TV Sharp Protek

√ TV Sharp Protek : Penyebab Utama & Cara Memperbaikinya

Posted on

Bengkeltv.id – √ TV Sharp Protek : Penyebab Utama & Cara Memperbaikinya. Pernahkah Kalian menghadapi situasi di mana TV Sharp Kalian tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan lagi? Tenang saja, ini adalah masalah umum yang terjadi pada TV Sharp dan dikenal sebagai protek. Banyak orang menghadapi masalah ini, khususnya pada model TV Sharp yang lebih lama.

Jika Kalian menghadapi masalah ini, artikel ini akan membantu Kalian memahami penyebab utama TV Sharp Protek dan memberikan solusi terkini dan terbaik untuk mengatasinya.

Kelebihan TV LED Sharp yang Harus Diketahui

TV Sharp Protek

Nama Sharp memang sudah dikenal luas sebagai salah satu merek produk elektronik, termasuk televisi. TV LED Sharp menawarkan berbagai kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan favorit banyak konsumen:

1. Layar beresolusi tinggi

TV LED Sharp menggunakan teknologi master engine yang canggih untuk mengolah warna, sehingga layar TV terlihat lebih jernih dan alami. Teknologi ini juga membantu mengurangi noise dalam sinyal yang ditampilkan, membuat gambar tampak lebih realistis.

2. Jaminan garansi

TV LED Sharp menawarkan garansi yang cukup lama, yaitu sekitar 5 tahun. Ini menunjukkan bahwa produk ini memiliki kualitas yang terjamin dan daya tahan yang baik.

3. Teknologi terkini

Sebagian besar TV LED Sharp terbaru dilengkapi dengan teknologi mutakhir seperti built-in tuner digital generasi kedua atau DVB-T2. Dengan teknologi ini, konsumen tidak perlu membeli set top box terpisah dan bisa menghemat biaya.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan WiFi Di TV LG 100% Berhasil

4. Beragam seri dan tipe

TV LED Sharp tersedia dalam berbagai seri dan tipe, memudahkan konsumen untuk memilih ukuran dan model TV LED yang diinginkan. Semua seri TV LED Sharp dilengkapi dengan teknologi canggih dan resolusi minimal HD.

5. Fitur-fitur canggih

Sebagai salah satu merek televisi terpopuler, Sharp menawarkan berbagai fitur canggih seperti fitur hemat energi, port USB, teknologi backlight, penguat sinyal, refleksi suara, dan lain-lain.

6. Desain modern

Desain TV LED Sharp sangat modern dan trendi, cocok untuk menggantikan televisi tabung yang kini terkesan usang. Selain itu, TV LED Sharp juga dapat membuat ruangan di rumah terlihat lebih modern dan nyaman dilihat.

7. Ketahanan yang baik

TV LED Sharp menggunakan 7 shield protection atau perlindungan yang memberikan keamanan pada produk, sehingga televisi ini awet dan tidak mudah rusak.

Penyebab TV Sharp Protek

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pada dasarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah TV Sharp protek. Salah satunya adalah karena adanya solderan pada komponen televisi yang rusak atau retak, sehingga komponen tidak lagi menempel dengan baik pada PCB. Beberapa komponen yang mungkin terpengaruh meliputi:

  • STR Regulator
  • Power Supply Flyback
  • Transistor Horizontal
  • Vertikal
  • Deflection Yoke
  • Tuner

Selain itu, penyebab lain dari TV Sharp protek meliputi kegagalan program saat membaca memori, masalah pada pengaturan internal karena ada data servis yang tidak sesuai, serta format sinyal dan tuner yang tidak terdeteksi.

Memperbaiki TV Sharp Protek

Sebelum melangkah ke perbaikan TV Sharp protek, disarankan untuk membersihkan mesin TV atau mainboard lebih dulu menggunakan kuas atau sikat. Tujuannya adalah agar titik solder yang rusak, longgar, retak, atau kendor mudah terlihat. Setelah dibersihkan, periksa seluruh titik solder pada komponen yang telah disebutkan di atas. Sebaiknya lakukan penyolderan ulang pada kaki-kaki komponen tersebut (terutama komponen IC Vertikal, Power Supply, dan Horizontal, karena komponen ini sering menerima panas berlebih yang merusak solderan).

Baca juga:  Cara Merubah Mode AV di TV Sharp dengan Mudah

Selain solderan, perhatikan juga warna komponen resistor di sekitar blok vertikal. Resistor yang berubah warna bisa menjadi tanda perubahan resistensi. Jika ada masalah pada IC Vertikal, disarankan untuk menggantinya.

Jika sudah disolder ulang dan IC Vertikal baik, tetapi TV Sharp masih protek saat dinyalakan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sharp protek dengan indikator lampu merah berganti hijau lalu kuning, menandakan kerusakan pada IC memori. IC memori ini terletak di bagian depan dan memiliki 8 kaki atau pin dengan tipe umum seperti 24c04, 24c08, atau 24c16. Biasanya, setelah mengganti IC memori, Anda perlu mengatur parameter melalui MENU SERVIS TV SHARP.
  2. Sharp protek dengan indikator lampu merah lalu mati, menandakan kerusakan pada bagian IC MICOM, seperti TDA 938XXXX. Namun, periksa juga bagian power supply karena bisa juga disebabkan oleh hilangnya tegangan 3,3 volt DC pada regulator.
  3. Sharp protek dengan indikator lampu hijau atau merah berkedip juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada komponen IC memori.
  4. Sharp protek bisa terjadi karena kerusakan pada resistor pembatas. Pastikan untuk mengecek tegangan 180 V DC untuk blok RGB juga.
  5. Sharp protek dengan indikator lampu hijau selama 5-10 detik lalu kembali merah, protek seperti ini mungkin disebabkan oleh masalah pada bagian Horizontal. Maka, periksa juga komponen Flyback, dengan mencabut atau menggantung kaki-kakinya lalu ukur menggunakan multimeter pada skala 10.000 untuk kaki ground dan kaki menuju kolektor transistor output horizontal. Flyback yang short ditandai dengan jarum multimeter bergerak saat pengukuran.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi kerusakan TV protek, sebelum mengganti atau memeriksa komponen, disarankan untuk melakukan solder ulang pada setiap bagian komponen yang kondisi solderannya sudah tidak baik.

Baca juga:  Cara Setting TV Polytron Tabung (All Type) Paling Mudah & Simpel

Cara Merawat TV Sharp Agar Tetap Awet / Tidak Mudah Rusak

Berikut beberapa langkah merawat TV Sharp agar tetap awet dan tidak mudah rusak:

  • Tempatkan TV pada posisi yang tepat, hindari dari tempat yang mudah terkena debu atau sinar matahari secara langsung.
  • Hindari barang atau alat yang mengandung magnetik seperti speaker agar tidak mempengaruhi kualitas gambar.
  • Bersihkan TV dengan benar, lakukan rutinitas membersihkan layar minimal 3 hari sekali atau seminggu 2 kali, gunakan cleaning kit seperti pembersih kacamata dan lap dengan bahan yang tepat.
  • Jika TV sudah panas atau overheat, dekatkan dengan kipas atau matikan sejenak selama 30 menit.
  • Matikan TV saat tidak ditonton untuk memperpanjang umur TV dan menjaga kualitas layar.
  •  Merawat remot TV Sharp, gunakan baterai yang berstKalianr SNI agar aman digunakan.

Dengan merawat TV Sharp dengan cara yang benar, Kalian dapat memperpanjang umur TV dan menjaga kualitas tayangan agar tetap jernih dan optimal.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai TV Sharp protek yang telah kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah dengan TV Sharp protek. Ingatlah untuk selalu merawat TV Anda dengan baik agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah perawatan yang telah kami sebutkan sebelumnya agar Anda dapat terus menikmati tayangan berkualitas dari TV Sharp Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam mengatasi permasalahan TV Sharp protek!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *