Cara Memasukan Biss Key Nex Parabola

Cara Memasukan Biss Key Nex Parabola: Panduan Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idCara Memasukan Biss Key Nex Parabola: Panduan Lengkap. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memasukkan Biss Key pada receiver Nex Parabola. Biss Key merupakan kode enkripsi yang digunakan oleh beberapa stasiun TV untuk mengamankan siaran mereka dari tindakan tidak sah seperti pemutusan siaran ilegal.

Dengan memasukkan Biss Key yang tepat, pengguna dapat menikmati siaran televisi yang diacak secara sah.

Namun, sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa memasukkan Biss Key tidak dianjurkan oleh beberapa provider televisi karena dianggap sebagai tindakan ilegal.

Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku sebelum mencoba memasukkan Biss Key pada receiver Nex Parabola.

Apa Itu Biss Key?

Umumnya, beberapa stasiun televisi memberlakukan kebijakan khusus untuk tidak menayangkan siaran yang menjadi hak eksklusif mereka bagi pengguna TV parabola.

Siaran eksklusif ini meliputi pertandingan MotoGP, sepak bola, tenis, NBA basketball, bulutangkis, dan olahraga lainnya.

Peraturan ini sesuai dengan kebijakan siaran dan pemegang hak siar lain di Indonesia. Oleh karena itu, receiver parabola MPEG 2 dan MPEG 4 akan diacak dan layar akan menjadi blank.

Biss Key adalah kode untuk mengakses siaran yang dienkripsi. Kata “biss” sendiri merupakan singkatan dari Basic Interoperable Scrambling System. Kode ini dikembangkan sebagai sistem acakan untuk melindungi hak siar stasiun televisi.

Baca juga:  Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Panduan Mudah Untuk Pemula

Kode Biss terdiri dari 16 digit angka dasar yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9, serta 6 huruf dasar yaitu A, B, C, D, E, dan F.

Kode Biss Key diperlukan jika siaran streaming bola, MotoGP, F1, atau lainnya dienkripsi. Dengan memasukkan kode Biss Key Indonesia pada receiver parabola, siaran dapat diakses kembali seperti biasa.

Receiver Yang Support Biss Key

Sebelum membahas cara memasukkan Biss Key pada Nex Parabola, penting bagi Anda untuk memahami pengertian Biss Key terlebih dahulu. Biss Key adalah kombinasi kode unik untuk membuka siaran acak yang dienkripsi.

Secara umum, metode ini tersedia pada layanan TV satelit untuk semua provider, termasuk Nex Parabola. Operator Nex Parabola telah merilis beberapa tipe receiver dengan fitur Biss Key yang diminati oleh banyak pengguna.

Namun, receiver Nex Parabola apa saja yang sudah mendukung Biss Key? Ada beberapa rekomendasi receiver Nex Parabola yang sudah mendukung Biss Key dari beberapa provider, seperti:

  • Mola Nex Parabola varian tipe putih dan hitam.
  • Garuda Nex Parabola varian tipe biru dan hijau.

Untuk receiver Nex Parabola dengan seri warna merah dan kuning, belum mendukung fitur Biss Key. Namun, beberapa pengguna mungkin memasang firmware custom untuk membuka fungsi tersebut.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih atau membeli receiver yang tepat jika ingin menggunakan Nex Parabola yang mendukung Biss Key. Kombinasi kode siaran acak ini sendiri berubah secara periodik tergantung pada pihak provider.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena selama menggunakan layanan resmi dari Nex Parabola, operator memberikan banyak saluran gratis tanpa iuran yang tidak membutuhkan Biss Key.

Baca juga:  Harga Nex Parabola Satu Set : Cara Pasang & Kelebihan

Cara Memasukan Biss Key Nex Parabola

Setelah mengetahui receiver Nex Parabola yang mendukung Biss Key, Anda perlu mengetahui cara memasukkan kode tersebut. Meskipun cara ini sudah dijelaskan di buku panduan, berikut Cara Memasukan Biss Key Nex Parabola :

1. Masuk ke Siaran Acak

Nyalakan televisi dan receiver Nex Parabola menggunakan remote control, kemudian pilih siaran acak. Pada saluran yang dienkripsi akan terlihat gelap dan notifikasi “scramble” akan muncul.

2. Tekan Tombol Biru

Gunakan remote control asli Nex Parabola dan arahkan ke receiver. Tekan tombol “Biru” untuk mengakses fitur input kombinasi kode Biss Key.

Pada layar televisi akan muncul area yang bisa diisi dengan kode tersebut. Aktifkan papan kontrol pada remote control untuk memudahkan penginputan nomor unik.

3. Masukkan Kode Biss Key

Masukkan kode Biss Key yang valid dengan memperhatikan huruf besar dan kecilnya. Jika kode yang dimasukkan salah, maka pembukaan siaran acak akan gagal.

Pastikan kode Biss Key yang dimasukkan sudah benar dan sesuai harapan. Setelah berhasil dimasukkan, tekan tombol “Kuning” pada remote control untuk menyimpannya.

Itulah cara memasukkan Biss Key pada receiver Nex Parabola. Pastikan untuk menggunakan kode Biss Key hanya jika diperbolehkan oleh provider dan mematuhi aturan yang berlaku.

Kenapa Tidak Bisa Input Biss Key di Nex Parabola?

Kegagalan saat memasukkan kode Biss Key pada Nex Parabola dapat terjadi jika pengguna salah memasukkan atau menggunakan kode yang tidak valid.

Selain itu, untuk membuka channel CNN dan CNBC Indonesia, terkadang simbol “$” tidak muncul. Solusinya adalah dengan menghapus kedua channel tersebut dan melakukan scan ulang.

Setelah muncul simbol “$”, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah untuk memasukkan Biss Key pada Nex Parabola seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga:  Cara Aktivasi Receiver Nex Parabola Mudah & Cepat

Secara umum, sebagian besar receiver terbaru dari Nex Parabola belum mendukung Biss Key. Meskipun hardware masih mendukung, namun SW/firmware-nya tidak.

Oleh karena itu, pengguna perlu melakukan downgrade SW ke versi 2, meskipun sekarang banyak yang menggunakan versi 3 dan 4.

Jika mengalami kesulitan, pengguna dapat meminta bantuan teknisi atau toko tempat membeli produk Nex Parabola. Namun, kelemahan dari downgrade ini adalah banyak yang tidak bisa mengurutkan channel.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai cara memasukkan Biss Key pada receiver Nex Parabola. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan Biss Key harus mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku serta hanya digunakan jika diperbolehkan oleh provider.

Jika mengalami kesulitan atau permasalahan saat memasukkan Biss Key, pengguna dapat meminta bantuan dari teknisi atau toko tempat membeli produk Nex Parabola.

Namun, sebaiknya sebelum mencoba untuk memasukkan Biss Key, pastikan terlebih dahulu apakah receiver Nex Parabola yang digunakan sudah mendukung fitur tersebut atau tidak.

Terakhir, perlu diingat bahwa memasukkan Biss Key tidak dianjurkan oleh beberapa provider televisi karena dianggap sebagai tindakan ilegal. Oleh karena itu, penting untuk selalu mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *