Panduan Lengkap Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara

Posted on

Bengkeltv.idPanduan Lengkap Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara. Seiring berkembangnya teknologi, televisi telah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Dari menonton acara kesayangan hingga menjalankan presentasi bisnis, peran televisi tidak terbatas hanya sebagai sarana hiburan.

Namun, apa jadinya jika suatu hari Kalian menyalakan televisi Sharp kesayangan Kalian dan mendapati bahwa tidak ada suara yang keluar? Kegembiraan menonton tayangan favorit tentu saja akan tercemar. Bagi Kalian yang menghadapi masalah tersebut, tidak perlu khawatir karena di artikel ini kita akan membahas secara mendalam tentang “Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara”.

Dengan mengikuti panduan ini, Kalian akan bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mudah dan efisien. Mari kita selami lebih lanjut!

Sejarah Perkembangan TV

Televisi merupakan sebuah perangkat elektronik yang bertindak sebagai media telekomunikasi yang memungkinkan kita untuk menerima siaran yang terdiri dari gambar bergerak dan suara.

Asal mula kata ‘televisi’ berasal dari dua kata yaitu “tele” yang dalam bahasa Yunani berarti “jauh” dan “visio” dari bahasa Latin yang berarti “penglihatan”. Jadi, televisi bisa diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual.

Saat ini, televisi telah menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak dimiliki oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia karena mampu menjangkau wilayah yang luas dan berperan sebagai media hiburan, sumber informasi, media edukasi, serta alat kontrol sosial.

Sejak ditemukannya pada tahun 1940-an pasca Perang Dunia II, televisi dengan cepat menarik perhatian masyarakat dan berhasil menggeser popularitas radio pada masa itu.

Pada dekade 1950-an, hampir setiap rumah telah memiliki televisi berlayar hitam putih, dan pada saat yang bersamaan, televisi berwarna mulai muncul.

Ketika memasuki akhir tahun 1960-an, siaran televisi berwarna menjadi semakin beragam, yang menyebabkan popularitas televisi meningkat pesat. Pada dekade 1970-an, televisi mengalami perkembangan pesat dengan diperkenalkannya teknologi VCR (Video Cassette Recorder), yang memungkinkan pengguna untuk merekam siaran televisi.

Di era 1980-an, televisi kabel mulai populer dan merajai pasar. Jumlah pengguna televisi terus meningkat, dan pada tahun 1996, telah tercatat lebih dari 1 miliar pengguna televisi di seluruh dunia.

Pada dekade 1990-an, teknologi CRT (Cathode-Ray Tubes) yang mampu menampilkan gambar pada layar menjadi salah satu jenis televisi yang sangat populer dan banyak digunakan.

Baca juga:  Cara Menggunakan Smart TV Sharp dengan Mudah

Setelah itu, TV Rear Projection CRT diciptakan dalam ukuran yang lebih besar dengan menggabungkan proyektor dan layar dalam satu unit.

Namun, perkembangan televisi tidak berhenti di situ. Pada tahun 1997, televisi plasma mulai dijual di pasaran dan jenis televisi ini sangat digemari kala itu. Kemudian, televisi LCD dan HD mulai diproduksi dan menghiasi pasar.

Pada tahun 2006, TV LED berbasis DLP HDTV mulai diproduksi dan mendapatkan penerimaan yang lebih baik dibandingkan televisi plasma dan LCD.

Perkembangan televisi terus berjalan hingga kini, dimana pengguna televisi dapat menikmati tayangan film melalui layanan streaming berbayar dan bahkan menjelajahi internet menggunakan televisi.

Di masa yang akan datang, kita bisa mengantisipasi kehadiran berbagai inovasi teknologi televisi yang akan semakin memperkaya pasar. Sebagai salah satu produsen elektronik ternama di dunia, Sharp terus melakukan inovasi untuk menghadirkan teknologi terbaru dan pengalaman menonton yang semakin berkualitas.

Penyebab TV Sharp Tidak Ada Suara dan Gambar

Sebelum kita melangkah ke langkah-langkah untuk memperbaiki TV LED Sharp yang tidak menunjukkan gambar, sangat penting untuk mengerti terlebih dahulu apa yang menyebabkan hal tersebut.

Adalah tidak masuk akal jika sebuah alat elektronik mengalami gangguan tanpa adanya alasan. Karena itu, kita akan menguraikan beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah ini muncul.

Sebenarnya, alasan di balik kerusakan ini tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan kasus TV tabung Sharp yang juga tidak menampilkan gambar. Namun, dalam prakteknya, TV LED atau LCD lebih sering ditemui menghadapi masalah ini. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi alasan mengapa TV Kalian tidak menunjukkan gambar:

  • Terdapat kerusakan pada bagian komponen TCON di dalam mesin.
  • IC Gamma AS-15 yang berlokasi di dekat komponen TCON mengalami kerusakan.
  • Perangkat lunak televisi menghadapi kerusakan yang serius.
  • Kabel LVDS terlepas karena pemasangan yang kurang tepat atau tidak cukup kencang.

Secara keseluruhan, keempat faktor di atas bisa menjadi alasan mengapa TV Kalian tidak menunjukkan gambar dan suara meskipun sudah dihidupkan. Setelah memahami faktor-faktor penyebabnya, langkah berikutnya adalah mencari cara untuk mengatasinya.

Cara Memperbaiki TV Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar

Jika ingin menangani kerusakan pada TV LED/LCD dengan cara yang paling sederhana dan terpercaya, opsi terbaik adalah mengantarnya ke seorang teknisi profesional yang berpengalaman. Ini sangat direkomendasikan terutama bagi Kalian yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang perangkat elektronik seperti televisi.

Akan tetapi, jika Kalian memiliki keahlian dalam elektronika, mencoba memperbaiki sendiri juga bisa menjadi pilihan. Keuntungan dari ini adalah, jika berhasil, Kalian bisa menghemat biaya servis. Berikut beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki TV yang tidak menunjukkan gambar dan suara:

Baca juga:  Cara Paralel TV Kabel Indihome Layaknya Hotel Yang Mudah Dilakukan

  • Pertama, periksalah kondisi IC. Pasangkan kabel listrik TV ke sumber daya dan nyalakan TV. Jika IC terasa panas saat disentuh, kemungkinan besar perlu diganti.
  • Selanjutnya, cek tegangan pada power supply untuk memastikan bahwa tegangan berada dalam kisaran normal.
  • Lakukan pemeriksaan pada tegangan output driver layar LED.
  • Jika tegangan di power supply dan output driver LED tampak normal, berarti masalah tidak terletak di sana. Lanjutkan dengan melakukan pengecekan secara bertahap pada komponen lainnya. Tetapi, jika tidak ada tegangan saat melakukan pengukuran, kemungkinan IC Driver TV perlu diganti.
  • Selanjutnya, gantilah komponen yang bermasalah tersebut.
  • Jika setelah mengganti komponen TV bisa menyala dengan normal, maka dapat disimpulkan bahwa masalahnya memang terletak pada IC Driver.

Sebagai catatan tambahan, untuk memastikan apakah IC driver sudah rusak atau masih bisa diselamatkan, Kalian dapat menggunakan multitester untuk mengukur tegangan. Jika hasil pengukuran menunjukkan angka 50 volt, maka IC driver sudah tidak bisa dipakai lagi dan harus diganti. Namun, jika hasilnya lebih dari 50 volt, ada kemungkinan komponen masih bisa diperbaiki tanpa perlu penggantian.

Langkah Memperbaiki Televisi Tidak Ada Suara

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Kalian ikuti untuk memperbaiki televisi yang tidak mengeluarkan suara atau jika suaranya menghilang:

1. Pastikan Pengaturan Suara Benar

Televisi umumnya memiliki fitur bisu atau ‘mute’, yang jika diaktifkan akan mematikan suara. Jadi, jika Kalian melihat ikon speaker dengan tKalian silang di sudut layar TV, itu berarti mode mute sedang aktif. Untuk menonaktifkannya, tekan tombol mute pada remote sekali lagi. Jika setelah menonaktifkan mode mute suara masih tidak terdengar, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pastikan Input TV

Sebelum membuka perangkat TV, disarankan untuk memeriksa bagian Input terlebih dahulu. Cek kabel RCA dan pastikan sumber tidak dalam mode mute. Cobalah sentuh jack RCA berwarna merah dan putih, jika ada suara atau respons dari speaker, ini menunjukkan bahwa masalahnya ada pada sumber input. Kalian mungkin akan mendengar suara dengung atau statis dari speaker. Solusinya adalah mengganti kabel RCA yang rusak dengan yang baru.

3. Cek Tegangan Jalur Audio

Langkah berikutnya adalah memeriksa amplifier. Hidupkan TV dan sentuh input pin IC Power Amplifier, tapi pastikan untuk mengetahui posisi blok audio terlebih dahulu agar tidak salah menyentuh yang bisa berakibat fatal. Setelah menemukan IC, cari informasi tentang IC tersebut dan nomor pin input.

Jika tidak ada respons dari speaker saat disentuh, ini menKaliankan kerusakan pada speaker. Tapi, jika speaker berfungsi normal, Kalian akan mendengar dengung saat menyentuhnya. Sebelumnya, periksa speaker menggunakan Ohm meter.

Kemudian, periksa tegangan power supply di jalur power amplifier, tegangan harus antara 12-15 Volt DC. Jika tidak ada tegangan, coba lepaskan beban dari IC power amplifier. Jika masih tidak ada tegangan, bisa jadi ada masalah pada power audio. Dalam kasus ini, elco filter mungkin kering.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Mencari Chanel TV Sharp Aquos dengan Remote

4. Power Audio Normal Tapi Tidak Ada Suara Dari Input

Jika situasinya seperti ini, ada dua kemungkinan: IC kontrol rusak atau ada komponen pendukung yang rusak.

Untuk menanganinya, periksa dan amati solderan dengan teliti. Lihat apakah ada solderan yang mulai longgar. Jika perlu, lakukan solder ulang pada pin-pin IC kontrol dan IC audio.

Periksa elco pembatas input pada pin audio dan periksa juga kondisi IC kontrol. Lakukan dengan cara berikut:

Pertama, sentuh bagian input IC kontrol. Carilah data atau urutan dari soket input untuk menemukannya. Jika ada respons saat disentuh, ini menunjukkan IC kontrol berfungsi normal. Namun, jika tidak ada respons, berarti IC rusak.

5. Cek Speaker

TV Sharp Aquos yang tidak menghasilkan suara bisa jadi karena speaker-nya mengalami kerusakan. Sebagaimana kita tahu, speaker merupakan komponen krusial dalam televisi yang bertugas dalam mengeluarkan suara. Maka dari itu, sangat penting untuk memeriksa keadaan speaker guna menentukan apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah mengalami kerusakan.

Gunakan Ohm meter untuk memeriksa speaker. Jika Ohm meter menunjukkan adanya koneksi, maka ini mengindikasikan bahwa speaker berada dalam kondisi baik. Namun, kerusakan speaker seringkali disebabkan oleh putusnya kumparan tembaga di dalamnya atau kabel yang terputus, yang mengakibatkan tidak adanya suara yang dihasilkan.

Penutup

Sebagai simpulan, mengatasi permasalahan TV Sharp yang tidak mengeluarkan suara memerlukan pendekatan yang tepat dan perhatian pada detail. Dengan memahami berbagai cara memperbaiki TV Sharp tidak ada suara yang telah kita bahas, Kalian dapat menghindari kebingungan dan frustrasi saat menghadapi masalah ini.

Dari memastikan kabel terhubung dengan benar, menyesuaikan pengaturan suara, hingga melakukan reset ulang pada televisi, setiap langkah memiliki peranannya masing-masing dalam menjaga kualitas audio TV Kalian. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi profesional jika Kalian merasa tidak yakin dalam menangani perbaikan sendiri, karena ini akan menjamin keamanan dan efisiensi proses perbaikan.

Ingatlah bahwa televisi adalah investasi dan merawatnya dengan baik akan memastikan bahwa Kalian dapat menikmati pengalaman menonton yang optimal untuk waktu yang lama. Demikianlah artikel bengkeltv.id yang membahas tentang Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Ada Suara dan Tidak Ada Gambar. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *