Cara Cleaning Printer Epson L120

Cara Cleaning Printer Epson L120 Mudah dan simpel

Posted on

Bengkeltv.idCara Cleaning Printer Epson L120 Mudah dan simpel. Sebagai pengguna Printer L120, kamu harus memahami cara merawat perangkat tersebut agar selalu dalam kondisi optimal. Kualitas tinta memainkan peran penting dalam hasil cetak dokumen. Pada setiap Printer terdapat bagian Print Head yang berfungsi sebagai jalur keluarnya tinta pada media cetak. Bagian ini harus diperhatikan dengan baik karena jika Print Head bermasalah, maka kualitas hasil cetak akan terpengaruh.

Jika terjadi masalah pada bagian tersebut, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan Cleaning atau membersihkan bagian Print Head pada Printer L120. Bagi yang belum tahu Cara Cleaning Printer Epson L120, artikel ini akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail.

Terdapat 2 (dua) metode Cleaning Printer, yaitu Manual dan Otomatis, dan setiap metode memiliki tata cara yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Kapan Perlu Dilakukan Cleaning Printer Epson L120

Epson adalah salah satu merk Printer terbaik yang banyak digunakan, selain Canon dan HP. Tipe Printer Epson L120 adalah salah satu jenis yang tersedia di pasaran.

Bagi pengguna Printer Epson tipe ini, penting untuk mengetahui cara melakukan Cleaning atau membersihkan bagian Head Print. Hal ini dapat menjadi solusi terbaik ketika Printer mengalami beberapa masalah, seperti:

Baca juga:  Cara Instal Epson L210 dengan Mudah

1. Hasil Cetak Putus-Putus

Jika hasil cetak Printer Epson L120 muncul garis putus-putus, perlu dilakukan Head Cleaning. Hal ini menandakan adanya masalah pada Head Print yang perlu diperbaiki.

2. Gradasi Warna Memudar

Jika hasil cetak gambar atau dokumen pada Printer Epson L120 menampilkan warna yang memudar atau tidak padat, perlu dilakukan reset Printer terlebih dahulu. Namun, jika cara tersebut tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah melakukan Cleaning sebagai solusi terakhir.

3. Lampu Indikator Menyala Merah

Proses Cleaning Head Print diperlukan pada Printer Epson L120 ketika lampu indikator menyala merah. Hal ini menandakan bahwa jumlah limbah tinta pada Head Print telah penuh dan perlu dibersihkan.

Cara Cleaning Epson L120

Printer Epson terbukti handal dalam mendukung aktivitas pelajar dan karyawan kantor. Namun, jika hasil cetak tiba-tiba redup, gradasi warna pudar, atau tinta mengering, hal ini dapat diatasi dengan cleaning.

Berikut adalah dua cara cleaning Printer Epson L120:

1. Cleaning Epson L120 Manual

Printer Epson L120 dilengkapi dengan tombol-tombol yang memudahkan pengoperasian dengan cepat. Selain itu, tombol-tombol tersebut juga berguna dalam proses cleaning printer secara manual melalui kombinasi tombol tertentu pada permukaan bodi Printer.

  • Masukkan beberapa lembar kertas ke dalam printer.
  • Pastikan printer tidak sedang dalam keadaan error.
  • Matikan Epson L120 dengan menekan tombol power.
  • Tekan tombol stop lalu tekan pula tombol power.
  • Saat printer menyala, lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Biarkan unit mencetak dokumen nozzle sampai selesai.
  • Tekan dan tahan tombol stop sekitar 3 detik.
  • Printer akan melakukan proses head cleaning.
  • Biarkan sampai selesai dan lampu indikator kembali ready.

2. Cleaning Epson L120 Otomatis

Selain melalui kombinasi tombol pada Printer, fitur cleaning juga dapat diakses melalui utilitas yang tersedia di komputer.

Baca juga:  Cara Scan Printer Canon G2010 Secara Lengkap dan Mudah

  • Hidupkan printer Epson L120 beserta unit komputer.
  • Masukkan beberapa lembar kertas ke dalam printer.
  • Tekan tombol start pada komputer dengan OS Windows.
  • Cari dan sorot bagian device and printer lalu tekan enter.
  • Cari dan klik kanan icon bernama printer Epson L120.
  • Pilih printing preferences lalu sorot bagian maintenance.
  • Sorot bagian head cleaning dan tekan cleaning.
  • Tekan start untuk mulai proses cleaning otomatis.
  • Biarkan sampai printer selesai melakukan cleaning.

Manfaat Cleaning Printer Epson L120

Fitur cleaning merupakan hal umum yang selalu tersedia pada setiap produk Printer Epson. Hal ini sangat berguna dalam mengatasi berbagai malfungsi ringan yang tidak berhubungan dengan kerusakan komponen.

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, Printer juga akan mengalami penurunan kinerja seiring penggunaan yang rutin. Produk Epson L120 juga dapat mengalami beberapa masalah seperti hasil cetak buram, paper jam, dan kertas macet.

Berikut adalah beberapa manfaat dari cleaning pada Printer Epson L120:

1. Mengatasi Hasil Cetak

Dalam beberapa kondisi, hasil cetak Printer Epson L120 dapat terlihat buram dan putus-putus. Terkadang, komposisi gradasi warna juga dapat tampak pudar dan tidak menunjukkan keadaan sebenarnya.

Namun, kamu tidak perlu khawatir jika mengalami kendala tersebut karena ini dapat dikembalikan ke kondisi normal seperti semula. Cukup jalankan proses cleaning dan biarkan sistem memperbaiki komponen printhead sampai selesai.

2. Mengatasi Tinta Kering

Beberapa orang menganggap bahwa jarang mencetak dokumen akan menghemat konsumsi tinta. Meskipun relatif benar, tetapi sebaiknya kamu tetap melakukan pencetakan dokumen secara teratur untuk menjaga performa produk.

Hal ini karena cairan tinta dapat mengering apabila kamu tidak mencetak dokumen dalam waktu yang relatif lama. Untuk mengatasi kondisi tersebut, proses cleaning dapat mengembalikan sirkulasi tinta menjadi normal.

Baca juga:  Cara Cleaning Printer Canon G1010 dengan Mudah dan Efektif

3. Membersihkan Roller

Printer Epson memiliki komponen roller yang bertugas menarik kertas untuk memasuki area pencetakan. Namun, seiring penggunaan dalam jangka waktu lama, bagian ini akan mengalami keausan dan terkontaminasi oleh residu tinta.

Hal ini dapat menyebabkan dokumen terlihat kotor dengan bercak-barcak tinta yang menempel, dan mengurangi kualitas cetak. Jangan khawatir jika hal ini terjadi, karena kondisi tersebut dapat diatasi dengan proses cleaning pada Printer

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang beberapa masalah yang dapat diatasi dengan melakukan cleaning pada Printer Epson L120. Fitur cleaning pada Printer Epson sangat berguna dalam mengatasi berbagai masalah seperti hasil cetak buram, gradasi warna pudar, dan kertas macet.

Melakukan cleaning pada Printer Epson L120 dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui kombinasi tombol pada permukaan bodi Printer atau melalui utilitas yang tersedia di komputer. Dengan melakukan cleaning secara rutin, performa Printer Epson L120 dapat tetap terjaga dan kualitas cetak dapat selalu optimal.

Kami harap ulasan mengenai Cara Cleaning Printer Epson L120 ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel kami di bengkeltv.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *