cara melepas AC rumah

Cara Melepas dan Memindahkan AC Rumah : Panduan Lengkapnya

Posted on

Bengkeltv.idCara Melepas dan Memindahkan AC Rumah : Panduan Lengkapnya. Pada saat musim panas tiba dan suhu mulai meningkat, perangkat pendingin udara atau AC (Air Conditioner) menjadi penolong yang sangat dibutuhkan untuk memberikan kesejangan suhu yang nyaman di dalam rumah. Namun, ada kalanya kita perlu melepas AC, entah karena ingin memindahkannya ke ruangan lain, mengganti dengan unit yang lebih baru, atau alasan lainnya.

Sebelum kita menyelam lebih dalam ke pokok pembahasan, penting untuk diingat bahwa melepas AC bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap enteng. Hal ini memerlukan keahlian dan pengetahuan khusus agar tidak merusak unit AC itu sendiri maupun elemen lain di rumah.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai cara melepas AC rumah dengan aman dan efisien. Jadi, mari kita mulai dengan langkah pertama yang harus diperhatikan.

Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Menangani AC

Sebelum membahas tuntas mengenai cara melepas AC Rumah, penting untuk kita mengenali beberapa komponen krusial yang harus ditangani dengan kehati-hatian selama proses bongkar pasang AC. Berikut ini adalah komponen-komponen tersebut:

1. Unit Outdoor

Ketika melepas unit outdoor AC tipe split, sangat penting untuk berhati-hati. Alasannya adalah unit outdoor ini dilengkapi dengan kisi-kisi aluminium yang sangat tipis, yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan pelepasan panas dari freon ke lingkungan. Sangat krusial untuk memahami bahwa kisi-kisi ini sangat rapuh dan bisa mudah rusak jika terkena benturan.

Baca juga:  Cara Setting Remote AC Sharp Biar Dingin Maksimal !!.

2. Freon

Sangat penting untuk bertanggung jawab dalam penanganan freon saat proses pembongkaran. Jangan membuang freon secara langsung ke udara. Alirkan freon melalui media air, misalnya dengan menggunakan botol yang diisi air.
Selang pembuangan harus dimasukkan ke dalam air dan harus tetap dalam posisi tersebut selama proses pembuangan. Freon dapat merusak lapisan ozon, sehingga penting untuk mengelola pembuangan dengan cara yang aman dan bertanggung jawab.

3. Pipa AC Split

Setelah melepas AC, pastikan untuk menutup ujung pipa dengan kain atau plastik yang bersih. Ini bertujuan untuk mencegah kontaminasi di dalam pipa akibat debu atau kotoran. Dengan melakukan ini, saat AC dipasang kembali, performanya tidak akan terpengaruh oleh kotoran yang mungkin masuk ke dalam pipa.

4. Unit Kelistrikan

Ketika melepas AC, berhati-hatilah terhadap risiko sengatan listrik atau korsleting. Kapasitor, sebagai contoh, menyimpan muatan listrik yang cukup besar dan bisa melepaskan muatan ini jika disentuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak menyentuh kapasitor atau komponen kelistrikan lainnya tanpa pengetahuan yang memadai.

Cara Melepas dan Memindahkan AC Rumah

Bagi Kalian yang tidak memiliki pengalaman dalam melepas AC, tugas ini mungkin tampak menantang.

Melepas AC dengan cara yang salah tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan pada unit, tetapi juga dapat menimbulkan risiko keselamatan.

Sebagai akibatnya, penting untuk berhati-hati saat melepas AC. Berikut adalah panduan yang akan menjelaskan langkah demi langkah cara melepas AC rumah dengan aman:

1. Persiapan Peralatan

Memiliki peralatan yang tepat adalah kunci untuk melepas AC tanpa merusaknya. Siapkan tangga kayu atau aluminium, alat pengelas tembaga, pemotong pipa tembaga, paku beton, palu, set bor, bor listrik, obeng dalam berbagai ukuran dan bentuk, set alat flaring, tang ampere, kunci L, kunci pas, dan kunci pipa dengan ukuran 8, 12, dan 13.

Baca juga:  Berapa lama AC Boleh Dihidupkan Setiap Harinya

2. Penyimpanan Freon

Langkah ini memastikan bahwa AC dapat dibongkar tanpa membuang freon. Mulai dengan menyalakan AC. Sambungkan selang biru ke pengukur manifold, lalu ke nosel pengisian. Buka baut penutup katup kecil dan besar. Gunakan kunci L untuk menutup katup. Tunggu beberapa detik hingga tekanan turun ke nol. Tutup katup pipa kecil dan tunggu beberapa detik lagi. Matikan katup pipa besar. Ini akan memastikan freon tidak terbuang sia-sia.

3. Pelepasan AC

Pertama, pastikan AC terputus dari sumber listrik. Matikan MCB atau cabut colokan dari stop kontak untuk menghindari sengatan listrik atau korsleting. Penting juga untuk memastikan AC di-grounding dengan benar.

Selanjutnya, mulai membongkar unit AC. Kalian dapat memulai dari unit luar atau unit dalam. Gunakan kunci pas dan kunci pipa untuk melepaskan sambungan pipa di unit luar dan dalam. Tutup ujung pipa dengan kain untuk mencegah masuknya debu.

4. Braket dilepas

Setelah itu, lepaskan braket dari unit dalam dan luar. Cara ini cukup sederhana.

Untuk braket luar, cukup lepaskan baut dan cabut kabel listrik setelah melepas pipa dengan kunci kombinasi.

Sementara itu, untuk melepas braket dalam, Kalian mungkin memerlukan obeng atau palu beton.

Lepaskan casing, pipa knalpot, sambungan, dan kabel listrik. Setelah semua komponen dilepas dari braket, angkat dengan hati-hati dari dinding. Kumpulkan semua komponen AC secara rapi untuk mencegah kehilangan atau kerusakan.

Penutup

Sebagai simpulan, memahami cara melepas AC rumah dengan benar adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya untuk menjaga kualitas unit AC agar tetap terawat, tapi juga untuk menjamin keselamatan Kalian selama proses pembongkaran. Selalu ingat untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan, berhati-hati dalam menyimpan freon, dan mengikuti langkah-langkah pelepasan dengan teliti.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan AC LG : Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Jika Kalian merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengalaman yang cukup, jangan ragu untuk berkonsultasi atau meminta bantuan dari tenaga profesional. Terakhir, sebelum melakukan apapun, pastikan untuk mempelajari dan memahami setiap langkah dengan baik.

Dengan pengetahuan yang tepat dan pengerjaan yang cermat, melepas AC rumah bukan lagi menjadi tugas yang menakutkan. Semoga artikel dari bengkeltv.id ini membantu Kalian dalam memahami cara melepas AC rumah dengan lebih efisien dan aman. Selamat beraktivitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *