan dipahami sejak awal. Salah satunya adalah faktor yang terkait dengan regulator khusus yang digunakan untuk memudahkan aliran tegangan pada bagian luaran televisi.

Jika regulator ini rusak, dapat menyebabkan kerusakan pada televisi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa regulator khusus pada televisi berfungsi dengan baik agar televisi dapat bekerja dengan optimal.

9. Tidak Ada Sinyal

Faktor yang mungkin sudah tidak asing bagi beberapa orang adalah faktor yang terkait dengan sinyal pada televisi. Jika tidak ada sinyal yang cukup, maka televisi bisa mati dan menyebabkan masalah yang lebih serius.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa sinyal yang diterima oleh televisi cukup kuat agar televisi dapat berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan.

10. Remote yang Salah

Faktor terakhir ini seringkali diabaikan oleh pengguna padahal sangat penting. Pengguna seharusnya menggunakan remote yang tepat untuk televisi secara rutin, dan pastikan untuk menggunakan jenis baterai yang tepat, terutama baterai yang berkualitas.

Jangan sampai pengguna tidak mengenal penyebab TV mati total dengan lampu indikator yang tidak menyala, yang telah dijelaskan di atas. Kita semua ingin menikmati penggunaan televisi yang berkualitas dan handal setiap saat. Oleh karena itu, memahami penyebab kerusakan pada televisi bisa membantu kita menemukan solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.

Baca juga:  Cara Reset TV Aqua : Mudah Dilakukan

Cara Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Ketika TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala, banyak pemilik TV yang merasa bingung dan cemas. Biasanya, orang akan memanggil jasa servis atau teknisi yang ahli dalam menangani masalah tersebut. Jika teknisi tidak mendapatkan reaksi yang diinginkan, mereka akan membongkar TV untuk mengecek kerusakan.

Berikut adalah cara yang dilakukan oleh teknisi untuk memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala:

  • Mencoba menyalakan TV dengan menggunakan remote.
  • Jika tidak mendapatkan reaksi, TV dimatikan dan dilakukan pembongkaran.
  • Casing TV dibuka dan tegangan pada flyback diukur.
  • Jika terjadi penurunan tegangan b+, maka transistor dibuka dan tegangan diukur kembali.

Jika TV Polytron mati total tetapi lampu indikator tidak menyala, kemungkinan penyebabnya adalah regulator atau power supply yang rusak. Dalam hal ini, teknisi akan fokus pada perbaikan power supply.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki TV:

  • Mengukur tegangan pada main board SMPS.
  • Mengecek tegangan pada mikrokontroler yang seharusnya sebesar 5V. Jika kurang dari itu, maka power supply dipastikan mengalami kerusakan.
  • Mengecek tegangan pada kontrol “ON”.
  • Jika perlu, melakukan cek tegangan pada SMPS.

Cara memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyalamemiliki langkah-langkah yang berbeda dengan indikator yang tidak menyala.

Langkah pertama adalah dengan mengecek tegangan pada B+ 115V, yang digunakan untuk menghantarkan sirkuit horizontaltrafo flyback. Kemudian, dilanjutkan dengan mengukur tegangan pada B+ drop. Terakhir, pin standby juga perlu diperiksa untuk mengetahui besaran tegangan apakah sesuai atau tidak.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai TV Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memperbaiki masalah yang terjadi pada televisi.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam melakukan perbaikan dan sebaiknya memanggil teknisi yang berpengalaman jika diperlukan. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *